10 Jembatan Tertinggi Di Dunia

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Sandra
» Kategori: Berita, Seni & Budaya
» Telah 5.426 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 3 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Pencapaian prestasi tertinggi manusia dalam dunia konstruksi salah satunya adalah keberhasilan membangun sebuah jembatan yang tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan merupakan salah satu media transportasi yang sangat penting untuk menghubungkan sebuah daerah ke tempat yang lain.

Saat ini sudah ada beberapa karya manusia yang sukses membangung sebuah jembatan dan beberapa diantaranya memecahkan rekor karena tinggi dan panjangnya serta desain jembatan yang unik. Desain jembatan-jembatan ini sungguh mengagumkan dan berhasil menghubungkan dataran yang cukup tinggi di suatu daerah ke daerah yang lain, alhasil jembatan tersebut menjadi jembatan yang tertinggi yang pernah ada di dunia. Bahaya tentu saja mengincar keberadaan jembatan ini dan salah satu ancaman terbesarnya adalah masalah gravitasi bumi.

Berikut ini adalah 10 jembatan yang tertinggi di dunia dan menjadi prestasi hebat dalam sejarah manusia di bumi.

10. The Verrazano, Narrows Bridge – New York

Nama jembatan Verrazano diambil dari nama seorang penjelajah asal Italia Giovanni da Verrazano. Jembatan ini memiliki ketinggian 211,3 meter dengan rentang panjang 1298 meter. Jembatan Verrazano dibangun tahun 1964 hingga 1981 dan merupakan jembatan gantung terbesar di dunia.

The-Verrazano-Narrows-Bridge-New-York

Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan kepulautan Staten di New York, Amerika Serikat dan telah memainkan peranan penting dalam pertumbuhan daerah-daerah di New York. Pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya 320 juta dolar AS.

9. The Runyang Bridge – China

Jembatan Runyang merupakan kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan ini merupakan bagian dari Expressway Beijing-Shanghai. Ini merupakan jembatan suspensi dengan rentang utama 1.490 meter dan tinggi 215 meter. Lebar jembatan adalah 39,2 meter, menampung 6 jalur lalu lintas dan jalur kecil di setiap tepi luar untuk pemeliharaan.

The-Runyang-Bridge-China

Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer. Pembangunan jembatan ini dimulai pada Oktober 2000 dengan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta) dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 30 April, 2005.

8. The Pont de Normandie – Japan

Pont de Normandie adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di Sungai Siene ke Normandia. Panjang totalnya adalah 2,143.21 meter dengan tinggi 215 meter membuat jembatan ini tertinggi di dunia no. 8.

The-Pont-de-Normandie-Japan

Jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 20 Januari 1995 dan dianggap sebagai kabel jembatan terpanjang di dunia serta memiliki rekor untuk jarak terpanjang antara tiang untuk tipe jembatan cabled-stayed. Dengan ukuran 250 meteran lebih antar dermaga maka hal ini telah memecahkan rekor sebelumnya. Rekor panjang untuk jembatan tipe cabled-stayed sebelumnya ada pada tahun 2004 dengan 2883 meter di Rio Antirrio. Pada akhir konstruksi, jembatan ini telah memakan biaya $ 465.000.000.

7. Tatara Bridge – Japan

Jembatan Tatara menghubungkan pulau-pulau Jepang di Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari setiap jembatan kabel tetap di dunia. Jembatan ini memiliki menara baja dengan panjang 220 meter yang memiliki rentang 890 mete.

Tatara-Bridge-Japan

Jembatan dibuka pada tahun 1999 dan merupakan bagian dari Expressway Mishieto yang terkenal. Pembuatan jembatan ini hanya butuh waktu enam tahun untuk membangun dan dibuat dengan struktural canggih yang cukup untuk menahan gempa besar. Jembatan ini adalah salah satu rekayasa kehebatan negara Jepang.

6. Golden Gate Bridge – USA

Dengan tinggi 227,4 meter jembatan Golden Gate adalah merupakan sebuah jembatan gantung. Membentang mulai dari dermaga San Fransisco ke Samudera Pasifik. Jembatan ini dianggap jembatan suspensi terpanjang di dunia ketika selesai dibangun tahun 1937, dan menjadi salah satu simbol yang paling diakui secara internasional yang terletak di San Francisco dan California.

Golden-Gate-Bridge-USA

Jembatan ini telah dinyatakan sebagai salah satu keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Pembangunan ini mulai dibangun pada tanggal 5 Januari 1933 dan selesai pada April 1937 dengan biaya lebih dari $ 35 juta.

5. The Great Belt Fixed Link – Denmark

Jembatan The Great Belt Fixed Link adalah yang tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dan kepulauan Funen di Denmark serta membentang di daerah Great Belt. Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari sebuah jembatan gantung untuk jalan, terowongan untuk kereta api dan merupakan jembatan tipe girder box. Istilah The Great Belt atau “Jembatan Sabuk Besar” berhubungan dengan jembatan gantung (tetapi juga dapat merujuk pada seluruh jalur) dan dianggap memiliki rentang terpanjang kedua di dunia tanpa pemancang sejauh 1,6 km.

The-Great-Belt-Fixed-Link-Denmark

Seperti dalam kasus jembatan lain dari jembatan utama, konstruksi telah membuka jalan untuk bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut. Hal iniyang menyebabkan besarnya biaya konstruksi jembatan dan telah menghabiskan biaya 21,4 miliar Denmark dan ini merupakan yang termahal dalam sejarah Denmark.

4. Stonecutters Bridge – Hong Kong

Jembatan Stonecutters adalah jembatan gantung tingkat tinggi yang berada di terusan Rambler di Hong Kong, menghubungkan kepulauan Nam Wan Kok dan Pulau Stonecutters. Jembatan ini memiliki ketinggian 298 meter sehingga jembatan ini adalah yang tertinggi ke-4 di dunia. Pembangunan jembatan dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh perusahaan patungan Hitachi Chong dengan biaya 2,76 milyar Hongkong dan dibuka untuk lalu lintas pada 20 Desember 2009.

Stonecutters-Bridge-Hong-Kong

Jembatan ini merupakan bagian dari Hong Kong Route 8 yang menghubungkan banyak tempat di Hong Kong. Tantangan besar dan kesulitan-kesulitan ekstrim dalam membangun jembatan ini menjadi bagian dari sejarah pembangunan jembatan kebanggaan masyarakat Hong Kong ini.

3. Akashi-Kaikyo Bridge – Japan

Jembatan Akashi Kaikyo juga dikenal sebagai Jembatan Mutiara, memiliki rentang pusat terpanjang dari jembatan suspensi yang pernah ada yaitu 1.991 meter dan tingginya adalah 298,3 meter.

Akashi-Kaikyo-Bridge-Japan

Jembatan ini terletak di Jepang dan selesai dibangun pada tahun 1998. Jembatan yang menghubungkan kota Kobe di daratan Honshu ke kota Iwaya di Pulau Awaji dengan menyeberangi Selat Akashi yang super sibuk. Jembatan ini merupakan bagian dari Highway Shkoku Honshu.

2. Sutong Yantze River Bridge – China

Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang di Sungai Yangtze di China antara kota Nantong dan Changshu sebuah kota di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter merupakan jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia sejak tahun 2010. Dua bentang samping yang mencapai 300 meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil diantaranya.

Sutong-Yantze-River-Bridge-China

Ada dua buah menara jembatan setinggi 306 meter dan ini menjadikannya sebagai yang tertinggi kedua di dunia. Panjang total jembatan 8.206 meter. Pembangunannya dimulai pada bulan Juni 2003 dan jembatan sukses dihubungkan pada bulan Juni 2007. Jembatan ini diuji coba untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 2008. Biaya konstruksi diperkirakan sekitar US $ 1,7 miliar.

1. Millau Viaduct Bridge – France

Jembatan Millau, adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di lembah Sungai Tam dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 343,0 meter. Yang sangat mengesankan adalah bahwa jembatan ini sedikit lebih pendek dari gedung Empire State di Amerika Serikat dan lebih tinggi maka menara Eiffel.

Millau-Viaduct-Bridge-France

Biaya Konstruksi adalah sekitar 400 juta Euro dan secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan telah menerima Penghargaan dari IABSE berupa “Outstanding Structure Award” pada tahun 2006.

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jembatan di dunia yang tinggi dan panjang. Belum lama ini ada sebuah rencana pemerintah Indonesia akan membangun sebuah jembatan yang akan melintasi Selat Sunda yaitu antara pulau Jawa dan Sumatera dan menghubungkan dua provisin yaitu Banten dan Lampung. Jika jembatan ini jadi direalisasikan bisa jadi ini akan masuk dalam sebuah keajaiban dunia di Indonesia dengan bentang terpanjang dan juga tertinggi di dunia.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


3 Komentar pada 10 Jembatan Tertinggi Di Dunia

  1. avatar Ardhito Dharma mengatakan:

    jangan panjang-panjang, ntar ambruk lagi

  2. avatar eMingko Blog mengatakan:

    keren2 ya, apa gmpang runtuh jg y kyak punya kita

  3. avatar jimmy63 mengatakan:

    keren banget yaa tuh jembatan tapi kyknya serem banget klo lewat situ yaa

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
PlanetBumi
Permainan Game Online Gratis