Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Eva
» Kategori: Berita, Lingkungan Hidup
» Telah 9.784 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 3 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Polusi merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak kota di dunia. Polusi merupakan ancaman serius bagi kehidupan manusia apabila tidak ditangani secara serius dan juga dapat mengancam kelestarian alam disekitar kita. Contoh polusi paling sering dijumpai adalah masalah sampah, polusi kendaraan dan lain sebagainya.

Berbagai cara memang telah dilakukan, namun jika hal ini selalu ada dan tumbuh subur di banyak kota hal ini bisa jadi disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya hidup sehat bagi manusia. Melalui tulisan ini Saya hanya ingin memberikan informasi ringan mengenai keberadaan 10 kota di dunia yang memiliki tingkat polusi paling parah.

1. Maputo – Mozambique

Maputo adalah sebuah ibukota negara dan merupakan kota terbesar di Mozambik serta terletak di tepi Samudra Hindia. Penduduk kota ini sangat menderita karena kekurangan sanitasiair bersih karena kurangnya sistem pembuangan limbah padat serta sistem pengolahan limbah. Tempat pembuangan sampah dan tumpukan sampah tampak tersebar di jalan-jalan dan limbah di sungai dapat dilihat dengan jelas dari tepi jalan disepanjang kota.

Pollution-in-Mozambique

Banyak bangunan air atau bendungan yang roboh dan menumbangkan tiang pemantau ketinggian air. Hal ini sangat penting karena sebagian besar kota-kota di Mozambik berada di bawah permukaan air laut. Area kota yang dihuni oleh sekitar 60.000 jika kini telah berubah menjadi rawa.

2. Moscow – Russia

Meskipun kota Moskow adalah kota paling penting dan ibukota Rusia serta dimana penduduknya membayar rata-rata $ 3.000 per bulan untuk sebuah apartemen tiga kamar tidur namun faktanya kota ini bahkan tidak memiliki air bersih yang mengalir.

Pollution-in-Moscow

Moskow juga memiliki masalah  polusi udara yang parah yang mengakibatkan permasalahan sehari-hari terhadap kesehatan paru-paru penduduknya. Penyakit Kolera meningkat tajam di beberapa bagian dari kota Moskow karena daerah kotor dimana tidak ada pengaturan yang memadai untuk pembuangan sampah.

3. Brunei – Darussalam

Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil namun diperkaya dengan sumber daya gas dan minyak bumi alam yang melimpah terletak di Asia Selatan dikelilingi oleh Malaysia.

Pollution-in-Brunei

Masalah polusi tampaknya menjadi kekhawatiran khusus di Brunei Darussalam. Tampaknya ada kurangnya informasi dan studi penelitian di daerah tersebut. Kualitas udara secara umum relatif bersih namun tidak berarti bahwa Brunei Darussalam bebas dari polusi udara. Dari beberapa studi yang telah dilakukan mengungkapkan tingkat TSP sangat tinggi. Debu tertiup angin setiap harinya adalah sumber polusi yang paling jelas terlihat.

4. Baghdad – Iraq

Baghdad adalah kota yang paling kesulitan dan sangat rentan terhadap banyak masalah di dunia karena perang teror yang sedang berlangsung. Ledakan bom sering terjadi dan kehancuran berbagai sarana umum menambah masalah polusi di kota. Kualitas air yang buruk mengancam kehidupan disana dan memperburuk transmisi penyakit yang terbawa air di saluran kota. Kolera telah melanda beberapa kota, termasuk Baghdad dari Agustus sampai Desember 2007. Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Program Lingkungan Hidup PBB menunjukkan bahwa polusi udara yang dihasilkan dari pembakaran minyak dan diperparah oleh adanya perang menyebabkan masalah yang sangat serius sedang melanda negeri ini.

pollution-in-baghdad

Baghdad memiliki tingkat polusi udara yang tinggi akibat asap mobil dan asap dari pembangkit listrik serta sumber lain yang menghambat upaya untuk meningkatkan proses penghijauan yang tengah dilakukan. Suasana berdebu kota Baghdad ini mengakibatkan polusi udara yang disebabkan oleh kekeringan yang berlangsung selama beberapa musim.

5. Mumbai – India

Mumbai adalah salah satu kota paling padat di dunia sehingga Anda dapat melihat tumpukan sampah di jalanan. Kota ini juga dianggap sebagai salah satu kota tersibuk dan paling ramai di dunia. Ada tempat-tempat dimana bau menyengat dari sampah yang berasal dari sampah kotor yang tersebar di sana. Polusi di daerah tersebut sangatlah tinggi dan merusak pemandangan kota setiap harinya.

Pollution-in-mumbai

Selain itu, polusi udara juga melanda kota. Gas-gas industri dan rumah tangga dilepaskan ke udara bebas adalah sangat berbahaya dan dapat membunuh manusia secara perlahan. Namun demikian, LSM dan aktivis sosial lainnya yang berjanji untuk mencari solusi terbaik untuk membangun kembali kota ini. Namun pemerintah berharap untuk mengubah Mumbai kembali menjadi sebuah metropolis modern meskipun kondisi perekonomian sedang menurun. Sebuah laporan baru-baru ini, diterbitkan oleh Visi Mumbai, yaitu sebuah perubahan yang diusulkan dalam hal infrastruktur, pengendalian pencemaran dan strategi pertumbuhan ekonomi. Hal ini berakibat pada kebutuhan pendanaan yang sangat besar dan diperkirakan membutuhkan setidaknya lebih dari 1 miliar dolar untuk pemecahan masalah ini.

6. New Delhi – India

Sampah dan limbah telah menciptakan penyakit yang terbawa air dan berkontribusi terhadap tingginya tingkat kekebalan bayi di New Delhi, India. New Delhi dianggap sebagai kota paling tercemar keempat di dunia. Polusi adalah salah satu masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat otoritas disana. Industrialisasi tumbuh pesat dan masalah kependudukan telah menciptakan tantangan baru bagi pemerintah untuk mengatasinya. Pertumbuhan ini cukup mengkhawatirkan seperti salah satunya adalah jumlah kendaraan di Delhi yang terus bertambah merupakan ancaman besar karena setiap hari lebih dari 1000 kendaraan berada di jalan-jalan di  kota Delhi. Kota ini biasanya penuh dengan kabut karena lalu lintas yang sangat padat, hal ini diperparah juga oleh adanya industri yang membuang 3.000 ton polutan ke udara setiap hari. Pembangkit listrik termal juga berkontribusi 13 persen dari polusi udara disana.

polusi-india

Limbah telah menjadi perhatian utama pemerintah India dengan adanya peningkatan tajam rumah sakit serta rumah panti jompo yang tidak memiliki pengaturan yang memadai untuk mengatasi masalah limbah rumah sakit. Air tanah juga telah terkontaminasi oleh unsur-unsur beracun yang dihasilkan oleh berbagai limbah industri.

7. Mexico City – Mexico

Mexico City sebagai ibukota Meksiko telah berubah dari kota yang sebelumnya cukup bersih di dunia menjadi terkotor dalam rentang waktu beberapa generasi. Visibilitas rata-rata sekitar 100 km di tahun 1940 turun menjadi sekitar 1,5 km.

Pollution-in-mexico-city

Gunung berapi yang dahulu tertutupi salju telah menghilang dan sekarang sangat jarang terlihat dan tingkat polutan seperti nitrogen dioksida (NO2) sering terjadi di kota ini serta telah melanggar standar internasional dua sampai tiga kali. Tingkat polutan ozon yang melindungi kita dari radiasi matahari di atmosfer paling atas sangat berbahaya untuk bernafas dan terjadi dua kali lebih tinggi di kota ini sebagai batas maksimum yang diperbolehkan.

8. Dhaka – Bangladesh

Dhaka adalah ibu kota Bangladesh yang terletak di Asia selatan, antara Burma dan India. Ibukotanya berjuang dengan ancaman rutin terhadap pencemaran air. Permukaan air sangat kotor dan berpotensi ancaman penyakit dan polutan dari penggunaan pestisida komersial.

Pollution-in-dhaka

Dhaka memiliki populasi penduduk lebih dari 8 juta orang. Polusi udara di kota ini telah berubah menjadi masalah yang sangat serius. Menghitamnya udara kota dan visibilitas cepat berkurang di beberapa daerah bahkan dengan mata telanjang. Penyebaran bau kotoran akibat tumpukan sampah adalah hal biasa dan merupakan pemandangan sehari-hari. Tumpukan sampah dapat dilihat di jalan-jalan Dhaka dan proses pembuangannya sangatlah lambat.

9. Karachi – Pakistan

Karachi adalah kota metropolitan dan pusat bisnis di Pakistan. Di satu sisi Karachi sedang diproyeksikan sebagai kota besar dan industri Pakistan tetapi di sisi lain tumbuh penyakit terkait polusi terus meningkat akibat tingkat pertahanan udara dan polusi suara. Sebanyak 35 persen penduduk kota telah dipengaruhi oleh penyakit seperti jantung, paru-paru, THT, mata, kulit, dan penyakit psikologis.

Pollution-in-Karachi

Sumber utama pencemaran udara adalah kehadiran becak motor dan kendaraan lain yang mengeluarkan asap tanpa kendali, udara menjadi kotor dengan polusi ini dan menyebabkan kebisingan. Akibat lain yang cukup nyata adalah masalah alergi hidung, sakit tenggorokan dan masalah THT cukup meningkat. Polusi suara yang menyebabkan masalah seperti gangguan pendengaran, sakit kepala dan hipertensi juga terjadi di kota ini. Para ahli prihatin atas sikap apatis pemerintah karena tidak menangani masalah ini segera mungkin. Menurut perkiraan, lebih dari 1,43 juta kendaraan di jalan memenuhi kota dan jumlah ini terus berkembang hingga lebih dari 300 kendaraan baru yang terdaftar di Karachi setiap harinya.

10. Lagos – Nigeria

Lagos adalah ibukota komersial dan kota terbesar di Nigeria. Asap melayang di atas kota mengaburkan udara di kawasan pusat bisnis ibukota. Kota dengan 12 juta penduduk dan salah satu kota terbesar di Afrika sedang menghadapi masalah polusi udara yang sangat parah.

Pollution-in-Lagos

Menurut sumber medis, penyakit pernapasan karena polusi udara telah menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi rumah sakit kota ini. Di University Teaching Hospital Lagos, sebuah lembaga kesehatan terkemuka di kota itu menyatakan bahwa sekitar seperlima dari semua penyakit yang dilaporkan oleh pasien rumah sakit dalam dua tahun terakhir yang terkait dengan berbagai tingkat masalah pernapasan.

Saat ini Lagos tidak memiliki sistem pembuangan limbah terpusat dan tidak memiliki sistem insinerator. Penanganan limbah masih dilakukan dengan cara membuang ke laguna dan menolak sampah rumah tangga dan dikumpulkan oleh otoritas limbah ke tempat pembuangan sampah pusat di utara kota. Sampah ini dibakar dan tentu saja menciptakan gumpalan asap hitam pekat ke udara bebas setiap harinya.

Demikianlah informasi dari Saya yang berasal dari berbagai sumber. Bagaimana dengan kota tempat Anda tinggal? semoaga saja polusi masih dalam taraf yang wajar. Namun salah satu kota yang sudah memiliki tingkat polusi udara buruk adalah Jakarta. Sebagai ibukota, tentu saja Jakarta memiliki pontesi polusi yang sama dengan kota-kota di atas seperti limbah sampah yang tidak dikelola baik, sampah didaerah aliran sungai dan pencemaran udara yang menyesaki warga kota. Mari kita secara aktif ikut untuk ikut membersihkan lingkungan tempat tinggal kita dan tidak membuang sampah sembarangan, marilah kita menjadi contoh untuk anak dan cucu kita agar mereka kelak akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sekarang.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


3 Komentar pada 10 Kota Berpolusi Terburuk Di Dunia

  1. avatar asaz mengatakan:

    kalau jakarta urutan ke berapa?

  2. […] Demikianlah informasi dari Saya yang berasal dari berbagai sumber. Bagaimana dengan kota tempat Anda tinggal? semoaga saja polusi masih dalam taraf yang wajar. Namun salah satu kota yang sudah memiliki tingkat polusi udara buruk adalah Jakarta. Sebagai ibukota, tentu saja Jakarta memiliki pontesi polusi yang sama dengan kota-kota di atas seperti limbah sampah yang tidak dikelola baik, sampah didaerah aliran sungai dan pencemaran udara yang menyesaki warga kota. Mari kita secara aktif ikut untuk ikut membersihkan lingkungan tempat tinggal kita dan tidak membuang sampah sembarangan, marilah kita menjadi contoh untuk anak dan cucu kita agar mereka kelak akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sekarang. Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/10-kota-berpolusi-terburuk-di-dunia/#ixzz1ggKvIBFq […]

  3. avatar Teuku Edi Juanda mengatakan:

    Thank for Infoo. :)

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis