27 Tips Untuk Blog Berbasis WordPress

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Tutorial, Tips & Trik
» Telah 3.169 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 5 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Blog Anda sudah siap online? atau Anda masih kebingungan memilih mana yang paling tepat antara WordPress dan Blogspot? Saya secara pribadi selalu merekomendasikan WordPress sebagai media blog Anda. Banyak manfaat lebih yang bisa didapat ketika kita menggunakan WordPress karena adanya teknologi Plugin WordPress yang begitu banyak dan canggih untuk berbagai keperluan ngeblog.

tips_blog_wordpressTip berikut ini khusus bagi kamu yang baru saja selesai instalasi WordPress untuk pertama kalinya dan tip ini juga berguna untuk keseluruhan blog berbasis wordpress milik kamu selanjutnya. Jika kamu belum pernah mengetahui cara instalasi WordPress silakan membaca artikelnya terlebih dahulu.

Catatan: Format penulisan dan pengaturan di bawah ini menggunakan antar muka bahasa Indonesia, jika blog Anda menggunakan bahasa Inggris harap menyesuaikan bahasa pengantarnya.

Pengaturan Awal

1. Aturlah zona waktu. Pilih waktu tempat Anda berada dengan cara memilih kota tempat Anda tinggal atau memilih zona waktu +7 (Indonesia). Pengaturan ini bisa ditemukan melalui menu PengaturanUmum.

2. Gunakan komentar bertingkat. Untuk memudahkan melihat dan memilah komentar yang ingin kamu tanggapi gunakan level kedalaman komentar setidaknya dikedalaman hingga 3 level. Hal ini akan memudahkan kamu untuk membalas pesan komentar yang masuk dan memudahkan pengunjung blog untuk membaca komentar yang ada. Pengaturan ini bisa melalui menu PengaturanDiskusi.

3. Gunakan Gravatar untuk komentar. Gravatar adalah standar blog berbasis WordPress yang wajib kamu gunakan. Dengan menggunakan Gravatar, kamu bisa menampilkan brand blog kamu di berbagai blog lain dengan cara memasang foto ataupun gambar yang jelas. Dengan penggunaan Gravatar maka kamu punya tampilan khusus yang berbeda dari pemberi komentar lainnya. Pengaturan bisa dilakukan melalui menu PengaturanDiskusi dan lihatlah pada bagian Avatar.

4. Pasang Banner untuk Header. Sebuah banner berbasis gambar dan bukan teks akan membuat blog Anda semakin memiliki nilai khusus dibandingkan hanya sekedar berbentuk teks biasa. Desainlah secara baik dan jangan terlalu berlebihan dengan warna-warna yang terlalu “mencolok mata”.

5. Daftarkan namamu sebagai penulis. Tiap kali menuliskan artikel selalu gunakan nama kamu sebagai penulis. Publikasikan namamu kepada pembaca dan jangan menyembunyikannya. Lakukan perubahan jika nama yang kamu gunakan bukanlah nama kamu melalui menu PengaturanPengguna.

6. Hapus tautan Blogroll. Secara default WordPress membuat tautan-tautan atau link menuju jaringan situs WordPress, hapuslah semua tautan tersebut. Pengaturan dapat dilakukan melalui menu Tautan.

7. Hapus komentar “Tuan WordPress”. WordPress membuat sebuah komentar pertama pada blog, hapuslah komentar tersebut sekarang juga karena Anda tidak memerlukannya. Pengaturan dilakukan melalui menu Komentar.

8. Hapus posting pertama Anda. WordPress juga membuat sebuah posting berjudul “Halo Dunia”, hapuslah posting ini atau Anda bisa melakukan perubahan terhadap isinya sesegera mungkin. Pengaturan dapat ditemukan melalui menu Tulisan.

9. Perbaiki isi halaman “Perihal”. Halaman ini merupakan contoh yang dibuat WordPress untuk pertama kali agar bisa memberikan contoh halaman seperti apa yang bisa kamu buat. Saran terbaik Saya adalah perbaiki isinya dan jangan dihapus. Berikan penjelasan yang lebih detail mengenai diri Anda dan apa yang ingin Anda lakukan terhadap blog milik Anda. Aturlah ini melalui menu Halaman.

10. Tambahkan halaman Privasi. Tahukah Anda bahwa halaman privasi perlu ada pada tiap blog, maraknya duplikasi konten merupakan salah satu hal yang perlu kamu waspadai. Tulislah apa yang ingin Anda bagi dan apa yang tidak ingin Anda izinkan untuk disebarkan dan beritahukan pada pembaca Anda bahwa blog Anda menganut sistem seperti apa. Berikan panduan pada mereka tata cara mengambil data dan bagaimana mekanismenya. Halaman privasi bisa kamu tambahkan melalui menu Halaman.

11. Tambahkan halaman Disclaimer. Secara harafiah, disclaimer dalam bahasa Indonesia berarti penolakan atau sangkalan. Halaman ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan pada pengunjung bahwa blog Anda cocok untuk kalangan seperti apa, seperti usia, tingkatan pendidikan, jenis kelamin dan tujuan. Anda mungkin perlu menargetkan siapa yang seharusnya menjadi pembaca blog sehingga tujuan Anda akan selalu tercapai. Halaman ini bisa ditambakan melalui menu Halaman.

Statistik, Trafik dan SEO Untuk Blog

12. Pantau trafik Anda. Gunakan Google Analytics untuk memantau statistik blog Anda, karena dengan adanya statistik kita bisa melakukan analisa dan optimasi terhadap perkembangan blog. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan cara menambahkan sebuah Plugin untuk Google Analytics. Untuk membaca statistik kita membutuhkan akun Google untuk dapat membacanya. Menambah Plugin bisa melalui menu Plugin.

13. Gunakan kata kunci pada judul blog. Keyword atau kata kunci merupakan hal penting dalam setiap situs web tanpa terkecuali blog Anda. Gunakan sebuah kata kunci yang merupakan target Anda ngeblog. Tulislah kata kunci tersebut menjadi bagian dalam judul blog Anda. Pengaturan ini bisa dengan mudah dilakukan melalui menu PengaturanUmum.

14. Perbarui Layanan. Tiap kali kita mem-posting sebuah tulisan pastikan bahwa mesin cari selalu mengetahuinya. Cara ini bisa dilakukan oleh WordPress denga mudah. Tambahkan layanan ini melalui menu PengaturanMenulis dan lihatlah pada bagian Perbarui Layanan yang terdapat di bagian paling bawah. Gunakan setidaknya minimal adalah layanan yang dirilis oleh WordPress sebagai berikut:

  • http://rpc.pingomatic.com
  • http://rpc.twingly.com
  • http://api.feedster.com/ping
  • http://api.moreover.com/RPC2
  • http://api.moreover.com/ping
  • http://www.blogdigger.com/RPC2
  • http://www.blogshares.com/rpc.php
  • http://www.blogsnow.com/ping
  • http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi
  • http://bulkfeeds.net/rpc
  • http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php
  • http://ping.blo.gs/
  • http://ping.feedburner.com
  • http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
  • http://ping.weblogalot.com/rpc.php
  • http://rpc.blogrolling.com/pinger/
  • http://rpc.technorati.com/rpc/ping
  • http://rpc.weblogs.com/RPC2
  • http://www.feedsubmitter.com
  • http://blo.gs/ping.php
  • http://www.pingerati.net
  • http://www.pingmyblog.com
  • http://geourl.org/ping
  • http://ipings.com
  • http://www.weblogalot.com/ping

14. Ganti Permalink. Segera ubah tampilan dari alamat artikel blog Anda. Secara default, WordPress menggunakan alamat tulisan Anda seperti ini: www.namabloganda.com/?p=123. Menggunakan alamat seperti tidak “search engine friendly” artinya mesin pencari yang ada di Internet seperti Google, Yahoo, Ask, Bing dan lain sebagainya tidak secara spesifik mengetahui apa yang dimaksud dengan “p=123”. Segera ubah permalink yang disarankan sebagai menjadi berikut (pilih salah satu):

  • /%year%/%monthnum%/%day%/%postname%/
  • /%year%/%monthnum%/%postname%/
  • /%postname%/
  • /%category%/%postname%/
  • /%post_id%/%postname%/

Pengaturan ini bisa dilakukan melalui menu PengaturanPermalink dan pilih Struktur Tersuai.

15. Gunakan kategori yang mengandung kata kunci. Sekali lagi kata kunci adalah hal penting, maka gunakanlah sesering mungkin saat membuat penamaan  pada kategori. Pengaturan ini bisa dilakukan melalui menu TulisanKategori.

16. Daftarkan ke Google Webmaster Tools. Google punya sebuah alat untuk membantu kita mempercepat proses indeks terhadap keberadaan tulisan blog kita. Pelajari cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools pada artikel tersebut.

17. Daftarkan ke Yahoo Site Explorer. Agar cepat dikenal oleh Yahoo, silakan gunakan tool bernama Yahoo Site Explorer untuk lebih cepat di indeks oleh mesin cari Yahoo. Pelajari caranya melalui tulisan Saya mengenai cara mendaftarkan blog ke Yahoo.

18. Daftarkan ke Bing Webmaster Tools. Bing adalah mesin cari dari Microsoft yang perlu Anda perhatikan, agar lebih cepat terindeks dengan baik silakan daftarkan segera blog Anda. Berikut ini adalah bagaimana cara mendaftarkan blog ke Bing.

19. Gunakan Google Feedburner. Pastikan bahwa Anda menggunakan fitur ini pada sindikasi atau RSS blog. Dengan adanya fitur ini pembaca blog Anda dapat selalu mengikuti perkembangan terbaru dari artikel-artikel yang dipublikasi. Silakan daftarkan blog Anda ke Google Feedburner melalui akun Google milik Anda dan aktifkan layanan Subscribe by E-Mail.

20. Daftarkan ke komunitas blog. Jika blog Anda telah siap dan cukup memiliki artikel silakan daftarkan ke komunitas blogger yang ada. Jika blog berbahasa Indonesia Saya sangat merekomendasikan PlanetBlog sebagai media komunitas blog dan blogger Indonesia.

21. Daftarkan blog ke Social Bookmarking. Setelah memiliki artikel yang cukup banyak pasanglah Plugin WordPress untuk memudahkan pengunjung untuk membaginya ke berbagai situs media sosial seperti Facebook, Twitter, StumbelUpon, Digg, Delicious dan lain sebagainya. Baca artikel Saya mengenai Plugin WordPress untuk Social Bookmarking. Jika blog Anda berbahasa Indonesia gunakan Lintasberita.com dan Infogue.com.

Keamanan Blog

22. Ganti Kata Sandi secara berkala. Gantilah password Anda secara berkala untuk mengurangi bahaya penyalahgunaan akses yang tidak kamu inginkan.

23. Jangan gunakan nama pengguna Admin. Kebanyakan sistem berbasis web memiliki nama standar di dalam memberikan nama user yang memiliki hak akses tak terbatas, dan ini biasanya admin. Gantilah penamaan ini atau hapuslah user tersebut namun pastikan Anda telah membuat user baru yang memiliki hak akses sama dengan admin tersebut.

24. Pastikan Plugin selalu baru. WordPress selalu memberikan informasi terbaru mengenai keberadaan Plugin WordPress versi terbaru yang kamu gunakan. Lakukan perbaruan berkala tiap kali ada notifikasi ini, karena hal ini akan memperbaiki bug yang ada pada program dan biasanya ada fitur baru yang ditambahkan tanpa mengurangi esensial dari Plugin tersebut.

25. Gunakan proteksi anti spam. Ciri khas blog adalah adanya layanan pemberian komentar, jika blog Anda ramai dikunjungi maka hal ini bisa menjadi cukup rentan bermasalah jika Anda tidak memproteksinya dengan baik. Silakan membaca artikel proteksi anti spam pada blog untuk penjelasan lebih lanjut.

Tip Blog Tambahan

26. Beri perhatian lebih pada aktivitas komentar. Adanya interaksi antara pengunjung dan Anda selaku pemilik sangat ditentukan dari adanya komunitas pada layanan komentar. Kamu bisa menambahkan fungsi komentar menjadi lebih menarik sekaligus juga untuk melindungi blog dari celah keamanan yang terbuka. Silakan membaca artikel tentang Plugin WordPress yang penting untuk komentar blog Anda.

27. Gunakan Plugin WordPress yang terpenting. Jangan gunakan terlalu banyak Plugin yang bisa membuat blog menjadi “sangat lemot” untuk diakses seperti ada sebuah ungkapan bahwa “lebih cepat lebih baik” maka begitu juga sebaiknya pada blog Anda. Saya pernah merilis sebuah tulisan yang cukup mendapatkan respon bagus mengenai Plugin WordPress yang wajib digunakan untuk blog, sebaiknya kamu baca dan terapkan.

Demikian tip blog dari Saya yang mudah-mudahan dapat berguna dan Saya sangat mengharapkan informasi dari Anda tentang tulisan di atas yang kemungkinan masih terdapat kesalahan ataupun masukan yang bisa ditambahkan. Happy Blogging!.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


5 Komentar pada 27 Tips Untuk Blog Berbasis WordPress

  1. avatar emingko mengatakan:

    wah… tipsnya mantab, lgsg prktek d blog WP :D
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

  2. avatar asaz mengatakan:

    mantap gan terima kasih gan nati saya coba pakai WP

  3. avatar Mukti Effendi mengatakan:

    Tips dan artikel anda sangat bermanfaat gan. Saya juga blogger wordpress jadi penting membaca artikel tentang 27 Tips Untuk Blog Berbasis WordPress

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis