Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 2.908 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 16 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Kamu punya blog? belakangan ini banyak sekali orang yang memiliki blog mulai dari blog pribadi, blog perusahaan hingga blog untuk bisnis. Mudahnya cara membuat blog ikut memicu pertumbuhan yang sedemikian pesat. Bahkan bagi sebuah perusahaan maka kegiatan ngeblog sudah menjadi keharusan untuk ikut meningkatkan prestisius usaha mereka. Blog pribadi yang menuliskan hal-hal bersifat pribadi juga ikut meramaikan komunitas blog hingga sebuah blog yang secara khusus ditujukan untuk mencari uang di Internet.

Jika Anda serius ingin ngeblog banyaklah belajar bagaimana cara membuat blog yang baik dan benar dari berbagai sumber yang bisa ditemukan via Internet begitu banyak tersedia. Banyak sekali blog yang ramai dikunjungi karena manfaat yang bisa didapat juga termasuk blog yang sepi pengunjung karena tidak adanya manfaat yang bisa diambil ketika kita mengunjungi blog tersebut bahkan jadi malas ketika baru melihat tampilannya. Permasalahan yang sering muncul bisa mulai dari hal ringan seperti tautan yang hilang, banyaknya iklan yang tidak proporsional hingga desain tampilan yang buruk.

Berikut ini Saya ingin memberikan gambaran mengapa blog Anda sepi pengunjung dan tidak profesional dan berkesan asal-asalan. Pastikan Anda mengetahui hal-hal di bawah ini dengan pasti dan hindarilah hal tersebut terjadi pada blog Anda.

1. Terlalu Banyak Iklan

Iklan, iklan dan iklan. Percayalah bahwa adanya iklan pada sebuah blog yang berlebihan sangatlah dibenci oleh pengunjung. Pernahkah kamu melihat sebuah blog yang selalu menyuguhkan “pop-up window” berisikan iklan yang berkesan memaksa? Saya yakin pernah dan banyak pemilik blog yang berpikir bahwa dengan melakukan hal tersebut maka mereka akan lebih cepat “kaya raya”. Itu adalah kesalahan yang terbesar karena dalam waktu singkat mereka akan segera meninggalkan blog tersebut.

too-many-ads
(sumber foto: CNET)

Lebih banyak iklan dari pada konten juga akan membuat blog Anda bisa dipastikan sepi pengunjung karena mereka berpikir tidak ada satupun hal penting yang bisa diambil untuk mereka. Memang tidak ada larangan untuk memasang iklan pada blog, namun pastikan blog jumlahnya sesuai dan harus lebih sedikit dari pada konten. Pastikan juga iklan sesuai dengan konten blog Anda karena hal ini akan membuat kesan bahwa blog tersebut memiliki kesamaan konten yang bersesuian.

2. Iklan Yang Mengganggu

Sekali lagi memasang iklan sah-sah saja untuk diletakkan pada sebuah blog. Namun janganlah berlebihan dan ketehuilah bahwa pengunjung blog datang untuk melihat konten dan bukan untuk menonton iklan. Iklan yang berukuran raksasa hingga hampir menutupi sebagian besar halaman blog sangatlah mengganggu. Iklan berjenis “pop-up window” yang selalu tampil ketika kita berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya juga akan membuat pengunjung merasa diganggu kenyamanannya.

pop-ups
(sumber foto: Wikipedia)

Bahkan disaat kita ingin menutup dari blog sekalipun tetap saja ada iklan berjenis “pop-under” yang muncul. Ibaratnya sudah benci maka kehadiran iklan tersebut juga menambah stress pengunjung yang memuncak.

Jenis iklan yang muncul ketika kita menggerak-gerakkan mouse di atas sebuah teks juga cukup mengganggu kenyamanan navigasi dan hal tersebut tentu saja membuat bandwidth internet pengunjung akan tersedot habis dengan cepat ketika sedang nyaman berada pada blog Anda.

3. Terlalu Banyak Tombol Media Sosial

Menyebarkan informasi konten pada sebuah blog ke berbagai media sosial memang hal yang baik untuk ikut meningkatkan trafik kunjungan. Namun pastikan bahwa jumlah tombol tidaklah terlalu banyak dan tidak mengganggu navigasi halaman blog. Letakkan tombol media sosial hanya di satu tempat yang bisa dilihat dengan jelas baik itu di bagian atas artikel atau bawah tulisan. Bisa juga Anda meletakkan tombol tersebut secara “melayang” baik disamping kiri ataupun kanan halaman.

social-media-buttons

Buatlah tombol media sosial terlihat simpel atau sederhana namun punya fungsi yang kuat. Jangan secara berlebihan “memoles” tampilan tombol menjadi 3 dimensi, fancy, glossy dan berukuran besar. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa tombol tersebut bisa memberikan manfaat yang standar dan jangan berlebihan.

4. Desain Yang Buruk

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika kita mendesain tampilan sebuah blog. Pikirkan jumlah yang seimbang antara konten, gambar, teks dan iklan jika ingin serius mendesain blog Anda. Konten adalah hal yang harus berjumlah lebih banyak ketimbang hal yang lainnya. Adanya gambar pasti akan menambah menarik mata si pengunjung namun jangan lakukan secara berlebihan.

crowded-design

Pada saat seseorang datang berkunjung pastikan mereka akan menemukan konten dengan mudah dan tidak bertele-tele seperti harus mengisikan buku tamu apalagi harus melakukan klik pada sebuah iklan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa Anda tidak bisa memasukkan semua hal ke dalam sebuah blog seperti animasi multimedia, video dan hal-hal menarik lainnya. Cukup fokus pada hal-hal penting yang seluruhnya bermanfaat bagi pengunjung blog Anda.

Penggunaan warna yang bersesuaian juga merupakan hal yang sangat disarankan. Jangan gunakan warna yang kontras dan saling berlawanan satu sama lain sehingga akan membuat pengunjung blog Anda sakit mata ketika melihatnya. Jangan gunakan warna putih atau kuning untuk blog yang memiliki latar belakang berwarna terang, silakan pilih warna standar yaitu hitam sebagai teks dan putih sebagai warna latar belakang.

5. Splash Page Yang Memaksa

Begitu seseorang tiba di blog kita ada sebuah metode yang berkesan “memaksa” mereka untuk wajib melakukan sesuatu sebelum membaca konten blog. Hal ini biasanya penawaran untuk berlangganan RSS, berlangganan newsletter, memaksa mereka untuk menyukai Anda di Facebook juga termasuk mem-follow kita di Twitter.

splash-page

Jangan pernah menampilkan hal tersebut ketika mereka belum melihat apapun selain konten Anda di blog. Hal-hal yang Saya tulis di atas jangan pernah dipaksakan pada mereka karena akan membuat mereka membenci Anda. Tempatkan form isian berlangganan RSS dan meminta mereka mem-follow Twitter Anda pada lokasi yang tepat seperti pada bagian bawah tulisan ataupun dibagian atas sidebar.

6. Membajak Konten Blog Lain

Ini adalah satu-satunya alasan paling kuat diantara alasan lain yang membuat sebuah blog bisa dipastikan sepi pengunjung. Walaupun sebuah blog tidak ada satupun iklan yang tampil dan hal-hal yang mengganggu tapi bisa dipastikan blog Anda tidak bisa meraih trafik kunjungan yang signifikan, mengapa? karena selain secara teknis mesin pencari tidak akan melakukan indeks yang berarti juga Anda akan di cap sebagai seorang plagiator.

content-is-king

Belakangan ini banyak orang mengambil jalan pintas untuk memiliki blog yang berkualitas yaitu dengan cara menyalin secara mutlak bulat-bulat konten dari sumber lain di internet. Kegiatan ini juga termasuk melakukan perubahan isi konten asli menjadi berbeda namun maknanya tetap sama. Bagi Anda yang tahu dan pernah melakukan hal ini tanyakanlah pada diri Anda sendiri, apakah pantas kita melakukannya? jika kamu terpelajar tentu tahu hukum hak kekayaan intelektual yang wajib di hormati dan dilindungi dan sebaliknya jika kamu tidak peduli akan hal tersebut maka kamu bukanlah seorang yang terpelajar dan tidak tahu cara bersopan-santun dan memiliki mental “terbelakang”.

Anda sah-sah saja melakukan penyalinan konten dari blog lain namun pastikan Anda memberitahukan sipemilik dengan cara menghubunginya dan mendapatkan izin serta memberikan kredit kepadanya. Saya sendiri menuliskan permintaan untuk melarang menyalin konten ini tanpa izin termasuk pada blog pribadi Saya Yudhitech DotCom. Salah satu sambutan yang kurang menyenangkan langsung mendatangi Saya dengan prasangka yang kurang baik. Mereka yang tidak memahami apa yang Saya tulis tersebut dan langsung mempertanyakan mengapa dilarang? Jika diperhatikan baik-baik maka kita akan memahami bahwa maksud Saya adalah Anda silakan menyalin konten milik Saya namun harus dengan izin dari Saya. Anda bisa dengan mudah membaca sifat orang yang mengecam Saya tersebut yang bisa dikatakan bermental “tempe” dan tidak punya etika serta hati nurani.

Akhir dari bagian tulisan ini punya tujuan satu agar blog Anda ramai dikunjungi oleh banyak orang yaitu fokuslah pada konten yang unik dan tetaplah untuk menuliskan hal-hal yang baik dan bukan mengejar keuntungan semata tanpa memperhatikan apa yang diinginkan oleh para pembaca blog Anda.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


16 Komentar pada 6 Hal Yang Membuat Blog Anda Sepi Pengunjung

  1. avatar Mat Indera mengatakan:

    Betul dan tepat apa yng awak syorkan tu…

  2. avatar Iwan Restiono mengatakan:

    Memang, plagiator is s***s
    :D

  3. avatar cangkal mengatakan:

    makasih sob tipsnya.. ^_^

  4. avatar Andy mengatakan:

    Kalau menurut saya semua balik ke masing owner blog’a mas,karena setiap dari kita yang membuat blog pasti punya tujuan yang berbeda – beda,ada yang cuma nyari uang dengan iklan,ada yang tukang copy paste content & ada yang ngeblog untuk mencerdaskan reader
    Blog jelek tidak akan ramai pengujung & comment kok pati ketahuan pada nanti ketika berjalan mana blogger yang bermutu atau tidak
    Ditunggu kunjungan baliknya

    • avatar Yudhi mengatakan:

      Pada intinya spt yang Saya tulis di atas bahwa konten yang unik adalah yang terbaik dan tetaplah fokus disana untuk menyajikan informasi berkualitas dan dijamin trafik akan datang

  5. alow salam kenal

    sepertinya anda sudah lama dengan dunia internet dan blogger, internal linking dan external lingkingnya sudah diatur sedemekian rupa …
    tapi kenapa sudah begitu banyak artikel PR anda masih nol yach ?? bukan bermaksud menghina tapi saya heran kenapa yach ??

    padahal situs anda bagus banget … GOOGLE ANEH NIH !!

    REgards

    • avatar Yudhi mengatakan:

      @Miniatur Pesawat Terbang

      Tingginya PR bukan ukuran sebuah website populer atau tidak, namun lebih banyak ke masalah teknis yang mempengaruhi. SejutaBlog pernah mencapai PR 3 untuk halaman utama namun saat ini drop hanya PR 1 namun di beberapa halaman lain ada yg memiliki PR 2. Ukuran kepopuleran dapat juga di ukur dari ranking alexa yg menurut Saya cukup baik walaupun belom begitu bagus. SejutaBlog tidak memiliki banyak artikel karena walaupun sudah sejak 2008 namun artikel masih sangat sedikit yaitu hanya kisaran 300 artikel dan ini sangatlah sedikit utk kurun waktu yg sudah lama online. Duplikasi konten jg hal yg paling berpengaruh utk menjatuhkan nilai sebuah blog dan ingat bahwa SejutaBlog bukan merupakan blog pribadi namun dibuat oleh komunitas blogger tanah air.

  6. avatar Efri Yaldi mengatakan:

    sebaiknya terus saja menulis di blog tanpa ada beban ada pengunjung atau tidak…jika konten sudah banyak dengan sendirinya pengunjung akan berdatangan

  7. avatar wisata murah mengatakan:

    yupz bahasan menarik yang wajib kita telaah. terima kasih juga sudah berbagi.

    nimbrung pembicaraan pesawat terbang. Masalah PR ini memang msih jadi dilema. tapi saya menduga ada kemungkinan beberapa konten populer di blog ini di redirect.kemudian tanggal posting di buat lebih tua, karena dalam beberapa kasus saya mengamati begitu.

    mereka mencoba mau menipu robot text dengan memainkan tanggal. dan rupanya untuk sementara yang saya amati mereka sangat berhasil dengan konten copas yang seolah olah dia sumber asli Untuk mensiasati ini. saya menemukan metode untuk memulangkan data yang di copas pada narablog sebenarnya. dengan cara membuat blog sejenis untuk melakukan hal sama. ketepatan artiekelnya baru saya terbitkan dengan tajuk Blogger copet kecopetan (wisata SEO)

    masalah alexa saya kok agak beda pendapat sidikit. karena pernah terjadi. dimana PR blog yang saya kelalola dari PR 0 jadi PR 4 pengunjngpun naik dari sekitar 300 menjadi ribuan. tapi alexa malah melorot. jadi widget dan meta tag yang kita pasang tidak berpungsi. karena sepertinya alexa mengharuskan kita instal toolbar alexa yang dipenuhi iklan.. jadi alexa itu sudah tidak bisa dipegang kridibel lagi.

    wah kepanjangan ya, hehehe happy blogging

    • avatar Yudhi mengatakan:

      Pengamatan Anda salah Gan… tidak ada satupun konten di blog ini seperti apa yg Anda pikirkan. Tidak ada satupun konten di blog ini yg dituakan atau dimudakan. Semua ditulis secara alami dan tanpa SEO trick sama sekali ataupun teknik redirect spt yg dimaksud.

      Perlu dihapami bahwa Antara alexa dan PR tidaklah berhubungan dan kita tidak ada kewajiban memasang widget alexa di blog walaupun banyak yg menyarankan hal tersebut utk membuat ranking alexa meroket. Sebagai contoh sebuah blog yang hanya punya 10 halaman bisa lebih tinggi PR namun jeblok di Alexa dibandingkan dengan blog yg punya ratusan halaman artikel namun PR nya 0 dan alexanya bagus. Kenapa hal ini bisa terjadi karena perbedaan pengukuran antara 2 parameter tersebut.

  8. avatar Hanif mengatakan:

    wah, bagus banget nih. bener2 emang soal blog itu diatas kalau diperhatikan dan dilakukan gak bakalan sepi pengunjung.

  9. avatar main mengatakan:

    Mantah artikelnya…memang bayak blogger mania yang mengacuhkan hal-hal di atas..
    Top…makasih atas ilmunya..salam.
    http://mainviews.blogspot.com

  10. avatar digital mengatakan:

    ikut nyoba di praktekkan tipnya pak…makasih ilmunya.

  11. avatar Taman Bacaan mengatakan:

    setuju sekali dengan semua uraian diatas.
    jika sepi sabar dulu saja.
    memang isinya juga masih sedikit. yang penting konsisten menulis dan berbagi
    pasti lama-lama juga akan banyak pula pengunjungnya.

    salam

  12. avatar arya mengatakan:

    lam kenal all.ane baru belajar ngeblok and ngeweb,yah masih dalam tahap ngumpulin info terkait.tp untuk ulasan diatas ane dukung banget,pasalnya dunia blog dan web,adalah dunia interaktif yang kreatif…!!.jadi bukan hanya sekedar untuk mengejar keuntungan yang bersifatnya pribadi….!!!.sorry kl sok tau….!!!.salam kereatif aja all.

  13. avatar adi susanto mengatakan:

    wah harus di rombak total nich blog ane :( masa kayak toko jalan pantesan pengunjungnya sepi amti ,, makasih gan inponya

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis