Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Sandra
» Kategori: Musik
» Telah 1.525 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 3 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Mungkin Anda sudah bosan dengan alat atau instrumen musik yang sudah ada saat ini. Cobalah belajar musik menggunakan alat-alat yang telah digunakan oleh beberapa orang bahkan musisi di dunia untuk menciptakan karya musik yang unik.

Di bawah ini adalah beberapa instrumen musik yang tidak biasa digunakan oleh para musisi untuk memainkan atau menciptakan sebuah irama musik. Namun, apapun sumbernya tetap saja karya yang dihasilkan merupakan sebuah alunan musik yang bisa didengar dan dinikmati oleh telinga manusia.

Kalimba

Kalimba atau disebut juga dengan thumb piano (piano jempol) adalah alat musik jenis perkusi. Alat musik ini merupakan versi modern dari alat musik tradisional Afrika Selatan bernama Mbira. Terdiri dari sebuah kotak resonator berongga dengan tuts-tuts logam yang menempel ke bagian atas untuk memberikan not-not berbeda. Instrumen ini berhasil menarik perhatian grup musik Earth Wind and Fire untuk membuat serta menyajikan sebuah lagu khusus berjudul Kalimba Story yang liriknya bercerita tentang alat in dan tujuannya tidak lupa sembari menyisipkan nada-nada dari instrumen unik dari alat ini.

Bagpipe

Bigpipe adalah alat musik tiup khas Skotlandia. Bagpipe berbentuk kantung udara yang terbuat dari kulit. Kantung itu akan membesar pada saat ditiup. Udara di dalam kantung ditekan agar udara keluar melalui beberapa pipa yang menghasilkan nada. Instrumen ini biasa dimainkan penduduk Skotlandia pada saat perayaan Natal dan Paskah serta perayaan hari pelindung Skotlandia “St. Andrew Day“. Instrumen ini pernah digunakan grup band Korn pada lagu yang berjudul “Shoot and Ladders“.

Saron

Saron atau yang biasanya disebut juga dengan Ricik adalah salah satu instrumen Gamelan yang termasuk keluarga Balungan. Dalam satu set Gamelan biasanya mempunyai 4 Saron, dan semuanya memiliki versi Pelog dan Slendro. Saron menghasilkan nada satu oktat lebih tinggi dari pada Demung, dengan ukuran fisik yang lebih kecil. Taguhan Saron biasanya terbuat dari kayu dengan bentuk seperti Palu. Banyak musisi dalam negeri yang telah menggunakan alat musik ini dalam karya musiknya. Sebut saja mulai dari grup musik Karimata, Krakatau, Kuaetnika, Tohpati Ethnomission dan juga Respito.

Didgeridoo

Didgeridoo adalah alat musik tradisional dari Australia Utara. Alat ini berusia ribuan tahun. Bentuknya panjang dan agak mengerucut serta berukuran panjang sekitar 1 hingga 2 meter dan kebanyakan berukuran 1,2 meter. Didgeridoo mengeluarkan bunyi yang khas bergantung kemahiran peniupnya. Konon, alat musik ini terbentuk dari sebatang kayu yang dilubangi oleh rayap. Selain dari kayu, Didgeridoo juga bisa dibuat dari pipa plastik dan Didgeridoo jenis ini disebut Drone. Cara memainkan Didgeridoo adalah dengan cara menempelkan bibir pada bagian atas Didgeridoo, kemudian menggetarkan bibir Anda.

Anda punya informasi alat musik lain yang tak biasa atau kurang umum? silakan berikan informasinya dan Saya dengan senang hati akan mempublikasikannya disini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


3 Komentar pada Alat Musik Spesial Untuk Musik Yang Unik

  1. avatar osis mengatakan:

    alat musiknya yang tradisional semua, alat musik tradisional itu mendekati punah terkalahkan oleh alat musik modern

  2. avatar asaz mengatakan:

    saron tidak mungkin dipakai sendirian harus ada teman-temanya seperangkat

  3. avatar Sandra mengatakan:

    Terima kasih sudah berkunjung :)

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis