Avira Antivirus, Ringan Penggunaan Memori dan CPU

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Divaldi
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi
» Telah 18.427 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 12 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Seorang teman meminta saya untuk men-downlod-kan sebuah antivirus gratis namun dia lupa namanya. Dia hanya mengatakan logonya adalah sebuah gambar payung berwarna merah. Karena program antivirus saya bukanlah berlogo payung merah terpaksa saya mencarinya, ternyata antivirus itu adalah Avira.

Penggunaan payung merah adalah sebuah logo yang sangat lucu menurut saya untuk sebuah antivirus namun memang terkesan sangat unik. Saya sempat kurang suka dengan Avira karena tampilannya yang kurang bagus dan tidak reliable. Namun setelah mencobanya secara mendalam saya sedikit keliru mengenai Avira.

Berdasarkan hasil uji coba saya Avira adalah sebuah aplikasi antivirus yang sangat ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan beban CPU yang sangat rendah, ini bisa menandakan sesuatu yang bagus namun bisa jadi juga buruk. Bisa jadi Avira tidak melakukan scanning virus menggunakan metode background process yang umumnya digunakan oleh antivirus lain atau memang Avira sangat baik menyelipkan kode program ke mana yang saya kurang tahu sehingga penggunaan memori bisa sangat ringan.

Avira sangat baik digunakan untuk komputer yang masih menjalankan sistem operasi Windows 98 atau sistem operasi lain yang masih terbatas penggunaan sumber dayanya (limited resources).

Saya selalu percaya bahwa bahwa program antivirus yang baik adalah tidak berbeda dari keinginan kita itu sendiri yaitu mampu menangani program-program aneh yang tak dikenal atau tidak kita inginkan hadir di komputer kita. Idealisme lain adalah sebuah antivirus yang baik akan selalu berhubungan dengan ofisial website-nya guna melakukan perbaruan (update) terhadap sebuah virus baru maupun fitur terbaru dan perbaikan dari adanya cacat program (bug). Apabila ofisial website antivirus tersebut tidak menyediakan update, maka situs-situs Torrent adalah pilihan terakhir untuk melakukan perbaruan.

Fitur Avira

  • Avira menawarkan cara yang cukup baik dalam mengenali sebuah virus-virus dan variannya, trojan, program backdoor dan worm serta lainnya.
  • Proses perbaruan yang otomatis dan cukup ringan untuk memperbarui software Avira itu sendiri, jumlah virus terbaru dan variannya.
  • Sistem proteksi virus yang permanen yaitu melalui fitur Virus Guard yang secara real time memonitor aktivitas komputer Anda.
  • Pengaturan otomatis untuk melakukan perbaruan terhadap software Avira dan melakukan pencarian virus yang dapat dilakukan menggunakan jadwal tertentu.
  • Dukungan teknis bisa didapatkan melalui forum diskusi dan telepon. Untuk belajar dasar-dasar penggunaan dan pengatahuan dasar mengenai virus bisa ditemukan dengan mudah melalui websitenya.
  • Apabila virus ditemukan maka Avira dapat secara otomatis menghapus dan menyembuhkan file yang terinfeksi.
  • Avira menggunakan engine yang bersifat modular, artinya bisa selalu diperbaiki, diperbarui dan ditambahkan dikemudian hari untuk versi selanjutnya. Hal ini sangat baik dan berguna bagi sebuah antivirus untuk meningkatkan performa dan metode pencariannya.
  • Avira menggunakan metode yang aman dalam menemukan sebuah virus dalam sebuah file penting guna menunjang kemanan dari sistem operasi komputer yang Anda gunakan.
  • Fitur lain yang cukup bermanfaat adalah sistem deteksi otomatis setiap kamu men-download e-mail ke komputer kamu melalui program e-mail klien seperti Outlook Express.
  • Mendeteksi trojan menggunakan cara heuristic dan bukan menggunakan metode virus definition. Cara virus definition sudah ketinggalan zaman dan tidak lagi digunakan oleh program antivirus saat ini karena lemahnya sistem tersebut yang hanya mengandalkan daftar virus-virus yang pernah ditemukan.

Kesimpulan Akhir

  • Keunggulan: kecepatan deteksi virus sangat cepat dan ringan dalam hal penggunaan memori komputer dan CPU.
  • Kelemahan: kecepatan untuk update sangalah lambat, membutuhkan waktu setidaknya 2 (dua) jam dan munculnya “Nagware” yang selalu menanyakan Anda apabila ingin upgrade ke versi retail.

Demikian review saya semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


12 Komentar pada Avira Antivirus, Ringan Penggunaan Memori dan CPU

  1. avatar Ketik namamu mengatakan:

    Mas… saya tuh da install Avira Antivir Personal Edition Classic v8.1. Setiap update manual, kenapa koq status update-nya masih berwarna kuning ya? Padahal saya da coba matikan automatic update (daily), semuanya lah. Kenapa bisa seperti itu ya? Plis!! :(

  2. avatar Loren mengatakan:

    Hmm.. kalo saya masih “setia” ma AVG 8.0 free edition…

  3. avatar M-biz BEHIND YOU mengatakan:

    Bingung nih cari anti virus yang rendah kalori dan lemak …alias tendah pemakaian memorinya

  4. avatar agyan tr mengatakan:

    saya msh bingung menggunakan anativirus, bs dijawab pertanyaan yg tidak ada namanya itu?&apa membuat lambat komputer?

  5. avatar Yudhi mengatakan:

    @agyan tr
    Bisa diperjelas maksudnya mas?

  6. avatar dimas mengatakan:

    antivirus AVIRA memang anti virus yang layak digunakan karena mudah menggunakannya da jg mudah mendeteksi virus-virus yang jahat.
    maka itu marila kita bersama-sama menggunakan antivirus AVIRA, antivirus yg Lain LEEEEEEwwaaaatt….

  7. avatar Ganda mengatakan:

    jangan lupa avira cuma bisa baca virus buatan luar, saran saya pasang dua anti virus pada komputer anda. satu bolehlah pasang avira dan satu lagi pasang anti virus yang dapat dijalankan bersamaan dengan avira yang dapat mengenali virus lokal seperti PC MEDIA Anti Virus dll (semoga bermanfaat)

  8. avatar jblaz mengatakan:

    avg pernah… lumayan
    avira … smua kedetect tapi g bs di clean walau udah di updaye
    bitdefender … berat ke system resource
    balik deh ke pcmav 2.0 alpha
    ampuuuuuuuuuuuuh……………cuy

  9. avatar Wahyu K mengatakan:

    Anti Virus Avira Bagus Untuk scan Komputer!

  10. avatar ressiden mengatakan:

    hey hati2 kalo kln gue numpang lewat!

  11. avatar asep sukarman mengatakan:

    terimakasih atas pencerahannya

    salam

  12. avatar cemmpe mengatakan:

    ba bantu aku g..
    aku punya avira premium full fersion,ta licensinya kan harus update terus,,ini aku bingung ada yang punya updetan terbaru g,ini terakhir tgl 05-09-2011..
    atau mybe ada yang minat tu avira premium full edition,monggo kirim imel ke sini:
    cemmpe@yahoo.com

    salam kenal dari cemmpe anak wedoz…..

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis