Belajar Photoshop

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Sandra
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 12.551 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 5 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS
Artikel ke 1 dari 2 halaman blog berseri: Adobe Photoshop

belajar_photoshop_series

Tulisan ini akan mengupas tuntas tentang Adobe Photoshop. Sangat cocok bagi Anda yang baru mengenal dan belajar pertama kali hinggal tingkat lanjut. Tulisan ini akan dibagi ke dalam beberapa seri untuk memisahkan dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mempraktekkannya terlebih dahulu.

Saat ini versi Photoshop sudah mencapai versi CS4. Bagi Anda yang masih menggunakan versi lama tidak menjadi masalah karena artikel ini akan mengulasnya secara umum dan akan mendapatkan hal yang sama antara versi terdahulu dan yang terbaru.

Marilah kita awali dulu dengan bagaimana cara membuka program Adobe Photoshop. Membuka Photoshop pada sistem operasi Windows XP/Vista bisa anda lakukan dengan klik Start – programs – Adobe – Adobe Photoshop. Atau jika pada tampilan Windows XP/Vista anda sudah terdapat ikon (shortcut) dari Photoshop, klik ganda ikon tersebut untuk membukanya.

Setelah masuk ke Photoshop, tindakan apa yang harus anda lakukan? Beberapa tindakan yang harus dikuasai sebagai dasar dari pengoperasian file dan image lebih lanjut, akan saya uraikan berikut ini.

Membuat File Image Baru

Jika anda ingin membuat pekerjaan baru yang masih kosong, anda bisa lakukan dengan cara ; klik menu File – New (Ctrl+N). Setelah muncul kotak dialog, isikan ukuran image yang ada inginkan dalam satuan yang bisa dipilih beserta resolusinya. Setelah cocok, klik OK.

Membuka File Image

Jika dalam harddisk komputer, disket, atau CD anda sudah tersimpan file image dan ingin anda buka, anda bisa langsung membukanya dengan cara; klik menu File – Open (Ctrl+O). Setelah muncul kotak dialog, pilih direktori dan file yang dituju, lalu klik OK.

Anda bisa membuka beberapa file sekaligus untuk secara bersamaan dibuka pada Photoshop. Caranya dengan memilih file-file tersebut sambil menekan terus tombol Ctrl pada keyboard.

Scanning Gambar

Scanning adalah mengubah gambar atau foto yang dihasilkan oleh kamera biasa menjadi citra digital melalui scanner. Dengan begitu gambar bisa diolah dengan komputer. Photoshop bisa melakukan proses ini melalui fasilitas import (klik File – Import – Program scanner anda). Setelah itu akan muncul program bawaan dari scanner anda. Lakukan sesuai dengan petunjuk program scanner-nya. Setelah anda berhasil scan dengan program tersebut, Photoshop dengan sendirinya akan membuat dan menampilkan pekerjaan baru dimana termuat gambar yang anda scan.

Menyimpan Pekerjaan

Ingat, pekerjaan yang sedang dikerjakan secara berkala harus anda simpan. Lakukan saja dengan cara tekan tombol Ctrl+S.

Menutup Pekerjaan

Menutup suatu pekerjaan dengan mudah dapat anda lakukan dengan klik kotak bertanda silang yang berada di sudut atas atas kanan anda jendela image yang sedang dibuka (diaktifkan). Jika menutup pekerjaan sekaligus keluar dari Photoshop, tekan saja kombinasi tombol Alt+F4 pada keyboard.

Memotong (Cropping)

Cropping adalah memotong image pada bagian tertentu, sehingga sesuai tampilan yang anda inginkan.

cropping_tool

Gambar 1.1: Cropping tool

Cropping dalam Photoshop menggunakan cropping tool. Caranya :

  1. Klik cropping tool
  2. Drag mouse membentuk segi empat mengelilingi area batas pemotongan yang ingin anda lakukan
  3. Setelah muncul segi empat bantu dengan handel-handel, anda bisa drag salah satu handel tersebut untuk menepatkan cropping yang anda lakukan
  4. Setelah anda rasa pas, klik ganda mouse pada area yang terpilih.

Memilih (Selecting)

Selecting adalah memilih keseluruhan, beberapa, atau satu daerah tertentu dari image untuk dioperasikan sesuai keinginan anda. Area yang sudah dipilih akan dikelilingi garis putus-putus yang berkedip untuk membatasi area yang terpilih.

selecting_tool_1 selecting_tool_2 selecting_tool_3 selecting_tool_4

Gambar 1.2. Peralatan memilih

Berikut adalah hal-hal penting dalam memilih :

  • Memilih area keseluruhan, anda tinggal menekan kombinasi tombol Ctrl+A.
  • Memilih area berbentuk segi empat anda gunakan rectangular marquee tool (no.1 pada gambar 1.2). Caranya, klik Rectangular marquee tool, lalu drag mouse hingga membentuk area segi empat yang hendak anda pilih.
  • Untuk area berbentuk lingkaran anda gunakan ellipse marquee tool (no.2 pada gambar 1.2). Caranya dengan drag mouse hingga membentuk area ellipse atau lingkaran yang hendak anda pilih.
  • Untuk memilih area yang tak beraturan dengan latar belakang yang tak beraturan pula, anda gunakan polygonal lasso tool (no.3 pada gambar 1.2). Caranya dengan klik mouse satu persatu pada batas area yang hendak anda pilih.
  • Untuk area yang dengan tepi tak beraturan tetapi latar belakang relatif memiliki warna yang senada atau polos, anda gunakan magic wand tool (no.4 pada gambar 1.1). Caranya, klik pada area yang hendak dipilih.
  • Untuk menambah area lebih dari area yang telah dipilih anda bisa memilih area tambahan lagi dengan sambil menekan terus tombol Shift.
  • Mengurangi area terpilih (di dalam area yang sudah dipilih tentunya) dapat anda lakukan memilih area yang akan dikurangi dengan menekan terus tombol Alt.
  • Untuk memilih area kebalikan atau di luar area yang telah anda pilih, anda klik Select-Inverse atau tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift-I.

Membuat Teks

Membuat tulisan dapat dengan mudah anda lakukan dengan Photoshop. Photoshop menyediakan text tool, kotak yang huruf “A”, untuk menulis. Cara membuat teks yaitu klik text tool dan klikkan pada area image maka akan muncul kotak dialog dimana anda dapat mengatur karakteristik dari teks yang akan anda buat.

text_tool

Gambar 1.3. Text tool

Sedangkan untuk Photoshop versi CS hingga versi baru menyediakan text marquee tool, yang bergambar huruf “A” dengan garis putus-putus, dimana kita bisa membuat pilihan yang berbentuk teks sehingga memudahkan untuk mengisinya dengan fill atau material isisan yang lain..

Mengatur Penampilan

Mengatur penampilan meliputi melihat image secara keseluruhan, memperbesar, memperkecil, dan menggeser untuk melihat sisi yang lain. Tool utama yang digunakan adalah Zoomtool (Z).

hand_zoom_tool

Gambar 1.4. Hand tool dan zoom tool

Memperbesar penampilan sehingga detilnya bisa kita amati adalah tindakan yang akan sering dilakukan dalam proses manipulasi image. tindakan ini dengan menggunakan zoomtool yang bergambar kaca pembesar. Berikut beberapa hal penting dalam mengatur penampilan :

  • Memperbesar tampilan; klik zoomtool (Z), drag membuat segiempat bergaris putus-putus mengelilingi area yang hendak diperbesar.
  • Untuk mengecilkannya, klik kanan mouse dan pilih zoom out (Ctrl+-),
  • Mengecilkan sehingga tampak seluruhnya dengan klik kanan – pilih Fit in Window.
  • Menggeser ke area lain pada saat diperbesar dengan klik handtool (H) lalu drag mouse sehingga bergeser ke area yang ingin diamati. Atau bisa juga drag mouse (tidak perlu klik handtool) sambil tekan terus tombol spacebar pada keyboard.

Mewarnai

Mewarnai bisa dilakukan dengan airbrush tool (untuk dampak pewarnaan yang lembut), paintbrush tool (untuk dampak pewarnaan yang relatif kuat). Prosentase kekuatannya bisa dipilihan pada option (Window-Show Option), dan mata kuas bisa dipilih pada pilihan brushes.

airbrush_painbrush_tool

Gambar 1.5. Airbrush tool dan paint brush tool

Sedangkan untuk memblok dengan warna tertentu pada satu area yang kita pilih dilakukan dengan klik Edit – Fill. Lalu pilih warna yang ingin anda isikan pada area pilihan tersebut. Setiap anda melakukan pewarnaan dengan air atau paint brush tool, warna yang akan terjadi adalah warna foreground.

color

Gambar 1.6.. Foreground color (hitam) dan Background color (putih)

Mengganti foreground color dengan cara klik kotak foreground color (yang di belakangnya adalah warna background), lalu pilihlah warna dalam kotak dialog pemilihan warna ini. Atau kita bisa gunakan eyedropper tool untuk memilih warna yang sudah ada pada image.

eyedropper

Gambar 1.7. Eyedropper tool

Caranya klik eyedropper tool, lalu klik pada area berwarna pada image yang hendak kita jadikan sebagai foreground color.

Menghapus (Erase)

Menghapus yang dimaksud bukan delete, tetapi erase, atau menghapus bagian tertentu saja dari gambar biasanya bagian kecil.

erase_tool

Gambar 1.8. Eraser Tool

Tindakan ini menggunakan erasertool (E). Prosentase kekuatan penghapusan bisa dipilih denga menggeser slider pada option palette. Ukuran dan dampak penghapusan bisa dipilih pada brush palette.

Mengubah Posisi

Mengubah posisi gambar atau menggeser gambar bisa dilakukan dengan move tool, klik move tool, lalu geser gambar ke posisi yang diinginkan.

move_tool

Gambar 1.9. Move tool

Anda juga bisa melakukan hal ini dengan tekan terus tombol Ctrl pada keyboard dan drag gambar untuk mengubah posisinya.

Mengubah Ukuran

Gambar ingin diperbesar atau diperkecil bisa dilakukan dengan klik menu Edit – Free Transform (Ctrl+T). Lalu akan muncul rangka gambar dengan handel-handel yang bisa digeser-geser untuk mengubah besar kecil gambar. Agar perubahan yang dihasilkan sebanding ukuran sebelum diubah, drag-lah handel yang di sudut sambil menekan terus tombol Shift pada keyboard. Anda juga bisa mengubah ukuran dengan cara memilihnya terlebih dulu.
Dengan cara ini anda juga bisa memutar obyek. Tekan Ctrl+T, tempatkan kursor di luar area dekat salah satu titik handel hingga kursor berubah menjadi rotate mode (anak panah melengkung), lalu drag untuk memutarnya.

Menghilangkan Noda

Gambar kadangkala memiliki noda-noda yang mengganggu. Jika anda ingin menghilangkan noda tersebut gunakanlah stamp tool (S). Cara kerja stamp tool ini adalah menutup noda dengan area sekitar noda atau area lain pada gambar yang memiliki kesamaan warna atau tekstur dengan area yang tertutup noda.

stamp_tool

Gambar 1.10. Stamp tool

Cara melakukan pekerjaan ini adalah klik stamp tool (S), untuk mengambil warna atau area penutup noda klik area tersebut sambil tekan terus tombol Alt. Untuk menutup noda lepaskan tombol Alt, klikkan pada noda. Stamp juga membolehkan anda memilih kuas (brush) dan mengatur kekuatannya (opacity).

Demikian dulu tulisan pertama ini, jangan lupa untuk ikuti seri berikutnya.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


5 Komentar pada Belajar Photoshop

  1. avatar Melia mengatakan:

    Mantab, sangat cocok buat saya yg masih pemula, thx infonya :)

  2. avatar saraz mengatakan:

    thanks bgt bwt infonya…. dsni bru saya dpatkan ap yg saya mau. muakasih byk ya

  3. avatar SAM_OYI mengatakan:

    thanks gan, keren bngetz…..!

  4. […] standar di dunia grafis komputer. Anda baru belajar Photoshop? silakan simak artikel tentang belajar photoshop berikut […]

  5. […] Picfull bisa dimanfaatkan untuk modifikasi koleksi foto-foto Anda secara online. Ini merupakan solusi penting dan sangat bermanfaat jika kita tidak memiliki perangkat lunak pengolah foto seperti Adobe Photoshop. […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis