Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Danang
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 4.304 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Apa itu Domain

Pernahkah suatu saat anda ditanya apa itu domain? dan kita seringkali jawab domain itu adalah alamat web yang harus kita ketikkan di “address bar” browser web kita, Internet explorer atau Mozilla Firefox dan sebagainya. Kalau kita akan mengakses web tentunya ada alamat web yang harus kita ketahui. Alamat website tersebut biasanya berupa angka-angka, komputer tidak mengenal text tetapi hanya mengenal angka,sedangkan manusia susah sekali menghapalkan angka-angka tetapi lebih mudah mengingat text, untuk menjembatani hal tersebut maka dibuatlah nama domain. Nama Domain bisa kombinasi antara text dan angka. Nama Domain dipakai untuk mengindentifikasi alamat server, tempat dimana kita menaruh file-file website kita yang biasa kita sebut hosting.

Bagaimana mengetahui kalau alamat server itu berupa angka?

Jika komputer anda terhubung dengan internet, coba anda lakukan hal seperti berikut ini :

Klik Start windows anda, tekan menu run…

Akan muncul kotak dialog run..anda ketikkan “cmd
muncul dos prompt >> anda ketikkan “ping yahoo.com -t
Akan muncul angka-angka nama alamat server yahoo.com yaitu 216.109.112.135

Dunia Manusia tentunya akan susah mengingat angka-angka tersebut, sehingga dengan adanya nama domain “yahoo” lebih memudahkan orang untuk mengingat alamat server tersebut. Untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang Angka-angka tersebut anda bisa belajar lebih lanjut mengenai “Jaringan Komputer/LAN”.

Otoritas Pengaturan Domain

Untuk domain tidak boleh sama di Internet, kalaupun sama harus ada yang membedakannya dibelakan nama domain tersebut. Yang biasa disebut Top Level Domain (TLD).Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti .com (dotcommercial), .net (dotnetwork), .org(dotorganization), .edu(doteducation), .gov(dotgoverment), dan .mil(dotmilitary).

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) berbeda juga untuk negara yang lain.

Untuk itu ada badan khusus yang mengatur hal tersebut yaitu InterNIC. InterNIC (www.internic.net) adalah web site milik ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), sebuah organisasi nirlaba internasional yang mengatur sistem penamaan domain. ICANN sendiri mempunyai badan khusus untuk menangani alokasi domain dan IP address, yaitu Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Untuk Indonesia diatur oleh IDNIC yang digantikan oleh ccTLD (http://www.cctld.or.id) dan berganti lagi saat ini menjadi PANDI (http://www.pandi.or.id), Sebagai pengelola, ccTLD hanya mengizinkan pendaftaran domain tingkat dua (SLD = second-level domains), dimana domain yang didaftarkan tidak langsung diakhiri dengan .id, namun ada kata lain yang mendahuluinya (misalnya .co.id). Hingga Saat ini ada 8 domain tingkat dua yang tersedia, yaitu .co.id, .net.id, .or.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .sch.id, dan .web.id. Sudah tersedia untuk warnet, ccTLD membuka pendaftaran domain tingkat tiga (third-level domains) yaitu .war.net.id. Untuk domain .id hanya boleh didaftarkan oleh orang atau badan hukum Indonesia.

Cara mencari domain yang belum terpakai

Ada beberapa cara untuk mencari nama domain yang belum dipakai.
Whois dari Netsol

Masukkan domain yang diinginkan, misalnya caridomainku.com
hasilnya akan seperti berikut :


Cari dari http://www.whois.sc/


Masukkan nama domain yang anda inginkan, jika domain yang anda masukkan sudah dipakai oleh orang lain, anda bisa mengambil alternatif TLD yang lain atau mengulang pencarian kembali.

anda juga bisa mencari dan sekaligus membeli nama domain melalui penyedia layanan yang berada di Indonesia. Anda bisa mencari lewat mesin cari google atau yahoo dengan mengetikkan kata kunci “jual domain”, “Domain Murah”
Jika anda sudah mendapatkan nama domain yang bagus,anda perlu mencari hosting bisa cari hosting gratisan atau hosting berbayar kemudian kita arahkan domain tersebut ke hosting yang sudah ada. Anda bisa minta bantuan admin/CSO tempat anda membeli domain tersebut. JIka anda belum ada waktu untuk mengisi konten website anda, domain anda bisa anda parking.
Selamat berburu domain.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Berkenalan dengan “Domain”

  1. avatar pandwr mengatakan:

    lumayan neh artikel…, makasih yah mas

    Mau pasang Iklan tanpa ribet?

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis