Bintang-Bintang Euro 2008

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Olah Raga & Rekreasi
» Telah 23.336 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS
Artikel ke 3 dari 3 halaman blog berseri: Euro2008

Berikut adalah bintang-bintang sepakbola Euro 2008 kali ini yang saya ketahui :p. Buat penggemar bintang lainnya semoga dapat menambahkannya dan mohon maaf apabila bintang Anda tidak terdapat disini.

Arjen Robben (Belanda)

Sepak terjangnya baru dikenal dunia saat membela timnya di UEFA Euro 2004 dan FIFA World Cup 2006 ketika membela negaranya, karena saat itu beberapa gol ciptaannya yang membuka jalan untuk tim oranye.

Prestasi Winger ini tidak hanya pada dua turnamen tersebut, karena pada tahun 2005, ia sempat mendapatkan gelar sebagai U-21 European Footballer of the Year juga pada tahun 2003 ketika masih membela klub PSV ia juga dianugerahkan gelar sebagai Netherland Young Player of the Year.

Edwin Van Der Sar (Belanda)

Euro 2008 adalah terakhir kalinya kita bisa melihat aksinya, karena keeper berumur 37 tahun ini akhirnya memutuskan mengundurkan diri setelah ajang sepakbola empat tahunan rni. Walau begitu sudah banyak pula prestasi yang didapatnya selama berkarier dalam dunia sepak bola, dari Best European Goalkeeper pada tahun 1995, empat kali meraih Dutch Football Goalkeeper of Year hingga Golden Shoe pada tahun 1998. Kita tunggu saja, prestasi apa lagi yang akan diukir bapak dua anak ini untuk penampilan terakhirnya di Euro kali ini?

Christiano Ronaldo (Portugal)

Yang muda yang berprestasi adalah ungkapan yang pas bagi pemain sayap ini karena umurnya yang masih terbilang muda yaitu 23 tahun sudah banyak prestasi yang ia raih. Sebut saja dua gelar English PFA Player of the Year, Young Player of Year, World Player of the Year dan FWA Footballer of the Year yang berhasil iraihnya selama meniti karirnya tersebut.

Ronaldo adalah nama yang tidak lazim bagi warga negara Portugal, nama tersebut asal muasal karena kekaguman Ayahnya terhadap Ronald Reagen. Prestasi pemain yang lahir 5 Februari 1985 ini untuk pertama kali adalah menjadi pemain nomor satu klub amatir Andorinha padahal saat itu umurnya masih delapan tahun dan karena hal itu maka dua klub besar kota kelahirannya meliriknya tapi keputusan akhirnya jatuh ke klub CD Naciona. Perjalanan Ronaldo berlanjut ke klub yang lebih besar yaitu Sporting Clubede Portugal, di klub inilah ia menerima gelar sebagai UEFA Under 17 Championship dan gelar tersebut pula yang menjadi penyebabkan Alex Feguson menimangnya untuk bergabung dengan Manchester United hingga sekarang.

Michael Ballack (Jerman)

Pesonanya tidak hanya di lapangan hijau, tapi juga di luar medan pertempuran tersebut. Wanita akan terbuai dengan kharismanya, karena pemain 31 tahun ini dinilai memiliki sifat kebapakan yang membuat hati wanita betekuk lutut padanya, salah satu contohnya adalah setiap mencetak gol, bapak dari tiga anak ini pasti mempersembahkan gol tersebut untuk anak-anaknya, hal yang dilakukannya tersebut pada akhirnya membuat media Jerman pun menobatkannya sebagai pria terganteng sepanjang masa.

Prestasi pertama Ballack ditunjukan ketika ia masuk dalam klub Chemnitz, di klub tersebut, pemain bernomor punggung 13 ini, menunjukkan penampilannya sebagai pemain gelandang yang bagus sehingga saat itu dijuluki ‘The Little Kaiser‘. Beranjak dewasa banyak prestasi lain yang diraih Ballack salah satunya ketika ia membela negara saat FIFA World Cup 2006, walaupun ketikaitu negaranya kalah di semi final tapi ia dinobatkan sebagai pemain terbaik ketika melawan Ecuador dan Argentina dan hal tersebut memasukannya ke daftar FIFA’s World Cup All Star Team.

Luca Toni Varchetta Delle Cave (Itali)

Klub besar ltali tidak meliriknya tapi ini tidak rnenunjukkan, dirinya pemain yang jelek karena penarnpilannya di Muechen malah rnembuktikan sebaliknya. Striker 30 tahun ini memang salah satu pernain yang paling berprestasi saat ini, karena tidak hanya membawa klubnya rnenjadi juara Bundesliga ke 21 ketika ia mernbobol dua kali gawang Eintracht Frankfurt, tapi gelar Top Scorer juga diraihnya pada 2005/2006 atas 31 gol yang ia kumpulkan selama periode tersebut.

Pernain yang bernomor punggung sembilan ini rnemulai karier profesionalnya di Modena Seri B, narnun setelah berakhir 1999, ia melanjutkan perjalanannya ke Seri A dari klub Vicenza Calcio hingga Brescia Calcio yang menahannya selarna dua season. Di tahun 2003 akhirnya ia kernbali ke Seri B yaitu klub paling berambisi di ltali yaitu Palermo, pada tim tersebut prestasinya mulai diperhitungkan karena selama semusim saja ia bisa rnengumpulkan 30 gol berujung dipilihnya ia sebagai kapten untuk tim nasional Itali.

Rekornya tidak sampai di situ karena UEFA harus mencatatnya dalarn sejarah sepak bola atas prestasinya yang rnengagumkan yang berhasil rnengurnpulkan 20 gol selarna ia menghuni Palermo, gol tersebut adalah gol terbanyak dalarn sejarah Klub sepak bola di Sisilia.

Prestasinya tidak berhenti disana karena kepindahannya ke Fiorentina pada Juli 2005, mengukir sejarah baru, karena selain mernberikannya European Golden Boot tapi 31 gol-nya tersebut mengalahkan gol yang pernah diraih Gabriel Batistuta dan Kurt Hamrin yang bermain pada klub yang sama sebelumnya. Satu lagi prestasi yang baru ia dapatkan adalah top scorer pada UEFA CUP 2007-2008. Rekor apa lagi yang akan dicetaknya pada Euro kali ini?

Karl Fredrik Ljungberg (Swedia)

Jika ada wanita yang tidak pernah rnenonton bola tapi pernah melihat wajahnya, hal itu tidak rnengherankan karena wajah pernain berumur 31 tahun ini tersebar di seluruh rnajalah dan Billboard di seluruh dunia sebagai blntang iklan produk pakaian dalarn pria Calvin Klein. Tapi wajahnya tersebut bukan salah satu daya tariknya karena di lapangan hijau aksinya juga dapat diacungi jempol.

Prestasinya di dunia sepak bola sudah dibuktikannya sejak kecil, karena selama bergabung dl klub Halmstad pada awal kariernya ia sudah menyumbang 16 gol untuk timnya tersebut. Semakin dewasa, semakin banyak pula prestasi yang dikurnpulkannya, dari menjadi salah satu nominasi pria terseksi di dunia hingga 2 kali rnemenangkan piala Guldbollen yaitu piala untuk pernain bola Swedia terbaik pada tahun 2002 dan 2006

Milan Baroš (Republik Ceko)

Namanya mencuat pada Euro 2OO4 lalu,karena pada turnamen tersebut, Milan menyumbang dua gol untuk negaranya saat melawan tim ‘dinamit’ lrlandia di babak perempat final 3-0, prestasinya tersebut memberikannya tropi Golden Boot pada saat itu.

Tidak hanya itu prestasi The Ostravan Maradona ini karena pada tahun 2000, ia berhasil menyabet 3 penghargaan sekaligus yaitu Silveron Under European Championship, Played on Olympic Games dan The Czech Talent of the Year, dilanjutkan tahun 2002 dimana ia meraih Gold on Under 21 European Championship, dengan prestasinya sebanyak itu, membuat harganya menjadi mahal, karena itu predikat sebagai The Most Expensive Player of Banik Ostrava pun disandangnya.

Nicolas Anelka (Prancis)

Prestasi dan Harga adalah sesuatu yang tidak dipisahkan, hal itu juga berlaku untuk pemain bola yang di juluki The Incredible Hulk ini karena untuk kepindahannya ke Chelsea pada 11 Januari tahun ini saja, ia dinobatkan sebagai pemain dengan bayaran termahal dalam sejarah yaitu 15 juta poundsterling.

Karir striker, dimulai di sebuah klub sepak bola Prancis yaitu ParisSaint-Germain dan selama di sana bakatnya mulai terlihat, karena hal itu pada Februari 1997, Arsene Werge mengadopsinya di klub Inggris Arsenal. Gabungnya pemain dengan nomor punggung 39 ini membuahkan hasil yang mengagumkan karena ia sanggup membawa klub tersebut memenangi dua kemenangan yaitu Premier League Charnpion dan tropi FA CUP. Klub Inggris tersebut bukan tempat terakhirnya berlabu karena hingga saat inr pemain yang lahir maret 1979 sudah berkali-kali pindah setelah mengukir prestasi di Arsenal, ia pindah klub Spanyol Real Madrid, kembali lagi ke klub waktu ia memulai kariernya yaitu Paris Saint-Germain, pindah ke Liverpool, beralih ke ‘Setan Merah’ Manchester United, Fenerbahce, Bolton Wanderers dan yang terakhir adalah Chelsea.

Jika Euro 2000, Anelka dapat memberikan sumbangsih bagi negaranya untuk memperoleh kemenangan pada turnament tersebut, apakah Euro kali ini dengan semakin banyaknya pengalamannya berpindah-pindah klub akan mengulang sejarah tersebut?

lker Casillas (Spanyol)

Salah satu kiper yang bersinar, kenapa? Karena saat umurnya baru genap 19 tahun, ia tidak memberikan kesempatan bagi Valencia C.F untuk membobol gawang Real Madrid yang dijaganya, walhasil skor 3-0 akhirnya didapatkan tim-nya saat final Champion League tahun 2000 lalu. Satu lagi hal yang membuktikan keeper sekaligus kapten tim Matador ini hebat adalah saat pertandingan World Cup 2OO2, Karena saat itu tidak ada tendangan-tendangan dari pemain lrlandia yang bisa merobohkan pertahanannya di babak Semi Final. Bagaimana dengan Euro 2008 ini, apakah Casillas dapat mempertahankan bentengnya?

Frank Ribery (Prancis)

Dunia mengenal pertama kali pemain klub Olympique Marseille saat berlaga di FIFA World Cup 2006, saat itu pemain berumur 25 tahun ini membuka gerbang tim ‘Ayam Jantan’ untuk masuk ke babak SemiFinal berkat satu gol yang diciptakannya melawan Spanyol.

Prestasinya memang belum sebanyak rekan senegaranya Zidane tapi banyak yang memprediksikan, pemain Bayern Muechen ini adalah tulang punggung negaranya di masa depan nanti.

Zlatan Felipe lbrahimovic (Swedia)

Born to be the best football player adalah kalimat yang pas untuk Striker ini karena saat umur 10 tahun ia sudah bisa membela klubnya dengan menyumbang 8 gol yang membalikkan posisi timnya dari skor 4-0 menjadi 8-5. Prestasi yang memukau karena rekan se-tim-nya yang saat itu dua tahun lebih tua darinya tidak dapat melakukan hal tersebut.

Prestasi lain yang di peroleh lbra (panggilan akrabnya) adalah saat November 2007, dimana pada tahun ini piala Swedish Golden Ball sebagai the Country’s Top Player of the Year diraihnya, tapi itu bukan satu-satunya gelarnya karena dua kali Guldbollen, pemain terbaik Seri A, Jerringpriset sebagai olahraga dengan personaliti terbaik dan Swedish Male of the Year 2007 pun berhasil digondolnya.

Petr Cech (Republik Ceko)

Penutup kepala yang digunakan sejak musibah yang menimpanya adalah ciri khas penampilannya, tapi hal itu bukan salah satu yang menyebabkan Petr dikenal, karena prestasinya lebih dulu dikenal dari pada penampilannya tersebut.

Debutnya di dunia sepak bola di sebuah klub di daerahnya yaitu FC Viktoria, pada klub tersebut posisinya adalah striker atau gelandang tapi musibah menimpanya ketiKa berumur 10 tahun yang menyebabkan kakinya patah, but everything have a reason, musibah tersebut menyebabkannya diposisikan sebagai keeper yang malah membuatnya mendapatkan banyak prestasi. Banyak prestasi yang diraih keeper berumur 26 tahun, 20 Mei ini, dari IFFHS World’s Best Keeper 2005, dua gelar Best uropean Goalkeeper, FA Premier League Player of the Month pada Maret 2007 hingga 3 kali berturut-turut sebagai Czech Player of the Year.

Sebenarnya ada satu pemain Italia yaitu Fabio Canavaro yang ternyata batal mengikuti dan akhirnya pulang dikarekan sakit yang saya sendiri tidak ketahui apa. Bagaimana pendapatmu tentang bintang-bintang Euro 2008 kali ini?

Sumber foto ilustrasi: footballheroes.org

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Bintang-Bintang Euro 2008

  1. avatar dian f j mengatakan:

    knapa juara group bisa kalah?pdhl mereka bermain sangat apk dan baik.

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis