Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Sandra
» Kategori: Bisnis
» Telah 22.338 kali dibaca
Berikan Komentar!
» Sudah ada 19 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

PENDAHULUAN

Sejalan dengan lajunya pembangunan Kota Jakarta, maka perkembangan perikananpun mengalami peningkatan yang sangat pesat. Hal ini dimungkinkan karena pada hakekatnya Kota Jakarta merupakan Wilayah konsumen yang potensil, sehingga sangat mendukung dalam usaha pemasarannya.

ikan_hias

Mengamati kegiatan usaha Perikanan khususnya ikan hias tentunya tak dapat dipisahkan dengan sarana penunjang yang yang tak kalah pentingnya dengan usaha ikan hias itu sendiri yaitu “AQUARIUM” karena betapun indahnya ikan hias apabila tidak ditunjang dengan penampilan aquarium serta dekorasi yang memadai, maka sesungguhnya nilai keindahan itu telah berkurang dan ini hanya bisa dicapai melalui penanganan yang tekun dan berkelanjutan.

ikan_hias_2

Untuk mengembangkan usaha ikan hias diwilayah DKI Jakarta dilaksanakan melalui Pusat Promosi Hasil-hasil Perikanan yang beralokasi di Jalan Sumenep, Jakarta Pusat.

PERLENGKAPAN AQUARIUM

  1. Aquarium dalam keadaan bersih dan tidak bocor
  2. Tanaman hdiup secukupnya
  3. Bahan-bahan dekorasi: pasir bersih (tidak mengandung lumpur), koraltex, akar kayu dan batu karang
  4. Pompa udara (aerator) sebagai alat penambah oksigen dalam air
  5. Lampu neon ultra violet pada malam hari dapat menimbulkan rasa alami yang mempesona
  6. Filter yang dihubungkan dengan aerator berfungsi sebagai penyaring kotoran dalam air
  7. Peralatan lainnya: slang plastik, serokan dan pembersih kaca.

aquarium_1

TEKNIS DEKORASI AQUARIUM

  1. Pasir dimasukkan kedalam aquarium lalu diatur/dipadat sambil diberi percikan air secukupnya.
  2. Kemudian tanaman air ditanam dengan cara dibenamkan kedalam pasir (tanaman yang lebih tinggi diletakkan dibagian belakang)
  3. Setelah diperkirakan siap untuk didekor, maka sebelum diisi air permukaan tanaman dan pasir ditutup dengan kertas koran atau plastik. Hal ini dilakukan dengan maksud agar tekanan air tidak merusak tanaman dan tidak menimbulkan kekeruhan.
  4. Air dalam aqurium ditunggu sampai kotorannya mengendap, lalu ikan dimasukkan (diusahakan jenis ikan yang tidak saling memangsa)
  5. Tahap selanjutnya aerator dipasang sesuai ukuran aquarium, tapi bila tersedia banyak tanaman hidup, aerator cukup dipasang pada malam hari saja
  6. Aquarium diletakkan ditempat yang datang agar tekanan air merata dan diusahakan jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena akan mempercepat tumbuhnya lumut.

MAKANAN IKAN

  • Makanan ikan hias air tawar terdiri dari 2 macam yaitu: makanan alami seperti kutu air (Moina) cacing rambut (Fubifek, Chironomus) dan lawa nyamuk (cuk).
  • Makanana alami harus dibersihkan/dibilas terlebih dahulu dengan air bersih sebelum di berikan pada ikan dan satu hari cukup 1 (satu) kali saja
  • Makanan buatan: wafer, tahu, darah ayam/kerbau/marus
  • Makanan buatan sebaiknya diberikan pada saat tidak ada makanan alami
  • Pemberian makanan diusahakan jangan sampai tersisa karena dapat menimbulkan pembusukan/keracunan

MANFAAT

ikan_hias_3Ada beberapa manfaat yang dapat dipetik dari keindahan aquarium ikan hias antara lain:

  1. dapat mendidik rasa cinta alami
  2. merupakan hiburan yang dapat mengendorkan urat syaraf serta menimbulkan rasa tentram di rumah
  3. menambah keindahan ruangan dan tidak memerlukan tempat yang luas
  4. merupakan usaha sambilan yang dapat menambah penghasilan keluarga
  5. menjaga kelestarian sumber daya perikanan

Sumber: Dinas Perikanan, Pemerintah DKI Jakarta, Jakarta

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


19 Komentar pada Bisnis Ikan Hias Aquarium

  1. avatar Agiel Ramadhan mengatakan:

    senang skali bisa memberi inspirasi tuk buat aquarium

  2. avatar hardy mengatakan:

    thx info’a
    saya sudah coba dirumah…
    yg binun cara bersihin’a gmn? kl ada kerak di kaca, kn byk tnmn’a

  3. avatar Tianshi indonesia mengatakan:

    salam kenal
    terimakasih informasinya pak, kebetulan saya hoby pelihara ikan hias

  4. avatar albert mengatakan:

    gimana sich cara me2lihara ikan laut………………??????????????

  5. avatar sri sudarwati mengatakan:

    komentar aku….?

    kenapa ikan hias harus mahal sesui motifnya…?
    padahal aku suka dg ikan hias yang unik2….aku pengen punya ikan kaya gitu ga bisa…
    apkah kamu bisa membantuku..?
    ada ikan hiasku tapi kurang menarik hanya yang biasa aja…tolong ya dibantu biaar aku punya ikan hias yang unik n bagus juga….makasi…

    jangan lupa…?

  6. avatar just-euphoria mengatakan:

    wah…
    thx buat infonya… :)

  7. avatar merie mengatakan:

    Sedia macam-macam ikan hias laut,batu koral laut, pasir putih pantai, air laut untuk aquarium ikan hias laut, Pembuatan aquarium air laut dan air tawar, pembuatan filter bawah kaca lengkap aquarium laut, dekorasi aquarium laut dan perawatan berkala aquarium laut. Juga menyediakan rebon ( anak udang ) beku dan hidup untuk makanan ikan hias air laut.untuk segala keperluan anda silahkan hubungi ibu Merie taman pariwisata DKI Jakarta, harga lebih terjangkau dan ikan hias laut dan tanaman ikan hias laut lebih beragam dan sehat.hubungi segera telepon/sms ibu Merie 08179170791

    merieminasamudra.indonetwork.co.id

  8. avatar Budi mengatakan:

    nice info…mari kita lestarikan ikan hias dengan menyediakan tempat tinggal berupa aquarium yang layak hehe…dengan peralatan aquarium yang layak…beserta perlengkapan pompa air, pompa udara, filter, akuarium fiber dll

  9. avatar yadin iwan setiawan mengatakan:

    menjual ikan hias air laut kemana ?

  10. avatar somadhidayatulloh mengatakan:

    GAN klo mau menjual ikan2 hias hasil budidaya daerah jakarta di mana terus klo mau tembus pasar exspor juga belum tau tempatnya masalahnya selama ini hasil budidaya saya jual di pasar2 tradisional daerah bogor aza minta tolong jalur penjualanya pengen mendirikan perkumpulan petani ikan hias di kampung saya tapi takut susah pemasaranya mudahan ada jalan untuk membangun kampung,desa daerah saya dari penganggur dan kemiskinan semoga amiiin…,

  11. avatar aji mengatakan:

    to kawan2 yg udah dlan bisnis ikan hias,,bagi2 dong pengalamannya,,aq ingin jg bisnis jualan ikan hias,,menjanjikan g sih prospek ke dpn nya ?

  12. avatar joyo susilo mengatakan:

    to kawan2 yg udah dlan bisnis ikan hias,,bagi2 dong pengalamannya,,aq ingin jg bisnis jualan ikan hias,,menjanjikan g sih prospek ke dpn nya ?

  13. avatar joyo susilo mengatakan:

    heheheh maaf gan ke copy heheheh

    emn bneeer bisnis ikan hias menjanjkan
    klu mau blz sms di no ini ajh gan 087877235467

  14. avatar Nancy mengatakan:

    Indahnya aquarium air laut…. Merawatnya susah gak ya…?

  15. avatar henan mengatakan:

    ingin berbisnis ikan hias

  16. avatar 5 penyakit ikan maskoki mengatakan:

    nice info ..

  17. avatar nurhasim mengatakan:

    Kami menawarkan terumbu karang hidup, hasil budidaya, cocok untuk aquarium dan ikan hias air laut/asin. berbagai varian dan jenis terumbu karang/corals yang kami budidayakan. jika tertarik mohon contak via email atau call di 081252456456. melayani pengiriman domestik hingga cargo Asia Tenggara, Timur Tengah dan Eropa

  18. avatar imam abdullah mengatakan:

    to kawan2 yg udah dlan bisnis ikan hias,,bagi2 dong pengalamannya,,aq ingin jg bisnis jualan ikan hias

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis