Blogwalking, Efektifkah?

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Bluejean
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi
» Telah 5.263 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 18 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Entah siapa yang pertama kali mempopulerkan istilah “Blogwalking” saya kurang begitu jelas. Arti Istilah “blogwalking” dalam bahasa Indonesia kurang lebih yaitu suatu kegiatan mengunjungi blog satu ke blog lainnya melalui suatu link yang terdapat dalam blog awal tersebut, bisa melalui blogroll (tautan link) bisa juga melalui shoutbox, komentar, bisa juga link gambar atau link iklan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kegiatan “blogwalking” tersebut bermanfaat bagi kita atau tidak, kalaupun ada manfaatnya kira-kira manfaatnya seperti apa? apakah sebanding dengan waktu yang dikeluarkan untuk melakukan aktifitas tersebut?

Saya pikir banyak teman-teman blogger yang melakukan kegiatan “blogwalking” dengan tujuan utama menarik pengunjung ke blog kita dengan jalan meninggalkan jejak/tautan di website yang kita kunjungi dengan harapan orang yang berkunjung ke web tersebut juga mengunjugi blog kita melalui link yang kita tinggalkan tersebut.

Sepanjang pengalaman saya, kegiatan “blogwalking” sedikit banyak mendatangkan jumlah pengunjung ke website kita tetapi dengan kegiatan “blogwalking” yang intens atau terus menerus dan kita juga tidak capek-capeknya meninggalkan tautan/link/komentar di website yangtelah kita kunjungi tersebut. Agak melelahkan seperti kita memasang iklan baris gratis.

Blogwalking akan efektif atau lebih tepatnya berguna bagi kita jika kita mencatat alamat/url blogsite yang kita kunjungi yang sekiranya mempunyai Trafiknya tinggi atau menarik, bisa menarik kontentnya (unik), menarik layoutnya, sehingga kita bisa langsung menaruh link ke blog yang benar-benar trafiknya tinggi dengan harapan kita mendapatkan limbahan pengunjung yang melihat link kita. Jika kita fokus di blog yang trafiknya tinggi akan mengurangi waktu yang tidak efektif.

Mendapatkan bahan ide dari blog yang kita kunjungi. Kita bisa menulis ulang dengan bahasa dan gaya bahasa kita sendiri mengenai topik-topik tertentu yang dibahas dalamblog tersebut dan sekiranya menarik juga bagi kita dan orang lain tentunya.

Usahakan meninggalkan komentar pad tulisan-tulisan yang menarik dan unik dan sekiranya menarik minat kita dan tentunya orang lain, bisa jadi meninggalkan link/tautan setiap harinya melalui shoutbox yang disediakan, tetapi jangan melakukan spamming dengan menuliskan/meninggalkan link terus menerus setiap harinya, usakan title/judul link berganti-ganti dengan isi pesan yang berganti-ganti pula.

Mudah-mudahan kegiatan “blogwalking” anda efektif untuk mendatangkan banyak pengunjug ke website/blog anda.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


18 Komentar pada Blogwalking, Efektifkah?

  1. avatar Tommy mengatakan:

    sebenarnya sih blogwalking itu memang benar meningkatkan pengunjung, tapi iya cape juga sih, kalau bisa artikel dalam blog kita lumayan bagus , dan diperlukan /dicari org, otomatis pengunjung datang sendiri :)

  2. avatar foo mengatakan:

    yupz, memang melelahkan blogwalking. tapi seru juga kalau mereka kunjung balik ke blog/web kita.

  3. avatar rudihantono mengatakan:

    saya pikir mungkin bagi sebagian orang blogwalking adalah cara “bersilahturahmi” dengan cara mereka, yg lain mungkin adalah bonus, karena kalo kita mentautkan link kita banyak juga blogger yg kurang berkenan, jadi akhirnya ya meninggalkan pesan dan kesan tadi, itu pandangan saya lho, mohon maaf kalo ada kekurangan, thanks

  4. avatar puji mengatakan:

    namanya juga ‘walking’ pasti melelahkan.. hehe.. :-)

  5. avatar rio seto mengatakan:

    wah masih jauh, belum sampai ke misi blogwalking, nih… ingin tahu, lihat sendiri, merasakan sendiri dululah, apa blogwalking, boleh ya

  6. avatar Blogging dan Internet Marketing mengatakan:

    4 Hal Penting dalam Melakukan Blog Commenting…

    Blog baru masih seger aroma toko, lagi seneng-senengnya melakukan Blog Commenting, nih. Sudah pada tahu kan Blog Commenting? Blog commenting di sini merupakan kegiatan meninggalkan komentar di blog orang lain dengan tujuan yang memang dikhususkan untu…

  7. avatar danny mengatakan:

    aktifitas blogwalking memang ada manfaatnya… tapi juga kita mesti tingkatkan content blog kita

  8. avatar paddi mengatakan:

    Blogwalking sudah menjadi menu sehari-hari para blogger

  9. avatar Sugiana Hadisuwarto mengatakan:

    Blogwalking melelahkan tapi banyak manfaatnya, pengalaman saya terutama bagi blog yang baru sangat penting untuk blogwalking dan tinggalkan comment di blog yang kita kunjungi, alhamdulillah orang lain biasanya akan comment juga di tempat kita. Pokoknya jangan sampai kita tidak blogwalking, blogger yang senior juga masih blogwalking kok….

  10. avatar Blog Internet Marketing mengatakan:

    Blogwalking….harus dong…..

  11. avatar Rumah Petani | Rumah Penyuluh mengatakan:

    Blogwalking banyak manfaatnya, saya sudah mengalaminya sendiri…..blog saya yang sedang saya bangun juga saya promosikan melalui aktivitas ini…

  12. avatar DIGIDOWNLOAD mengatakan:

    Hm… Kalo ane sendiri mandang blogwalking itu BUKAN KEWAJIBAN, tapi KEBUTUHAN. Jadi, siapa yang nganggep butuh, yawis, jalanin aja. Ga ada ikatan musti gini ato gitu. Apapun yang mendorong rasa BUTUH itu, kembali lagi pada masing-masing blogger. Jadi kesimpulannya, kita emang ga kudu menghabiskan waktu buat blogwalking, karena hal ini bersifat TIDAK MENGIKAT….

  13. avatar Mirza mengatakan:

    koq da iklan jual domain ?
    menguntungkan ga bro ??

  14. avatar blogwalking mengatakan:

    gratis 0,01$ langsung gan..

  15. avatar Eki Azzaky mengatakan:

    Makasih Banyak atas Ilmunya,,,,,,

    blog saya:
    http://www.rocketklik.co.cc

  16. avatar Sepatu Shoeka mengatakan:

    Lumayan bermanfaat ko gan untuk saya blogwalking itu.. jangan lupa kunjungi blog saya ya..

  17. avatar Aji mengatakan:

    Betul Gan !! BlogWalking bisa efektih apa nggak memang tergantung Kita meng-artikan dan menyiasati arti BlogWalking itu sendiri.Nice posting….

  18. avatar Reky mengatakan:

    Wah gan, kayaknya belakangan ini blogwalking udah mulai ditinggalkan. Banyak pemilik blog yg ogah mengizinkan pembacanya “menitipkan” linknya di komentar. Jadi, pengunjung hanya datang, baca, dan pergi.

    Menurut saya, seperti itulah blogwalking belakangan ini.

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis