Cara Memilih Kamera Digital Yang Wajib Diketahui

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Tutorial, Tips & Trik
» Telah 2.923 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

kamera-digital

Kamera digital yang lengkap dengan aksesoris standar adalah barang yang harus dimiliki oleh orang-orang sering bepergian hingga fotografer profesional. Bukan hanya karena itu sebuah kamera, tapi karena itu satu-satunya perangkat yang membantu Anda selalu siap untuk mengabadikan momen-momen penting dalam setiap perjalanan liburan bahkan keseharian Anda. Ada jutaan jenis kamera digital di luar sana dan tersedia dipasaran secara lengkap dan siap untuk Anda pilih.

Saya sering melihat orang-orang menjadi bingung memilih kamera yang cocok dan tepat agar tidak sia-sia dan menyesal setelah membeli, serta menjadi tahu apa yang harus dicari dalam sebuah kamera saat membelinya. Jadi Saya memutuskan untuk menulis panduan memilih kamera digital tentang apa yang harus Anda ketahui sebagai dasarnya dengan harapan Anda bisa mengambil kesimpulan ketika membeli kamera digital.

Sensor Kamera

Sensor pada kamera adalah salah satu organ utama yang berfungsi menjaga kamera tetap berfungsi dengan baik dan untuk menempatkan objek secara metaforis, seperti  hati untuk tubuh kita. Sebuah kamera digital adalah juga sebuah kamera biasa karena mendapat sensor yang peka cahaya. Jika sensor itu hilang atau rusa maka Anda tidak lagi dapat menyebutnya sebagai “kamera”.

Zaman dulu, ketika teknologi belum maju dan ide kamera digital belum diperkenalkan, film peka cahaya adalah yang digunakan dalam sebuah kamera. Film-film ini terkena cahaya dan gambar akhrnya dapat dibentuk. Namun, kelemahan dari teknik ini adalah objek gambar disimpan secara permanen dan sekali saja sepotong film terkena cahaya maka Anda tidak lagi dapat menggunakannya untuk mengambil gambar yang berbeda. Namun, di era kamera digital, aturan dan teknologi telah berubah. Sekarang telah jauh berbeda, fil peka cahaya telah sepenuhnya digantikan oleh sensor. Sensor ini juga bertindak persis seperti film-film sensitif foto (dan mereka peka cahaya juga) tapi dengan keunggulan dapat digunakan kembali bentuk bentuk film peka cahaya yang sama.

Jadi hal ini memberikan kita sebuah kesimpulan bahwa saat membeli kamera digital pertama Anda, lakukan penelitian tentang sensor yang digunakan oleh perusahaan kamera yang berbeda dalam pembuatan jenis kamera ketika Anda akan membeli.

Penjelasan rinci tentang sensor kamera tidak akan banyak kita bahas pada tulisan ini tetapi jika Anda ingin memiliki tampilan rinci tentang sensor kamera, jenis dan kualitas, berikut adalah sumber bacaan lebih lanjut:

http://en.wikipedia.org/wiki/Image_sensor

Optical Zoom adalah Juaranya, Digital Zoom Adalah Sampah

Sangat sering Saya melihat banyak orang-orang bingung menemui istilah antara zoom optik (optical zoom) dan zoom digital (digital zoom). Saya akan menjelaskan apa yang sama dari keduanya dan apa yang membuat keduanya menjadi berbeda. Optical zoom adalah teknologi zoom yang “nyata” atau dapat dikatakan adalah zoom yang sebenar-benarnya zoom yang dimiliki oleh sebuah kamera digital. Keduanya adalah properti dari lensa kamera dan bukan milik bodi kamera. Dengan zoom optik, motor di dalam lensa kamera benar-benar bergerak keluar dan masuk untuk memberikan perbesaran yang diperlukan.

Digital zoom di sisi lain adalah fungsi yang tidak diperlukan untuk setiap pengguna kamera. Digital zoom adalah properti kamera bukannya milik lensa kamera. Apa yang dilakukan oleh digital zoom hanya memperluas pixel dari foto Anda ketika melihat melalui panel LCD kamera Anda. Hal ini sebenarnya tidak benar-benar melakukan zoom (perbesaran) apapun. Tapi itu hanya membuat Anda merasa bahwa Anda lebih dekat dengan objek gambar. Anda hanya akan mendapatkan foto berkualitas rendah saat menggunakannya untuk teknik fotografi profesional.

Seperti yang telah disampaikan bahwa saat membeli kamera digital pertama Anda, selalu periksa berapa banyak Optical Zoom yang ditawarkan. Lupakan tentang digital zoom. Itu bahkan tidak akan menjadi masalah. Seperti yang Saya sebutkan, Optical Zoom benar-benar menggerakkan motor tepat di lensa kamera, kamera yang memiliki optical zoom semakin tinggi pasti akan lebih mahal. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda di sini.

Mitos Megapixel

kamera-megapixel

Pernahkan Anda mendengar rekan Anda mengatakan bahwa dia memiliki kamera dengan megapixel yang lebih besar dari Anda, dan dia dengan percaya diri mengatakan bahwa kamera miliki lebih canggih dan akan lebih baik kualitas gambarnya? apakah hal ini benar? jawabannya adalah salah besar. Mitos megapiksel (sayangnya) telah berlaku selama berabad-abad di pasar kamera digital. Dan memang, produsen kamera telah mengeksploitasi mitos ini diantara orang-orang saat menjual dipasaran Orang berasumsi bahwa megapixel yang tinggi berarti kamera tersebut akan lebih baik kualitasnya, hal ini sangat mudah dipatahkan asumsinya tentang apa yang sebenarnya hitungan megapiksel lakukan untuk kualitas foto yang Anda hasilkan. Berikut adalah faktanya:

  • Pertama, megapixel yang tinggi tidak berarti bahwa kamera Anda lebih baik. Jika Saya memiliki sebuah kamera EOS SLR 8 megapixel, ia akan mampu mengambil foto jarah jauh yang lebih unggul dari kamera jenis “point and shoot” berukuran 12 megapixel. Mengapa? Karena itu semua tergantung pada sensor lensa yang di dalam kamera dan bukan jumlah megapixel.
  • Megapixel hanya akan berfungsi hanya jika Anda berencana untuk mencetak foto Anda dikertas foto. Jika Anda adalah seorang fotografer amatir yang menggunakan kamera hanya untuk mengambil foto dan melihatnya di komputer atau mengunggahnya ke internet, maka kamera ukuran 4 megapixel sudah lebih dari cukup untuk Anda. Besaran megapixel sekali lagi tidak menentukan kualitas foto. Hitungan megapixel hanya dapat menentukan seberapa besar Anda dapat mencetak foto Anda atau dengan kata lain ukuran kertas fotonya bisa lebih besar jika megapixel kamera semakin besar.

Membangun Kualitas Kamera Digital

Hal berikutnya yang terpenting untuk diketahui saat memilih kamera digital pertama Anda adalah kamera yang dapat membangun atau memberikan kualitas. Karena ada banyak sekali produsen kamera digital di luar sana dengan masing-masing memperkenalkan kamera mereka, yang benar-benar harus Anda lihat adalah pada kamera membangun kualitas foto sebelum Anda membuat putusan akhir. Setelah semua itu Anda ketahui, maka Anda tidak ingin kamera tersebut hanya untuk disimpan setelah sekali pakai saja. Tidak ada aturan yang baku dalam hal ini tetapi pastikan Anda harus membandingkan kamera yang membangun kualitas yang berbeda antara model yang satu dengan model kamera digital lainnya.

Aksesoris Kamera Digital

aksesoris-camera-digitalSaat Anda membeli kamera, jangan lupa tentang aksesoris kamera tambahan yang akan diperlukan untuk mempelajari lebih jauh tentang teknik fotografi Anda menjadi lebih hebat lagi. Aksesoris kamera diantaranya adalah kartu memori, pembersih kamera, tas kamera, tripod, dan lain-lain. Banyak sekali aksesoris yang tersedia dengan kamera digital sudah ada didalamnya sebagai tawaran promosi dari sebuah toko atau vendor kamera. Jadi, pastikan Anda tidak tergoda dari pengaruh sesaat tentang kemungkinan dari setiap aksesoris kamera yang Anda butuhkan dari pada sebuah kamera digital itu sendiri.

Kesimpulan

Dalam tulisan ini  kita tidak hanya membahas hal-hal penting yang harus Anda ingat saat berburu kamera digital pertama Anda, tapi Anda juga akan mengetahui tentang beberapa mitos yang sangat umum tentang kamera digital dan kesalahpahaman yang selama ini terjadi. Saya ingin melihat apa yang Anda pikirkan setelah Anda mengetahui dari uraisan Saya di atas. Informasi ini masih sebatas untuk para pemula yang ingin belajar fotografi dan mengetahui tip mendasar dari cara memilih kamera digital yang baik dan benar akan istilah-istilah yang melekat pada sebuah kamera digital. Berikan tanggapan Anda atas apa yang telah Saya tuliskan dan semoga bermanfaat.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Cara Memilih Kamera Digital Yang Wajib Diketahui

  1. […] kamu yang ingin mulai hobi fotografi dan ingin membeli sebuah kamera digital ada baiknya membaca tips memilih kamera digital yang sebaiknya Anda […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis