Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Belanja, Internet, SEO & Afiliasi
» Telah 36.320 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 87 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Kamu punya barang-barang unik yang ingin dijual? gunakan ebay untuk mejualnya ke seluruh dunia. Ebay dikenal sebagai salah satu market terbesar untuk barang-barang mulai dari yang bekas atau second hingga yang baru sekalipun. Ebay sudah lama ada dan pada awalnya hanya ditujukan untuk pasar di Amerika Serikat saja namun saat ini sudah tidak ada lagi batasan itu. Sudah siap untuk memulainya? inilah panduan lengkap dan singkat tapi jelas bagi Anda para pemula yang ingin memulai memasarkan produk-produk Anda.

Pendahuluan

Selamat buat Anda apabila sudah memutuskan untuk menjual barang di Ebay. Nantinya Anda akan menemukan bagaimana cara membuat keanggotaan (account) di Ebay dan mengatur semua produk yang akan dijual, tips dan rekomendasi agar penjualan Anda sukses.

Membuat Account Ebay

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuat keanggotaan terlebih dahulu di Ebay. Proses ini adalah gratis tidak dipungut biaya apapun dan cukup cepat. Anda membutuhkan nama lengkap anda, alamat, e-mail yang valid dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan oleh Ebay. Jika Anda sudah memiliki account Ebay, silakan lewati langkah-langkah di bawah ini dan langsung menuju bagaimana caranya membuat listing atas produk-produk Anda.

  1. Buka browser favorit Anda dan masukkan alamat http://www.ebay.com. Jaringan Ebay sangat banyak dan tersedia di berbagai negara, namun sayangnya Indonesia belum ada pada daftar tersebut.
  2. Pilih link Register pada halaman pertama tersebut, Anda akan dibawa menuju form isian untuk diisi.
  3. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan benar, jangan pernah untuk menuliskan informasi yang salah ataupun tidak valid, ini sangat penting bagi Anda apabila ingin menjadi seorang penjual yang memiliki reputasi baik.
  4. Pastikan Anda sudah membaca dan meneliti isi dari terms of service dari Ebay, kemudian lanjutkan.
  5. Sesaat setelah Anda selesai dengan isian form tersebut, maka silakan cek e-mail yang Anda gunakan tadi. Silakan konfirmasi email tersebut dengan cara melakukan klik pada link yang diberikan untuk mengaktivasi account Anda.

Membuat Payment Account

Payment account adalah sebuah metode dimana Anda akan menerima pembayaran atas barang-barang yang sudah laku dijual. Cara ini adalah wajib Anda lakukan apabila ingin menjual sebuah barang. Sebenarnya ada beberapa cara untuk dapat menerima pembayaran, namun saya merekomendasikan Anda menggunakan Paypal sebagai alat penerima pembayaran Anda.

Paypal adalah sebuah payment gateway terpeercaya dan sudah bisa digunakan untuk wilayah Indonesia. Selain untuk menerima pembayaran, Anda juga dapat mengirimkan pembayaran melalui Paypal. Paypal membutuhkan proses registrasi yang sama dengan Ebay, gratis dan prosesnya sangat cepat. Yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan kartu kredit Anda dan rekening Anda di Bank yang ada di Indonesia. Anda dapat melakukan pengaturan rekening bank dikemudian hari, namun yang paling wajib adalah Anda harus memiliki rekening kartu kredit. Mengapa dibutuhkan kartu kredit? karena Paypal akan melakukan charge kepada kartu kredit Anda sebesar $1,95 untuk setiap aktivasinya.

Jika Anda belum memiliki kartu kredit maka status account Anda pada Paypal adalah belum diverifikasi sedangkan jika sudah akan berubah menjadi verified. Lakukan langkah ini dikemudian hari apabila kartu kredit Anda sudah siap. Saran saya adalah menggunakan kartu kredit dari bank-bank besar seperti BCA dan Citibank.

Ada 2 buah jenis account di Paypal, yaitu Personal dan Premier/Business Account. Personal adalah khusus bagi seseorang ataupun individu dan hanya untuk transaksi bervolume kecil, sedangkan Premier/Business Account khusus bagi perusahaan yang akan menggunakan Paypal sebagai alat payment gateway dan cocok untuk aktivitas transaksi yang sangat besar. Silakan bandingkan terlebih dahulu antara keduanya dari sisi Fee yang akan dikenakan pada account Paypal anda.

Sudah siap membuat account Paypal Anda? silakan lanjutkan membuatnya disini.

Membuat Account Seller pada Ebay

Sebelum Anda melanjutkan pastikan terlebih dahulu Anda telah memiliki payment gateway Paypal. Selain itu tersedia juga metode pembayaran lain seperti via kartu kredit dan cek. Pembayaran via cek ditujukan bagi para penjual bervolume besar dan jenis barang-barang tertentu yang membutuhkan nilai transaksi cukup besar.

Pastikan Anda sudah menjadi seller pada Ebay. Jika Anda telah terdaftar saatnya sekarang membuat account Anda menjadi seller. Klik pada menu My Ebay dan lanjutkan menuju Personal Information di bawah menu My Account, Anda akan dibawa menuju halaman untuk mengkonfigurasi seller account.

Sebelum Anda Menjual

Disinilah letaknya bagaimana menjadi penjual yang baik dan menjadi sukses menjadi seller di Ebay.

  1. Lakukan riset pasar. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kondisi pasar di Ebay, jenis barang yang dijual, apa yang paling laku? dan yang terpenting adalah barang-barang yang sejenis alias sama. Jika barang Anda cukup unik maka proses ini tidak perlu Anda lakukan, namun saran terbaik saya adalah tetap lakukan riset pasar untuk menentukan listing terbaik Anda. Untuk melakukan ini silakan menuju menu Advanced Search dan pastikan pencarian Anda berparameter Compeleted Listings.
  2. Buatlah title atau judul barang Anda tidak lebih dari 55 karakter dan buatlah deskripsi yang jelas, singkat namun sangat detail terhadap barang yang ingin Anda pasarkan. Misal jika Anda menjual kamera digital sebutkan merk, berapa mega pixel, tipe memorinya apa, warnanya, serta bagaimana tipe batery yang bisa digunakan.
  3. Tambahkan foto ataupun gambar-gambar yang mendukung penjualan Anda. Hal ini akan sangat membuat pembeli semakin yakin bahwa barang inilah yang mereka cari. Harap diingat bahwa Ebay akan men-charge Anda apabila lebih dari 1 foto, artinya foto kedua akan dikenakan biaya sebesar $0,15 per-foto.
  4. Pembeli harus tahu bagaimana cara pengiriman barang. Anda harus menjelaskan bagaimana caranya Anda mengirimkan barang tersebut. Banyak sekali parameter yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi proses pengiriman barang ini seperti waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman, biaya pengiriman, asuransi pengiriman dan lain sebagainya.
  5. Selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran. Dengan Paypal Anda sudah bisa langsung menentukan metode ini sebagai pilihan. Hebatnya selain menggunakan Paypal, maka Andapun bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit yang akan langsung diterima oleh account Paypal Anda.

Saatnya Berjualan

Ini adalah langkah mudah untuk memulai menjual barang-barang Anda:

  1. Tentukan judul barang Anda.
  2. Tentukan kategori utama dari barang dan kategori lain dari barang tersebut.

  3. Deskripsikan barang Anda.
  4. Siapkan listing barang Anda dengan judul dan deskripsi yang sudah Anda buat.

  5. Masukkan foto-foto pendukung.
  6. Berikan penjelasan sebaik mungkin untuk menjelaskan barang Anda.
  7. Tentukan harga dan formatnya.
  8. Pilih metode pembayaran.
  9. Tentukan metode pengiriman barang.
  10. Informasikan bagaimana cara pengembalian barang apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  11. Promosikan daftar barang Anda.
  12. Atur bagaimana caranya barang Anda tampil dalam pencarian di Ebay.

  13. Terakhir adalah tinjau kembali semua pengaturan Anda.

Apa yang Tidak Bisa Dijual?

Tidak semua barang dapat dijual di Ebay, silakan cek disini barang-barang apa saja yang dilarang untuk diperjual belikan.

Informasi Tambahan

Sistem penjualan di Ebay adalah model lelang atau auction. Model ini akan sangat bermanfaat bagi penjual untuk meningkatkan nilai jual dari sebuah barang yang akan Anda jual. Metode menentukan pemenang lelang bisa dilakukan berdasarkan waktu ataupun pencapaian harga. Metode waktu adalah hal yang paling umum, misalnya berapa hari barang Anda akan tampil untuk proses lelang dengan nilai awal yang sudah ditetapkan dan berapa nilai pertambahan minimalnya. Sedangkan metode pencapaian harga adalah barang tidak lagi boleh dilelang apabila sudah ada pembeli yang setuju dengan harga yang Anda tawarkan tanpa proses lelang, biasanya harga akan lebih tinggi dari nilai awal harga pembukaan lelang Anda.

Perhatian buat Anda yang barangnya sudah laku terjual, Anda akan menerima e-mail pemberitahuan apabila ada barang Anda yang laku. Sering-seringlah untuk cek account Ebay Anda dan lakukan promosi pada komunitas di Ebay dan forumnya. Apabila barang Anda laku segeralah kirim barang tersebut ke alamat si pembeli, jangan menunda hingga waktu yang lama untuk mengirimkannya, ingat ini adalah hal terpenting dalam sistem transaksi elektronik di Internet. Kepercayaan adalah nomor satu dan reputasi Anda akan terjaga dengan baik dengan melakukan hal-hal yang baik pula.

Segera jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penawar barang Anda. Jangan pernah menunda akan masuknya pertanyaan tersebut karena akan menyebabkan barang Anda akan sulit terjual.

Mudah-mudahan tulisan ini akan dapat membantu Anda untuk memulai memasarkan barang-barang unik Anda via Internet khususnya Ebay.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


87 Komentar pada Cara Menjual Barang di Ebay, Sebuah Panduan untuk Pemula

  1. avatar doni mengatakan:

    saya pernah mendaftar di ebay tapi di tolak. Gmana ya cara agar bs di accept jadi seller di ebay?n apa yg cock utk d jual di sana?

  2. avatar kulingeblog mengatakan:

    siiip dah coba tak praktekkan ah…. makasaih infonya boz

  3. avatar titopratama mengatakan:

    keren..keren,…namun sayangnya ane gak punya kartu kredit.. jadi gak bisa pasang iklan di sana deh… kunjungi balik yah………

  4. avatar Jefry mengatakan:

    Sangat lengkap sekali ulasannya, saya yang baru mengenal ebay jadi tahu banyak bagaimana cara memulai menggunakan ebay
    terima kasih

  5. avatar insomnia mengatakan:

    Keren sekali ilmunya sangat berguna makasih mu berbagi ilmunya….

  6. avatar sofia mengatakan:

    bagaimna nak join ni…

  7. avatar Inside mengatakan:

    Mas…
    Biasanya untuk prosedur pengiriman barangnya gimana y? via ap y?
    Trus rata2 biaya pengirimannya bisa sampe brapa y mas?

  8. avatar Wibawa mengatakan:

    bagaimana caranya menarik uangnya bila barang kita terjual?

    • avatar Yudhi mengatakan:

      Tergantung dari prosedur pembayaran Anda, jika melalui Paypal bisa dengan mudah membuat akunnya dan menariknya langsung ke tabungan pribadi kita di Bank lokal Indonesia.

  9. avatar dina mengatakan:

    Artikelnya sangat bermanfaat. Salam kenal :)

  10. avatar Didot mengatakan:

    Bagaimana caranya untuk memilih “sell to worldwide” di opsi pengiriman…?? Saya sdh coba, tp ttp harus memilih satu negara tujuan lebih dahulu.

    Thx btw, very good article….

  11. avatar Jual Beli mengatakan:

    Great post.

    o ya kalau ingin menjual barang/jasa bisa juga di http://duniatok.com

    makasih banyak.

  12. avatar Alfons mengatakan:

    Tips yang sangat membantu. Saya berniat menjual furniture yang memang ukurannya besar.
    Bagaimana memberitahukan informasi biaya pengiriman? ( Karena tiap negara/negara bagian, akan berbeda harganya ) dan juga lamanya pengiriman barang dari bali ke negra tujuan.
    Mohon informasinya. Terima kasih.

    Salam,

    Alfons
    Bali

  13. avatar Sahabat Hendy mengatakan:

    makasih infonya sob

  14. avatar Ricky mengatakan:

    Keren ilmu nya. Saya lagi mencari dropshipper yang bisa diandalkan, kira2 dimana ya?

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis