Egoisme: Penyebab Kerusakan Alam & Lingkungan

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Lingkungan Hidup
» Telah 37.723 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 9 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS
Artikel ke 3 dari 6 halaman blog berseri: Global Warming

Apa hubungan egoisme dengan kerusakan lingkungan? Ada! egoisme dan ketidakpedulian kita adalah penyebab timbulnya segala permasalahan lingkungan yang kita alami hari ini.

Banyak dari kita yang hanya meemikirkan kenyamanan pribadi tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi pada lingkungan di sekitar kita maupun lingkungan global secara keseluruhan. Hanya karena merasa punya uang, kita tidak mengindahkan peringatan dan himbauan untuk melakukan pengheematan energi.

“Ah, saya mampu membayar berapapun tagihan listrik yang ada. Jadi terserah saya dong untuk memakai listrik sesuka hati saya. Saya sanggup membeli BBM berapapun yang saya mau, jadi terserah saya dong mau beli mobil yang borosnya kayak apa.”

Renungkanlah: Berapa banyak energi dan sumber daya yang harus terbuang sia-sia hanya karena orang-orang ingin menikmati kenyamanan yang sesungguhnya tidak benar-benar mereka perlukan. Berapa banyak energi dan sumber daya yang terbuang sia-sia hanya karena mereka ingin terlihat tampil bergengsi.

Orang-orang seringkali membeli hal-hal yang tidak mereka perlukan, mengganti barang-barang yang semestinya masih bisa digunakan hanya karena alasan bosan. Kita tidak pernah memikirkan berapa banyak tenaga dan sumber daya planet ini yang rusak untuk memenuhi kebutuhan egois kita tersebut.

Camkanlah satu hal: Uang Anda memang bisa membeli berliter-liter BBM, tetapi uang tersebut tidak dapat mengembalikan tiap liter BBM yang telah Anda ambil dari alam butuh jutaan tahun untuk menghasilkan BBM yang Anda nikmati tersebut.

Janganlah memikirkan kenyamanan hidup Anda sendiri. Setidaknya pikirkanlah keadaan generasi penerus Anda, mereka harus menjalani hidupnya dengan segala sumber daya yang sangat terbatas karena ulah orang tua, kakek nenek, dan nenek moyangnya di masa lalu.

Lalu Anda akan berpikir, tetapi bukankah kita memiliki energi alternatif seperti bio fuel, hidrogen, dan lain-lain? Tetap saja semua itu tidak gratis, selalu ada yang harus dikorbankan. Bio fuel menyebabkan kerusakan lingkungan karena penanaman tanaman bahan bakar tersebut membutuhkan lahan yang tidak sedikit. Hidrogen maasih mahal dan belum dapat diproduksi dengan efisien. Bagaimana seandainya planet kita sudah hancur duluan sebelum kita dapat menikmati semua kenyamanan teknologi tersebut? Saat ini kita berpacu dengan waktu.

Begitu banyak orang di belahan dunia lainnya yang sangat membutuhkan tiap tetes BBM yang kita nikmati, tiap tetes air bersih yang kita nikmati, dan hal-hal mendasar lainnya untuk mendukung kehidupan mereka. Berrhematlah dalam segala bentuk yang Anda bisa. Lakukanlah untuk dunia, lakukanlah untuk generasi penerus Anda.

Tulisan ini saya ambil dan telah mendapat izin dari sumber dari sebuah buku Global Warming yang disadur oleh Agus R dan Rudi S untuk edisi pertama bulan April 2008, kungjungi website mereka di http://hiduplebihmulia.wordpress.com.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


9 Komentar pada Egoisme: Penyebab Kerusakan Alam & Lingkungan

  1. avatar nn mengatakan:

    lah.??
    emng anda ga prlu BBM?buat Masak pk apaan?
    elpiji??buat elpiji pk apa?bhn bkar cuy..!!
    apa anda pke kyu bkar?daun?asepnYA karbon tu..jadi gmn..???

  2. avatar chaelin mengatakan:

    gambar ny mana???

  3. avatar nando mengatakan:

    MAAFKAN by; doches
    KAMI
    ALAM

    Karena kami……………………………….
    Helai daunmu terabai
    Bilah-bilah rantingmu sirnah
    Batangmu tercampakan
    Akarmu terjepit.
    Lirikan bukit dengan wajah sedih
    Ulah kami telah menguliti
    Tatapan gunung penuh murung
    Ulah kami telah mengginduli
    Keterlaluan telah menghanyutkan kami
    Kekeliruan telah menimbun kami
    Sadar akan kesalahan
    Kami akan menjagamu
    Insaf dari kekilafan
    Kami akan mencintaimu
    Burung bernyanyilah
    Embun siramilah
    Maafkan kami alam………….

    RATAPAN ALAM
    By; Doches.

    Elegy alam menggunggah hati jagad
    Meratap keserakahan manusia
    Tak ada lagi daun menari
    Tak ada lagi akar merayap
    Burung enggan berkicau
    Menatap amarah sang surya
    Kesucian embun dinodai debu
    Jeritan anak sungai
    Menahan perih ditimpah banjir
    Kejernian kian dibalur lumpur
    Saudaraku…………….
    Masih adakah perasaan untuk alam????????????

  4. avatar nn mengatakan:

    apa sih perhatian pemerintah terhadap alam?

  5. avatar nur gilang mengatakan:

    bukan salah alam, tetapi manusia.. kita yg mengganggu alam hingga terjadinya keruskan alam……. jgn pernah menyalahkan alam

  6. avatar nhouca mengatakan:

    iyaaa……….!!
    jngan salahkan lingkungan atau alam …
    harusnya kita yang bear-besar tau diri dong spaya lingkungan kita tdak terkena hal2 semacam banjir,lngsor,pohslove her,on tumbang ,dll.

  7. avatar anak metal mengatakan:

    ea btul bwangetzz tuch browwwwwwww

  8. avatar mEtha baEtha mengatakan:

    seandainya tangan-tangan jail itu nggak ada, pasti alam kita tetap terjaka kelestariannya…

  9. avatar suroso mengatakan:

    Memang benar egoisme merupakan penyebab utama kerusakan lingkungan. Buktinya, tahun 70-an sungai di kampungku banyak ikan besar, tetapi karenabanyak yang mencarinya dengan racun, maka saai ini mencari ikan cere saja susah. dulu hampir setiap batu di baliknya ada udang,sekarang boro-boro. Jadi memang orang harus bertobat dari egoismenya. ingat anak cucu kita ya. Trims buat Sejuta Blog

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis