Elektronic Mail (E-mail)

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Danang
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 4.421 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS
Artikel ke 2 dari 3 halaman blog berseri: Internet Basic

E-mail (Elektronic Mail)

Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia bisa berarti surat elektronik. Hampir mirip dengan surat biasa, kita memerlukan “alamat surat” yang dituju secara lengkap, kita juga memerlukan jasa pengiriman seperti Kantor pos di dunia maya, dengan kelebihannya dibandingkan dengan surat pos biasa yaitu waktu sampainya “relatif” lebih cepat.

Kenapa “relatif” lebih cepat, karena sebenarnya waktu pengirimannya tidak dipengaruhi oleh jarak, dalam hitungan kurang dari 1 menit (tergantung koneksi internet) sudah sampai di alamat surat elektronik yang kita kirimkan. Masalahnya adalah bisa jadi “email” yang kita kirimkan di baca oleh penerima sewaktu mengecek “inbox/kotak surat” yang bersangkutan.

Penyedia Layanan E-mail (Semacam Kantor Posnya di dunia maya)

Untuk menggunakan layanan/fasilitas internet ini, kita memerlukan akun dari penyedia layanan email ini, ada yang gratis ada juga yang bayar. Seperti kalau kita membuka rekening/akun di bank konvensional, kita juga diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran secara elektronik. Sebelum melakukan pendaftaran kita bisa memilih penyedia jasa yang memberikan fasilitas yang sesuai dengan selera kita masing-masing.
Penyedia layanan email yang populer adalah :
Yahoo Mail (http://mail.yahoo.com)
Google Mail (http://gmail.com)
MSN (http://hotmail.com) dll
Masing-masing mempunyai kelebihan dibanding yang lain

Langkah pembuatan E-mail (pada intinya hampir sama)
1. Masuk Ke halaman
2. Klik Tombol Sign Up (Yahoo), Create An Account (Gmail), Daftar Live ID (MSN)
3. Isi Form Pendaftaran
email
4. Masuk ke Menu “Dasbord” / Member Area

Berkirim Surat

Setelah kita masuk ke member area, kita sudah siap untuk berkirim surat elektronik/email

dashbord

Klik Tombol/Menu Compose, untuk berkirim surat

Tampilan Compose Yahoo

compose-yahoo

Tampilan Compose Gmail

compose-gmail

To: Alamat e-mail tujuan (harus lengkap contoh: danang@sejutablog.com)
Cc: Copy Carbon (Tembusan surat)
Bcc : Blind Copy Carbon (Tembusan Surat dimana yang di tuju tidak akan mengetahuinya, biasanya dipakai untuk salinan surat ke intern atau ke pihak ketiga secara rahasia, pihak pertama (To:) tidak akan mengetahui kalau kita kasih tembusan ke Bcc
Subject: Judul Surat, misalnya: Hallo Apa kabar
Jika kita lupa, tidak memberikan judul surat, subject yang terkirim menjadi [none]
Anda juga bisa melampirkan file, bisa berupa file dokumen (doc,txt dsb), spreadsheet (excel), gambar dsb, yang mengikuti ketentuan besarnya ukuran file maksimum masing-masing penyedia jasa, melalui menu “attach file”, kemudian “browse” ke folder file yang akan dikirimkan.

Setelah semuanya dirasa lengkap, klik “send” untuk mengirimkan surat.
Yahoo akan memberitahuan “sukses” atau tidaknya email kita terkirim atau bisa juga langkah selanjutnya kita check di menu “Sent” apakah surat yang kita kirimkan telah masuk di folder “Sent”
Bisa juga anda klik “inbox” kembali untuk memastikan alamat yang dikirim tidak terpental kembali ke email kita, kalat balik kembali ke alamat pengirim biasanya ada pesan “mailer daemon” atau pesan error yang lain, check kembali tujuan surat jika anda mendapatkan pesan surat yang terpental.

E-mail Spam

Salah satu kelemahan e-mail dibandingkan surat konvensional adalah masalah privacy, kita akan sering mendapatkan e-mail yang tidak kita kenal pengirimnya dengan isi informasi yang tidak kita kehendaki walaupun terkadang sangat informatif terkadang juga berisi virus, link yang menjebak, lotre, money laundry dan sebagainya, yang di kategorikan email sampah/spam. Tindakannya dinamakan Spamming, yaitu mengirimkan e-mail sampah ke orang yang tidak di kenal sebelumya. Untuk mengatasinya, walau terkadang kurang efektif, menandai dengan flag spam, melaporkan ke isp jika menggunakan akun suatu isp. Kurangi subcribe/mendaftar program/mail-list tertentu pada suatu web yang kurang terpercaya.Yang susah jika mereka menggunakan robot/script program tertentu. Intinya jangan mudah percaya dengan sesuatu hal tanpa kita selidiki terlebih dahulu.

Program Penanganan E-mail

Anda bisa mengakses email melalui web base ataupun menggunakan program penanganan email yang bisa diakses secara offline dengan Microsoft Outlook Express (hotmail) atau Thunderbird (gmail) atau e-mail yang lain yang mendukung POP3/SMTP
Kelebihannya untuk penggunaan email yang intensitasnya tinggi tetapi dengan koneksi terbatas menggunakan telkomnet instans atau telkom speedy di rumah yang dibatasi oleh timebase, akan lebih menghemat biaya koneksi internet jika menggunakan email dan program penanganan email yang mendukung layanan POP3/SMTP.
Untuk program penanganan email yang support POP3/SMTP akan kita bahas kemudian, stay tune…

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Elektronic Mail (E-mail)

  1. Terimakasih, artikel-artikelnya semakin menambah wawasan orang banyak khususnya I’m. Selamat berkarya dan berjuang terus saudaraku … !

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis