Fight Againts Viruses

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh romeoarjuna
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 3.107 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 2 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Judulnya memang agak di buat serem, biar lebih mengesankan dan menantang, mudah-mudahan ndak salah ejaannya :) maksudnya “perang kembali dengan virus komputer”. Kejadiannya, beberapa hari yang lalu terpaksa bekerja ekstra dari biasanya akibat yang ditimbulkan oleh virus komputer yang menyerang komputer kerja, bukan salah antivirusnya yang ‘bodong’gagal menangkap virus yang masuk, tetapi lebih disebabkan ‘human error’ kesalahan karyawan yang kurang familier dengan ‘warning’ sewaktu proses virus menangkap “program asing” yang dicurigai virus yang akan menginfeksi komputer kita.

Media penyebaran virus ada beberapa, yang paling sering adalah melalui media penyimpan portable seperti floppy disk yang sudah ketinggalan jaman di gantikan oleh flash disk. seperti kejadian beberapa hari yang lalu, virus menular melalui media yang satu ini.Ada klien yang memberikan data melalui flask disk yang datanya mengandung virus, nak kebetulan rekan kerja kita masih baru dan awam soal virus, kemudian antivirus memberikan pesan warning menangkap sebuah virus.

avira-warning

Opsi pilihan tersebut yang kadang-kang membuat bingung untuk user baru atau yang awam tentang antivirus. Tergantung kasusnya, tapi paling mudah adalah meng-‘quarantine’ atau meng-karantinanya jika file yang terinfeksi tidak bisa di ‘repair’ atau di perbaiki oleh program anti virus. Jika data/file yang terinfeksi kita ketahui bukan data yang penting sebaiknya opsi ‘delete’ yang dilakukan.

Tetapi bukan jaminan juga, bahwa software anti virus akan menyelesaikan permasalahan, terkadang file yang terinfeksi dan tidak bisa di perbaiki oleh software antivirus adalah file yang vital dari system operasi kita, jika bisa dan memungkinkan kita bisa coba ‘system restore’, tetapi jika masih gagal opsi ‘install’ ulang adalah opsi terakhir yang harus kita jalankan.

Sama halnya seperti manusia, dalam seumur hidupnya pasti akan terkena sesuatu penyakit. Menurut agama ada hikmahnya kita terkena penyakit, yaitu kita bisa merasakan perbedaan nikmatnya sehat antara susahnya jika menderita penyakit. Dan jika sehat kita berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan badan kita.

Demikiannya halnya juga untuk kasus virus komputer, kita perlu membuat perlakuan khusus untuk mencegah virus masuk ke komputer kita. Tahapan-tahapan yang sebaiknya kita jalankan setelah melakukan instalasi sistem operasi :
1. Pasang Antivirus yang menurut anda paling sesuai
2. Setelah semua software yang dibutuhkan terinstal, sebaiknya untuk antisipasi instal juga software semacam ‘defreze’ atau ‘returnil‘ untuk penggunaan personal yang lebih ringan bisa anda pasang program ‘returnil’ free untuk pemakaian personal, bisa juga di download disini. Dengan program returnil terpasang di komputer anda, segala aktifitas perubahan data di direktory sistem operasi [misalnya c:\] akan dikembalikan ke posisi semula program tersebut jalan.
3. Perbarui terus data ‘virus defiition’ software antivirus anda
4. Scan terlebih dahulu media penyimpan yang akan masuk ke komputer anda dengan software antivirus yang telah terpasang
5. Gunakan browser terbaru untuk menjelajah dunia maya, mozilla firefox direkomendasikan pemakaiannya. Untuk website-website tertentu yang dicurigai menyebarkan malware di ‘flag’ atau di berikan peringatan khusus oleh browser firefox.
6. Virus juga bisa menyebar lewat pertukaran file melalui forum diskusi, jaringan peer-to-peer seperti torrent, media penyimpan gratis dan sebagainya, bukan untuk di takuti tetapi tidak ada salahnya untuk waspada, untuk meng-klik link yang sekiranya berisi konten virus.
7. Update pengetahuan kita sedikit demi sedikit mengenai hal yang berkaitan dengan virus.

Mudah-mudahan, cara-cara tersebut sedikit banyak membantu untuk perang melawan virus dan malware.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


2 Komentar pada Fight Againts Viruses

  1. avatar FITRa mengatakan:

    Hehehe… VIRUS memang menjengkelkan… Itu juga saya alami 2 tahun yang lalu… :)
    Tapi sekarang Bye bye Virus, coz Q pake RETURNIL… :)
    Very recommended Software must installed on your PC

  2. avatar Meyano daya mengatakan:

    Pake Returnil oke banget,udah kita coba,makasih ya mas infonya.

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis