Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh romeoarjuna
» Kategori: Review Produk & Jasa
» Telah 2.494 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Belum ada komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Seberapa banyak lalu lintas/trafik website kita, sudah sehatkah? Berapa pengunjung yang datang ke website kita? Berapa pageviews harian, mingguan, bulanan bahkan setahun? Darimana web mana saja pengunjung datang, apakah langsung ke url kita, lewat email atau lewat search engine. Kata kunci/keyword apa yang sering mengarah ke website kita, di urutan berapa di mata search engine. Tapi yang jelas dengan adanya web statistik kita akan bisa mudah memantau trafik dan mengoptimalkan pengunjung yang datang melalui search engine.
Untuk proses pembuatan website biasanya melalui 4 tahap, tahap Perancangan/Pra Desain, tahap Desain web, Uploading dan Promoting termasuk optimalisasi web di mata Search engine  atau yang biasa kita sebut dengan SEO.  Semua tahap memang penting tetapi menurut saya yang terpenting adalah tahap promotingnya, apalah gunanya web yang bagus tetapi pengunjungnya sangat jarang.  Salah satu tools yang akan membantu kita untuk memantau proses optimalisasi web kita adalah Web Statistik Tools. Kita bisa memanfaatkan jasa layanan web statistik tools gratis yang tersebar di internet.
Ada banyak tools web statistik yang gratis (pihak ketiga diluar service hosting) dan fungsional sekali, diantaranya :

Google Analitics

Sesuai keterangannya dari webnya, Google Analitics di re-desain untuk membantu kita untuk lebih mengetahui dari mana saja pengunjung bisa sampai ke website dan interaksi mereka terhadap website kita. Banyak fitur-fitur google Analitics yang harus kita coba dan pelajari, untuk meningkatkan benefit dari website kita.
Untuk memanfaatkan fasilitas ini kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu atau kaalu anda pernah mendaftar fasilitas google main anda tinggal sign up lebih cepat lagi. Langkah-langkahnya :

Sign Up Fasilitas Google Analitics

Kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan di instruksikan di halaman pendaftaran kita
Setelah data-data yang berkaitan dengan pendaftaran kita lewati, kita akan mendapatkan kode scripts yang harus kita masukkan ke dalam kode html website kita

Copy code yang akan kita pasang ke script website kita, sebelum “</body>” dalam hal ini saya masukkan code google analitics kedalam script blog saya di blogger.com

kemudian akan muncul di halaman dashbord google analitics kita, menu profile website-website yang telah kita daftarkan. Klik klik check statusnya apakah scriptsnya sudh terpasang dengan benar atau belum.

Setelah kita tunggu beberapa saat akan muncul pesan sebagai berikut :

Kita tidak bisa langsung melihat statistiknya, sampai  scripts google analitics mengkoleksi data dari website kita. Setelah beberapa saat tampilannya statitistik web kita/view repotnya akan seperti berikut :

kita bisa analisa dan optimalkan lagi agar lebih lengket di search engine primary semacam google dan yahoo.

Untuk penyedia layanan Free web statistik yang lain yang biasa saya pergunakan dan bisa anda coba  misalnya :

Bravenet

eXTReMe Tracking

Sayangnya saat ini tidak melayani konsumen dari Indonesia, why? saya tidak tahu

Statcounter
Menduduki kata kunci no.1 google untuk keyword “free stats counter”

Setelah kita pasang salah satu dri free stats counter diatas, langkah kita selanjutnya adalah mengoptimalkan lagi website kita, kita pantau trafiknya sesuai target. Cara-cara optimalisasi ke search engine silahkan cari di artikel-artikel sejutablog sebelumnya.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis