Gunakan WordPress Untuk Blog

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi, Komputer & Teknologi Informasi
» Telah 13.506 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 27 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Apa itu WordPress? sedikit mengutip dari halaman web wordpress dalam bahasa Indonesia dengan alamat http://id.wordpress.org adalah:

WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus kepada estetika, standar web, dan kegunaan. WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain tak ternilai harganya. Pendek kata, WordPress ialah yang Anda perlukan ketika ingin bekerja dengan sebuah blog.

Menurut saya, WordPress adalah sebuah aplikasi komputer berbasiskan bahasa pemograman PHP dan database MySQL untuk membuat halaman blog. Apa itu Blog? baca disini. WordPress dapat dengan mudah diimplementasikan pada pengguna Windows dan Linux.

Sekilas Sejarah WordPress

Bermula tahun 2003 WordPress mulai dibuat oleh segelintir programmer saja. Sejak dluncurkan hingga saat ini WordPress sudah menjadi salah satu alat untuk membuat halaman blog paling populer. Tercatat 80% lebih blogger menggunakan WordPress untuk menuliskan halaman blog mereka. Ratusan hingga ribuan halaman blog diciptakan setiap harinya dan sudah menjadi pilihan utama para blogger untuk ngeblog.

Salah satu hal yang paling membuat WordPress semakin populer adalah karena lisensi penggunaannya adalah gratis, dapat digunakan oleh siapa saja bahkan dapat di modifikasi sesuai keinginan. WordPress dibuat oleh komunitas untuk komunitas dan tergabung dalam proyek program kode terbuka atau opensource berlisensi GPL (General Public License) mulai dari kode program hingga halaman dokumentasi dan modifikasinya. Karena menganut opensource saat ini WordPress dikembangkan oleh banyak orang yang tergabung dalam WordPress Developer yang dipimpin oleh Ryan Boren, Mark Jaquith, Matt Mullenweg dan Peter Westwood.

Instalasi WordPress

Saya tidak akan menjelaskan cara instalasi WordPress pada komputermu atau pada sebuah server hosting, namun hanya memberikan rincian kebutuhan saat kamu ingin menggunakannya, yaitu:

  1. PHP; adalah sebuah aplikasi bahasa pemrograman atau skrip yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi program komputer berbasiskan web atau Internet.
  2. Database MySQL; adalah sebuah media penyimpanan berbasiskan data terstruktur untuk menyimpan data-data yang dituliskan melalui halaman web.
  3. Apache; merupakan sebuah server web, berfungsi untuk melayani pengguna Internet untuk berselancar di Internet menggunakan browser favoritnya masing-masing.

Semua yang saya tuliskan diatas adalah perangkat lunak atau software yang dibutuhkan saat kamu ingin menggunakan WordPress. Dapat di instalasi pada komputer pribadi, laptop, server dan lain sebagainya.

Fitur WordPress

Menulis dan mempubliskasikan halaman blog adalah fitur utama, namun beberapa fitur utama lain dari WordPress adalah sebagai berikut:

  • Tidak dibutuhkannya membuat desain halaman blog karena WordPress telah menyediakannya melalui fasilitas tema atau theme dan dan disebut templat (template). Kamu dapat melihat koleksi tema yang ada pada banyak website di Internet atau dapat dilihat juga pada website WordPress.
  • Plugin adalah sebuah fitur pengembangan dari fasilitas yang tak terbatas oleh komunitas WordPress. Dengan adanya plugin, maka fitur-fitur standar WordPress dapat lebih dimaksimalkan sesuai dengan kategorinya.
  • Dapat mengelola halaman-halaman statis diluar dari halaman blog itu sendiri. Contoh dari halaman statis yang bisa kamu buat adalah halaman perihal, kontak, tanya jawab dan lain sebagainya.
  • WordPress dapat menuliskan banyak alamat-alamat website atau blog lain dengan sangat mudah, oleh WordPress dikenal dengan istilah Blogroll.
  • Berbagai tema dan desain halaman blog dapat diganti-ganti sesuai dengan keinginan kamu, bahkan kamu dapat dengan mudah membuat sendiri desainnya. Lihat panduan membuat desain sendiri disini.
  • WordPress mendukung komunikasi antar sesama blog yang menggunakan WordPress, dikenal dengan istilah lacak balik atau Trackback. Selain itu juga mendukung penggunaan aplikasi ping atau dikenal dengan istilah Pingback.
  • Respon oleh pembaca adalah sebuah standar dalam dunia blog, wordpress dengan sangat jelas mendukung fasilitas ini. Bahkan di versi terbaru 2.5 WordPress telah mengintegrasikan foto pemberi komentar melalui layanan Gravatar.
  • Proteksi Spam adalah hal mutlak untuk semua jenis website yang mengimplementasikan interaksi antara pembaca dan website itu sendiri. Akismet adalah sebuah plugin standar yang digunakan WordPress dalam hal penanganan anti spam.

Fitur standar lain yang dapat ditemukan pada WordPress adalah sistem registrasi pengguna yang dikategorikan kedalam beberapa level seperti Administrator, Penulis (author), Kontributor (contributor), pelanggan (subscriber) dan Editor. Untuk kita yang tinggal dan menggunakan bahasa Indonesia sudah ada sejak lama WordPress tersedia dalam bahasa Indonesia yang dapat diambil secara gratis di alamat http://id.wordpress.org dan sudah diterjemahkan oleh saudara Thariqul Huda. Apabila kamu ingin memproteksi sebuah tulisan dalam halaman blog tertentu, maka dengan sangat mudah hal ini dilakukan karena WordPress memiliki fasilitas ini.

WordPress saat ini tersedia secara gratis di alamat resmi http://www.wordpress.org, versi terbaru saat saya menulis adalah 2.51 dengan ukuran file sekitar 1,34 Mb. Lakukan update secara berkala terhadap WordPress yang telah kamu instalasi menggunakan plugin Automatic Upgrade. Hal ini penting diperhatikan agar WordPress kamu selalu dalam kondisi terbaru untuk menghindari adanya bug program. Seperti pepatah mengatakan tak ada gading yang tak retak, begitulah semua buatan manusia yang ada dimuka bumi ini.

Selamat mencoba WordPress dan happy blogging!

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


27 Komentar pada Gunakan WordPress Untuk Blog

  1. avatar Mr. Picky mengatakan:

    thanks you for all..

  2. avatar Ashia mengatakan:

    okehh ..
    thnx yaa

  3. avatar avi mengatakan:

    Saya baru tahu kalo wordpress harus di update.
    Terima kasih atas info ya!

  4. […] tulisan saya sebelumnya mengenai Gunakan WordPress Untuk Blog bahwa WordPress digunakan oleh blogger didunia adalah sebesar 80% dari pasar perangkat lunak […]

  5. avatar plugin buat blogger | CAMPUS's BLOG mengatakan:

    […] Gunakan WordPress untuk Blog; berisikan materi untuk pemula berupa alasan-alasan mengapa menggunakan WordPress. […]

  6. […] mana yang paling tepat antara WordPress dan Blogspot? Saya secara pribadi selalu merekomendasikan WordPress sebagai media blog Anda. Banyak manfaat lebih yang bisa didapat ketika kita menggunakan WordPress karena adanya […]

  7. […] Gunakan WordPress untuk Blog; berisikan materi untuk pemula berupa alasan-alasan mengapa menggunakan WordPress. […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis