Hati-Hati Penipuan Lewat Handphone

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh romeoarjuna
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi, Serba-Serbi
» Telah 3.864 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 5 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Di jaman era informasi ini, kita harus lebih banyak menambah wawasan pengetahuan kita. Bisa-bisa kekurangpahaman kita terhadap sesuatu hal di manfaatkan orang yang tidak bertanggungjawab untuk menipu kita. Saya hampir saja mengalami penipuan lewat handphone. Salah satu modusnya memesan sesuatu lewat kita bisa berupa barang atau jasa layanan, kemudian akan melakukan pembayaran lewat transfer ATM. Dan biasanya jumlah pesanannya banyak, bisa dalam hitungan jutaan.

Selang beberapa jam sebelum deal kesepakatan, mereka akan konfirmasi transferan mereka sudah masuk ke ATM kita atau belum. Karena saya pakai Internet banking BCA bisa langsung check, uang yang ditansfer sudah masuk atau belum, dan bodohnya saya percaya saja bahwa mereka bilang (sudah dikonfirmasikan ke Hallo BCA) katanya, lagi ada masalah dengan internet banking, kemudian mereka menyuruh saya check langsung ke ATM BCA terdekat. Setelah saya ke datang di ATM,  sama mereka dihubungkan ke Hallo BCA (kalau saya inget2 lagi nada bicaranya hampir mirip dengan penelepon pertama dan bodohnya saya lagi percaya, kenapa masih pake hp mereka “Hallo BCA ngomongnya ya..:), kemudian dengan pura2 sebagai CS-nya Hallo BCA mereka memandu saya menggunakan ATM BCA. Akan di tanya saldo rekening kita berapa? kemudian setelah kita masukkan pin dan password, kita disuruh tekan tombol Transfer, saya belum sadar juga tapi setelah disuruh memasukkan No rekening untuk tranfer baru sadar, bahwa saya disuruh tranfer ke rekening orang.

Banyakan orang yang sampi disini tidak sadar, seakan-akan di hipnotis, tapi menurut saya mungkin karena kita masih terlalu awam mengenai fasilitas-fasilitas ATM yang ada. Sayapun sempat protes kenapa saya yang harus transfer, mereka bilang akan ada kode khusus yang akan disertakan ke rekening tujuan sehingga nanti akan masuk kembali ke rekening kita. Nah orang awam pasti akan tertipu dengan jawaban mereka yang sangat profesional. Mungkin sudah banyak orang yang sudah kena tipuan dengan modus semacam itu.
Dan modusnya saya baca di koran sangat bermacam-macam. Dari yang dijanjikan dapat hadiah undian tertentu, atau dapat kenaikan promosi bahkan ada yang mencatut pejabat tertentu. Dan sudah banyak memakan korbannya.

Kebijakan pendaftaran/registrasi nomor kartu baru kayaknya juga tidak terlalu berpengaruh banyak. Data yang kita masukkan juga tidak di cross lagi kebenarannya layakknya seperti kartu pasca bayar. Sehingga kembali lagi ke kita agar lebih waspada terhadap penyalah gunaan Handphone oleh orang-orang yang tidak bertanggujawab.

Disamping itu juga banyak sekali sms-sms hoax yang sangat meresahkan kita. Dari SMS santet sampai SMS yang kesannya Islami tapi malah bisa menjerumuskan kita kepada perbuatan syirik, misalnya kita diminta mengirimkan sms informasi yang bernuansa islami  ke 10 orang kalau mengirim akan dapat rejeki yang tidak dikira dan kalau tidak mengirimkan akan terkena musibah. Mungkin Isinya bagus tapi kalau sudah “berkeyakinan” akan sesuatu hal yang belum ada dasar tuntunannya, sampai mempercayai penyebab musibah/cobaan datangnya dari sms bukan dari Allah, menyebabkan kita melakukan perbuatan syrik. Mudah-mudahan kita selalu dilindungi oleh Allah dari hal-hal tersebut diatas.

Mohon forwardkan melalui YM atau email ke orang-orang yang anda cintai :), kalau anda kerjakan, “mudah-mudahan” anda mendapat pahala kalau tidak dikerjakan semoga di ampuni oleh Allah SWT. Amin.

Selamat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan bagi saudaraku muslim.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


5 Komentar pada Hati-Hati Penipuan Lewat Handphone

  1. avatar Yudhi mengatakan:

    Betul sekali saat ini gw sering banget di telp dan kasih tau kalo gw dapat hadiah duit, dsb…ehm…ati2 waspadalah…waspadalah…

  2. avatar Zoel mengatakan:

    I agree with u

  3. avatar afaries mengatakan:

    seyemm jg yach… klo aku sich yg sering dapet imel yg katanya imelku menang undian trus suru ambil uang ke western union . aku cb iseng check di web nya western union eh katanya pick up so dah jelas itu boong … …

  4. avatar Reny Anggraeni mengatakan:

    Hati-hati terhadap penipuan melalui iklan baris di harian Pos Kota, Warta kota, dan sejenisnya. bunyi iklannya” anda butuh pinjaman dana tunai, 1 jam lngsg cair di transfer ke rekening anda, halal, hub. Bpk Ustadz Abdul Rochim, no. telp: 0878-99973349, alamat: jl. narogong no. 10, Bekasi, jika anda tdk bs dtg, kami ttp akan mentransfer k rek anda. ”
    saya percaya dengan iklan ini karna ada label ustadz, yg saya percaya dia tidak mgkn menipu saya. ternyata saya salah besar. dengan dalih bisa meminjamkan saya uang 10 jt, sy diharuskan membayar DP Bunga dari pinjaman tsb sebesar 1 jt. maka saya lgsg mentranfer ke rek. BCA a.n. Pak Abdul Rochim tsb, setelah sy konfirmasikan bhw saya sdh transfer, ternyata hp dia gak aktif dan sekalipun aktif dia tidak mau menjawab. sampai saya maki2 via sms pun dia tidak bergeming. mgkn pada dasarnya dia mmg preman, bukan ustadz. Hati2 dengan semua iklan baris di koran

  5. avatar rudi mengatakan:

    HAti hati juga dengan ustad susilo,spd, menawarkan dana hibah, saya sudah transfer 500 rb ke rek bank bri no.022401031452 cab.maros a/n AGUNG F dan dijanjikan uang 25 juta langsung cair hari itu ke rekening saya ternyata bohong besar.. hp tidak bisa dihubungi , tapi sekali sekali masih berani iklan di poskota .. tolong waspada dengan orang ini.. no hp. 085695055555 atau 08184555556 .. orang susah jangan di buat susah
    USTAD bejat..

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis