Hidup Sehat & Berkualitas

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Danang
» Kategori: Kesehatan
» Telah 6.169 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 2 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Body Heart Leonardo Da VinciSaya membaca sebuah artikel kesehatan yang isinya sangat bagus, mudah-mudahan berguna buat kita semua.
Agar kita sehat, menurut Dr. Jonathan, MD, kita harus melalui proses yang dinamakan WELLNESS, tetapi apakah kita bisa memenuhi konsep Wellness sebagai berikut :

W = Water

Air yang bersih dan sehat.
Air yang kita minum sehari-hari belum tentu memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan dunia kesehatan. Kalau secara fisik air hendaknya tidak berwarna, berasa dan berbau, sedangkan kandungannya, tidak mengandung logam-logam yang berbahaya. Di kota-kota  besar sulit menjumpai Air yang benar-benar steril dari bakteri dan logam industri. Terpaksa anggaran belanja kita menambah budget untuk air dalam kemasan yang juga menurut isu (entah benar entah tidak) ada juga beberapa yang belum memenuhi standar kesehatan yang disyaratkan.

E = Environtment

Lingkungan yang bersih dan sehat.
Sebaiknya kita tinggal di lingkungan yang bersih dan sehat alami. Tetapi seiring dengan meningkatnya era industrialisasi, pengembangan kota-kota besar seiring dengan peningkatan polusi kendaraan bermotor dan pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga. Sehingga kita dipaksa tinggal di lingkungan yang berpolusi. Cepat atau lambat kita sisihkan pendapatan kita untuk mengantisipasi masalah kesehatan yang sewaktu-waktu bisa muncul yang diakibatkan oleh masalah pencemaran lingkungan ini

L = Laughter

Tertawa/Gembira
Dijaman sekarang ini kalau boleh mengeluh, tantangannya semakin berat. Kenaikan sumber energi Minyak Bumi/Bahan Bakar Fosil, yang mempengaruhi kenaikan harga-harga pokok lainnya turut membuat pikiran kita, berpikir lebih extra untuk mengatur dan merencanakan keuangan lebih baik, mana yang menjadi prioritas dan mana yang bukan prioritas, imbasnya rasa was-was dalam diri kita yang mempengaruhi pikiran dan mental kita, sehingga tertawa-pun kelihatannya susah. Tetapi setelah mengetahui konsep ini sebaiknya kita tertawa lepas meratapi keadaan ini..:), semoga badai lebih cepat berlalu..

L = Life drug Free

Bebas dari Obat-obatan
Tidak hanya Narkoba, obat-obatan juga akrab di kehidupan kita sehari-hari, dari obat sakit kepala, obat Maag, diare, flue, rematik, asam urat dan penyakit-penyakit yang timbul akibat masalah-masalah kesehatan lingkungan lainnya. Mungkinkah kita bisa bebas dari obat-obatan itu? Sekarang ini banyak yang pusing kepala memikirkan biaya sekolah yang mahal.

N = Nutrition

Makanan Sehat
Makanan sehat mengandung :
Unsur Makro seperti Karbohidrat, Lemak, protein. Jika kekurangan langsung terasa dampaknya, misalnya rasa lapar, lelah, lesu dan sebagainya.
Unsur Mikro seperti Vitamin, Mineral, Seart dan Enzim. Jika kekurangan dampaknya baru terasa setelah bertahun-tahun dan biasanya tidak kita sadari dan lebih berbahaya.
Untuk itu kita hendaknya bisa menjaga asupan makanan kita. Dewasa ini banyak bahan-bahan kimia yang ditambahkan pada bahan makanan, sehingga jika kita tidak teliti kemungkinan tercemar bahan-bahan tersebut sangat besar.

E = Exercise

Berolahraga, 3-4 kali/minggu, 30 menit/sesi
Olahraga teratur jelas menyehatkan, disamping menguatkan fungsi organ-organ tubuh juga tubuh dipaksa untuk membuang lemak dan racun-racun tubuh sisa-sisa makanan lewat keringat, urin atau buang air besar. Metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan teratur. Tapi dewasa ini semakin banyak kemudahan yang kita alami, era internet dan teknologi malah membatasi aktifitas kita. Yang biasanya kita keluar keringat mendapatkannya sekarang dengan memencet satu tombol, sudah siap dihadapan kita.

S = Sleep

Tidur berkualitas, 6-8 Jam/hari
Seiring dengan kesibukan pekerjaan kita, sangat susah menerpakan tidur berkualitas 6-8 jam/hari
Apalagi di kota-kota besar yang mulai terjebak macet, berangkat pagi dan pulang petang.

S = Spiritual

Kehidupan Spiritual & Social Support
Kehidupan sepiritual memberikan ketenangan hidup, social support memberikan interaksi sosial dengan masyarakat disekitarnya. Sifat dasar manusia adalah hidup sosial dan berkelompok. Bagaimana rasanya kalau hidup sendiri dan terasing. Nilai spiritual dan social support menambah kualitas hidup kita.

Mudah-mudahan bermanfaat menambah wawasan kita semua, pentingnya menjaga kesehatan diri kita masing-masing.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


2 Komentar pada Hidup Sehat & Berkualitas

  1. avatar Yudhi mengatakan:

    Wah kayaknya harus menyesuaikan pola hidup nih…banyak gak beraturan dan jauh dari pola sehat nih :(

  2. avatar jajang mengatakan:

    bagus sekali cara hidup yang sehat nya

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis