Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi, Komputer & Teknologi Informasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 7.924 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 6 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Tulisan ini memberikan pengetahuan kepada Anda bagaimana caranya menyembunyikan/menghilangkan/membuang navbar atau navigasi halaman blog pada blogger atau blogspot. PERHATIAN!, mengacu kepada term and condition pada blogger.com Anda tidak diperbolehkan membuangnya kecuali Anda menempatkan blog Anda pada server hosting sendiri. Selama blog Anda masih menggunakan server Google maka Anda tidak diperbolehkan membuangnya.

Tutorial ini khusus buat Anda yang telah menempatkan blog Anda pada server hosting sendiri namun cara dibawah ini juga berhasil dilakukan walaupun server Anda masih menggunakan Blogger sebagai server blog Anda.

Langkah 1

Tutorial ini memberitahukan kepada Anda caranya menyembunyikan, menonaktifkan, membuang navbar blogger (atau biasa disebut juga dengan istilah navigation bar). Umumnya navigation bar berisikan fasilitas pencarian, penandaan sebuah blog (flag blog) dan link menuju blog berikut secara acak. Kemungkinan bagi kamu yang cukup risih dengan adanya navbar tersebut dengan cara ini cukup efektif untuk menghilangkannya.

Setelah Anda masuk-log, silakan menuju ke menu LayoutEdit HTML seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Langkah 2:

Masukkan kode berikut ini kedalam file HTML Anda. File di bawah ini sebenarnya adalah file bertipe Cascading Style Sheet (CSS), bagi kamu yang sudah terbiasa dengan pemrograman CSS tidak akan merasa aneh melihat sintaksnya.

#navbar {
height: 0px;
visibility: hidden;
display: none;
}

Saya akan jelaskan maksud dan tujuan dari kode css di atas.

  • #navbar : adalah sebuah class pada css untuk mendefinisikan sebuah tindakan pada kode tag HTML. Pada kode tag XHTML atau Web2.0 biasanya diawali dengan penggunaan tag <div> dan diakhiri </div>. Misal <div class="navbar"> ... </div>
  • height : adalah tinggi dari navbar tersebut dimana kita set ukurannya adalah 0px atau 0 pixel sama saja dengan tidak ada tingginya.
  • visibility : nilainya adalah hidden berarti disembunyikan atau ini merupakan lawan dari apabila sintaks visibility tidak didefinisikan sama sekali.
  • display : ini sebenarnya sama saja dengan visibility, namun lebih mempertegas lagi perintah sebelumnya dengan tidak menampilkan (nilainya none).

Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat. Sekali lagi saya tidak bertanggung jawab apabila blog Anda di banned oleh Google dikarena Anda masih menggunakan server hosting Blogger.com.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


6 Komentar pada Hilangkan dan Buang Navbar Blogspot Anda

  1. avatar beny mengatakan:

    wah makasih bgt mas triknya…
    sekarang blog saya udah bersih dari navbar…he..he..

  2. avatar Arya mengatakan:

    Very good

  3. avatar info ponsel mengatakan:

    saya coba ya sob. thanks

  4. avatar davidyes mengatakan:

    thanks bro bisa bekerja…
    tapi saya make free blog…
    ngeri juga ….
    sementara scriptnya saya simpan bro….
    thanks…

  5. avatar handout mengatakan:

    thanks for your share..
    succes for you..
    you can visit me in.
    click this

  6. avatar ilham mengatakan:

    mantab gan,,,
    thnk infonya

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis