Ingin Kredit Rumah Murah? Sistem Take Over adalah Solusinya

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Rodi Ediyansyah
» Kategori: Tutorial, Tips & Trik
» Telah 152 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Belum ada komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Setiap orang pasti punya impian. Memiliki rumah sendiri yang sah adalah salah satu impian utama. Rumah yang layak huni dengan keamanan dan kenyamanan terjamin merupakan keutamaan yang harus dipertimbangkan. Tak perlu rumah mewah. Asal memenuhi kriteria rumah layak huni yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, maka akan timbul rasa bahagia. Kredit rumah murah dapat menjadi solusi Anda untuk merealisasikan impian.

Kini, ada alternatif untuk mempunyai rumah dengan biaya relatif lebih ringan. Sistem take over adalah alternatif pilihan kredit rumah murah yang dapat Anda pilih. Harga jual rumah relatif lebih murah karena pemilik sebelumnya sedang membutuhkan uang, sehingga rela menurunkan harga agar cepat laku. Agar memperoleh rumah yang layak huni, inilah 5 pertimbangan yang harus diperhatikan saat membeli rumah dengan sistem oper kredit.

Kondisi Fisik Bangunan

sistem-take-over-rumah

Kondisi fisik bangunan dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam memilih rumah. Pilihlah bangunan yang benar-benar layak huni. Meskipun harga jual rumah oper kredit  lebih murah, namun kondisi setiap sisi bangunan lebih utama untuk diperhatikan. Usahakan untuk memilih rumah oper kredit yang benar-benar aman untuk dijadikan tempat tinggal.

Untuk itu, perhatikan secara detail di bagian dalam dan luar bangunan. Pastikan bahwa dinding dan lantai rumah masih bagus, kayu jendela dan pintu masih layak dipakai, serta langit-langit harus masih utuh. Perhatikan juga saluran air dan listriknya, apakah masih bagus atau tidak. Jangan sampai Anda dirugikan hanya karena lebih memilih harga dibandingkan kondisi rumah.

Dokumen

dok_rumahDokumen merupakan syarat yang paling penting dalam pengajuan kredit rumah. Penawaran sistem oper kredit dari pemilik sebelumnya harus benar-benar legal secara hukum. Penilaian legalitas rumah dilihat dari segi kelengkapan dan keabsahan dokumen. Anda dapat memeriksa dokumen KPR dari bank yang menyediakan fasilitas kredit rumah dengan pemilik sebelumnya.

Untuk memeriksa kelengkapan dokumennya, Anda harus mengetahui apa saja syarat yang harus dilengkapi untuk kredit rumah. Usahakan sertifikat kepemilikan ada di antaranya. Keabsahan dokumen juga harus diketahui dengan memeriksanya dengan bantuan Badan Pertanahan Nasional. Pilihlah rumah dengan dokumen asli dan lengkap. Hindari jika terdapat kejanggalan seperti persengketaan atau semacamnya.

Nilai Jual Rumah dan Nilai Transaksi

Dalam membeli rumah dengan sistem apapun, usahakan untuk mempertimbangkan nilai jual rumah dan nilai transaksi oper kredit yang Anda peroleh. Intinya, jangan sampai Anda yang dirugikan dalam transaksi take over credit ini. Cara perhitungan nilai tersebut adalah dengan mengakumulasikan nilai jual rumah, besaran saldo hutang pokok, serta sisa cicilan kredit yang harus Anda bayarkan.

selling-your-home_400x400Selain itu, bandingkan juga antara nilai jual rumah dengan nilai transaksi. Anda dapat memeriksa harga pasaran rumah di daerah sekitar rumah tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui harga pasar yang seharusnya. Pilih juga penawaran dengan sisa cicilan kredit yang kecil atau tanpa sisa cicilan dari pemilik sebelumnya. Dengan ini, Anda dapat ringan dalam membayar total harga rumah.

Setelah Anda mengetahui kesesuaian harga jual dengan harga pasar, maka proses pembelian dapat dilanjutkan. Mengenai nilai transaksi, apabila sisa cicilan kredit terlalu besar atau tidak wajar, maka jangan diambil. Apabila sudah sesuai, maka Anda dapat mengambil penawaran kredit rumah murah tersebut. langkah ini sangat perlu untuk dipertimbangkan agar tidak merugikan Anda sebagai pemilik rumah yang baru.

Surat Pengikatan

Surat pengikatan sangat diperlukan untuk menjamin keamanan transaksi. Surat yang dimaksud adalah akta pengikatan jual beli atas adanya pengalihan hak atas tanah dan bangunan dari pihak penjual. Penjual atau pemilik rumah sebelumnya harus membuat surat pemberitahuan kepada bank yang bersangkutan mengenai peralihan hak atas tanah dan bangunan.

Apabila penawaran rumah masih terdapat sisa cicilan kredit, pastikan bahwa ada surat kuasa dari pemilik sebelumnya kepada pemilik baru yang berisi kewenangan untuk melunasi sisa cicilan serta untuk pengambilan sertifikat. Dengan surat kuasa ini, maka Anda bisa memperoleh kewenangan resmi sepenuhnya atas rumah dan pekarangannya, asalkan sudah resmi berganti kepemilikan.

Saksi

Keterlibatan saksi dalam setiap proses sangat dibutuhkan, termasuk dalam sistem oper kredit rumah. Alangkah baiknya apabila jual beli rumah dengan sistem oper kredit ini dilakukan di hadapan pemilik rumah, bank, serta notaris. Dengan cara ini juga, Anda sebagai pemilik baru dapat memperoleh hak atas kepastian dan legalisasi proses jual beli.

Kredit rumah murah dengan sistem take over ini mampu merealisasikan impian untuk mempunyai rumah sendiri dengan harga jual yang lebih terjangkau. Harganya yang miring dapat Anda ambil sebagai langkah alternatif untuk mempunyai rumah. Dibandingkan harus tinggal di rumah sewa/kontrakan, lebih baik tinggal di rumah sendiri, bukan? Dengan sistem ini, Anda sudah bisa bernaung dengan nyaman di rumah sendiri.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis