Jelang Rilis WordPress 3.3: Apa Yang Baru?

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Review Produk & Jasa
» Telah 1.616 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

logo-wordpressWordPress dikenal sebagai platform yang sangat fleksibel untuk keperluan ngeblog. Seperti Anda ketahui SejutaBlog ini juga menggunakan platform WordPress.org. Mengapa sangat fleksibel? karena tidak hanya untuk ngeblog namun bisa jg dimanfaatkan untuk sistem aplikasi manajemen berbasis konten lainnya.

WordPress selalu diperbarui setiap saat dan saat ini sudah mencapai versi 3.2.1. Perlu diketahui bahwa setiap versi membawa perubahan yang bisa dikatakan drastis bisa juga bukan merupakan perubahan yang berarti. Angka 3 berarti angka mayor pada sebuah versi untuk perangkat lunak dan sisanya (2.1) merupakan angka minor yang berarti perubahan-perubahan kecil atau perbaikan dari adanya bug yang ditemukan setelah merilis sebuah versi mayor.

WordPress 3.3 memang belum dirilis yang konon katanya sekitar bulan november tahun 2011 ini. Kira-kira apa saja yang akan berubah? atau mungkin sama sekali gak ada perubahan signifikan? ternyata ada beberapa hal yang berubah setidaknya dari sisi tampilan seperti yang akan Saya informasikan kepada Anda berikut ini.

Menu Melayang

Jika Anda telah menggunakan WordPress versi 3.0 ke atas maka menu akan tampil di bagian kiri halaman berwarna abu-abu. Menu ini merupakan navigasi utama saat kita menjelajah didalam dasbor WordPress. Sudah lama menu ini bisa disembunyikan menjadi kecil atau hanya tampil berupa icon saja dan ternyata pada versi WordPress 3.3 nanti akan dapat melayang atau akan tampil keluar ke samping kanan dan tidak lagi ke bawah (tertutup) oleh judul menunya.

flyouts

WordPress sepertinya tidak ingin menguras space untuk halaman browser Anda yang penuh sesak dengan adanya tambahan Plugin WordPress. Seperti kita ketahui bahwa adanya Plugin WordPress yang membuat menu tersendiri akan menambah panjang daftar menu hingga ke bagian bawah. Dengan adanya ringkasan menu menjadi melayang maka WordPress akan bisa mengurangi panjangnya tampilan menu tersebut.

Beberapa pengguna setia WordPress tampaknya ada yang kurang menyukai perubahan ini karena akan mengurangi performance dari WordPress itu sendiri. Namu sebagian orang lainnya sangat menyukai karena akan mengurangi tingginya layar untuk di gulung saat berada di dasbor. Sebenernya tampilan seperti ini sudah bisa dilakukan apabila kita menggunakan sebuah Plugin WordPress bernama Expanded Admin Menus, browser kita wajib mendukung penggunaan Java Script.

Admin Bar yang Ringkas

Adanya Admin Bar saat kita menjelajah di blog milik kita memang memudahkan untuk kembali ke dasbor. Sudah sejak versi 3.0 Admin Bar hadir guna memenuhi kebutuhan Anda untuk bolak-balik antara blog dan dasbor. Nah, pada versi 3.3 nanti akan menjadi lebih ringkas dengan menu drop-down yang disatukan menjadi lebih ringkas.

adminbar

Pengunggah Media yang Efisien

Media bisa berupa foto, video dan suara merupakan hal penting yang menghiasi blog kita. Dengan adanya foto atau video akan menjadikan blog Anda semakin indah dan tidak membosankan dipandang mata. Pengunggahan foto melalui menu Media pada WordPress 3.3 akan menjadi semakin efisien karena adanya teknologi klik dan geser (click and drag). Anda tidak perlu lagi menekan sebuah tombol (walaupun masih tersedia) untuk memasukkan sebuah foto.

uploader

Fitur ini tetap berbasis Ajax dan Flash yang sudah sejak versi 3.0 digunakan pada WordPress. Dengan adanya fitur ini kita bisa lebih cepat menambahkan foto-foto koleksi yang siap disisipkan pada tulisan blog dalam jumlah yang banyak dan tidak lagi satu persatu.

Notifikasi Setiap Perbaruan

Nantinya pada WordPress 3.3 akan ada sebuah tool-tip atau sebuah pointer yang berada pada banyak tempat penting pada dasbor Anda.

admintooltips

Pointer tersebut berupa informasi yang berbeda setiap kali ada perubahan ataupun perbaruan yang terjadi seperti adanya Plugin versi baru dan perbaruan lainnya.

Permalink dan Masalah Performance

Permalink adalah sebuah metode untuk mengubah tampilan URL blog Anda menjadi berbeda. Salah satu keunggulan WordPress yang paling Saya sukai adalah mudahnya untuk menjadikan sebuah URL menjadi SEO Friendly dengan pengaturan pada permalink. Saran terbaik Saya gunakan permalink yang lebih mudah dikenali oleh mesin cari dibandingkan menggunakan permalink bawaan (default) WordPress.

newpermalinkrule

Ada isu penting saat menggunakan permalink yang di sesuaikan secara khusus yaitu permasalahan performance blog menjadi lambat dikarenakan memuat halaman yang sangat terlebih dahulu sebelum menyajikan data. Hal ini cukup mendapatkan perhatian khusus oleh WordPress yang pada akhirnya merilis penggunaan “Post name” sebagai alternatif terbaik apabila ingin URL kita lebih dicintai oleh mesin cari dan tidak mengurangi performance.

Demikian informasi tentang WordPress 3.3 yang bakalan dirilis sekitar bulan November mendatang dan semoga menjadi lebih baik dan selalu dapat diandalkan sebagai platform blog dimasa mendatang.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Jelang Rilis WordPress 3.3: Apa Yang Baru?

  1. avatar Aul mengatakan:

    Thanks untuk berbagi infonya
    http://uii.ac.id/

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis