Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Divaldi
» Kategori: Edukasi & Sejarah
» Telah 2.317 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

komputer-pertama

Pada awal zaman tidak ada komputer mungkin merupakan masa sulit bagi banyak orang untuk memahaminya hari ini, karena hampir setiap segi kehidupan kita banyak sekali berhubungan dengan komputer. Contoh saja hal paling sederhana mulai dari desain pakaian, desain rumah dan bangunan, pengiriman barang  dan juga distribusi makananan.

Sebelum lahirnya komputer, lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Saat ini banyak sekali orang yang berkarir dibidang komputer termasuk juga orang-orang yang menggunakan komputer sebagai komponen penting dari kehidupan mereka (bahkan hampir semua dari kita). Oleh karena itu kita wajib menghargai dan mengetahui sejarah komputer.

old-computer

Komputer pertama adalah sebuah perangkat elektronik yang ukurannya memenuhi seluruh ruangan yang ditempatinya, bahkan seluruh bangunan yang ada. Sebelum transistor ditemukan pada tahun 1948, komputer dibangun secara mekanis, dan jauh lebih rapuh serta butuh pemeliharaan rutin yang baik.

Berikut ini adalah peristiwa penting dalam sejarah komputer dunia:

Z1 Komputer. Dikembangkan pada tahun 1936 oleh Conrad Zuse, komputer yang diprogram pertama kali sebagai perangkat kalkulator otomatis dengan tiga unsur: kontrol, memori dan sebuah kalkulator untuk aritmatika. Alat ini digunakan untuk membaca sebuah pita sebagai perangkat output tanpa monitor.

Komputer ABC. Elektronik digital pertama (biner) komputer yang dikembangkan oleh Atanasoff dan Clifford Berry di tahun 1942. Komputer ini digunakan untuk pemrosesan paralel, memori regeneratif dan memiliki kemampuan pemisahan memori dan fungsi komputasi.

Harvard Mark I Computer. Howard Aiken dan Grace Hopper mengembangkan model ini pada tahun 1944. Bayangkan sebuah ruangan raksasa yang penuh sesak dan berisik, dengan ukuran panjang 16 meter dan tinggi 2,4 meter. Perangkat dengan berat lima ton dan terdapat hampir 760.000 bagian yang terpisah.

Manchester Baby Computer and Williams Tube. Dikembangkan oleh Frederic Williams dan Tom Kilburn pada tahun 1948, itu menggunakan jenis tabung sinar katoda yang diubah untuk monitor komputer. (Tabung sinar Katoda juga digunakan untuk awal kemunculan televisi).

Transistor oleh John Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley pada tahun 1948. Meskipun bukan komputer itu sendiri, namun hal ini sangat membantu dalam evolusi membuat perangkat komputer yang lebih stabil secara elektronik dan murah untuk diproduksi.

Komputer UNIVAC. Dikembangkan oleh John Presper Eckert dan John Mauchley pada tahun 1951 untuk Biro Sensus, perangkat ini juga digunakan secara komersial untuk penggajian.

IBM FORTRAN. John Backus mengembangkan pertama kalinya sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi pada tahun 1954.

MICR (Magnetic Ink Character Recognition). Teknologi ini dikembangkan untuk industri perbankan pada tahun 1955 oleh Stanford Research Institute, Bank of America dan General Electric untuk membaca angka di bagian bawah sebuah cek.

Sirkuit Terpadu atau Chip Komputer. Dikembangkan oleh Jack Kilby dan Robert Noyce pada tahun 1958, menempatkan transistor yang sebelumnya terpisah, resistor, kapasitor dan semua kabel dan menghubungkannya ke sebuah kristal tunggal atau sebuah chip yang terbuat dari bahan semikonduktor.

Spacewar Komputer Game. Game komputer pertama diciptakan oleh Steve Russell dan Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1962.

Mouse Komputer dan Windows. Pada tahun 1964, Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute menciptakan mouse untuk digunakan pada interface (antarmuka) untuk komputer grafis pertama.

mouse-lama

ARPAnet. Ini adalah cikal bakal Internet pertama yang dikembangkan pada tahun 1969 oleh Charles M. Herzfeld.

Memori Komputer Intel 1103. Memori komputer pertama di dunia yang dinamis dan biasa disebut chip Random Access Memory (RAM) yang dikembangkan pada tahun 1970.

1103-1A

Mikroprosesor Intel 4004. Prosesor komputer yang dikembangkan oleh Faggin, Hoff dan Mazor pada tahun 1971.

Floppy Disk. Diciptakan oleh Alan Shugart dan IBM pada tahun 1971.

floppy-disk

Jaringan Komputer Ethernet. Dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan Xerox pada tahun 1973. Robert Metcalfe dikenal sebagai pendiri perusahaan jaringan 3Com.

Komputer Konsumen Pertama. Komputer konsumen pertama dikembangkan oleh IBM dan Apple pada pertengahan tahun 1970-an.

komputer-pertama-ibm

MS-DOS. Sistem Operasi Komputer dikembangkan oleh Bill Gates dan Microsoft pada tahun 1981.

ms-dos-v4-01

Laptop Komputer. Convertible PC adalah laptop pertama dijual ke konsumen, dikembangkan oleh IBM pada tahun 1986 dan beratnya 12 kilogram.

Disket 3.5-inch. Pertama kali diproduksi oleh IBM pada tahun 1987.

Komputer Layar VGA. Diperkenalkan pada tahun 1987 oleh IBM, Video Graphics Array (VGA) adalah standar tampilan yang menyediakan resolusi 640 x 480 pixel yang dapat menampilkan 16 warna dalam satu waktu.

vga-monitor

Worm. Adalah sebuah worm komputer dilepaskan ke jaringan ARPAnet pada tahun 1988, hal ini menyebabkan sekitar 6.000 komputer dinonaktifkan.

World Wide Web. Diluncurkan ke publik 6 Agustus 1991, World Wide Web (WWW) dikembangkan oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan di Laboratorium Fisika Partial Eropa (CERN) di Jenewa, Swiss. Tahun sebelumnya ia juga mengembangkan sistem hypertext yang pertama.

World-Wide-Web

Perkembangan sejarah komputer mulai terjadi pada tingkat eksponensial di awal 1990-an dengan perkembangan internet dan kemajuan penting lainnya. Komputer saat ini dibuat dengan menggunakan chip komputer (IC) yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Komputer diproduksi dengan teknologi sinar cahaya ke wafer silikon.

chip-komputerTransistor, yang hanya merupakan bagian kecil dari sebuah IC telah berukuran sangat kecil dari sinar cahaya, sehingga Transistor diproduksi menggunakan sinar yang dibiaskan. IC memungkinkan para insinyur untuk membuat sebuah komputer yang cukup kecil untuk bisa hanya digenggam oleh tangan kita, seperti halnya juga sebuah smartphone dan MP3 player. Bahkan perangkat seperti alat bantu dengar dan sikat gigi elektrik juga mengandung chip komputer.

Adalah hal yang sangat baik untuk mengetahui bagaimana komputer dimulai pertama kalinya. Perkembangan dibidang komputer saat ini dibentuk oleh semua evolusi yang telah terjadi dan terus terjadi dalam sejarah komputer dunia.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Mengenal Sejarah Komputer Dunia

  1. avatar sukague.com mengatakan:

    menambah pengetahuan :)
    thanks mas

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis