Olimpiade Beijing 2008

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Eva
» Kategori: Berita, Entertain & Hiburan, Kuliner & Wisata, Olah Raga & Rekreasi
» Telah 35.429 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 35 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Tahun 2008 ini akan ada sebuah even besar 4 tahunan yaitu Olimpiade 2008 bertempat di Beijing, China mulai 8 – 24 Agustus 2008. Pesta olah raga terbesar dunia kali ini dikuti lebih dari 200 negara dengan mengangkat tema “One World One Dream”. Tampaknya cukup tepat tema yang diusung pada olimpiade kali ini, cukup dengan sebuah mimpi untuk setiap orang di dunia kita akan mendapatkannya lebih mudah ketimbang berjuta-juta mimpi yang didambakan tiap manusia yang ada di bumi.

Bagaimana persiapan Beijing menghadapai pesta akbar ini? ternyata tidak main-main dan sudah cukup sempurna. Mari kita lihat beberapa hal penting yang menjadi harapan sekaligus kebanggan warga China.

Stadion

Sudah menjadi kebiasaan banyak tempat di dunia bahwa apabila ada kejadian besar yang akan berlangsung seperti olah raga apalagi sekelas olimpiade makan yang menjadi tuan rumah akan mempersiapkannya secara matang dan jauh-jauh hari. Beijing membangun stadion nasional baru di areal seluas 258 ribu meter persegi dengan daya tampung tempat duduk permanen sebanyak 80 ribu dan 11 ribu tempat duduk non-permanen. Berlokasi di Olympic Green. Namun hanya 2 cabang olah raga yang akan diperuntukkan pda stadion ini yaitu Atletik dan Sepak Bola. Dirancang oleh dua orang Swiss yaitu Herzog & DeMeuron serta tim dari China Architecture Design Institute. Stadion ini juga dikenal dengan sebutan stadion sarang burung atau bird’s nest.

Mulai dibangun tahun 2003 dan selesai pada tahun 2007. Stadion ini tidak hanya untuk keperluan olah raga namun juga dapat dipergunakan untuk kegiatan lain diantaranya acara kesenian dan hiburan lainnya.

Medali

Untuk pertama kalinya medali dibuat dari Jade atau “permata hijau lumut”. Desain medali merupakan inspirasi sejarah China kuno. Gambar ukiran ular naga menghiasi medali pada olimpiade kali ini. Nilai-nilai kebangsawanan dan kebaikan adalah perwujudan dari nilai-nilai China tradional dari etika dan penghormatan, memancarkan bangsa China dengan khas yang kuat. Pemenang satu mendapatkan medali emas dan pemenang kedua mendapat medali dengan perak murni.

Maskot

Maskot olimpiade kali ini diwujudkan sebagai 5 anak kecil yang lucu-lucu yang membentuk cincin atau lingkaran-lingkaran olimpiader yang menggambarkan persahabatan yang erat dari kelimanya dan disebut Fuwa. Kelimanya juga menggambarkan ciri-ciri dan warna yang khas olimpiade terhadap hewan paling populer di China, yaitu Ikan, Panda, Antelop TIbet, Burung Layang-Layang dan Api Olimpiade.

Fuwa Ikan warna biru bernama Beibei, Jingjing adalah Fuwa Panda berwarna hijau, Fuwa api olimpiade berwarna merah diberi nama Huanhuan, Antelope dari Tibet adalah fuwa yang diberi nama Yingying, dan yang terakhir adalah fuwa warna hijau namanya Nini.

Obor Api Olimpiade

Obor kali ini didesain sangat unik dan manis dan menggambarkan tradisi China yang sangat kuat. Konsep obor ini membawa tema pelaksanaan olimpiade yang berteman dengan lingkungan, penggunaan teknologi mutakhir dan kekuatan dari peserta olimpiade itu sendiri. Dengan tinggi 72 centimeter dan berat 980 gram terbuat dari aluminium. Dengan bentuk permukaan yang lengkung dan diproduksi dengan proses pengetsaan dan penyepuhan anodik yang mampu menyalakan api sekitar 20 menit dan menghasilkan tinggi api sekitar 25-30 cm.

Kenali China Lebih Dekat

Selain Beijing, kota-kota lain di China akan menjadi tuang rumah penyelenggaraan even akbar ini.

  • Qingdao, daerah perpaduan yang unik antara pegunungan dan laut membuat Qingdao terkenal sebagai tempat peristirahatan pada musim panas.
  • Tianjin, berlokasi 120 km dari Beijing dan terkenal akan pelabuhan laut yang sangat besar dan salah satu pusat perekonomian sepanjang sungai Bohai.
  • Shanghai, adalah kota metropolis yang sangat modern dan paling gaya di China. Merupakan pusat pembangunan kawasan olah raga bertaraf internasional dengan even olah raga rutin terkenal seperti Formula 1, Moto GP dan Tennis Master.
  • Shenyang, adalah sebuah kota dengan 4 musim dengan rata-rata suhu 24 derajat celcius, ini lebih kecil 3-5 derajat dari kota lain di wilayah selatan China.
  • Hongkong, sejak dulu Hongkong adalah pusat perdagangan internasional dan merupakan induknya akses komunikasi di sepanjang Asia Timur.
  • Qinhuangdao, berjarak 280 km dari Beijing dan 220 km dari Tianjin. Jika kita tinggal lebih lama di kota ini maka kita akan punya kesempatan untuk menyaksikan burung-burung pada musim gugur. Di kota ini terdapat cagar alam Beidaihe yang menyimpan berbagai koleksi burung-burung yang unik dan menarik.

Siap Berangkat?

Ada beberapa tips yang mungkin saja kamu perlukan saat ingin berkunjung menyaksikan Olimpiade Beijing 2008:

  • Jika kamu telah mengetahui tanggal keberangkatan segera urus Visa di Kedutaan China di Indonesia. Beberapa hal penting harus dapat kamu isikan dengan benar, silakan gunakan alasan untuk menonton olimpiade Beijing 2008 saat ditanyakan alasan utama untuk mendapatkan Visa ke China. Beberapa hal penting sebagai sarat untuk mendapatkan Visa Turis ke China adalah:
    • Memiliki Paspor yang valid dan tidak kurang dari 6 bulan sejak masa persetujuannya.
    • Sebuah Visa yang akan disetujui adalah yang telah lengkap mengisikan formulir, akurat, valid dan lengkap serta ditandatangani oleh pemohon.
    • Pastikan kamu menggunakan foto terakhir yang baik dan sopan, jangan gunakan penutup kepala. Foto palsu, berupa kopian dan foto digital tidak diperbolehkan.
    • Bahan-bahal penunjang lain yang menunjukkan rencana perjalananmu ke China.
    • Membayar biaya-biaya untuk mendapatkan Visa.
  • Mata uang China adalah Renminbi (RMB) dan biasa disebut Yuan di China. Ada pecahan uang seperti 100 Yuan, 50 Yuan, 20 Yuan, 5 Yuan, 2 Yuan dan 1 Yuan. Serta ada pula pecahan 5 Jiao, 2 Jiao dan 1 Jiao. Satu Jiao adalah 1/10 dari Satu Yuan. Jangan lupa ada juga sebutan 5 Koin Jiao dan 1 Koin Jiao. Simbol mata uang di China adalah CNY. Jika dirupiahkan maka 1 Yuan akan sama dengan sekitar Rp. 1.319,-.
  • Apa yang harus kamu kenakan sebagai pakaian? temperatur Beijing untuk setiap harinya berkisar antara 25 derajat celcius sepanjang Agustus hingga September. Siang hari cukup panas dan relatif lembab, sedangkan pagi dan sore hingga malam lebih dingin. Direkomendasikan menggunakan slayer atau selendang untuk menutupi bagaian tubuh tertentu untuk mencegah perubahan cuaca yang drastis dari pagi, siang hingga malam hari. Kamu disarankan menggunakan krim anti sinar matahari (suns cream), menggunakan topi pada siang hari dan kacamata anti sinar matahari.
  • Kota Beijing menggunakan sistem 220V untuk tegangan listrik yang pada umumnya menggunakan 2 lubang stop kontak jenis bulat, 2 lubang stop kontak jenis pipih dan 3 lubang stop kontak jenis pipih. Jangan lupa membawa koverter adaptor untuk memastikan peralatan elektronik kamu bisa digunakan.
  • Beijing menggunakan saluran TV sistem PAL, jika kamu menggunakan sistem NTSC atau SECAM kemungkinan akan mengalami gangguan saat menontonnya melalui TV dan VCR di China. Namun jangan khawatir saat kamu merekam menggunakan kamera genggam hal tersebut tidak akan menjadi masalah saat kamu memutarnya di rumah.
  • Hotel-hotel di China biasanya menyediakan handuk, sandal, meja rias sebagai standar. Semua keperluan mandi, kesehatan dan kosmetika dapat kamu temukan dengan mudah di sepanjang Beijing.
  • Internet Cafe dapat kamu temukan dengan mudah di Beijing dengan biaya sekitar 3 Yuan per-jam. Kamu mungkin akan memerlukan Paspor dan identitas lain saat memanfaatkan fasilitas ini. Para pemakai Laptop dapat mengakses jaringan Internet pada banyak warung kopi dan beberapa rumah makan sepanjang Beijing. Tersedia juga Internet di hotel-hotel bintang 3 keatas, pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu mengenai fasilitas Internet yang kamu inginkan.
  • Transportasi selama kamu di China dapat menggunakan Bus, Kereta Bawah Tanah dan Kereta Umum di Kota beijing. Taksi akan dapat ditemukan dengan mudah yang siap mengantar kamu kemana saja. Taksi di China disebut “Chu Zu Che“, jika kamu melihat tulisan “da di” berarti dapat menggunakan taksi tersebut. Biaya taksi adalah 10 Yuan untuk 3 kilometer dan 2 Yuan untuk setiap kilometer dan kamu memiliki 5 menit waktu tunggu. Jika kamu gunakan jasa taksi pada jam 11 malam hingga 5 subuh maka akan ada biaya ekstra sebesar 20 persen. Ingat, biaya parkir dan tol akan dibebankan kepada penumpang dan akan ada biaya pulang pergi jika lebih dari 15 km. Pastikan kamu menerima kuitansi pembayaran saat kamu meninggalkan taksi, hal ini akan mempermudah kamu apabila ada barang bawaan kamu tertinggal.
  • Untuk komunikasi, di China tersedia saluran telepon seluler GSM/GPRS dual-frekuensi 900/1800 dan jaringan WiFi.
  • Prosedur melakukan panggilan telepon di China hampir sama dengan di Indonesia:
    • Untuk panggilan lokal: kode area + nomor telepon fix atau nomor selular
    • Untuk panggilan internasional: tekan 00 + kode negara + kode wilayah + nomor telepon fix
    • Untuk panggilan seluler internasional: tekan 00 atau tanda plus (+) + kode negara + nomor telepon selular

Informasi Tiket

Saat ini jika kamu mau menonton acara pertandingan dan acara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 maka mulai bulan Mei 2008 sudah dibuka penjualan tiketnya. Segera lakukan pembelian sedini mungkin karena pra-pembukan pembelian tiket telah dapat dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Bagaimana dengan harga tiket? kamu dapat melihatnya langsung melalui informasi pemesanan tiket disini. Beberapa contoh yang dapat saya ambilkan adalah harga tiket untuk menonton acara pertandingan cabang olah raga Basket adalah berkisar antara 50 Yuan hingga 150 Yuan. Jika dirupiahkan maka sekitar 50 hingga 200 ribu.

Informasi Lain

  • Website resmi olimpiade Beijing 2008 China
  • Jadwal Acara
  • Pemesanan Tiket
  • Peta Digital

Sampai ketemu di Beijing! :D

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


35 Komentar pada Olimpiade Beijing 2008

  1. avatar saz . edgar . iffah mengatakan:

    dukung INDONESIA 100% . !!! Majuu trzz Indonesia . . !!

  2. avatar AgusBagus mengatakan:

    Nonton acara pembukaan olimpiade 2008 di Beijing yang sangat mengagumkan, download video dan photonya di sini:
    Click here for Downloading Full Movies/Videos and high quality photos Olympic 2008 Opening Ceremony in Beijing China

  3. avatar sejutaweb.com mengatakan:

    Olimpiade Beijing 2008…

    Tahun 2008 ini akan ada sebuah even besar 4 tahunan yaitu Olimpiade 2008 bertempat di Beijing, China mulai 8 – 24 Agustus 2008. Pesta olah raga terbesar dunia kali ini dikuti lebih dari 200 negara dengan mengangkat tema “One World One Dream”. Tampa…

  4. […] kita semua. Mulai dari pertama kali olimpiade dilaksanakan sejak tahun 1936 di Berlin hingga Olimpiade Beijing 2008 perhelatan ini selalu memiliki ciri khas yang sangat spesial. Lihatlah obor olimpiade (torch) yang […]

  5. […] Olimpiade Beijing 2008 kali ini benar-benar sangat komprehensif dalam pelaksanaannya. Dengan dukungan yang sangat besar oleh pemerintah China sendiri dan berbagai sponsor mulai dari TV, Internet hingga hal-hal yang lebih kecil sangat diperhatikan dan disiapkan dengan begitu matangnya jauh-jauh hari. […]

  6. avatar lycheery_titanz mengatakan:

    dari kota n fashion building nya China. KEREN BNGT. gw dukung Indonesia ku

  7. avatar echie mengatakan:

    Keren banget…Emang, secara chie kan atlet juga..Kemaren baru ampe ajang POM, mudah2an bisa ikut Olimpiade juga..Walaupun yg sekarang ga bisa, padahal seru kan di beijing..Dari dulu cHie pengen banget ke beijing..Kyanya keren…
    Tar cHie harus bisa dech, ikut olimpiade berikutnya, buat wakilin Indonesia…Aaamiiin…
    Doakan yaa kawand2…
    Beijing n Olimpiade it’s soo cooll…

  8. avatar echie mengatakan:

    sorry. Ka maksudnya cHie tadi bru ampe ajang “PON” bukan “pom” hhehe…PON XVII KALTIM kemarin.. Hhe.. :D

  9. avatar Alamak 123 mengatakan:

    Tempat-tempat & bangunan di China bagus bagus, ya. Apalagi Qingdao-nya. Trus, tiketnya, ya ampun. Di sini ditulisnya 200 ribu, ya? Saya pernah liat di tv harganya 7 jutaan. Buseeeet…

    Tim Indonesia, Berjuanglah demi Indonesia kita yang Indah ini!!!

  10. avatar MUSA mengatakan:

    wow…….. unik banget, & good luck Indonesia

  11. avatar meownk mengatakan:

    keren banget low simbol olimpiade beijing thu…………………….!!!!!

  12. avatar pootchie mengatakan:

    maskotnya lucu2, ng-gemesin hehe. .

    tapi, maaph ya. .

    penjelasan tentang maskotnya kurang, tapi sisanya oke kok. . . . . .

    salut buat tim Indonesia, moga2 olimpiade mendatang bisa lebih sukses lagi. .

  13. avatar lidya mengatakan:

    smo9a indonesia bisa nandingin china……….
    tapi………………………..
    apa bisa ya?????????????????????
    alny china mana ada yang bisa nandingin china

  14. avatar Hasalika Nurjannah mengatakan:

    moga2 indonesia bisa ngalahin china & indonesia menghasilkan emas yg banyak di olimpiade mendatang

  15. […] kita semua. Mulai dari pertama kali olimpiade dilaksanakan sejak tahun 1936 di Berlin hingga Olimpiade Beijing 2008 perhelatan ini selalu memiliki ciri khas yang sangat spesial. Lihatlah obor olimpiade (torch) yang […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis