Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Berita, Politik
» Telah 43.155 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 30 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Tidak lama lagi Pemilihan Umum 2009 akan segera digelar, 34 Partai Politik sudah siap bertarung untuk mendapatkan hati rakyat Indonesia memperebutkan kursi legislatif di DPR. Setelah itu dilanjutkan dengan Pemilu kembali untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden untuk masa bakti 2009-2014.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebuah lembaga independen pemerintah telah menetapkan tanggal 9 April 2009 adalah hari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2009 untuk pemungutan suara bagi warna negara Indonesia yang telah terdaftar dan memiliki hak pilih. Awalnya KPU menetapkan tanggal 5 April 2009 sebagai hari pemungutan suara, namun diubah dengan pertimbangan dari Presiden, Mendagri dan MK.

Saat ini beberapa agenda pelaksanaan Pemilu 2009 ada yang telah dilakukan diantaranya adalah:

  • Penetapan Partai Politik peserta pemilu pada bulan Juli 2008 lalu
  • Pengundian nomor urut parpol peserta pemilu juga pada bulan Juli 2008 yang lalu.

Adapun Parpol peserta pemilu 2009 berjumlah 34, dimana 16 partai politik lama dan 18 partai politik baru yang telah lolos seleksi. Berikut daftarnya dan sekaligus nomor urut partai peserta.

  1. Partai Hati Nurani Rakyat (baru)
  2. Partai Karya Peduli Bangsa
  3. Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (baru)
  4. Partai Peduli Rakyat Nasional (baru)
  5. Partai Gerakan Indonesia Raya (baru)
  6. Partai Barisan Nasional (baru)
  7. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia
  8. Partai Keadilan Sejahtera
  9. Partai Amanat Nasional
  10. Partai Perjuangan Indonesia Baru (baru)
  11. Partai Kedaulatan (baru)
  12. Partai Persatuan Daerah (baru)
  13. Partai Kebangkitan Bangsa
  14. Partai Pemuda Indonesia (baru)
  15. Partai Nasional Indonesia Marhaenisme
  16. Partai Demokrasi Pembaruan (baru)
  17. Partai Karya Perjuangan (baru)
  18. Partai Matahari Bangsa (baru)
  19. Partai Penegak Demokrasi Indonesia
  20. Partai Demokrasi Kebangsaan
  21. Partai Republik Nusantara (baru)
  22. Partai Pelopor
  23. Partai Golongan Karya
  24. Partai Persatuan Pembangunan
  25. Partai Damai Sejahtera
  26. Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia (baru)
  27. Partai Bulan Bintang
  28. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
  29. Partai Bintang Reformasi
  30. Partai Patriot (baru)
  31. Partai Demokrat
  32. Partai Kasih Demokrasi Indonesia (baru)
  33. Partai Indonesia Sejahtera (baru)
  34. Partai Kebangkitan Nasional Ulama (baru)

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai partai peserta Pemilu 2009 di atas bisa mengunjungi halaman website yang telah mereka buat atau bisa juga lihat pada halaman di website KPU.

Masa kampanye partai-partai di atas telah ditetapkan dan lebih panjang masanya dari pada Pemilu 2004 lalu, yaitu selama 9 bulan 7 hari. Tentunya yang paling hangat dan ditunggu-tunggu adalah kampanye calon Presiden dan Wakil Presiden yang tentunya akan sangat ramai untuk dibicarakan bahkan beberapa calon sudah ada yang berkampanye. Siapa saja calon yang mungkin akan dicalonkan dan mencalonkan dirinya sebagai Presiden? silakan baca tulisan saya sebelumnya.

Kita semua berharap pelaksanaan Pemilu akan semakin baik jauh dari kecurangan, kekerasan dan dilakukan dengan damai dan aman. Sangat diharapkan semua rakyat Indonesia yang merasa memiliki hak pilih untuk dapat menggunakannya secara bijak dan dengan besar hati mengakui keabsahan dari pelaksanaan Pemilu 2009 nanti karena pada intinya ini adalah proses demokrasi bangsa untuk menuju kesejahteraan masyarakat banyak dan untuk kita semua. Hidup Indonesia!.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


30 Komentar pada Pemilu 2009

  1. avatar asmar mengatakan:

    Lapor mas, pemilu legislatif sudah digelar… Demokrat menang, tapi KPU terkesan kurang siap melaksanakan pemilu, terlihat dari banyaknya persoalan yang muncul….

  2. avatar Yudhi mengatakan:

    Yah… Pemilu legislatif baru usai kemarin, walaupun belom ada ditetapkan pemenangnya secara resmi tp udah keliatan Demokrat dapat memikat hati rakyat. Memang golput jauh lebih banyak dari pemilu 5 tahun lalu. KPU bisa jadi salah dalam hal ini. Tp perlu di ingat bahwa model pemilu thn ini sangat berbeda dari biasanya dimana ada caleg yang benar2 berperang dan harus banyak menghabiskan banyak uang untuk promosi. Bahkan ada caleg yg stress karena namanya gak dipilih oleh rakyat. Waspadai jg ulah oknum yg ingin menggagalkan pemilu sehingga memicu banyaknya golput. Namun mudah2an pada Pilpres nanti reputasi KPU bisa dikembalikan sehingga pemilu bisa menghasilkan output yg baik dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Menang kalah bukan masalah yg penting rakyat bisa lebih makmur dan sejahtera.

  3. avatar pendos mengatakan:

    pemilu untuk caleg DPD 1,2,3 uda selesai.sekarang ajang yang lebih besar yaitu memilih capres.dan akan seru jika pertarungan antara SBY dan Mega dan JK pada juli yg akan datang. Saya dukung sepenuhnya jika SBY tidak dengan JK. dan akan sya dukung penuh jika SBY dan Hindayat nurwahid, Capres dan cawapresnya.Selamat bertanding Pak SBY dan Pak Hidayat.

  4. avatar penonton mengatakan:

    pemilu skrang ribet sangad
    dulu aja kertasnya cuma selembar kecil
    uda bikin rakyat bingung
    apalagi kertas ukuran atap rumah
    udah tau indonesia butuh pendidikan malah dikadalin pakek kertas yang segitu gedhenya.
    ga usah jadi caleg mendingan kalo bkin rakyat tambah sengsara.
    belum jadi aja dah bikin bngung
    apalagi udah jadi mau jadi apa?……
    APA KATA DUNIA????????

  5. avatar chayo mengatakan:

    Pas pemilu kemaren saya golput karna ga bisa ninggalin kerjaan.. untuk pemilihan President ga boleh absen.. harus milih nih.. sukses buat pemilu Juli 2009

  6. avatar pasang iklan mengatakan:

    pilih sesuai hati nurani ya pren!!! moga pemilu kali ini sukses… mengahsilkan pemimpin yang paling bagus

  7. avatar Puji mengatakan:

    Bingung ya mau pilih siapa.. Semua ada bagus ada jeleknya juga sih.. Tapi yang penting pilih yang sesuai hati nurani..

    Semoga pemilunya aman dan suskes yaaa…

  8. avatar hrz mengatakan:

    met nyontreng bos ;)

  9. […] Setelah Amerika Serikat, Sebentar lagi kita juga akan menyelenggarakan Pesta Demokrasi yaitu Pemilihan Umum 2009, tidak hanya memilih wakil rakyat yang duduk di DPR/MPR juga secara langsung memilih presiden […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis