Plugin WordPress yang Wajib Digunakan untuk Blog

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Komputer & Teknologi Informasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 28.226 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 70 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

WordPress adalah salah satu perlengkapan kamu saat ini memulai ngeblog. WordPress telah digunakan oleh jutaan blogger saat menentukan media terbaik untuk membuat blog. Plugin merupakan kesempurnaan adanya WordPress sebagai media blog, dengan adanya Plugin kita akan lebih bisa mengoptimalkan blog yang sudah kita buat seperti untuk fungsi-fungsi yang belum didukung oleh wordpress secara default atau aslinya.

Untuk kamu yang baru mengenal WordPress sangat disarankan untuk membaca tulisan saya mengenai WordPress dan teknik optimalisasinya, yaitu:

Tujuan dari adanya Plugin untuk WordPress adalah membuat sebuah media blog menjadi media yang lebih optimal, terbaik dikelasnya dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

  1. Akismet
    Ini adalah plugin anti Spam dan sudah ada saat kamu pertama kali selesai instalasi WordPress. Saran dari saya adalah segera aktifkan dengan cara memasukkan WordPress API Key yang telah kamu miliki. Jika kamu belum memilikinya silakan daftar secara gratis untuk mendapatkannya di website WordPress.com.

    Kamu bisa jadi gila apabila mendapatkan komentar-komentar pada blog kamu sebagian besar isinya adalah Spam. Mungkin saat-saat pertama blog kamu online tidak akan begitu tau komentar berupa Spam atau bukan namun seiring dengan jumlah tulisan yang sudah kamu buat maka siap-siaplah dengan hal ini.

    • Data berkas: akismet.zip, versi: 2.1.4, ukuran: 12 KB

  2. Subscribe to Commments
    Berfungsi untuk memberikan pemberitahuan kepada penulis melalui e-mail bahwa tulisan tersebut sudah ada komentar yang masuk.

    Plugin ini cukup penting untuk memberikan respon yang cepat kepada setiap pemberi komentar yang mungkin saja isinya harus kamu tanggapi.

  3. Show Top Commentators
    Plugin ini bisa benar-benar berfungsi untuk meningkatkan jumlah komentar pada blog kamu. Dengan adanya plugin ini bisa menantang pembaca untuk memberikan komentar sebanyak mungkin dan akan ditampilkan pada blog kamu sebagai pemberi komentar paling aktif.

    Tidak seperti tautan (link) pada komentar, link pada plugin ini mengandung tag NoFollow maka ini akan benar-benar membuat pembaca untuk tertantang untuk memberikan komentarnya sebanyak mungkin.

    • Kontributor: Nate Sanden
    • Website: http://www.pfadvice.com/wordpress-plugins/show-top-commentators
    • Data berkas: show_top_commentators.zip, versi: 1.05, ukuran: 3 KB

  4. Brian’s Threaded Comments
    Plugin ini berfungsi untuk memberikan respon terhadap salah satu komentar yang ingin kamu balas. Umumnya respon kamu diberikan secara urut sesuai jumlah komentar yang sudah masuk pada sebuah tulisan. Namun dengan adanya plugin ini, maka kamu bisa dengan mudah memberikan respon khusus sebuah komentar yang ingin kamu balas.

    Hal ini berguna agar tatanan daftar komentar lebih mudah dibaca dan teratur strukturnya. Si pemberi komentar yang kamu balas tidak perlu menggulung layar ke bawah untuk mencari jawaban atau respon kamu terhadap pertanyaannya, karena respon kamu akan ada persis di bawah dari komentarnya.

    • Kontributor: Brian Meidell
    • Website: http://meidell.dk/archives/2006/12/19/brians-threaded-comments-159
    • Data Berkas: briansthreadedcomments.zip, versi: 1.5.18, ukuran: 10 KB

  5. Sidebar Widget
    Widget adalah salah satu plugin yang paling bermanfaat pada WordPress. Adanya plugin ini memungkinan kamu untuk mengatur tata letak atau desain dari Sidebar kamu tanpa harus melakukan modifikasi pada berkas PHP. Kamu cukup lakukan drag-and-drop pada item yang ingin kamu sisipkan pada Sidebar. Untuk versi WordPress 2.2 dan setelahnya sudah menjadi bagian WordPress itu sendiri sehingga kamu tidak perlu menginstalasinya. Namun jika kamu masih menggunakan WordPress versi lama (sebelum 2.2) yang belum mendukung penggunaan Sidebar Widget maka kamu perlu untuk memperbarui WordPress kamu atau unduhlah plugin ini.

    Harap perhatikan bahwa plugin ini hanya berfungsi untuk tema atau theme yang mendukung adanya Sidebar minimal adalah satu jumlahnya. Untuk melihat koleksi-koleksi dari Widget pada WordPress silakan kunjungi http://widgets.wordpress.com/

  6. Recent Comments
    Plugin ini sudah ada pada WordPress yang digunakan untuk menampilkan pemberi komentar terbaru pada tulisan-tulisan di blog kamu. Pastikan kamu telah mengaktifkan plugin ini untuk memicu pembaca memberikan komentar pada blog. Umumnya plugin ini ditampilkan pada Sidebar dan selalu tampil disetiap halaman, namun bisa juga kamu modifikasi lokasi penempatannya sesuai keinginan.
  7. Related Posts
    Ini adalah salah satu plugin yang cukup populer digunakan dibanyak blog. Fungsi dari plugin ini adalah menentukan tulisan-tulisan lain yang sejenis dengan tulisan yang sedang dibaca oleh pengunjung blog kamu. Umumnya akan ditampilkan dibagian akhir setelah tulisan tersebut selesai dibaca.

    Plugin ini sangat baik untuk meningkatkan jumlah page view dan untuk dapat terus menjaga pengunjung agar selalu berada pada blog kamu. Plugin ini bisa ditentukan jumlah judul halaman yang ingin ditampilkan dan juga bisa kita tentukan pula untuk menampilkan jenis halaman blog yang diproteksi atau tidak.

  8. Digg This
    Sudah tau Digg? Digg adalah salah satu media layanan media penyimpanan sosial atau social bookmarking yang populer. Dengan adanya Digg kita dapat mempublikasikan adanya blog bahkan tulisan-tulisan baru kamu agar lebih cepat bisa diketahui oleh banyak orang.

    Dikarenakan Digg sangat populer maka saya sangat merekomendasikan penggunaan plugin ini sebab akan membuat blog mendapatkan aliran trafik. Plugin ini bekerja secara otomatis saat ada orang yang memberikan voting terhadap tulisan kamu dan memberikan link balik terhadap Digg.com. Hal ini juga dipercaya oleh banyak orang untuk mempercepat dan meningkatkan ranking sebuah website atau blog.

  9. AddThis
    Ini adalah plugin terbaik yang berguna untuk menambahkan tulisan-tulisan kamu untuk dipublikasikan ke banyak media social boorkmarking. Seperti halnya Digg maka plugin ini berfungsi memberikan keleluasaan kepada pembaca untuk menyisipkan pada social bookmarking favoritnya masing-masing. Karena banyak sekali pilihan media sejenis dan alasan kepraktisan dari pada menempatkan satu persatu ikon social bookmarking, maka plugin AddThis adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

    Social bookmarking populer seperti Digg, Technorati, Del.icio.us, Reddit, Google Bookmark, Yahoo MyWeb dan masih banyak lainnya membuat pengunjung dapat dengan mudah menambahkannya dengan hanya menggunakan sebuah ikon saja. Ini tentunya memudahkan kamu untuk menentukan media penyimpanan sosial mana yang terbaik untuk digunakan, bahkan kita juga dapat menyisipkan sebuah fitur berupa formulir e-mail untuk mengirimkan informasi tulisan kepada orang lain.

  10. FeedBurner FeedSmith
    Sudah tau RSS? RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindycation, merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk mempublikasikan isi website atau blog kamu menjadi format XML. Plugin ini adalah pelengkap kamu untuk mempublikasikan RSS ke pembaca setia blog dengan bantuan Feedburner.

    Feedburner adalah media yang akan membuat blog kamu menjadi kaya akan fitur dari pendayagunaan sebuah RSS dalam tulisan. Feedburner sangat populer digunakan oleh banyak blog berbasis WordPress karena mampu menangani e-mail berlangganan RSS, membaca tulisanmu dalam bentuk XML, membuat catatan statistik penggunaan RSS dan lain sebagainya. Kamu wajib memiliki keanggotaan Feedburner sebelum menggunakan plugin ini.

    • Kontributor: Feedburner
    • Website: http://www.feedburner.com/fb/a/help/wordpress_quickstart
    • Data Berkas: feedburner_feedsmith_plugin_2.3.zip, versi: 2.3, ukuran: 74 KB

  11. All in One SEO Pack
    Saya selalu gunakan plugin ini untuk meningkatkan performa blog menjadi lebih baik dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Fitur utama dari plugin ini adalah menentukan judul halaman blog untuk setiap tulisan, menentukan deskripsi yang lebih tepat terhadap blog kamu, serta untuk memberikan keleluasaan kamu dalam menentukan kata kunci atau keyword yang tepat dan berhubungan erat dengan adanya blog kamu.

    Fitur paling berguna adalah pemberian judul halaman, format judul halaman akan diberikan dalam bentuk “judul tulisan yang sudah di ketik | judul blog kamu“. Ini akan lebih mendekatkan blog kamu kepada banyak mesin pencari terutama Google yang memang dikenal sebagai mesin pencari utama saat ini di Internet. Percayalah bahwa saya sudah membuktikan hal ini dan ini akan sangat mempengaruhi cara-cara mesin pencari untuk cepat mengindeks blog kamu.

    • Kontributor: Uberdose
    • Website: http://wp.uberdose.com/2007/03/24/all-in-one-seo-pack
    • Data Berkas: all-in-one-seo-pack.zip, versi: , ukuran: 121 KB

  12. Google Sitemap Generator
    Salah satu cara untuk lebih mempercepat dan meningkatkan performa dari blog kamu agar lebih cepat diindeks oleh mesin pencari adalah adanya Sitemap atau peta situs pada blog kamu. Sitemap dibuat dalam format XML yang cukup rumit dan menjemukan bagi yang baru belajar, tetapi jika kamu tidak memiliki Sitemap belum bisa dikatakan sebuah website atau blog menjadi sempurna. Oleh karena itu pastikan kamu memanfaatkan plugin ini yang sudah secara otomatis akan memproduksi berkas atau file sitemap.xml pada direktori utama blog-mu.

    Plugin ini cukup pintar dan canggih dimana kita bisa menentukan berapa lama perbaruan isi blog kita untuk dapat dikenali oleh mesin cari, memberikan prioritas terhadap berbagai halaman yang berbeda pada Worpdress yaitu intensitas perubahan apakah itu “halaman” atau “tulisan” yang selalu berubah sesuai waktu yang kita tentukan. Beberapa fitur lain adalah adanya fitur pembuatan file Robots.txt yang memiliki fungsi untuk menentukan halaman-halaman mana yang boleh di indeks dan tidak oleh mesin pencari dan beberapa fitur lain yang berguna. Plugin ini khusus mesin cari Google walaupun pada prinsipnya juga dapat digunakan oleh mesin cari lain.

    • Kontributor: Arne Brachhold
    • Website: http://www.arnebrachhold.de/2005/06/05/google-sitemaps-generator-v2-final
    • Data Berkas: google-sitemap-generator.3.0.3.2.zip, versi: 3.0.3.2, ukuran 329 KB

  13. DB Manager
    Membuat salinan atau backup terhadap file-file WordPress kamu adalah hal paling penting dari semua hal yang harus kamu lakukan. Tanpa adanya proses backup maka pekerjaan kamu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun akan sia-sia saja apabila terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti kehilangan data, kerusakan file dan lainnya.

    Backup adalah pekerjaan standar dan bersifat wajib dari seseorang yang memiliki website atau blog, maka jangan pernah menunda pekerjaan penting ini.

  14. Firestat
    Adanya sebuah statistik menjadi berguna saat kita membutuhkan data untuk menganalisa kekurangan dan kelebihan dari blog kamu. Dengan adanya data statistik maka kita akan menjadi lebih mudah menentukan rencana-rencana masa depan harus seperti apa. Plugin ini mampu untuk memberikan informasi total jumlah pengunjung, jumlah pengunjung dalam waktu 24 jam terakhir dan lainnya. Plugin ini juga menyajikan informasi tulisan mana yang paling banyak dicari melalui mesin pencari melalui kata kunci atau keyword, kemudian kamu juga akan melihat informasi dari mana saja pengunjung blog kamu berasal, browser yang digunakan, alamat IP, serta referal atau tautan yang mencantumkan URL dari blog kamu. Aslinya setiap 5 menit sekali Firestat akan memperbarui datanya dan kamu bisa menentukan perubahannya sesuai keinginan.

    Saran dari saya adalah agar memasukkan alamat IP kamu ke daftar pengecualian agar terhindar dari perhitungan yang tidak valid karena sudah dapat dipastikan kamu akan sering berkunjung ke blog-mu sendiri kan?. Sebelum mencoba Firestat dapat kamu coba terlebih dahulu melalui URL http://demo.firestats.cc/wordpress/wp-admin/index.php?page=firestats-wordpress.php

    • Kontributor: Firestats
    • Website: http://www.firestats.cc
    • Data Berkas: firestats-1.4.4-stable.zip, versi: 1.4.4, ukuran: 1.144 KB

Catatan Khusus

Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan Plugin, ada baiknya membaca penjelasannya terlebih dahulu disini. Gunakan plugin secara bijak dan sebaik mungkin. Maksud saya dari hal tersebut adalah bahwa WordPress adalah perangkat lunak yang menganut lisensi GPL atau kata lainnya adalah gratis, maka secara otomatis kebanyakan plugin yang adapun juga dapat digunakan secara bebas. Namun jika kamu memiliki kemampuan untuk memodifikasinya silakan teruskan perubahan itu dengan terus mencantumkan nama, versi dan data lainnya yang berhubungan dengan kontributornya.

Apabila kamu merasa diuntungkan dengan adanya plugin tersebut bahkan cukup mendatangkan keuntungan berupa uang ada baiknya kamu mendukung adanya plugin tersebut dengan memberikan kontribusi yang sesuai kepada pembuatnya. Walaupun mereka tidak selalu mengharapkan tetapi hal tersebut sangat berguna agar kamu terus bisa menggunakan dan memanfaatkan plugin tersebut.

Happy Blogging!

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


70 Komentar pada Plugin WordPress yang Wajib Digunakan untuk Blog

  1. avatar dinal mengatakan:

    sungguh sangat membantu saya, trima kasi boss….

  2. avatar DeYN-XP mengatakan:

    Nice post ni…Ni terbaru tentang Plugin WordPress..Plugin WordPress Terbaik Buat Blog

  3. avatar budidaya tanam pepaya mengatakan:

    Love this blog very very good
    from http://www.agrobuah.com
    Supplier, Distributor, Marketing, buah indonesia

  4. […] WordPress khusus untuk fitur komentar pada blog yang bisa Saya berikan, sebenarnya banyak tersedia Plugin WordPress lain yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Semoga informasi pada tulisan ini bisa […]

  5. […] Plugin WordPress ini bisa dengan mudah kamu pasang sehingga siapapun yang berkunjung bisa dengan mudah langsung membaginya ke social bookmarking terpopuler untuk dapat diketahui oleh banyak orang dimanapun dia berada. […]

  6. […] pada blog Anda. Saya pernah merilis sebuah tulisan yang cukup mendapatkan respon bagus mengenai Plugin WordPress yang wajib digunakan untuk blog, sebaiknya kamu baca dan […]

  7. […] tidak ingin menguras space untuk halaman browser Anda yang penuh sesak dengan adanya tambahan Plugin WordPress. Seperti kita ketahui bahwa adanya Plugin WordPress yang membuat menu tersendiri akan menambah […]

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis