Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Eva
» Kategori: Berita, Olah Raga & Rekreasi
» Telah 6.926 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Belum ada komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Ini dia pesta olahraga terbesar se-Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke 17 tahun 2008 di Propinsi Kalimantan Timur. Untuk pertama kalinya PON diselenggarakan di sebuah propinsi di pulau Kalimantan sejak pertama kali penyelenggaraannya tahun 1948.

PON di Indonesia adalah even olahraga 4 tahunan yang diselenggarakan harusnya diberbagai propinsi di Indonesia. Dan kali ini Samarinda sebagai ibukota propinsi Kalimantan Timur mendapatkan kehormatan untuk menyelenggarakannya. Walaupun banyak pengamat olahraga yang meragukan Kaltim mampu melaksanakannya namun tampaknya panitia telah bertekad untuk menggelar acara ini untuk pertama kalinya di Kalimantan. Mengapa demikian diragukan banyak orang? hal ini tidak lain adalah bisa terlihat dari sejarahnya bahwa PON sangatlah jarang diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Tercatat DKI Jakarta merupakan tempat penyelenggaraan favorit dikarenakan lengkapnya fasilitas yang ada di Jakarta. Sangatlah wajar apabila PON lebih sering diadakan di Jakarta.

Namun bagaimana perolahragaan di Indonesia mau maju apabila selalu Jakarta yang menjadi tuan rumah? bahkan di pulau Sumatera yang memang rata-rata pertumbuhan perkeonomian dan kotanya lebih pesat ketimbang pulau lain selain jawa hanya pernah melaksanakan PON sebanyak 2 kali yaitu di Sumatera Utara pada tahun 1953 untuk PON ke III dan di Palembang, Sumatera Selatan pada PON XVI lalu. Harapan dari kita semua tentunya PON harusnya lebih sering diadakan di setiap propinsi yang belum pernah menyelenggarakannya, hal ini cukup membuat olahraga di tanah air akan menjadi lebih tumbuh pesat sehingga memacu prestasi serta secara tidak langsung ‘memaksa’ adanya fasilitas berolahraga yang baik untuk setiap cabang olahraga yang dipertandingkan bagi sebuah kota yang menyelenggarakannya.

Kaltim Sebagai Tuan Rumah

PON kali ini akan berlangsung mulai tanggal 5 Juli – 17 Juli 2008 bertempat di Samarinda, Balikpapan, Kutai Kertanegara, Bontang, Berau dan Tarakan. Diikuti oleh 11.299 atlet dan ofisial dari seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Mempertandingkan 43 cabang olahraga yang diantaranya sebagai berikut:

Logo dan Maskot PON XVII

Maskot PON kali ini menurut saya idenya cukup baik namun kurang bagus dari sisi pembuatannya. Coba bandingkan dengan maskot untuk acara Olimpiade Beijing 2008 yang pernah saya tulis. Berikut penjelasan dari panitia PON kali ini mengenai maskotnya:

Burung Engang [ Maskot untuk Cabang Olah Raga Udara ]

  • Makna Gambar: Burung Enggang sangat dekat dengan kehidupan Masyarakat Kaltim.
  • Wajah Engang: Dengan mulut tersenyum menandakan masyarakat Kaltim yang ramah dan mulut sedikit terbuka mengisyaratkan atau memanggil seluruh anak negeri untuk berkumpul dan bersatu di Bumi Etam.
  • Medali Emas: Sayap tangan yang memegang medali menandakan suatu prestasi yang baik dicapai dengan upaya yang positif dan menjujung tinggi sportifitas.

Pesut [ Maskot untuk Cabang Olah Raga Air ]

  • Makna Gambar: Pesut Merupakan hewan khas perairan Sungai Mahakam yang populasinya sangat langka.
  • Wajah Pesut: Tersenyum sebagai pertanda masyarakat Kaltim yang ramah dan bersahaja.

Orang Utan [ Maskot untuk Cabang Olah Raga Darat ]

  • Makna Gambar: Orangutan mengambil bentuk posisi seakan sedang berlari dengan membawa obor api PON.
  • Wajah Orang Utan: Dengan mulut tersenyum memberikan kesan yang ceria, ramah tamah dan suka cita menyambut PON XVII di Kaltim

Makna Gambar Logo Resmi PON XVII – 2008 Kaltim :

  1. Bagian utama logo berbentuk ekor pesut dalam posisi melambai yang dapat terlihat ketika menyelam, dari atas permukaan air menggambarkan lambaian salam selamat datang.
  2. Tiga buah ring berwarna biru, bermakna PON XVII – 2008 Kaltim, menjunjung kekompakan dan persatuan untuk mencapai Tri Sukses PON yaitu Sukses Prestasi, Sukses Penyelenggaraan dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.
  3. Bentuk lengkung motif khas Kaltim ini melambangkan deburan ombak Sungai Mahakam yang merupakan tempat habitat Pesut.
  4. Tulisan Kaltim 2008 dan PON XVII memberikan informasi Kaltim sebagai Tuan Rumah Penyelenggara Pekan Olahraga Nasional XVII Tahun 2008.
  5. Slogan ini bermakna semua peserta PON berlomba untuk daerah masing-masing, namun pada hekekatnya : Semua adalah satu, Bangsa Indonesia.

Dukung atlet propinsimu dan pantau terus perolehan medalinya di website resmi mereka:

  • Jadwal dan hasil pertandingan
  • Perolehan Medali
Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis