Profil Singkat Moslem Self-Defence System (MOSSDEF SYSTEM)

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh HaidarAgung
» Kategori: Olah Raga & Rekreasi
» Telah 3.682 kali dibaca
Berikan Komentar!
» Sudah ada satu komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

I. SEKILAS TENTANG MOSSDEF SYSTEM

Mossdef System merupakan sebuah sistem pertahanan diri yang diajarkan untuk kaum muslimin baik pria maupun wanita untuk menghadapi konfrontasi-konfrontasi di sekitar kita. Ide Mossdef System berawal dari keinginan untuk mengajarkan seorang muslim sebuah ilmu pertahanan diri, tanpa memandang usia, fisik, serta pengalaman dalam bagaimana cara untuk mempertahankan diri mereka dari berbagai macam ancaman serangan musuh.

Sejak tahun 1999 silam Mossdef System melakukan pengembangan dan perbaikan sistem yang efektif, Mossdef System memusatkan pada pelatihan-pelatihan teknik yang telah teruji coba di kehidupan yang nyata, yaitu kehidupan yang penuh dengan konfrontasi-konfrontasi.

Mossdef System merupakan sebuah sistem beladiri yang mudah dipelajari oleh semua orang karena di dalam Mossdef System tidak ada aturan-aturan.

Kebanyakan teknik-teknik yang ada di dalam Mossdef System merupakan suatu bentuk pertarungan yang berorientasi pada menyerang dengan menggunakan teknik yang dipinjam dari teknik beladiri lainnya seperti Krav Maga, Tapak Suci, Jujutsu, Aikido, Tinju, Karate, Judo dan Thai Boxing. Tetapi yang diutamakan dalam Mossdef System adalah kesederhanaan dalam menyerang namun membentuk sebuah pertarungan yang sangat efektif.

Mossdef System telah dikembangkan dalam setiap konfrontasi-konfrontasi yang memang dirancang untuk tidak membutuhkan waktu yang banyak dalam berlatih beladiri bagi personil Mossdef System. Oleh karena itu, Mossdef System telah diciptakan dengan arti penting yang sangat besar untuk mengajak para personil Mossdef System untuk sangat trampil dalam mempelajari beladiri dengan waktu yang relatif singkat bila dibandingkan dengan beladiri yang lainnya. Yaitu hanya membutuhkan jangka waktu yang sangat pendek. Di dalam Mossdef System tidak ada batas aturan sistem.

Para personil Mossdef System akan belajar tendangan dan teknik pukulan yang menekankan pada kecepatan menyerang ke daerah vital lawan seperti kunci paha, mata dan tenggorokan. Tendangan rendah kepada lutut juga diperlukan. Para personil Mossdef System belajar bagaimana cara mempertahankan diri dari berbagai serangan lawan baik serangan bersenjata maupun yang tanpa senjata adalah sangat penting bagi para personil Mossdef System. Dan para personil Mossdef System tersebut juga belajar untuk menguasai dasar beladiri senjata seperti pisau, tongkat pendek dan senjata api untuk dimasukkan ke dalam teknik Mossdef System.

Personil Mossdef System juga belajar bagaimana mempertahankan diri dari berbagai macam bentuk serangan seperti pukulan, cekikan, pelukan dan teknik merebut senjata akan dijadikan teknik dasar Mossdef System, guna menambah pengetahuan para personil Mossdef System dalam bereaksi terhadap suatu serangan lawan.

Sedangkan cara belajar teknik Mossdef System dimulai dari dasar, para personil Mossdef System diwajibkan untuk mengikuti program latihan cepat dalam serang menyerang dan bertahan

secara penuh dari serangan lawan, guna melindungi daerah vital kita dari serangan lawan. Pelatihan seperti ini menggunakan pengujian teknik dan memperkenalkan para personil Mossdef System pada suatu contoh kecil apakah situasi serangan lawan yang pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang kita kira.

Sebab Mossdef System merupakan sebuah sistem yang telah terbukti dalam mempertahankan keselamatan pribadi yang dikeluarkan dengan cara melindungi diri dari penyerang yang bersenjata dan penyerang yang tidak bersenjata. Mossdef System ingin menjadi sebuah beladiri yang betul-betul dipertimbangkan di zaman modern seperti sekarang ini, seperti juga pada pertarungan jalanan.

Mossdef System dirancang untuk melawan terhadap perampok, penyerang-penyerang di jalanan serta pelecehan-pelecehan seksual bagi kaum hawa. Penekannya adalah pada penggunaan teknik Mossdef System yang sesuai dengan dan diperlukan pada setiap situasi.

Mossdef System pada saat ini memusatkan pada kenyataan atas teknik perlindungan diri dari peristiwa yang ada pada lingkungan yang sedang berkonfrontasi.

II. PRINSIP MOSSDEF SYSTEM

Mossdef System bukanlah sekadar sebuah seni beladiri tetapi lebih dari itu. Dengan menggunakan ukuran badan yang setiap personil Mossdef System miliki, kekuatan dan kemampuan serta kekuatan yang dimiliki oleh penyerang digunakan untuk melumpuhkan penyerang itu sendiri, seperti halnya di dalam banyak gaya beladiri lainnya. Gerakkan Mossdef System dirancang dengan gerakan anggota badan yang paling mendasar atau alami, sehingga membuat personil Mossdef System sangat mudah dalam menggunakan teknik Mossdef System dengan lebih reflek dan dengan lebih efektif. Jarak geraknya adalah pendek dan dirancang untuk situasi kehidupan yang nyata, dengan tidak ada aturan dan melatih kepada tingkatan tindakan refleks.

Mossdef System telah dicancang cocok untuk semua orang baik laki-laki maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa untuk melindungi diri dari serangan orang lain. Mossdef System dirancang terutama untuk membela diri. Filosofinya di dasarkan pada dimana selagi praktek membela diri, tidak mungkin sama dengan kepribadian setiap individu, mengabaikan kebutuhan akan beladiri tidak akan membuat dirimu selamat dari kekerasan.

Mossdef System dibangun atas dua dasar utama yaitu teknik pertahanan diri dan teknik menyerang. Teknik pertahanan diri merupakan pondasi bagi Mossdef System.

Para personil Mossdef System belajar untuk mempertahankan diri dari tindakan serangan lawan, guna untuk menghindari luka-luka, serta juga untuk cepat melumpuhkan lawan bagi para personil Mossdef System. Pertahanan diri Mossdef System menunjukkan suatu tindakan agresif yang sangat luas, seperti pukulan, tendangan, cekikan, pelukan, kuncian, merebut seperti halnya pertahanan diri melawan berbagai penyerang yang bersenjata dengan suatu senjata tajam, senjata tumpul atau senjata api. Para personil Mossdef System menggunakan teknik beladiri yang bersangkut paut dengan prinsip Mossdef System dan teknik di berbagai macam situasi, bahkan di situasi kurang baik atau tidak familier, seperti diruangan sempit, perkelahian dalam air, keadaan gelap, dari posisi duduk atau berbaring, dengan gerak atau keadaan yang terbatas, atau juga keadaan kita dibawah tekanan yang ekstrim dari badan lawan atau badan kita dalam kondisi kelelahan.

Berhadapan dalam rangka untuk menyerang membuat Mossdef System banyak mengedepankan sistem dan kemampuan yang baik, Mossdef System mengajarkan bagaimana cara mengatasi lawan dengan cepat dan dengan cara yang efektif. Itu semua terwujud dari unsur-unsur yang

berhubungan dengan pencapaian target yang nyata dalam perkelahian seperti taktik, strategi, gerak tipuan, kombinasi kekuatan yang berbeda dalam menyerang, psikologi bentuk pertarungan, dan pelajaran bagaimana cara menggunakan keadaan untuk keuntungan para personil Mossdef System untuk menjadi seorang pemenang.

Sebagai tambahan, Mossdef System menyertakan metode pelatihan khusus untuk tidak hanya menghadapi tantangan para personil Mossdef System secara fisik, tetapi juga untuk pemanasan bagi para personil Mossdef System yang lebih penting yaitu mental disiplin yang bermaksud untuk memperkuat jiwa dan untuk mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan konfrontasi kejam di bawah tekanan yang tinggi. Metode pelatihan ini telah terbukti di dalam perkelahian bebas yang nyata.

Target-target pelatihan Mossdef System adalah bermental dan berjiwa tauhid, keberanian, kestabilan emosi, kesabaran dan rasa saling menghormati. Personil Mossdef System belajar prinsip-prinsip ini melalui latihan-latihan, praktek dan pengembangan dari keterampilan mereka. Seperti ketika telah banyak orang belajar yang berhubungan dengan beladiri atau perkelahian, tujuannya adalah untuk memindahkan kebutuhan dari sikap personil Mossdef System akan kekerasan, dan menyiapkan para personil Mossdef System apabila mereka bertemu dengan para penyerang ketika konfrontasi sedang terjadi.

Prinsip-prinsip utama Mossdef System :

1. Menghindari luka-luka.

2. Mengambil keuntungan dari gerakkan reflek alami.

3. Bertindak dengan memerlukan waktu yang secepat mungkin.

4. Menyerang bagian tubuh yang vital.

5. Menggunakan senjata badan alami dan semua obyek yang paling dekat.

6. Melumpuhkan dengan menggunakan senjata milik musuh.

7. Tidak ada aturan.

III. TEKNIK MOSSDEF SYSTEM

Teknik Mossdef System didasarkan pada pemindahan energi dan tindakan bahan peledak. Serangan-serangannya adalah kuat, mematikan dan dirancang untuk efek yang maksimum ke daerah sasaran yang spesifik. Para personil Mossdef System dilatih untuk menjadi penuh kesadaran akan keadaan sekitar mereka dan potensi akan kekerasan dan konfrontasi. Seperti gaya beladiri lainnya, personil Mossdef System untuk level pemula praktik akan teknik tangkisan, pukulan, tendangan dan serangan tertentu, bersamaan dengan gerakan bertahan untuk menangkap dan menyerang. Seperti belajar teknik melangkah, personil Mossdef System belajar teknik melangkah ke banyak teknik yang lebih canggih untuk melawan penyerbu dalam situasi jarak yang lama dari berbagai arah. Beberapa teknik juga diajarkan untuk menundukkan lawan. Perkelahian secara berhadapan dimulai dengan tingkatan ini, untuk membiasakan personil Mossdef System kepada “rasa” dari suatu serangan lawan.

Latihan lanjutan mengajarkan pada teknik pegangan tambahan, seperti melepaskan diri dari pegangan lawan. Pertahanan yang khusus, teknik menghentikan serangan dan lemparan adalah juga ditambahkan dalam kurikulum Mossdef System. Seperti juga para personil Mossdef System memperoleh keterampilan tambahan seperti pelatihan senjata mulai dari menggunakan pisau, tongkat, pentungan, ruyung, pedang, samurai dan lain-lain. Seperti tingkatan sabuk hitam, pelatihan dengan senjata api setelah belajar memasang bayonet, berdasarkan pada akar sistem militer.

Alami tetapi mematikan dari sistem Mossdef System diambil dari situasi kehidupan yang nyata. Mossdef System mengajarkan orang-orang bagaimana cara menyelamatkan diri dan untuk mengatasi kekerasan di jalanan umum. Untuk bisa efektif di jalanan, Mossdef System tidak ada

aturan dan pembatasan. Oleh karena itu, tidak ada kompetisi atau pertandingan olah raga untuk Mossdef System sebab Mossdef System dirancang untuk sebuah sistem berkelahi yang realistis.

Para personil Mossdef System diajarkan pada keadaan prinsip sikap bertahan yang berlaku kepada berbagai ancaman serangan kejahatan yang terjadi di jalan. Para personil Mossdef System berlatih dari suatu posisi yang sangat merugikan di dalam waktu yang nyata dan kecepatan yang nyata.

Mengadakan gerakan bertahan yang dikombinasikan dengan serangan balasan secara bersama sampai semua potensi yang berbahaya hilang. Metode-metode pelatihan yang unik akan diterapkan di jalanan yang kejam. Ini akan diperlukan untuk menempatkan para personil Mossdef System di bawah tekanan ekstrim yang sedang melakukan teknik Mossdef System. Para personil Mossdef System belajar untuk meninggalkan sikap pasif kepada suatu keadaan menjadi sikap agresif dengan cepat. Mossdef System juga mengajarkan kepada para personil Mossdef System untuk berfungsi dengan membagi perhatian mereka, selagi badan lelah. Dan ketika para personil Mossdef System berhadapan dengan banyak serangan secara spontan.

Teknik-teknik Mossdef System untuk pertahanan diri menurut level terdiri dari :

1. Pertahanan melawan terhadap pukulan dan tendangan.

2. Melepaskan dari pelukan dan cekikan.

3. Pertahanan melawan terhadap pisau dan pentungan, senjata api dan lain-lain.

4. Pertahanan melawan terhadap berbagai penyerang.

5. Berbagai jenis pukulan dan tendangan.

6. Saling serang dan bertahan di bawah tekanan dan yang dikendalikan dalam perkelahian.

7. Pertahanan dan melumpuhkan lawan di ruangan yang sempit dan perkelahian dalam air.

Teknik-teknik Mossdef System untuk menghadapi konfrontasi meliputi dari :

1. Penggunaan serbaguna suatu senjata.

2. Mengambil kendali individu tanpa melumpuhkan.

3. Situasi berhadapan dengan konfrontasi.

Teknik-teknik Mossdef System untuk keamanan keluarga meliputi dari :

1. Penggunaan serbaguna suatu senjata.

2. Mengambil kendali individu tanpa melumpuhkan.

3. Situasi berhadapan dengan perampokan, penjambretan, pemerasan, pelecehan seksual dan

tindak kejahatan lainnya yang menimpa suatu keluarga.

INFORMASI TAMBAHAN :

Saat ini Mossdef System menawarkan 4 paket kursus atau privat yaitu :

1. Paket menghadapi kriminal harga Rp. 500.000,- per peserta. dengan materi :

1. Teknik melumpuhkan pukulan dan tendangan.
2. Teknik melepaskan cekikan dan rangkulan.
3. Teknik melepaskan pegangan dan pelukan.
4. Teknik melumpuhkan serangan dan todongan pisau.
5. Teknik melumpuhkan serangan tongkat pendek (pentungan).
6. Teknik melumpuhkan serangan di bawah tekanan lawan.
7. Teknik melumpuhkan todongan pistol.
8. Aplikasi menghadapi kriminal.

Target : 4 bulan selesai.

2. Paket menghadapi konfrontasi harga Rp. 500.000,- per peserta dengan materi :

1. Teknik melumpuhkan pukulan dan tendangan.
2. Teknik melepaskan cekikan dan rangkulan.
3. Teknik melepaskan pegangan dan pelukan.
4. Teknik melumpuhkan serangan dan todongan pisau.
5. Teknik melumpuhkan serangan tongkat pendek (pentungan).
6. Aplikasi menghadapi konfrontasi.

Target : 3 bulan.

3. Paket keamanan keluarga harga Rp. 800.000,- per peserta dengan materi :

1. Teknik melumpuhkan pukulan dan tendangan.
2. Teknik melepaskan cekikan dan rangkulan.
3. Teknik melepaskan pegangan dan pelukan.
4. Teknik melumpuhkan serangan dan todongan pisau.
5. Teknik melumpuhkan serangan tongkat pendek (pentungan).
6. Teknik melumpuhkan serangan di bawah tekanan lawan.
7. Teknik melumpuhkan todongan pistol.
8. Aplikasi untuk keamanan keluarga.

Target : 4 bulan.

4. Paket Pelatihan Instruktur harga Rp. 800.000,- per peserta dengan materi :

1. Teknik melumpuhkan pukulan dan tendangan.
2. Teknik melepaskan cekikan dan rangkulan.
3. Teknik melepaskan pegangan dan pelukan.
4. Teknik melumpuhkan serangan dan todongan pisau.
5. Teknik melumpuhkan serangan tongkat pendek (pentungan).
6. Teknik melumpuhkan serangan di bawah tekanan lawan.
7. Teknik melumpuhkan todongan pistol.
8. Aplikasi untuk menghadapi kriminal, menghadapi konfrontasi dan keamanan keluarga.

Target : 6 bulan.

Fasilitas : Sertifikat dan Seragam Latihan.

Syarat Peserta : Muslim dengan berpasangan 1 jenis.

Informasi Lengkap hubungi :

1. Eko Ristanto (Jogja)
D/a Ngampilan Ng 1/331 Rt. 16 Rw. 03 Yogyakarta 55261
Handphone : 0856 258 4833.

2. Nugroho Agung Wibowo (Sleman)
D/a Kompleks Pon-Pes Ihya’ Us-Sunnah
Jl. Kaliurang Km. 15 Degolan – Umbulmartani – Ngemplak – Sleman – Yogyakarta
Handphone : 0856 4354 1717

3.Aji Kelono Listriatmojo (Bantul)
D/a Perum Sewon Indah C-22
Prancak Glondong – Panggungharjo – Sewon – Bantul
Handphone : 0817 542 7419

 

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Satu Komentar pada Profil Singkat Moslem Self-Defence System (MOSSDEF SYSTEM)

  1. avatar exaudi walesa mengatakan:

    what??? cool… keren… tapi,, sayangnya cuma untuk muslim ya??? padahal saya sudah sangat tertarik.. supaya bisa menggabungkan antara capoeira yang saya dalami dengan mossdef system ini.. ternyata tidak boleh.. gimana indonesia mau rukun beragama klo untuk sarana berbagi saja tidak mau.. maaf saya ngomong gini.. tapi saya kecewa….

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis