Review 5 Smart Phone Terpopuler

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Divaldi
» Kategori: Review Produk & Jasa
» Telah 5.576 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 2 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Saya akan coba mereview beberapa produk lama dari Smart Phone/PDA Phone yang sudah keluar sejak awal tahun 2007. Tentunya karena sudah lama keluar lebih enak untuk di tinjau dari sisi kelemahan dan keunggulannya. Lebih tepat sebetulnya ini adalah sebuah ujian atau semacam tes dari produk-produk smart phone yang sudah ada dipasaran. Saya hanya menguji 5 buah produk dari vendor terkenal dan inilah pendapat saya.

Sony Ericsson W850i

Ini adalah seri Walkman yang dikenal dengan ciri khas tombol ber­logo W. Namun kali ini lebih unik: tombolnya berbentuk palang oranye yang melintang di bawah layar. Agak disayangkan, tingginya tombol ini sulit ditekan karena hampir sejajar dengan tombol navigasi. Selain warna hitam, direncanakan tersedia pula Sony Ericsson W850i berwarna putih (golden white).

Untuk pengambilan foto, kamera dilengkapi sett­ing Shoot mode (Normal, Panorama, Frames, Burst), Picture size (2MP, 1MP, VGA), Turn on night mode Turn on light, Turn on self-timer, Effects (Off Black & white Negative, Sepia), White balance (Auto, Daylight, Cloudy Fluorescent. Picture quality (Normal Incandescent), Fine), dan Saveto (Memory Stick, Phone memory). Panorama terdiri dari 3 set gambar, sedangkan Frames menyediakan 12 bingkai siap pakai. Setelah memotret, pengguna dapat langsung mengirimnya ke blog (dengan opsi Blog this), atau menyuntingnya (dengan opsi Edit in PhotoDJ).

Sedangkan untuk pengambilan video tersedia setting Shoot mode (For picture message High quality video), Turn on nightmode, Turn on light, Effects (Off Black & white, Negative, Sepia), White balance (Auto Daylight, Cloudy, Fluorescent, Incandescent), Turn on mic, dan Save to (Memory Stick, Phone memory).

Karena sudah mendukung 3G, pengguna Sony Ericsson W850i dapat melakukan video call. Jendela besar dan kecil yang menampilkan lawan bicara dan diri sendiri dapat dipertukarkan. Pengguna bahkan dapat membuat citra diri terbalik dengan opsi mirror image. Bila mau, pengguna dapat berpindah antara kamera depan dan belakang. Untuk video call tersebut kamera dilengkapi setting Brightness, Turn on light, Turn on night mode dan Sound (Turn off speaker, Mute microphone, Transfer sound).

Untuk Messaging, seperti biasa ada Textmessage Picture message, Voice message dan Email. Bahkan ada RSS reader untuk menerima dan membaca RSS, dan Push untuk menerima Push mail. Pada Organizeri tersedia Alarms, Calendar, Tasks, Notes, Timer, Stopwatch, Light (On for 1 minute, On, Off, SOS), Calculator, dan Code memo. Sony Ericsson membenamkan (untuk membuat aplikasi FaceWarp (untuk membuat wajah unik), dan Music Mate. Ketika kabel data di­hubungkan dari ponsel ke PC, ada pilihan File transfer untuk sinkronisasi dan Phone mode unluk modem.

Untuk hiburan, ada Games (Juiced, QuadraPop, Treasure Towers), TracklD (untuk mengenali potongan musik yang direkam dari stasiun radio), Video player, VideoDJ, PhotoDJ, MusicDJ, dan Record sound. Ponsel ini dapat digunakan sebagai remote control (Presenter, Mediaplayer, Desktop). Sony Ericsson W850i disebut sebagai yang pertama mendukung A2DP Bluetooth Profile, yang memungkinkan transmisi musik stereo dari ponsel keperanti lain. Seperti biasa radio hanya dapat dinikmati bila headset terpasang. Ra­dio ini dilengkapi radio data support (RDS) yaitu feed berupa daftar lagu dari stasiun radio.

Samsung SGH P850

Samsung SGH-P850 terlihat “berkelas” lapisan kulit pada casing, namun yang lebih penting adalah lapisan kulit yang kasar tersebut membuat permukaan ponsel tidak licin digenggam. Ponsel ini sendiri berat untuk dibawa-bawa. Namun bagi sebagian orang mungkin justru membuatnya terasa mantap dipegang;khususnya saat mengambil gambar.

Lipatan ponsel tidak dapat dibuka penuh sampai membentuk 180 derajat. Ini agak mengganggu untuk mengintip tampilan gambar mengingat posisi kamera yang berada di bagian belakang ponsel. Ketika belah­an ponsel diputar dan dilipat, penampilan Samsung SGH-P850 mirip kamera digital mini, dengan view-finder yang lebar. Pengambilan gambar lebih nyaman dilakukan ketika ponsel dalam posisi landscape, sebab tombol shuffer dan menu lebih mudah digunakan dalam posisi tersebut.

Fasilitas yang diberikan tergolong lengkap. Pada modus foto, disediakan setting Shooting mode (Single shot, Multi shot, Mosaic shot), Effects (None, Black& white, Negative, Sepia, Emboss, Sketch, Antique, Moon­light, Fog), Zoom, Brightness, Frames (ada 30 bingkai), Flash (Off, Auto, Shoot only, Permanent), Timer (Off, 3sec, 5 sec, 10 sec). Size (QXGA, UXGA, SXGA, XGA, SVGA, VGA, QVGA), Quality (Superfine, Fine, Normal, Economy), Scene programs (Normal, Night scene), Me­tering exposure (Matrix, Center-weighted, Spot), White balance (Auto, Daylight, Incandescent, Fluorescent, Cloudy, Sunset), dan ISO (Auto, 100, 200, 400).

Sedangkan pada modus video, disediakan setting Effects (None, Gray Negative, Sepia, Emboss, Sketch, Antique, Moonlight, Fog), Zoom, Brightness, Flash (Off, Auto, Shoot only, Permanent), Timer (Off, 3 sec, 5 sec, 10sec). Recording mode (Normal, Limit of MMS), Size (CIF QVGA, QCIF, Sub-QClD, Quality (Superfine, Fine, Normal, Economy), Audio rec. (On, off, White balance (Auto, Daylight, Incandescent, Cloudy Fluorescent, Sunset), dan Scene programs (Normal, Night scene).

Foto dapat langsung dicetakdi printer dengan fasili­tas PictBridge; bisa melalui kabel data atau Bluetooth. Sedangkan video dapat langsung ditonton di TV berkat adanya fasilitas Direct TV output. Output TV ini hanya kompatibel dengan standar PAL, atau NTSC.

Ponsel ini telah dilengkapi Voice clarity. Samsung SGH-P850 juga sudah mendukung vivid message, yaitu penerjemahan teks tertentu menjadi grafis. Selain SMS/MMS, pengguna juga dapat berkirim e-mail. Ketika ponsel terkoneksi ke PC via kabel USB, muncul pilihan Modem, Mass storage, Pictbridge.

Ada MP3 player, Voice recorder, lmage editor, World time, Alarm, Calculator; Convertor (Currency, Length, Weight, Volume, Area, Temperature), Timer Stopwatch, Browser dan Calendar. Karena sudah mendukung Java, pengguna ponsel dapat menginstall game, maupun aplikasi lain berbasis Java. Samsung menyebutkan bahwa ponsel ini dilengkapi pula dengan viewer dokumen untuk membaca file dokumen, spreadsheet dan presentasi, pdf, html dan jpeg.

Palm Treo 750v

Sentuhan Palm untuk Windows Mobile 5.0 paling banyak terdapat dalam layar Today. Antara lain, kolom dial nama, photo speed dialing, dan kolom jelajah Web. Di kolom Type a name or number, pengguna tinggal mengetik huruf awal nama, memilih nama dan nomor yang hendak dihubungi, lalu menekan tombol Call. Ada juga fasilitas Photo Speed Dial, di mana foto pemilik nomor akan muncul di layar Today. Pengguna tinggal mengklik foto tersebut untuk menghu­bungi nomornya. Sedangkan kolom Search, pengguna tinggal memasukkan apa yang ingin dicarinya di search engine.

Palm menyediakan fasilitas untuk meng­alihkan panggilan masuk ke voice mail, atau menjawab dengan SMS. Juga ada fasilitas Wired Car Kit yang memudahkan pengguna menerima panggilan saat berkendara. Yang menarik, pesan berbalas di Inbox Messaging (SMSdan MMS) dapat dimunculkan dalam tampilan mirip chat­ting.

Karena sudah dilengkapi Messaging and Security Feature Pack(MSFP), tentunya pengguna dapat menikmati fasilitas Direct Push mail, ter­masuk remote wipe jika peranti hilang. Palm Treo 750v dapat digunakan sebagai modem, via USB atau Bluetooth. Ada port GPS, tetapi aksesoris dan aplikasinya tidak termasuk dalam paket.

Fasilitas yang menyertai kamera 1,3MP berzoom 2X ini tergolong standar, Pada pengam­bilan foto, tersedia setting Mode (Normal, Burst, Timer), Resolution (1280×1024, 640×480, 320×240, 240×180, 160×120), Zoom (1X, 2X). Foto dapat disimpan dengan pilihan kompresi High quality, Normal quality atau Low quality. Sedangkan pada pengambilan video, hanya ada setting Quality (352×288,176×144), dan Options yang mengatur batas waktu rekam video (No limit, 15 detik atau 30 detik); dengan atau tanpa suara.

Ketika melampirkan gambardalam e-mail, pengguna dapat mengubah ukurannya menjadi Large (640×480), Medium (320×240) atau Small (160×120)
agar lebih mudah terkirim. Tentu saja pengguna tetap dapat mengirimnya dalam ukuran asli. Yang menarik, PDA phone ini dapat memakai video sebagai video ringtone.

O2 XDA Stealth

Bentuk geser (sliding bar), lengkap dengan keypad angka, yang dipilih 02 XDA Stealth sebetulnya cukup menarik; membuat pengguna PDAphone melihatnya sebagai ponsel. Sekadar mengingatkan, PDA phone ini menggunakan Windows Mobile Pocket PC Edition, bukan Smartphone Edition. Sayang, bobot yang jauh melebihi ponsel umumnya membuat “rasa ponsel” menguap dengan cepat.

Slider dapat difungsikan untuk menerima pang­gilan telepon. Yang menarik, 02 memasukkan aplikasi Answer machine yang dapat merekam pesan suara di peranti. Ada pilihan setting Save In, Recording Time, Activate Time, dan Greeting Setup. Pengguna juga dapat memblokir panggilan yang tidak diinginkan.

02 masih menyertakan 02 Plus dan 02 PhonePlus yang dapat dinstall dari 02 Autolnstall. 02 Plus digu­nakan untuk mengontrol aplikasi yang sedang berjalan, melihat status nama operator; batere, memori, alarm, profil dering, call divert, serta Tasks dan Appointments, Sedang­kan 02 Phone Plus mengatur kode area sedemikian sehingga pengguna tinggal menelepon lokal, atau interna­sional tanpa harus mengotak-atik kode area lagi. Ketika mengetik pesan singkat, pengguna dapat memilih untuk menggunakan keypad asli, atau meng­gunakan keypad virtual dengan memilih opsi eZiText dalam layar sentuh. Saya tidak menemukan cara untuk menonaKifkan T9; sebagian orang yang tidak menyukai fasilitas ini akan merasa kurang nyaman. Pengetikan menjadi lebih lambat dan tidak praktis.

Letak tombol kamera agak aneh; membuat peng­ambilan gambar pada posisi portrait menjadi kurang nyaman. Namun tidak ada masalah bila pengguna biasa mengambil gambar dalam posisi landscape. Untuk pemotretan foto, disediakan setting Mode (Auto, Day, Cloudy, Fluorescent, Night), Effect (Nor­mal, Black/White,  Sepia, Negative film, Solarization, Sketch, Emboss, Moonlight), EV (+2.0 sampai-2.0), Size (1600×1800, 1280×960, 640×480, 800×600, 320×240, 160×120), Quality (LowNormal, Fine), Timer (5,10, Off, Sequential shoot (18, 12, 6, 3, OfD, Flash (Auto, On, Off, Shutter sound (On, Off, Storage (Phone, Memory card), Reset camera settings (Yes, No), Flicker f requency (Auto, 50Hz, 60Hz).

Sedangkan untuk perekaman video, hanya tersedia setting Mode (Auto, Day, Cloudy, Fluorescent, Night), Ef­fect (Normal, Blacty/White, film, Solarization, Sepia, Negative, Sketch, Emboss, Moonlight), Video format (3GP, MPEG-4, WMV), MMS video (On, Off), Storage (Phone, Memory card), Flicker frequency (Auto, 50Hz, 60Hz).

Bila peranti terhubung ke komputer via kabel data USB mini, ada pilihan koneksi ActiveSync atau SD-Card Reader. Tentu saja PDA phone ini dapat digunakan seba­gai modem; lnternet dikelola dengan lnternet Sharing (pilihan koneksi), 02 AutoConfig (aktivasi setting GPRS), dan Spb GPRS Monitor (memantau pemakaian).

02 melengkapi PDA phone ini dengan dukungan terhadap Java 2 Micro Edition. Ada ClearVue PDF Viewer untukmembaca PDE Pocket Ghost untuk mem­backup, dan ZipTool untuk kompresi.

Dopod D810

Di Indonesia, PDA phone ini menjadi yang pertama tampil sebagai pendukung 3,5G. Warna hitam memang membuat Casing Dopod D810 terlihat elegan, tetapi glossy membuatnya mudah kotor dengan jejak telapak tangan, Dopod menyiapkan modus Photo, Video, MMS Video, Contacts Picture, Picture Theme, Panorama, Sports dan Burst untuk kamera. Untuk pemotretan foto, ada setting Self-timer (Off, 2 seconds, 10seconds), Storage (Main Memory, Storage Card), White Balance (Auto, Daylight, Night, Incandescent, dan Fluorescent) Effect (None, Grayscale, Sepia, Cool, Negative), Resolution (S/160×120, M/320×240, L640x480, 1M/1280×960, 2M/1600×1200), Camera (Main Camera, 2nd Camera, 2nd Camera/Flip),
Quality (Basic, Normal, Fine, Super Fine), dan Metering Mode (Center Area, Average), Capture Format (JPEG), Shutter Sound (On, Off, Grid (On, Off), Keep Backlight (On, Off, Review Duration (No Review 3 seconds, 10 seconds, No Limit), Flicker Adjustment (Auto, 50Hz,60Hz), Prefix (Default, Date, Date & Time), Counter (Reset) dan Adjust (Contrast, Saturation, Hue, Sharpness).

Sedangkan untuk perekaman video, ada setting Storage (Main Memory, Storage Card), White Balance (Auto, Daylight, Night, Incandescent, dan Fluorescent) Effect (None, Grayscale, Sepia, Cool, Negative), Resolu­tion (V128x96, M/176x1M, V320x240, ClF/352×288), Camera (Main Camera, 2nd Camera, 2nd Camera/Flip), dan Metering Mode (Center Area, Average), Capture Format (MPEG4), Shutter Sound (On, Off, Keep Back­light (On, Off), Review Duration (No Review 3 seconds, 10 seconds, No Limit), FlickerAdjustment (Auto, 50Hz, 60Hz), Record with Audio (On, Off, Prefix (Default, Date, Date & Time), Counter (Reset), Recording Limit (250KB, 1MB, 2MB, 10 seconds, 30 seconds, 1minute, 3 minutes, No Limit), dan Adjust (Contrast, Saturation, Hue, Sharpness).

Dopod memasukkan My Connect, yang memudah­kan pengguna untuk mengatur Internet Service, Photo Upload, Member Login, Theme Download, Ring Tone Download, dan Version Update. Ada dukungan untuk Java, demikian juga aplikasi Zip untuk kompresi data, Adobe Reader untuk membaca PDI Voice Commander untuk menjalankan suara dan aplikasi dengan perintah Streaming Mediau ntuk memainkan file multimedia, Dalam spesifikasi disebutkan adanya Sprite Backup untuk membackup data penting; tetapi saya tidak menemukannya.

Settrng jaringan GSM mudah dikenali dengan Network Wizard; sementara setting GPRS dipermudah dengan GPRS Setting. Sebagai modem, Intemet Shar­ing dilakukan dengan koneksi USB, atau Bluetooth PAN. Pemborosan batere akibat penggunaan WiFi terus-menerus dapat dikurangi dengan setting Power Save Mode.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


2 Komentar pada Review 5 Smart Phone Terpopuler

  1. […] sempet “ngiler” baca ulasan “Review 5 Smart Phone Terpopuler” di sejutablog ini, kok jadi memimpikan sebuah “mesin ponsel canggih” untuk […]

  2. avatar Ryan mengatakan:

    klu bleh, setiap gambar hp itu, di lengkapi dengan harga ASLI dan SECON. dan juga dilengkapi dengan toko – toko yang telah menjual handphone sony ericcon w850!

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis