Review Film: The Curious Case of Benjamin Button

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Eva
» Kategori: Film, TV & Video
» Telah 4.740 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Belum ada komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

benjamin-button_6

Lebih mudah mengagumi film “The Curious Case of Benjamin Button” dari pada menyukaiya. Karena secara teknis, film ini nyaris sempurna, dari production design sampai special effect yang dengan tanpa cacat berhasil meningkatkan narasi cerita film ini. Tetapi walaupun begitu, skenario yang ditulis oleh Eric Roth, bisa dibilang agak lemah. Roth yang juga menulis “Forrest Gump”, tampaknya mengambil template struktur dan formula cerita “Forrest Gump” dan mengimplementasikannya dalam cerita yang diinspirasi oleh cerita pendek klasik karya F. Scott Fitzgerald ini.

Premise cerita pendek F. Scott Fitzgerald ini memang sangat menarik, apa yang terjadi jika manusia terlahir dalam keadaan tua dan pelan-pelan menjadi muda seiring bertambahnya umur hingga akhirnya kembali menjadi bayi? Sebuah ide yang sangat progressif dan menarik untuk ditelaah lebih jauh. Tetapi hanya ide ini yang diambil oleh Eric Roth untuk membangun cerita Benjamin Button versi filmnya.

benjamin-button_4

Dikisahkan Benjamin Button (Brad Pitt) terlahir dengan kondisi aneh, saat bayi ia terlihat seperti pria berumur 80 tahun. lbunya yang meninggal saat melahirkan membuat ayahnya membuang bayi “aneh” ini di depan gedung sebuah panti jompo. Queenie (Taraji P Henson) salah satu pekerja di panti jompo yang tidak bisa mempunyai anak, mengadopsi Benjamin menjadi anaknya sendiri. Semula semua orang mengira Benjamin tidak akan berumur panjang karena kondisi fisiknya. Tetapi seiring bertambah umur, Benjamin justru menjadi makin sehat dan muda.

Suatu hari Benjamin bertemu dengan Daisy (Cate Blanchett), cucu seorang nenek di panti jompo tempat ia tumbuh. Walaupun berumur sama, 9 tahun, tetapi Benjamin secara fisik terlihat seperti kakek-kakek. Kisah hidup Benjamin diceritakan secara episodik, di mana Benjamin ikut berperang dalam Perang Dunia kedua hingga akhirnya ia bertemu lagi dengan Daisy. David Fincher berhasil menyutradarai sebuah cerita epik yang mempertanyakan tentang mortalitas manusia, dan apa arti tentang cinta, takdir, usia, dan kesadaran bahwa tidak ada satupun di dunia yang akan bertahan selamanya.

Tetapi bisa dibilang seharusnya film ini bisa lebih bagus dengan semua materi yang tersedia. Brad Pitt cukup lemah membawakan peran kompleks seperti Benjamin Button ini. Karena seharusnya saat Benjamin berusia kanak-kanak tetapi mempunyai fisik kakek­-kakek, seharusnya secara psikologis Benjamin tetap anak anak dan saat ia berusia tua tetapi dengan fisik remaja, seharusnya kita bisa merasakan usia tua yang terperangkap dalam fisik remaja. Hal ini yang tidak berhasil ditangkap oleh Brad Pitt.

benjamin-button_5

Walaupun dengan make-up dan special effect yang luar biasa bagus, kekurangan ini sedikit tertutupi. Cate Blanchett sendiri secara luar biasa berhasil memerankan peran Daisydengan sempurna. Film ini mendapatkan 13 buah nominasi di ajang Academy Awards lalu, termasuk nominasi Best Picture dan Best Director, tetapi pada akhirnya film ini memang hanya pantas menang 3 buah Oscars lewat kategori teknis, yaitu Best Art Direction, Best Make Up dan Best Vissual Effect.

Review Disc/ Special Features

benjamin-button_2

Criterion Collection DVD selalu mengemas DVD produksi mereka dengan muatan special feature yang sangat comprehensive dan exclusive. Begitu juga dengan DVD ini, dipenuhi dengan begitu banyak Special features, membuat anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menonton semuanya. Saking banyaknya hampir tidak mungkin untuk menulis semua special features yang ada, hanya beberapa features yang sangat menarik antara lain “Never-before-seen footage” yang mengulas inovasi teknis dalam visual effects dan make-up dalam film ini, juga Step-by­-step proses motion-capture yang dibutuhkan untuk membuat Brad Pitt tampak tua, dan “ln-depth exploration of David Fincher’s creative process on the set”.

Jika anda ingin menonton sebuah film epic dalam segala aspek, jangan lewatkan DVD “The Curious Case of Benjamin Button The Criterion Collection” ini, dimana special features yang anda tonton akan membuat anda makin kagum dengan level komitmen yang dicurahkan oleh semua pihak yang terlibat dalam film ini. Film ini adalah salah satu film terbaik tahun 2008 lalu.

  • Starring: Brad Pitt, Cate Blanchett, Taraji P. Henson, Tilda Swinton, Julia Ormond
  • Director: David Fincher

Sudah ada yang menonton film ini? berikan komentar kamu ya?.

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis