Si Pemuda Kaya Raya

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Eva
» Kategori: Berita
» Telah 1.581 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Belum ada komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Dari pada hidup miskin lebih baik hidup kaya…

Pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Ya itu adalah sebuah ungkapan modern zaman sekarang yang memiliki nilai humor namun bermakna sangat penting. Hidup miskin tidaklah lebih baik dibandingkan hidup dengan serba kecukupan. Kalo bisa kaya kenapa harus hidup miskin.

Ya itu hanya sebuah intermezo dari Saya untuk memberikan sebuah informasi pada Anda tentang adanya orang-orang kaya didunia. Yang unik adalah mereka masih tergolong sangat muda dan sebenarnya belum masuk usia produktif bekerja namun sudah menghasilkan kekayaan dunia yang berlimpah.

Tulisan tentang orang-orang kaya bukanlah yang pertama Saya tulis, simak tulisan lama Saya mengenai Orang-Orang Kaya Dunia yang ditulis tahun 2008 dan cukup mendapatkan sambutan baik dari para pembaca blog ini. Target Saya menyajikan info ini pada Anda adalah untuk memotivasi diri kita sedini mungkin atau untuk para orang tua dalam mendidik anaknya untuk selalu memberikan perhatian yang lebih dalam memberikan pendidikan dan pengalaman yang terbaik untuk mereka kelak.

Urutan para pemuda kaya ini berdasarkan usia, yuk kita lihat siapa saja mereka.

1. Dustin Moskovitz

pendiri-facebook-Dustin-Moskovitz

Usia: 27 Tahun (2011)

Kekayaan: 3,5 Miliar Dollar AS

Sumber: Facebook

Tempat Tinggal: San Fransisco, CA, USA

Pendidikan: Drop Out, Harvard University

Status: Lajang

Dustin Moskovitz adalah salah satu pendiri Facebook yang merupakan teman sekamar Mark Zuckerberg sewaktu mereka masih kuliah di Harvard. Dustin Moskovitz adalah karyawan ketiga Facebook yang tidak menyelesaikan pendidikannya karena pindah ke California dan bekerja penuh untuk perusahan jejaring sosial ini secara penuh. Pertama kali ia menjabat sebagai kepada divisi teknologi dan pindah sebagai wakil kepala teknik.

Dustin meninggalkan Facebook tahun 2008 untuk memulai sebuah usaha baru bernama Asana, sebuah perusahaan perangkat lunak untuk kolaborasi dan pesan instan dengan 18 orang karyawan. Perusahaan ini terjual dengan nilai sekitar 1% sahamnya di Facebook tahun lalu. Dustin masih memegang 5% saham yang nilainya melonjak menjadi 66,5 miliar dolar AS.Ia mendirikan yayasan usaha ventura bersama pacarnya yang dikenal melalui sebuah kencan buta. Kekayaan yang dimilikinya ternyata tidak membuatnya berubah terbukti dengan kesehariannya pergi ke kantor selalu menggunakan sepeda seperti dulu saat kuliah.

2. Mark Zuckerberg

mark-zuckerberg

Usia: 27 Tahun (2011)

Kekayaan: 17,5 Miliar Dollar AS

Sumber: Facebook

Tempat Tinggal: Palo Alto, CA, USA

Pendidikan: Drop Out, Harvard University

Status: Lajang

Tidak heran jika Mark Zuckerberg merupakan orang muda yang kaya raya, lihat saja Facebook yang saat ini penggunanya sudah mencapai lebih dari 800 juta orang diseluruh dunia. Uang pasti mengalir dengan derasnya ke kantong Mark selaku pendiri Facebook. Mark bukan hanya seorang pemuda yang kaya karena usia tapi berhasil masuk dalam daftar orang terkaya didunia no. 14 dan merupakan satu-satunya yang paling cepat meroket kekayaannya dalam sekejap. Melalui Facebook, Ia bahkan telah menciptakan sebuah mata uang tersendiri yaitu Facebook Credit yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online.Pada awalnya Mark tidak memiliki dana untuk menjalankan Facebook sampai akhirnya dia mendapatkan pinjaman modal dari pendiri Paypal, Peter Thiel sebesar 500 ribu dolar AS di tahun 2004. Ditahun 2008 penjualan Facebook diperkirakan mencapai 150 juta dolar AS dengan penambahan fitur lebih lengkap seperti album foto dan sistem pesan.

Microsoft membeli 1,6% saham Facebook senilai 240 juta dolar AS yang menyebabkan para analis memperkirakan nilai Facebook mencapai 15 miliar dolar AS. Tahun 2012 Facebook direncanakan akan melakukan Go Public dan saat ini nilai perusahaan sudah mencapai 66,5 miliar dolar AS

3. Scott Duncan

scott-duncan

Usia: 28 Tahun (2011)

Kekayaan: 3,4 Miliar Dollar AS

Sumber: Pipelines

Tempat Tinggal: Houston, TX, USA

Status: Lajang

Scott Duncan adalah anak dari Dan Duncan, seorang konglomerat jaringan pipa terbesar yang telah meninggal pada bulan Maret 2010 lalu. Sott diperkirakan mengontrol kekayaan sekitar 12,4 miliar dolar AS. Dan Duncan mulai usaha ini dari bawah dengan hanya memiliki 2 unit mobil truk ditahun 1968. Sekarang dia telah memiliki lebih dari 49.000 mil jaringan pipa.

4. Eduardo Saverin

eduardo-saverin

Usia: 29 Tahun (2011)

Kekayaan: 2 Miliar Dollar AS

Sumber: Facebook

Tempat Tinggal: Singapura

Pendidikan: Bachelor of Arts / Science, Harvard University

Status: Lajang

Eduardo Saverin adalah seorang kelahiran Brazil yang bersama-sama dengan Mark Zuckerber mendirikan Facebook dengan cara menyediakan dana awal yang dibutuhkan saat itu. Ketika Dustion Moskovitz bergabung, saham Eduardo turun menjadi 30% saat itu.

Ketika kedua teman lainnya putus sekolah, Eduardo tetap menyelesaikan studinya hingga selesai. Setahun kemudian Facebook menggugatnya karena ikut campur dalam urusan bisnis dan tetap ingin mempertahankan saham 30% miliknya. Eduardo melawan dengan menuntut balik dan akhirnya mendapatkan saham sebesar 5% serta disertakan sebagai salah satu pendiri Facebook.

Eduardo yang saat ini tinggal di Singapura telah menggunakan sebagian besar uang hasil kepemilikan saham di Facebook untuk investasi diperusahaan baru yang menjanjikan. 8 juta dolar AS telah Ia habiskan untuk membiayai QWiki, sebuah situs informasi online

5. Sean Parker

sean-parker

Usia: 31 Tahun (2011)

Kekayaan: 2,1 Miliar Dollar AS

Sumber: Napster, Facebook

Tempat Tinggal: New York, NY, USA

Status: Bertunangan

Sean Parker merupakan seorang yang pernah membuat revolusi dibidang industri musik online dengan meluncurkan situs Napster (saat ini telah bergabung dengan Rhapsody) pada usia 19 tahun. Pada usia 21 dia membantu merintis propagasi virus dengan Plaxo. Pada usia 24 tahun memiliki pengaruh penting dan bergabung dengan Facebook untuk menjadikannya perusahaan yang paling penting dan berpengaruh hingga saat ini.

Saat ini dia bekerja sebagai direktur perusahaan musik Swedia, Spotify. Dia merupakan kunci yang membantu Spotify untuk dapat bernegoisasi dengan para label rekaman dari Amerika. Spotify direncakan akan diintegrasikan dengan Facebook dan telah diumumkan pada konferensi Facebook F8.

6. John Arnold

john-arnold

Usia: 37 Tahun (2011)

Kekayaan: 3,5 Miliar Dollar AS

Sumber: Hedge Funds

Tempat Tinggal: Houston, TX, USA

Pendidikan: Bachelor of Arts / Science, Vanderbilt University

Status: Menikah

John Arnold dibesarkan di Dallas dan dilahirkan oleh seorang Ibu yang berprofesi sebagai Akuntan dan seorang Ayah Pengacara. John menimba ilmu di universitas Vanderbilt yang lulus hanya dalam waktu 3 tahun saja. Memulai karir sebagai pedagang minyak bagi perusahaan Enron tahun 1995 yang berhasil membuat penjualan perusahaan melonjak hingga $750 juta dolar AS di tahun 2001.

Sekarang Ia menjalankan usaha sendiri bernama Centaurus Energy yang bergerak dalam bidang gas alam dan berhasil meraup keuntungan hingga 240% ditahun 2002. Tahun 2008 lalu melakukan diversifikasi atas aset menjadi bisnis pembangkit listrik dan fasilitas penyimpanan. Di tahun yang sama asetnya telah mencapai 5,5 miliar dolar AS.Bersama istrinya mendirikan yayasan yang fokus pada peradilan tindak kejahatan, peningkatan mutu pendidikan sekolah dan akuntabilitas publik.

7. Sergey Brin

sergey-brin

Usia: 38 Tahun (2011)

Kekayaan: 16,7 Miliar Dollar AS

Sumber: Google

Tempat Tinggal: Los Altos, CA, USA

Pendidikan: Master of Science, Stanford University; Bachelor of Arts/ Science, University of Maryland, College Park

Status: Menikah

Apa jadinya ketika Sergey Brin tidak bertemu dengan Larry Page ketika mereka sedang kuliah untuk program Ph.D di Stanford. Sergey Brin adalah imigran asal Rusia dan anak dari seorang profesor. DO dari program tersebut ketika menjalankan Google di tahun 1998 di sebuah garasi teman mereka.Google pertama kali dibiayai oleh sumbangan dari rekan mereka di Stanford yaitu K. Ram Shiram dan Andy von Bechtolsheim serta profesor David Cheriton. Juga mendapatkan pinjaman dana sebesar 25 juta dolar AS melalui perusahaan permodalan Kleiner Perkins Caufield & Byers juga termasuk Sequoia Capital di tahun 1999.

Mereka mempekerjakan Eric Schmidt tahun 2001 untuk operasional sehari-hari Google dan Sergey fokus pada urusan teknologi Google. Sergey juga memimpin banyak proyek rahasia Google salah satunya yang ramai dibicarakan adalah mobil dengan kendali jarak jauh.

Dominasi Google di bisnis mesin pencari tidak terbendung meninggalkan rivalnya seperti Bing dan Yahoo. Google juga meluncurkan browser sendiri untuk menyaingi Microsoft Internet Explorer yaitu Google Chrome di tahun 2008 dan mencuri market sharesebesar 75%.

Sergey juga merupakan investor di Airship Ventures yang merupakan perusahaan wisata udara menggunakan balon Zeppelin. Sergey juga telah menyumbangkan kekayaannya untuk penelitian penyakit Parkinson setelah mengetahui gejala pada dirinya yang kemungkinan akan dideritanya juga.

8. Larry Page

larry-page

Usia: 38 Tahun (2011)

Kekayaan: 16,7 Miliar Dollar AS

Sumber: Google

Tempat Tinggal: East Lansing, Michigan, USA

Pendidikan: Bachelor of Arts / Science, University of Michigan; Master of Science, Stanford University

Status: Menikah

Larry Page merupakan kelahiran Amerika Serikat yang bertemu dengan Sergey Brin saat mengambil studi Ph.D di Stanford. Mereka berdua mendirikan Google sebuah mesin pencari yang sampai saat ini paling banyak digunakan via Internet. Larry adalah anak dari seorang Ayah profesor matematika dan seorang Ibu yang merupakan ilmuwan peneliti di NASA.

Jika Sergey Brin mengepalai teknologi Google maka Larry mengepalai seluruh divisi produk-produk Google diantaranya bisnis iklan, ponsel, sistem operasi dan aplikasi online. Google membeli YouTube, sebuah portal video streaming 1,65 miliar dolar AS tahun 2006 yang merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan teknologi informasi dunia.

Larry merupakan salah satu sosok yang patut dicontoh ketika membangung sebuah rumah yang hemat energi dengan memanfaatkan tenaga panas bumi dan curahan air hujan. Sehari-hari, Ia menggunakan sepeda motor listrik Zero-X dan sebuah mobil listrik buatan perusahaan Tesla Motors, dimana Sergey Brin adalah salah satu investor disana.

Di awal tahun 2011 Google membuat perubahan besar dalam algoritma pencarian mereka yang dikenal dengan nama Google Panda yang berakibat berubahnya peringkat dan hasil pencarian melalui mesin pencari mereka.

9. Daniel Ziff

daniel-ziff

Usia: 39 Tahun (2011)

Kekayaan: 4,2 Miliar Dollar AS

Sumber: Investasi

Tempat Tinggal: New York, NY, USA

Pendidikan: Bachelor of Arts / Science, Columbia University

Status: Menikah

Daniel Ziff adalah putra bungsu dari almarhum William Ziff Jr. yang wafat tahun 2006 lalu. Bersama saudaranya Dirk dan Robert adalah pemilik dari Ziff-Davis Publishing, sebuah kerajaan majalah seperti PC Magazine, Car & Driving, Boating Magazine). Ayah mereka menjual 95% aset usaha atau senilai 1,4 Miliar dolar AS tahun 1994 ke Forstmann Little dan pensiun kemudian tinggal di Florida.

Ketiga anak dari William Ziff Jr. melakukan reinvestasi melalui Ziff Brothers Investments diantaranya hedge fund, utang perusahaan, ekuitas, aset properti, komoditas serta sedikit saham di DreamWorks SKG. Alhasil keluarga Ziff saat ini memiliki aset sebesar 10 miliar dolar AS. Hal ini juga termasuk menjual saham di Och-Ziff hedge fund yang sudah Go Public. Mereka akan tetap menjadi investor pasif yang tidak memiliki hak suara atas kontrol perusahaan.

10. Eric Lefkofsky

eric-lefkofsky

Usia: 42 Tahun (2011)

Kekayaan: 1,5 Miliar Dollar AS

Sumber: Groupon

Tempat Tinggal: Glencoe, IL, USA

Pendidikan: Doctor of Jurisprudence, University of Michigan

Status: Menikah

Eric Lefkofsky berasal dari Chicago yang merupakan salah satu pendiri dari Groupon, sebuah situs penjual produk-produk dan jasa dengan diskon yang tinggi di Internet bersama dengan Andrew Mason. Mereka bertemu di sebuah perusahaan bernama InnerWorkings di Chicago.Pada mulanya Eric yang dibesarkan dipinggiran kota Detroit berbisnis menjual potongan-potongan karpet untuk mahasiswa baru selama musim gugur. Usaha ini cukup berhasil hingga mendapatkan kontrak dari 10 universitas untuk penyediaan karpet pada setiap kali ada mahasiswa baru masuk kuliah.

Ketika bertemu dengan Andrew Mason, Eric memberikan modal 1 juta dolar AS untuk mulai menjalankan sebuah usaha yang menjanjikan yaitu Groupon. Disaat Mason sedang asik menjalankan Groupon, Eric tetap berusaha mencarikan tambahan permodalan. Awal tahun 2011 Eric mendirikan sebuah perusahaan pendanaan bernama LightBank yang memiliki saham hampir di selusin perusahaan. Eric juga merupakan dosen pengajar di sebuah Universitas Chicago Booth School of Business. Eric menjual saham Groupon senilai 300 juta dolar AS namun masih memiliki saham sekitar 22% dan berencana akan Go Public tahun 2011 ini.

Dari informasi yang Saya sampaikan di atas ternyata kebanyakan orang-orang muda yang berhasil sukses dan kaya raya berasal di bidang teknologi informasi (TI). Bidang ini memang sangat cepat perubahannya yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang namun butuh keahlian khusus agar bisa sukses. Dibutuhkan ide-ide cemerlang ketika kita ingin membuat terobosan baru dalam berinovasi di bidang teknologi informasi. Dan hal ini tidak menutup kemungkinan masih banyak terdapat ide-ide brilian lainnya yang akan muncul dikemudian hari.

Dari paparan di atas bisa diambil hikmah bahwa segala sesuatu bisa saja terjadi dalam sekejap asalkan kita mau bekerja keras, fokus dan mau berinteraksi dengan banyak orang untuk memulai usaha Anda hingga mencapai hasil yang maksimal. Semoga tulisan ini menambah wawasan dan semangat Anda dalam berkarya.

Sumber data: majalah forbes

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis