Tips Cari Duit Pakai Blog

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh Yudhi
» Kategori: Bisnis, Internet, SEO & Afiliasi, Tutorial, Tips & Trik
» Telah 20.542 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 86 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

Saat ini aktivitas ngeblog sudah sedemikian memasyarakat di Indonesia. Salah satu kabar baiknya bahwa ngeblog adalah sebuah aspirasi pribadi yang cukup menunjang dengan cepatnya arus informasi tersebar secara luas. Piranti lunak untuk ngeblog-pun bisa ditemukan dengan mudah di Internet, sebut saja WordPress, Blogger, Live Journal, TypePad, Blogsome, IndoWeblog, DagDigDug, Blog.com, Bedeng.com, BlogDetik dan masih banyak lainnya.

Tata cara penggunannya-pun bermacam-macam cara, ada yang sudah ready tinggal pakai ada juga yang untuk lebih serius ngeblog menggunakan space hosting dan domain sendiri. Tips pada tulisan ini khusus untuk kamu yang pemula yang sedang belajar ngeblog sekaligus dapat digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar dari aktivitas ngeblog.

Buat kamu yang belum tahu cara bikin blog baca terlebih dahulu artikel saya mengenai cara Membuat Blog Pada Blogger, jika ingin membuat WordPress yang dipasang dengan domain dan hosting sendiri baca juga Cara Mudah Instalasi WordPress.

Optimalisasi Mesin Pencari

Mesin pencari merupakan kunci penting bahkan paling penting dari apapun yang perlu kamu pikirkan pertama kali. Biarpun blog kamu menggunakan WordPress.com ataupun Blogspot yang sudah terkenal namun kamu sama sekali tidak mengoptimalkannya maka akan sangat sulit untuk bisa di indeks oleh mesin pencari terkenal seperti Google, Yahoo, Ask dan Live Search Bing.

Perbanyak Konten

Jumlah konten menurut mendapat saya pribadi akan sangat baik apabila sangat banyak. Bagaimana tipe konten yang paling banyak dicari? apakah umum? spesifik (niche)?, berbahasa Indonesia ataupun Inggris?. Apabila Anda serius menggunakan blog untuk menghasilkan uang gunakanlah bahasa Inggris, kenapa? sudah jelas jawabannya adalah pembacanya tentu akan lebih banyak ketimbang bahasa Indonesia. Jika tidak memiliki kemampuan menulis yang baik dalam bahasa Inggris jangan khawatir karena banyak sekali program komputer untuk menterjemahkan tulisan-tulisan Anda kedalam bahasa Inggris.

Promosikan Sesering Mungkin

Ada beberapa jenis promosi yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

  • Promosi langsung ke search engine
    Cara ini banyak sekali ditawarkan oleh situs-situs di Internet yang tentu saja Anda harus selektif. Pertanyaan paling mendasar jika Anda menggunakan jasa mereka adalah sejauh mana hasil yang didapat dengan cara ini dan berapa biayanya. Apabila gratis mengapa mereka bisa memberikan layanan gratis ini. Sebaliknya apabila berbayar apa jaminan yang diberikan oleh perusahaan tersebut apabila blog kamu menjadi tidak menghasilkan apa-apa. Pengalaman saya pribadi cara ini hampir tidak pernah saya gunakan, mengapa? apakah karena tidak percaya? bukan tapi saya hanya kurang suka dengan banyak teknik yang ditawarkan seperti banjirnya e-mail seperti Spam setiap hari berupa tawaran-tawaran promosi yang membingungkan. Namun jika Anda menggunakan cara berbayar akan sedikit lebih baik ketimbang versi gratisnya. Karena banyaknya website sejenis ini silakan tanya “Mbah Google” dengan keyword “website submission”.
  • Promosi referal menggunakan website bookmarking
    Media bookmarking paling terkenal di Internet adalah Digg.com. Namun hanya akan berfungsi efektif apabila Anda menggunakan blog berbahasa Inggris. Beberapa situs sejenis yang bisa Anda gunakan khusus berbahasa Indonesia diantaranya adalah seperti yang digunakan SejutaBlog yaitu Infogue.com, LintasBerita.com. Percayalah bahwa trafik referal yang ramai akan membanjiri blog kamu dengan cepat.
  • Pasang Iklan pada mesin cari Google
    Pengalaman saya pribadi, menggunakan program periklanan dari Google yaitu AdWords sangatlah cepat mendapatkan trafik yang besar. Dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat pilihanmu maka akan sangat cepat sekali mendapatkan kunjungan melalui search engine. Namun jangan sekali-sekali gunakan AdWords apabila Anda tidak ingin trafik dengan gratis karena AdWords adalah tidak gratis. Namun jika beruntung Google biasanya akan memberikan sejumlah uang sebagai bonus untuk memacu kamu terus menggunakan layanan mereka.
  • Tinggalkan jejak pada blog lain
    Cara ini benar-benar gratis dan cukup efektif. Dengan memberikan komentar pada blog lain kamu bisa dipastikan akan mendapatkan aliran trafik secara khusus dari pengunjung blog lain tersebut, minimal adalah pemilik blog-nya pasti akan mengecek siapa sih yang berkomentar. Namun ingat jangan sekedar meninggalkan jejak yang tidak bertanggungjawab namun gunakanlah secara bijaksana.

Cara-cara lain bisa kamu temukan lebih mendalam melalu blog pribadi saya tentang tulisan Tips Ngeblog dan SEO untuk Pemula.

Pasang Iklan

Cara paling mudah untuk menghasilkan uang pakai blog adalah memasang iklan dari pemilik produk ataupun jasa yang bersedia membayar kamu apabila ada sebuah transaksi atas iklan tersebut. Berbagai metode pemasangan iklan memang cukup banyak, cara yang paling difavoritkan dan tergolong mudah adalah model PPC (pay per click).

PPC paling terkenal dan revolusioner adalah Google Adsense. Banyak sekali blogger Indonesia yang memasang iklan AdSense pada blog mereka. Iklan yang paling mudah mendapatkan earning (pendapatan) adalah jenis teks dibandingkan gambar. Ukuran favorit untuk iklan teks standarnya adalah 468×60 pixel, 300×250 pixel, 468×15 pixel. Masih ada beberapa ukuran iklan lainnya namun kamu tentunya perlu menyesuaikannya dengan desain blog kamu agar tampak rapi dan menarik perhatian untuk diklik. Blog kamu berbahasa Indonesia? gak perlu khawatir baca ini dulu maka kamu akan mendapatkan jawabannya.

Sebuah iklan yang bagus dan selalu diklik oleh pembaca umumnya berdesain sangat baik dan pengaturannya benar-benar dipikirkan secara matang. Blog sangat erat kaitannya dengan sebuah tulisan ataupun artikel, oleh karena itu sisipkanlah iklan teks pada artikelmu.

Tips Tingkat Lanjut

Pada bagian ini khusus bagi kamu yang memiliki kemampuan sedikit lebih dibanding blogger lain yang hanya ingin cepat-cepat menulis saja tanpa mau mengoptimalkan artikel-artikel yang sudah dipublikasikan.

  • filter iklan yang tidak kamu inginkan
    Cara ini sangat efektif untuk menyaring iklan-iklan berbiaya rendah yang tampil pada blog kamu. Bagaimana cara mengetahui harga sebuah iklan dari AdSense? Sebelumnya Anda harus belajar juga yang namanya Google AdWords. AdWords adalah sebuah program periklanan milik Google dimana kamu bisa beriklan disana dengan membayar biaya pemasangannya. Sebuah iklan memiliki tingkatan biaya apabila ingin ditampilkan secara bersaing atau biasa disebut dengan istilah CPC (Cost Per Click). Iklan dengan CPC biaya yang tinggi tentu saja akan lebih sering tampil ketimbang yang murah, nah disanalah Anda memfilter iklan berbiaya rendah tersebut agar tidak tampil pada blog kamu. Pelajari hal ini lebih mendalam melalui keanggotaanmu di Google AdWords.
  • Masukkan URL blog kamu ke search engine terkenal
    Cara ini cukup sekali saja kamu lakukan, berikut URL tempat mendaftarkannya:

  • Lakukan ping setiap kali ada artikel baru
    Ada ping ada pong, ping pong? yang memang seperti bermain bola ping pong. Jika Anda menuliskan sesuatu yang baru beritahukan segera kepada mesin cari. Bagaimana caranya? gampang, silakan downloadfile berikut ini yang isinya berupa daftar-daftar website/blog yang menerima ping kamu. Beberapa URL di bawah ini dapat kamu gunakan juga guna melakukan ping pada mesin cari terkenal, diantaranya:

    • Ping ke Google: http://www.google.com/webmasters/tools/ping? sitemap=http://www.YOUR-NAME.com/sitemap.gz
    • Ping ke Yahoo: http://search.yahooapis.com/SiteExplorerService/V1/updateNotification? appid=Yahoo&url=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml
    • Ping ke Moreover: http://api.moreover.com/ping? u=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml
    • Ping ke Live Search: http://webmaster.live.com/ping.aspx?siteMap=http://www.YOUR-DOMAIN.com
    • Ping ke Ask: http://submissions.ask.com/ping? sitemap=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml
      Jangan lupa untuk mengganti www.YOUR-DOMAIN.com dengan URL blog kamu.
  • Buatlah file peta situs blog kamu.
    Pastikan blog kamu telah memiliki sebuah file sitemap.xml pada folder root. Jika blog kamu menggunakan WordPress yang dihosting dengan domain sendiri silakan downloadsebuah plugin terbaik saat ini untuk membuatnya secara otomatis setiap kali kamu menuliskan artikel baru pada blog. Setelah kamu memiliki sebuah sitemap beritahukan minimal 3 mesin pencari terkenal di bawah ini:

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat dan selamat berjuang! :)

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


86 Komentar pada Tips Cari Duit Pakai Blog

  1. avatar info rambut mengatakan:

    thx bangett bermanfaat sekali infonyaa …

  2. avatar ijal mengatakan:

    bermanfaat gan…trima kasih :)

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis