Tips Menaikkan “Trafik” Pengunjung Web

Follow sejutablog on Twitter
Data Halaman Blog:
» Ditulis hari oleh romeoarjuna
» Kategori: Internet, SEO & Afiliasi
» Telah 5.032 kali dibaca
Topik Sejenis:
Berikan Komentar!
» Sudah ada 13 komentar
» Ayo berikan pendapat Kamu
» Komentar dalam RSS

gambar cantik sandra dewiSelamat, jika anda berkunjung ke halaman ini dengan keyword “menaikkan trafik pengunjung website”, walau sebenarnya tips ini ditulis untuk sekedar ‘tes case’ untuk target terindeks ke search engine baik google maupun yahoo dengan kata kunci sesuai dengan judul halaman ini. Kenapa tes case ini saya coba, soalnya saya termasuk ‘newbi’ bahkan bisa dikatakan awam untuk urusan per-seo-an, juga termasuk yang sedikit  stress mempunyai web sendiri yang minim pengunjung. Padahal sudah mencoba menerapkan cara pakar-pakar per-seo-an secara otodidak dan coba-coba tetapi masih banyak hal yang harus dipelajari dan dicoba trial dan error.

Seperti yang disarankan para pakar, untuk menaikkan pengunjung trafik, memang untuk cara yang lebih mudah dan efisien adalah mengoptimalkan “meta tag”, “meta keyword”, “meta content” agar lebih “friendly”  atau “ramah” ke mesin pencari yang menyebarkan “robot” atau “spider”nya. Tapi belum begitu paham juga implementasinya apakah “keyword”nya di ganti-ganti secara berkala atau dibiarkan saja apa adanya sesuai dengan kontent kita. Banyak tools/alat yang dipakai untukmembuat hal tersbut menjadi lebih mudah, bisa dicari lewat “search engine” juga mungkin dengan kata kunci/keyword “SEO Tools” atau “keyword maker”, coba anda tes sendiri dengan kata kunci yang lain. Dan cara tersebut walau dengan susah payah cari info sana-cari info sini googling, belum terlalu signifikan pula, mungkin ilmunya masih kurang jadi ada hal-hal yang terlewatkan.

Ada juga saran yang dari netter yang mengoptimalkan “judul” atau bisa jadi membuat “judul postingan” yang mengandung unsur kontroversial misalnya masalah SARA, judul yang mengadung unsur-unsur ‘pornografi’ tapi kok rasa-rasanya “kurang sreg” dan “ndak tega”, walau saya lihat kadang-kadang ada judul yang berbau pornografi hanya cuma trik untuk memancing pengunjung datang ke situsnya, setelah di datangi ternyata jauh banget dari judul yang di tulis, tertipu ni ye..

Yang sering saya coba tapi sangat melelahkan adalah memasukkan ke ‘mailinglist’ dan ‘iklan gratis’ yang tersebar seantoro jagat internet. Mailing List semacam yahoogroups ataupun google grups, tentunya kita harus punya akun di raksasa internet tersebut. Kadang-kadang hasilnya efektif, juga terkadang juga jauh dari yang diharapkan. Kita harus membuat ‘judul’ yang atraktif dan juga harus menarik pengunjung untuk datang ke website kita. Tapi minimal posting di mailing list dan iklan gratis bisa terindeks ke mesin pencari walaupun melalui media tersebut.

Kalau kita punya blog, yang juga sering disarankan adalah “blog walking”, berkunjung ke blog-blog dan meninggalkan jejak bisa melalui komentar, shoutbox ataupun buku tamu yang disediakan. Tetapi sebaiknya memang kita tetap menjaga etika, agar jangan terlalu vulgar meninggalkan pesan yang mengesankan “SPAM”, atau komentar yang kira-kira tidak ada hubungannya sama sekali dengan web yang bersangkutan, minimal kita meninggalkan pesan yang membangun dan kreatif. Bisa juga dengan mencari banyak “backlink” baik sesama “blogger” maupun “situs top list” yang juga tersebar di jagat maya, tetapi saya juga sempet melihat tulisan teman netter bahwa mengandalkan backlink dari topsite/toplist adalah sia-sia. Tetapi bisa dicoba mencari toplist/topsite yang sekaligus juga bisa mencatat “statistik” pengunjung website kita.
Yang lagi ramai dibicarakan sekrang adalah mencari “backlink” atau trafik ke “social bookmarking” seperti digg, mixx,diigo dan sebagainya, baik dari dalam maupun luar negeri. Anda bisa coba-coba dan konsisten anda kerjakan.

Dari berbagai cara-cara diatas, menurut saya yang paling mudah kita jalankan adalah :

  1. Teruslah konsisten menulis yang anda senangi, dan dengan gaya bahasa kita sendiri,  bukan “copy paste” dari website lain. Kalu bisa satu hari satu posting lebih bagus, daripada 5 posting perhari tetapi baru di update lagi satu bulan kemudian.
  2. Pilih tema yang menarik, mungkin bisa mengambil “tema” yang sedang “in” pada minggu ini. Ada saran dari teman pilihlah tema yang “long term” yang sifatnya jangka panjang lebih banyak, daripada tema yang “short term” atau tema jangka pendek, seperti berita saat ini atau bisa dikatakan tema yang cepat basi. Kalau tema yang “long term” atau jangka panjang, ada kemungkinan akan dicari orang lagi melalui “search engine”. Tema yang tidak mudah basi seperti tentang kesehatan, atau tema yang lain misalnya  semacam “tips tentang sesuatu”.
  3. paling enak adalah menulis untuk menceritakan pengalaman Anda pribadi, pasti lebih mudah menulisnya, awalnya memang susah dan sulit tetapi seiring dengan waktu, akan membuat kita jauh lebih baik lagi
  4. Usahakan ada ilustrasi berupa gambar di setiap postingan tulisan-tulisan anda, ada ilustrasi atau gambar akan lebih menarik pembaca daripada tidak sama sekali.
  5. Cobalah dari sekarang :)

Oh ya, gambar sandra dewi diatas juga bagian dari “test case” untuk terindeks ke search engine, anda pasti juga lebih seneng khan ditemani wanita cantik ketika membaca tulisan sederhana ini dan juga sapa tahu ada yang nyari gambar sandra dewi, bisa nyasar ke halaman ini..i hope..mudah-mudahan..

Good luck and Happy Blogging

Jika kamu suka dengan tulisan ini silakan Berikan Pendapatmu!. Pantau terus perubahan dan lanjutan dari halaman blog ini dengan cara Berlangganan RSS.


13 Komentar pada Tips Menaikkan “Trafik” Pengunjung Web

  1. avatar xandar mengatakan:

    wah,suatu terobosan yang cukup bagus dan perlu coba soalnya backlink sana sini blm ada hasil,thx infonya mas

  2. avatar Mario Fabianus mengatakan:

    Yg tips pasang gambar artis oke banget ya. :)
    Thanks tips nya keren..

    Salam Sukses,
    Mario. Pemilik http://7alert.blogspot.com

  3. […] ada postingan mengenai lowongan CPNS. Mudah-mudahan bisa dijadikan inspirasi untuk menaikkan jumlah pengunjung disamping juga dari situs iklan yang bisa kita coba. Telah diberitakan di surat kabar bahwa […]

  4. avatar cerpen mengatakan:

    cuma test? tapi buktinya ketemu di search engine.

    saya yang newbie ini sebenernya masih bingung dengan yang namanya seo. ajarin lebih detail dunk!

    oiya, gimana caranya cari tahu jumlah pengunjung blog orang laen ya?? ada toolsnya ngga? kalo bisa yang kelihatan data perbulannya…

    buat yang mw bantu comment di http://ochanlove.blogspot.com ya…

  5. avatar iman mengatakan:

    wah bener bgt tuh mas.. emank daripada pusing2 mikirin seo mending kita ngeblog aj secara konsisten dan sesuai dengan bidang kita…
    oia, klo bisa mampir ke blog saya ya.. masih baru banget..
    hijau-untuk-bumi.blogspot.com

  6. avatar anawia mengatakan:

    wah bener juga tuh.
    kemarin saya nulis tentang cara dapat backlink http://www.anawia.co.cc/2009/03/menciptakan-raksasa-backlink.html tapi kurang ada respon. mungkin karena ribet kali yah.
    tolong komentarnya

  7. avatar isaalmansyur mengatakan:

    postingan yang menarik

  8. avatar kencus mengatakan:

    bagus2 boleh di coba nih

  9. avatar quinta mengatakan:

    thanks for tips – nya, aq coba, mungkin belajar dari nulis pendapat dan pengalamn pribadi yah

  10. avatar Yandri mengatakan:

    Thanks Komentar nya bos……

  11. avatar Pebisnis mengatakan:

    Waaaaaaahhhh belum ngerti nih… biar muncul di top rank gemana ya… ada yang lebih praktis ga? semua artikel ga pinter ngejelasin. anggap semua pembaca kalian gaptek dong,,,, so detil nya kalian cerritakan juga… hmmm… but thanks… bantu kami promosi blog bisnis kami yaw

  12. avatar cyber komputer mengatakan:

    dapet ilmu baru lagi disini…..***cari tema yang bersifat jangka panjang***
    thanks sharenya boss…^_^

  13. avatar na mengatakan:

    semua syarat sudah dipenuhi, summit blok derektori, facebook.twitter, komentar blok tetangga…dah beli domain..he2 tunggu nasip aja lagi…. bravo gan

Berikan Komentar

 

SejutaLagu
Permainan Game Online Gratis