Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Pengantar Jaringan Komputer - LAN


    Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, maka pengolahan data yang semula saling terpisah (stand alone) antar unit komputer sekarang dapat saling dihubungkan melalui suatu sistem jaringan komputer (komputer network). Bila komputer yang saling berhubungan berada dalam satu lokasi yang sama maka disebut Local Area Network (LAN). Namun jika banyak terdapat LAN yang terpisah dibeberapa tempat yang secara geografis cukup jauh dan saling berhubungan disebut juga jaringan namun cakupannya lebih luas, atau disebut dengan Wide Area Network (WAN).

    Konsep Dasar Jaringan


    Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources).

    Sistem pemasangan jaringan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

    1. Jaringan Terpusat
      Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut Server. Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation.

    2. Jaringan Peer-to-Peer
      Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfugsi sebagai server individu.

    Pemanfaatan Jaringan Komputer


    Pembentukan sebuah jaringan komputer sangan erat dengan manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya jaringan tersebut.

    1. Bagi pakai (sharing) peralatan (resources)
      Dengan adanya jaringan komputer, maka pemakain beberapa peralatan komputer seperti printer, hard disk, disket, scanner, CD-ROM dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan yang terpasang tersebut.

    2. Bagi pakai software
      Hampir dalam setiap organisasi, kemampuan dalam melakukan bagi pakai berkas atau file data diperlukan setiap hari. Beberapa tipe software PC, khususnya program manajemen basis data atau database, didesain disamping agar bisa dipakai oleh satu pemakai, juga dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang bersamaan. Atau dengan kata lain, untuk mengakses dan meng-update file-file tadi. Paket yang lain, seperti program pengolah data (word processor) dan spreadsheet, kebanyakan didesaian hanya untuk satu pemakai yang dapat meng-update file.

    3. Komunikasi
      Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon.

    4. Pemrosesan terpusat (terdistribusi)
      Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya.

    5. Keamanan data
      Keamanan data dapat diatur oleh supervisor (administrator) dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.

    6. Akses internet bersama-sama
      Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.

    Komponen Perangkat Keras


    Tidak peduli apakah anda sudah memiliki sebuah network atau berniat menginstalasi network baru, anda perlu mengetahui komponen-komponen perangkat keras yang digunakan.

    Server




    Komputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Server menyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Ada dua buah jenis server, yaitu :

    • Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.

    • Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.

    Dari fungsinya, server dapat digunakan :

    • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk-nya

    • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation

    • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama

    • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network

    • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk pada workstation

    • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

    Workstation




    Komputer yang terhubung ke server dan dapat mengakses data dari server. Workstation menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari network yang ada. Pada kenyataannya workstation digunakan oleh pemakai secara langsung.

    Network Interface Card (NIC)




    NIC atau adapter network adalah sebuah komputer hardware yang mutlak dibutuhkan jika kita menginginkan merakit jaringan komputer menggunakan media penghubung kabel. NIC berfungsi menghubungkan server ke sistem pengkabelan network. Berdasarkan tipe slot pada motherboard dibedakan menjadi dua jenis:

    • Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang)

    • Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)

    Switch/Hub (Concentrator/Repeater)




    Sistem pengkabelan yang paling populer untuk Network Ethernet menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) atau kabel terpilin yang terbuka dengan konektor yang mirip dengan konektor telepon. Ini disebut dengan 10BaseT. Untuk setiap adapter network pada setiap server atau workstation, salah satu dari kabel-kabel ini berhubungan ke Hub/Switch atau pusat pengkabelan.

    Bridge, Router Dan Gateway




    Bridge berfungsi menghubungkan dua network dengan mentransfer data diantara network tersebut. Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ring dengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridge mampu mengurangi lalu lintas dengan hanya mengirimkan data yang benar-benar diniatkan untuk komputer tujuan. Bridge pintar (intelligent bridge) bisa berbuat lebih baik lagi dengan menyaring atau hanya mengirimkan paket-paket tertentu ke tujuan.

    Uninterrutible Power Supply (UPS)




    Sudah jelas UPS tidak hanya digunakan oleh network. Anda bisa juga menggunakannya pada setiap alat yang membutuhkan aliran listrik alternatif. UPS adalah alat yang sangat penting bagi perusahaan yang menggunakan komputer untuk produktifitasnya dan tidak ingin kehilangan data atau waktu kerja pegawai. Pada setiap keadaan yang bisa dibayangkan, melalui UPS adalah investasi yang menguntungkan untuk setiap workstation, hub, dan server pada network.

    Printer Dan Peripheral Lain




    Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server.
    Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.n

    Author : Yudhi

    131 comments:

    1. tulisannya bagus, wawasan saya jadi bertambah tentang jaringan. thank's

      ReplyDelete
    2. Terima kasih mas Koko, doakan saja mudah2an saya bisa meneruskan tulisan ini dengan lanjutannya. Oh ya itu link ke blogspot nya kayaknya salah deh, tapi saya udah minta admin untuk edit biar bener. :)

      ReplyDelete
    3. Tulisan buat pemula seperti saya yang cukup baik, mudah2an bisa diteruskan dengan tulisan tingkat lanjutnya ya bos? pls...butuh nih buat skripsi

      ReplyDelete
    4. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    5. Pertemuan Kedua (minggu 1) - Pengantar Jaringan Komputer « Kelas TIK SMU Nusantara5 August 2008 at 06:21

      [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ Sebuah artikel yang bagus sekali untuk dibaca bagi pemula [...]

      ReplyDelete
    6. asallamualaikum boleh kan saya sedikit untuk bekenalan? saya sangat gembira karena apa yang saya cari ternyata ada di sini! dan pengetahuan saya bertambah thank'

      ReplyDelete
    7. [...] Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat. Komputer, LAN, NIC, PC, Printer, Router, Scanner, Server, Workstation | Komputer & Teknologi Informasi | Sudah ada 7 Komentar [...]

      ReplyDelete
    8. Pengkabelan « Degan65’s Weblog19 September 2008 at 03:45

      [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    9. artikelnya lumayan menarik dan sangat bagus khususnya bagi yang berminat untuk mendalami sistem jaringan

      ReplyDelete
    10. pu'ik cute abiez28 October 2008 at 03:54

      assalamu'alaikum bozZ.. ..eH, oM gAmBaRnYa kU' KrNg MeNarIk???????????? TaPi mKcH d@h bN tU Q NgrJAin tGas!!!! Wassalamu'aLAikum bOzZ

      ReplyDelete
    11. @pu'ik cute abiez
      Gambar yg menarik itu kayak apa ya ? ;)) soalnya dari dulu gambar router, switch, ethernet gitu2 aja. Cuma printer dan ups yang bentuknya keren2 zaman sekarang dan itu luarnya doang, kalo jeroan-nya sih sama aja :D

      ReplyDelete
    12. tulisannya memberikan ilmu baru bagi saya. thanka ya...

      ReplyDelete
    13. GAMBARNYA BAGUS kAYA ANAK-AnAK TK.......................................

      ReplyDelete
    14. thanks yah dah mnambah ilmu saya ..dan gambarnya bagus bgt

      ReplyDelete
    15. Artikelnya it's Good. Friend bs kirim artikelnya yg lengkap mulai dari rakit jaringan komputernya ??????? kirim ke cuekajekali@yahoo.com ditunggu yah !!!!! trims

      ReplyDelete
    16. @rio irawan
      Mohon maaf saya blom bisa membantu keinginan Anda, harap maklum

      ReplyDelete
    17. he...he...., siiip tutorialnya

      ReplyDelete
    18. super banget tulisannya
      ini tulisan yang lagi gue cari
      thx berat yah
      jangan lupa mampir juga ke blogku kalo sempet di

      http://www.netanielgiovanni.blogspot.com

      ReplyDelete
    19. ok juga.. tapi saya rasa kurang lengkap deh,,, di lengkapi lagi ya

      ReplyDelete
    20. Salam Kenal Mas Yudi. Makasih nech untuk tulisannya. Tinggal di mana?
      Saya ingin sharing tentng bisnis online. Kayaknya Mas Yudhi pakar nech.

      ReplyDelete
    21. @kangabet
      Salam kenal jg kang, saya di Jogja. Kalo mau ngobrol silakan add YM ID saya: yudhitech. Kalo pakar sih cuma kayaknya aja itu... :)

      ReplyDelete
    22. [...] Pengantar Jaringan Komputer - LAN Sumber : http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ [...]

      ReplyDelete
    23. Izin jadikan sebagai sumber postingan..!!

      ReplyDelete
    24. thank"s ya atas informasinya, informasi yang aku butuhkan udah ketemu di sini. and tolong sampaikan salam buat sahabat aku di solo.key...............

      ReplyDelete
    25. 5xci z,,,,,,,,,,,,,,,,,??wt informasinya yang 5xin len9kap,slm knl ja y9 bc tulsn Q,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

      ReplyDelete
    26. Artikel yang menarik, kunjungi situsku yah, Tanks :)

      ReplyDelete
    27. tanks buat smuanya... aq bisa blajar lewat sini

      ReplyDelete
    28. saya sangat ingin bergabung di forum technology jaringan komputer
      mohon dibantu...

      ReplyDelete
    29. THX YA,,isi-a lmyan,krn ini aq bs siapin tgas aq tnpa ad psing,,

      ReplyDelete
    30. ADA BANYAK PENGETAHUAN YG BNYK DI SERAP. TAPI SAYA MASIH BINGUNG TTG TCP/IP, SUBNET TERUTAMA DENGAN ANGKA2 NYA

      ReplyDelete
    31. makasih atas ilmu yang diberikan lewat blog anda ini

      ReplyDelete
    32. Alhamdulillah ....tulisan ini sangat membantu bagi para pemula seperti saya .Semoga saja tulisan ini banyak berkahnya......

      ReplyDelete
    33. waduuh bwt mas koko top dech!!!

      ReplyDelete
    34. setelah saya baca artikel anda jadi nambah pengetahuan

      ReplyDelete
    35. asik tuh,,
      keren lah
      bantu gua banget
      maksih ya...
      lain kali tambah lagi yaa
      buat murid smk klas 2 kayk gua,,,ni tu ngbntu bagt deh

      ReplyDelete
    36. you`re so clever

      ReplyDelete
    37. ya ya ya, sekarang ku jadi nambah wawasan, terutama tentang jaringan

      ReplyDelete
    38. Oke.. Sip banget deh................

      ReplyDelete
    39. Muoooooow......!!! Okey bgt

      ReplyDelete
    40. saya minta program dengan menggunakan komputer soal + jawabanya

      ReplyDelete
    41. bagus nih... buat nambahin ilmu gw tentang jaringan..

      ReplyDelete
    42. Wah alhamdulillah nich jadi nambah wawasan.

      ReplyDelete
    43. cukup menarik dan dapat menambah wawasan tentang jaringan. ada satu permasalahan yang saya hadapi, saya coba-coba menyering 2 buah komputer dengan salah satu komputer berfungsi sebagai server, pada saat di ping masing-masing komputer bisa membaca IP tetapi pada saat akan dikonekkan data base tidak terbaca, apa ada saran boss.
      terima kasih

      ReplyDelete
    44. SYUKRIADI MOHAMMAD NOOR21 March 2009 at 03:21

      Artikel yang bagus, dan saat bermanfaat...!!

      dan terimakasih, telah berbagi ilmu...

      ReplyDelete
    45. masih kurang lengkap negh

      ReplyDelete
    46. assalamualaikum? matur suwun''kulo nambah pengetahuan maneh. nuwun sewu

      ReplyDelete
    47. KONEK NYA LAMA BANGET

      ReplyDelete
    48. aku bisanambah ilmu tentang jaringan........
      kalok ada lengkapi........
      key.......

      ReplyDelete
    49. thx coz mau berbagi ilmu...

      ReplyDelete
    50. bagus tp kurang detail... kalo yg masalah e1& jaringan telkom data gimana ya?? thanks

      ReplyDelete
    51. @mona
      Seperti judulnya ini hanya artikel pengantar jadi gak mungkin di kasih detail. Yang dimaksud jaringan data telkom itu apa? topologinya? bentuknya? softwarenya atau apanya?. Sekali lagi artikel ini hanya basic saja dan terbatas pada hal2 yg mendasar bukan advance serta tanpa contoh.

      ReplyDelete
    52. bagus banget tutornya thank's

      ReplyDelete
    53. tulisan bagus, dan pengalaman dari baca artikel anda

      ReplyDelete
    54. thank's ya.... buat artikelnya....

      klo bsa krimin ke email ku doonk please......

      ReplyDelete
    55. kalo bs di tambah lagi mas pembahasan nya,,tapi ne dah membantu banget..thank ya

      ReplyDelete
    56. Artikelnya bagus juga untuk kelas pemula seperti saya ini,tapi alangkah baiknya ditambah dengan software pendukung network serta sistem securitynya.....
      thanks yahh.

      ReplyDelete
    57. bagus & sangat bermakna buat q

      ReplyDelete
    58. BLOGGER IT BUKITTINGGI» Blog Archive » Jaringan Komputer - LAN19 June 2009 at 05:52

      [...] Pengantar Jaringan Komputer - LAN [...]

      ReplyDelete
    59. Mekrin Tapatab22 June 2009 at 14:23

      kasih materi yang lengkap dong....materi tentang linux firewalling.
      Thank before......!!!!!!!!!

      ReplyDelete
    60. kunjungi bloggku jg dung ihu4ever.wordpres.com

      ReplyDelete
    61. thank's buanget artikelnya...
      tp lebih bagusnya kalau di tambah lagi...

      ReplyDelete
    62. Artikelnya bagus juga untuk kelas pemula seperti saya ini,tapi alangkah baiknya ditambah dengan software pendukung network serta sistem securitynya…..
      thanks yahh.

      ReplyDelete
    63. Bisnis internet3 July 2009 at 05:56

      wah postingannya sangat bermanfaat sekali..
      jadi nambah ilmu deh..

      OWH YA BAGI KALIAN YANG SANGAT INGIN MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN SILAHKAN KUNJUNGI LINK SAYA..
      HANYA DENGAN RP60.000 anda bisa mendapatkan sistem untuk mendapatkan uang..
      GARANSI 100% jika GAGAL!!!

      ReplyDelete
    64. [...] Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ring dengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridge mampu mengurangi lalu lintas dengan [...]

      ReplyDelete
    65. nice post bro ...enak bacanya ...keep on updating ...

      ReplyDelete
    66. beli sukun lewat kantor pos..
      maturnuwun boss...
      ono tamu numpak sepur..
      nyebar ilmu nambah sedulur...
      he...he... betul..?

      ReplyDelete
    67. Nama-nama perangkat keras komputer emang buanyak dan aneh2. tapi kalo disertai gambar kayak tulisan ini jadinya lebih mudeng. nyakutnya di otak jadi lebih mudah.

      Matur Nuwun!!!!!

      ReplyDelete
    68. Pengantar Jaringan Komputer « Setyotuhu's Blog18 July 2009 at 20:49

      [...] unit komputer sekarang dapat saling dihubungkan melalui suatu sistem jaringan komputer (komputer network). Bila komputer yang saling berhubungan berada dalam satu lokasi yang sama maka disebut Local Area [...]

      ReplyDelete
    69. bikin web murah2 August 2009 at 11:07

      wah jatuh cinta ma blog ini... articlenya keren2..

      bookmark

      ReplyDelete
    70. bagus bngt y2 trims u dh mw bntu aq,kpn2 maen ya

      ReplyDelete
    71. Wow luar biasa postingannya, sangat bermanfaat. lain kali saya akan berkunjung lagi salam kenal, numpang promosi kang...

      BISNIS TERPERCAYA TANPA AJAK ORANG, TANPA JUALAN PRODUK anda hanya daftar duduk diam tunggu akhir bulan UNTUK dapat KOMISI(gaji) wajib bulanan. asal jadi anggota kita sudah pasti dpt komisi bulanan untuk satu ID 8jt dlm kurang dari 7 bln. komisi tersebut DARI PEMBAGIAN PROFIT PERUSAHAAN, jumlah ID BEBAS terserah kita. bisnis ini hanya dlm kurang dari 8 BLN mampu mengumpulkan member 40 ribu lebih (FANTASTIS...), itu karena bisnis ini terbukti JUJUR DAN LEGAL. segera lakukan pendaftran atas nama saya JULMAN. saya akan berikan cashback 20rb dari bonus sponsor saya ke anda ditambah Link Download TV Online + Panduan Bisnis Online lainnya. jgn lupa sms konfirmasi bank dan ID anda setelah keanggotaan anda aktive sms ke 02292332596 (CASH BACK TERBATAS). Buka dan daftar di http://offto.net/tanamduit

      ReplyDelete
    72. muantap bro...

      ReplyDelete
    73. Terima kasih buat para komentator, sukses buat Anda semua :)

      ReplyDelete
    74. matursuwun, ya mas......
      artikelnya bagus.....

      ReplyDelete
    75. terima kasih mas aTas pengertian tNtang jarKOm.
      pResentasi saYa jd suKses,terima kaSih baNyak.

      ReplyDelete
    76. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    77. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    78. maksih ya...


      wacana nya bagus...

      ReplyDelete
    79. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    80. Makassar-Net.Com adalah toko online Makassar yang melayani penjualan produk-produk jaringan komputer kabel/ wire maupun wireless wifi. Selain itu, Makassar-Net.Com juga menawarkan jasa instalasi jaringan wire dan wireless wifi seperti cafe hotspot, warkop hotspot, rumah, kantor, sekoklah, rt/rw-net, warnet, game centre, point to point, antar gedung, dll dengan tenaga yang terampil dan profesional di bidang network computer.

      ReplyDelete
    81. thanx infonya, buat makalah nih hehehe
      makasih

      ReplyDelete
    82. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    83. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    84. Thanks Very much,Mister Yudhi, Atas tuisannya,anak didik saya sangat terbantu.

      Saya terusterang aja,bukan dari golongan IT,saya diperbantukan disekolah,karena Hobby Saya di Bidang IT.

      Saya sekarang ingin mendalami Bidang Jaringan LAN ini.....semoga tulisan anda dapat membantu Saya juga membantu anak didik saya.....kedepannya.......

      Thanks sekali lagi.............

      ReplyDelete
    85. @iwa

      Sama2 pak, senang rasanya jika tulisan ini bisa bermanfaat buat Anda

      ReplyDelete
    86. thX y pak ats tulisannya, sangat membantu saya dlm belajar jaringan, soalnya saya sring ksulitan untuk memecahkan masalah tbs, kan sya scul d SMK n ngambil jurusan TKJ, jadi tulisan bpk sangat membantu saya dalam belajar. makasi bapak,,,,,

      ReplyDelete
    87. kabel dan arsitektur jaringan komputer « tekhnik komputer dan informatika5 February 2010 at 11:40

      [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    88. KomunitasCikarang6 March 2010 at 23:48

      ini bagus bro...padat, jelas dan singkat

      ReplyDelete
    89. mantap tulisanX..trus wawasan saya bertambah.dan prnetahuan saya?

      ReplyDelete
    90. [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ [...]

      ReplyDelete
    91. Jaringan Komputer15 April 2010 at 01:35

      wah, makasih ilmunya...
      sangat membantu saya dalam belajar jaringan. terima kasih....

      ReplyDelete
    92. [...] HTML, JAringan, JArKOM, Knowledge, LAN, programming, sejarah linux, setting, windows Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer [...]

      ReplyDelete
    93. Ada dua buah jenis server, yaitu :

      * Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.
      * Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
      Berarti server menjadi workstation hanya pada sistem operasi tertentu......

      ReplyDelete
    94. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    95. Dear Pah Yudhi

      Tulisan bapak mengenai JarKom membantu saya dalam belajar jaringan, soalnya saya awam akan hal ini dan baru mulai belajar.

      Salam, Mia

      ReplyDelete
    96. Dear Pak Yudhi

      Tulisan bapak mengenai JarKom membantu saya dalam belajar jaringan, soalnya saya awam akan hal ini dan baru mulai belajar.

      Salam, Mia

      ReplyDelete
    97. Benri Albertus11 June 2010 at 09:54

      saya benri albertus mengucapkan terima kasaih atas paparan saudara tentang pengantar jaringan komputer. saya berharap kedepannya dibahas lagi mengenai internet protokol versus 4 (IPv4) yang akan diganti denganinternet protokol versus 6 IPv6. semoga saran saya bisa diterima dan bisa dipaparka secara mendetail.terimakasih atas perhatiaannya.

      ReplyDelete
    98. Terima kasih mas Yudhi, blognya sangat bermanfaat sekali karena disertai dengan contoh gambar,, terutama bagi saya yang masih awam tentang konsep jaringan.

      ReplyDelete
    99. terima kasih pak,,,,,ilmunya sangat bermanfaat terutama bagi saya yang masih belajar tentang jaringan.

      ReplyDelete
    100. Materinya bagus... ada gambarnya. Terima kasih


      Silahkan kunjungi web kami tentang pendidikan :
      http://www.unand.ac.id/arsipua

      ReplyDelete
    101. Mengenal Kabel LAN - Penegak Islam28 June 2010 at 10:17

      [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    102. ckep.....................ckep..........informasinya lengkap....

      ReplyDelete
    103. ijin menyimak dan meng "KOPAS".....

      ReplyDelete
    104. artikelnya bagus. kata"nya mudah dimengerti. tapi tambahin donk artikel jaringannya yua.....

      ReplyDelete
    105. tambah wawasan tentang jaringan komputer bg saya nih, liat jg artikel jaringan komputer di blog saya...

      ReplyDelete
    106. Kerja Dari Rumah7 April 2011 at 07:30

      ini bagus bro…padat, jelas dan singkat
      Terima kasih

      ReplyDelete
    107. Kerja Dari Rumah7 April 2011 at 07:32

      ini bagus bro…wawasan saya semakin banyak
      Terima kasih sekali

      ReplyDelete
    108. Salam publisher. Hari ini saya sumbang satu klik untuk adsense anda, gantian dong klik adsense saya di www.grandfree.co.cc
      Ayo para netter indonesia saling klik adsense biar publisher Indonesia jadi kaya semua.
      trimsss..

      ReplyDelete
    109. Makasih mas infonya, cukup jelas dan lengkap sangat bermanfaat buat referensi...

      ReplyDelete
    110. Sumardi » Kabel dan Arsitektur Jaringan Komputer6 July 2011 at 11:54

      [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    111. nyari ciri2 jaringan komputer dimana ???

      ReplyDelete
    112. [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#axzz1afSCgQvf [...]

      ReplyDelete
    113. Lumayan nih nambah-nambah pengetahuan jaringan komputer LAN

      ReplyDelete
    114. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

      ReplyDelete
    115. Wah tugas bisa buat bahan kuliah jarinagan ini. trims

      ReplyDelete
    116. [...] Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1pQmFexzP [...]

      ReplyDelete
    117. terimakasih ya infonya.,.., jangan lupa mampir kesini juga ya : http://candra.unsri.ac.id/

      ReplyDelete
    118. A complete guideline tentang komputer jaringan. Sebagai acuan lain anda bisa lihat juga disni Tutorial jaringan komputer lengkap

      ReplyDelete
    119. info menarik..blog nya rame nih bagus..bagus..gue punya ebook bagus mengenai jaringan

      ReplyDelete
    120. info menarik..blog nya rame nih bagus..bagus..gue punya ebook bagus mengenai jaringan tentang dasar-dasar clear os

      ReplyDelete
    121. [...] Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1thlOW46F Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

      ReplyDelete
    122. Jaringan Komputer | deniindah78217 October 2012 at 01:14

      [...] yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat. Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz2ivZKgepJ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. This entry was posted in [...]

      ReplyDelete
    123. Wow informasinya menarik sekali, terimakasih udah berbagi. Saya suka jaringan tapi masih belum mahir

      ReplyDelete
    124. wah bermanfaat banget infonya , tp saya masih belajar2 tentang jaringan heheh

      ReplyDelete
    125. […] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1fv6aQI4y […]

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728