Facebook

header ads

Meraup Dollar Pakai Affiliate

Bagi Anda yang telah biasa mencari keuntungan dari Internet menggunakan Affiliate tentunya tulisan ini sudah tidak asing, namun bagi yang baru pertama kali tahu dan ingin belajar maka disini saya akan memberikan panduannya.

Apa itu Affiliate Marketing?


Affiliate Marketing bisa disamaartikan dengan Internet Marketing, mengapa Internet? karena kegiatan ini dilakukan melalui media global Internet. Marketing memiliki makna penjualan/order/transaksi dan lain sebagainya yang pada intinya adalah aktivitas jual-beli barang maupun jasa.

Aktivitas ini adalah bertemunya si pemilik barang/jasa biasanya disebut Merchant dengan si penjual barang/jasa tersebut. Program afiliasi paling tua dan pertama kali diperkenalkan oleh Amazon yang saat itu tahun 1996 hanya berjualan buku-buku saja tidak seperti sekarang yang memiliki berbagai macam barang. Amazon mencari peluang bagaimana caranya menemukan pola yang cepat untuk menjual seluruh buku-bukunya, maka didapatlah metode affiliate atau bisa juga kita sebut afiliasi.

Yang paling menyenangkan dari kegiatan jual-beli ini adalah:

  • Keuntungan yang tak terbatas dari sisi waktu, banyak Merchant yang memberikan keuntungan tidak ada batasan waktunya, sampai kapanpun selama Anda masih bergabung dengan program afiliasi tersebut maka Anda akan selalu berhak atas keuntungan yang diperoleh.

  • Gratis, inilah salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba. Pengalaman saya memberikan bukti bahwa semua program afliasi yang ada di Internet dapat kita ikuti secara cuma-cuma tanpa dibebankan biaya sepeserpun.

Model afiliasi bisa digambarkan secara sederhana dalam gambar di bawah ini:




Penjelasan Singkat gambar di atas

Pemilik barang mengeluarkan kebijakan untuk menjual barang-barangnya melalui afiliasi dengan siapapun yang ingin mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil atas jerih payahnya ikut menjualkan.

Penjual dalam hal ini bisa siapapun, saya maupun Anda biasanya memiliki sebuah atau lebih website untuk menawarkan kepada konsumen dengan kriteria yang sejenis/sama. Misal Anda memiliki website tentang referensi atau artikel-artikel pendidikan komputer, maka Anda punya peluang untuk dapat ikut program afiliasinya Amazon untuk ikut mendapatkan keuntungan apabila buku tersebut terjual.

Apabila terjadi transaksi yang sah maka Anda sebagai penjual berhak mendapatkan keuntungan yang besarnya sudah ditetapkan oleh Merchant. Umumnya keuntungan yang Anda peroleh bersifat akumulasi yaitu harus mencapai sarat yang cukup seperti kuantitas dan besaran nilainya. Setelah mencapai target yang telah ditetapkan maka Merchant akan mengirimkan keuntungan berupa uang ke rekening Anda di bank, dikirim pakai Check, Jasa Paypal dan banyak lainnya.

Apa Sarat Ikut Program Afiliasi?


Beberapa sarat utama tentunya ada, yaitu:

  1. Wajib bergabung dengan Merchant yang Anda sukai dan wajib ikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh mereka.

  2. Memiliki kemampuan menjual karena tidak semua orang mampu dengan baik melakukan penjualan apalagi medianya adalah maya seperti Internet. Jangan anggap enteng besaran nilai transaksi yang ada di Internet, Anda akan terkagum-kagum mendengar bahwa nilainya mencapai milyaran rupiah perbulan.

  3. Website, sarat ini sebenernya tidak wajib selalu Anda butuhkan, namun dengan memiliki website Anda akan lebih berkuasa dan sukses dibanding tidak memilikinya

  4. Promosi berkala, ini bagian terpenting dari proses jual-beli. Tentukan cara paling tepat bagaimana caranya Anda menemukan pola penjualan yang terbaik sesuai dengan produk yang Anda pilih.

Lebih Jauh dengan Program Afiliasi

Jeleknya (baca=sial) kita sebagai orang Indonesia tidak banyak menemukan perusahaan yang terjun sebagai Merchant, pada umumnya mereka hanya pada taraf menjadikan kita sebagai reseller. Maka saran terbaik saya adalah ikutlah dengan program afiliasi yang berorientasi jelas dan lihatlah siapa dibalik nama produk tersebut dengan kata lain pilihlah Merchant dari luar Indonesia terutama Amerika, Kanada, Australia dan Inggris.

Anda tentunya sudah tahu nama-nama besar seperti pembuat perangkat komputer seperti Hewlett-Packard, Dell, juga seperti Amazon yang menjual berbagai produk selain buku, lalu beberapa bisnis utama di internet yaitu jasa web hosting dan penjualan domain bisa menjadi incaran untuk Anda ikuti.

Yang terpenting adalah Anda wajib selektif memilih program afiliasi karena tidak semua produk akan laku dipasaran Internet. Biasanya yang baik dan cukup laris dipasarkan adalah produk-produk yang berhubungan dengan komputer, internet, kesehatan, buku, musik dan lainnya. Namun pastikan kembali Anda telah mengenalnya dengan baik dengan cara mencari website yang akan mengajarkan pada Anda cara memilih program afiliasi. Buat Anda yang ingin mengenal istilah Internet Marketing bisa membacanya terlebih dahulu disini, untuk mengetahui beberapa program yang baik untuk dijadikan mitra Anda coba kunjungi website yang satu ini.

Tulisan ini hanya akan sedikit memacu Anda khususnya pemula yang ingin mencoba meraup dollar dari Internet dengan cara yang cukup mudah dibayangkan namun sulit dikerjakan :D. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba karena sudah cukup banyak orang Indonesia yang telah berhasil melakukan ini bahkan sudah menjadikan afiliasi sebagai sumber penghasilannya.

Author : Yudhi

Posting Komentar

15 Komentar

  1. [...] lebih luas dan lebih banyak pendapatan akan dihasilkan. Referensi lain yang bisa kamu baca adalah bagaimana caranya meraup dollar melalui program afiliasi. Langganan RSS via Email Apa [...]

    BalasHapus
  2. thanks lo untuk info nya..sekarang aja lagi gw coba nih...wish me luck ya...

    BalasHapus
  3. hallo pak ada info affiliate apa yg bagus untuk di jalankan.

    BalasHapus
  4. Mungkin sudah banyak jg yg tau, gabung dgn:
    - CJ http://www.cj.com
    - LinkShare http://www.linkshare.com
    - Share a Sale http://www.shareasale.com
    - MarketHealth http://www.markethealth.com

    Sebenarnya masih banyak lagi yg lain, mungki ada yg mau tambahkan?

    BalasHapus
  5. trimakasih pak infonya, saya barusan belajar nih jadi perlu banyak bimbingan tentang affiliate dan saya mulai belajar nya dari wealthyaffiliate yg saya tulis di blog yg baru saya but. dan saya cukup bersykur bisa mualai menghasilkan meskipun masih 200an$. kesulitan saya masih bagaimana membuat blog yg bagus dan membuat artikel yg banyak....

    BalasHapus
  6. Wah ..... infonya sangat membantu sekali bagi kita-kita yang pemula. Apalagi info Program pilihannnya.. sangat membantu terus deh info-info lainnya kami tunggu. Thank's Mr. Yudhi

    BalasHapus
  7. Belajar Program Affiliate « medan-it bloger14 Mei 2009 pukul 03.39

    [...] Tentu saja, semakin banyak penerbit yang menampilkan konten produsen, ia akan memperoleh keuntungan yang lebih luas dan lebih banyak pendapatan akan dihasilkan. Referensi lain yang bisa kamu baca adalah bagaimana caranya meraup dollar melalui program afiliasi. [...]

    BalasHapus
  8. jadi reseller ,gampang-gampang susah.Sebaiknya bangun kredibilitas dulu sebelum menawarkan produk,jadi calon konsumen lebih percaya.

    BalasHapus
  9. blog dan articel bagus banget..!!! tapi kenapa tidak membahas afliasi indonesia???

    BalasHapus
  10. @iwan

    Nantikan saja artikel berikutnya mengenai affiliate indonesia

    BalasHapus
  11. waaahh bagus banget artikelnya gan. jadi pengen nyoba nich
    makasih banyak ya...

    BalasHapus
  12. untuk reseller ebook, kenapa ya enggak ada yang jadi duit ?

    BalasHapus
  13. CARA MUDAH DAPAT KOMISI 25%! Sangat menguntungkan dan mudah!

    Mau menjadi pengusaha online yang sukses tanpa modal? Bergabunglah bersama

    Mobile Account Executive(MAX) kami hanya di Hosting Bebas. Passive income

    sebesar 25% untuk penjualan paket hosting unlimited apapun, kecuali domain.
    Keuntungan yang Anda dapatkan :
    1.Komisi sebesar 25% langsung dimasukkan ke dalam akun Anda.
    2.Komisi dicairkan jika akumulasi mencapai minimal Rp.50.000 (secara umum, Anda
    hanya membutuhkan 1 s/d 3 clients yang hosting di HostingBebas.com untuk mencapai minimum pembayaran).
    3.Komisi langsung kami transfer ke dalam rekening BCA/Mandiri Anda.
    4. Hosting berkualitas dan mudah untuk dipasarkan
    5.Daftar secara gratis. Kunjungi max-income.hostingbebas.com untuk

    mengetahui caranya!

    BalasHapus
  14. tambah lagi clickbank.com

    BalasHapus
  15. indonesian afiliates ... good job ...

    BalasHapus