Facebook

header ads

Cari dan Sharing Info dengan Squidoo

Mengenal Squidoo


Nama yang unik bisa jadi lebih cepat populer dari nama biasa, seperti Yahoo, Google dan satu lagi Squidoo. Pada awal dikenalkan website ini oleh seorang teman, saya masih belum jelas benar apa dan bagaimana fungsinya  membuat satu halaman website di Squidoo. Tidak seperti membuat blog yang bisa update tiap hari, di Squidoo cukup membuat satu halaman atau yang disebut istilah "Lens". Dengan topik apa saja yang menarik minat anda. Walaupun hanya satu halaman Lensmaster pemula pun bisa jadi akan kesulitan membuatnya. Tapi jangan takut mencobanya, anda malah disarankan mengikuti saja contoh-contoh hasil kreasi Lens Master yang masuk Top 100 berdasarkan Rangking Lens (Top 100 Lens). Untuk satu account di Squidoo anda diperbolehkan membuat banyak Lens,bahkan jika lebih dari 50 buah lens dengan topik yang berbeda, Anda akan medapatkan badge "Giant" tentunnya evaluasi dari pihak Squidoo.

Squidoo adalah sebuah website yang dirancang untuk memudahkan semua orang, gratis, diseting satu halaman untuk sebuah topik/ide tertentu yang diminati oleh seseorang yang lebih tahu atau menarik orang tersebut. Anda pun bisa membuat squidoo seperti standar wikipedia tetapi bebas dengan gaya/style anda sendiri. Misalnya anda akan membuat Lens dengan topic mengenai Kue, lebih specifik lagi mengenai Brownies. Dari  satu halaman yang akan Anda sharingkan, bisa anda bagi menjadi sub topik lagi misalnya :

  • Deskripsi Kue Brownies, dengan resep kreasi asli Anda sendiri, misalnya lebih gurih, enak dan empuk.

  • Resep atau bahan-bahan yang harus disiapkan

  • Cara membuatnya, step by step

  • Cara penyajiannya

  • Cara Pengemasannya biar lebih awet dsb.

Atau terserah kreasi anda sendiri, yang penting dengan satu halaman bisa mencakup apa yang akan Anda sharingkan, bisa juga dengan metode-metode penulisan yang sudah anda pelajari. Anda bebas berkreasi dan mecoba sampai Anda menjadi mahir.

Seperti telah disinggung di atas, ada istilah-istilah rangking di Squido, mungkin bukan rangking sih, tetapi jika kita telah memenuhi beberapa syarat/tantangan tertentu kita akan mendapatkan "badge" semacam tanda tertentu di bawah "ID" kita, lebih jauh anda bisa buka disini mengenai tanda-tanda badge bagi lensmaster.

Untuk mulai awal pembuatan Lens tidak terlalu sulit, di halaman pembuka Squidoo.com sendiri mengklaim "Create your own page in 60 seconds", dan memang kenyataanya tidak terlalu sulit, ikuti saja langkah-langkahnya, bagi yang kesulitan berbahasa inggris silahkan saja coba-coba pilihan "opsi" yang ada, dan jangan kawatir, didalam website squido saya lihat sudah ada Bapak Aurino Djamaris dari Indonesia, yang sudah sharing informasi mengenai cara membuat Squidoo. Anda tinggal ikuti step by stepnya dengan mudah. Kemudian kita tinggal mengisi/mengeditnya hingga selesai untuk di "Publish" kan. Jika ada hal yang belum lengkap, pada waktu publish akan muncuk pesan peringatan untuk menyelesaikan bagian yang dianggap belum selesai, coba anda check bagian mana yang kira-kira masih belum selesai, baru kemudian di publish lagi.



Modul-modul yang terintegrasi dengan squido lumayan banyak, misalnya Amazon, E-bay, You tube, Google, dan masih banyak lagi yang nantinya bisa mendatangkan uang bagi anda, Anda akan mendapatkan share keuntungan jika ada yang bertransaksi melalui lens Anda. Silahkan Anda explore lagi dengan "Searching" di lens-lens yang ada di squido mengenai "money maker" dengan Squidoo "How to" nya.

Mencari Informasi Topik


Untuk mencari informasi mengenai topik tertentu baik yang bebahasa Inggris atau berbahasa Indonesia, tergantung kata kunci yang anda ketikkan, anda bisa masuk terlebih dahulu di Lens yang tersedia, atau Lens Anda sendiri, baru kemudian Anda cari Form Search. Atau anda bisa melalui http://www.squidoo.com/squidwho/hq. Banyak hal informasi dengan banyak topik menarik yang bisa anda eksplorasi lagi sesuai dengan minat anda masing-masing.



Sharing Informasi dengan Topik tertentu


Anda bisa mempromosikan Afiliasi, own bisnis Anda sendiri, Reseller, apapun bisnis yang sedang anda kerjakan menggunakan Lens Squido. Ijinkan saya sharing informasi salah satu "bisnis jaringan" menggunakan Lens Squido, semoga bisa mengisnpirasi Anda dan bisa anda Sharingkan juga dengan mengisi komentar di website Sejutablog ini.

Saya membuat lens Squido untuk mempromosikan "Program Spill Over jaringan Rodabisnis", lebih lengkapnya bisa anda pelajari lebih lanjut di http://www.squidoo.com/programrodabisnis
Kemudian setelah Lens-nya telah selesai langkah kita tinggal mempromosikan ke webblog  yang sudah bertrafik lumayan semacam ini, iklan baris gratis, forum-forum bisnis, social bookmarking, chating, jika ada dana lebih bisa Anda promosikan lewat Adword atau program PPC baik dalam maupun luar negeri.
Ini salah satu model promosinya :




Author : Danang

Update :
Pada tanggal 15 Agustus 2014 Squidoo di akuisisi oleh Hubpages

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Squidoo emang bagus banget, dan cuma mo nambahin mas Danang. Di Squidoo kita bisa mendapatkan keuntungan berupa uang tiap kali kita mengaktifkan fitur Amazon, Ebay dan beberapa affiliate seperti CafePress dan lainnya. Dan yg paling asik sebenernya adalah Google AdSense itu sendiri. Namun Squidoo akan secara default membuat putusan apabila pada lens Anda menghasilkan keuntungan akan disumbangkan pada organisasi dunia sebagai amal.

    BalasHapus
  2. Squidoo konsep yang bagus, kalau ndak salah info, google juga ndak mau kalah, setelah menghentikan googlepages untuk user baru, mulai bulan juli08 sudah meluncurkan google knol (knoledge) alamatnya http://knol.google.com/k, blum nyoba apakah sebagus squidoo tidak?

    BalasHapus
  3. wah... blog ini menarik lho... coba di share aja di situs social bookmarking ini>>> www.lintasberita.com mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? just look at your live traffic feed?? Nanti akan banyak pengunjung yang datengnya dari lintasberita lho... cek disini aja yah
    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    salam kenal buat komunitas blogger di jakarta... buat teman2 yang ingin berbagi informasi dari blog nya kepada komunitas yang lebih luas lagi.. silakan di share aja ke web kami>> www.lintasberita.com semoga bermanfaat!! situs kami adalah situs social bookmarking terdepan di indonesia.. dan kami mendukung blogger seluruh indonesia untuk terus berkreasi dan ber-prestasi

    wassalam...

    BalasHapus
  4. wah... info yg bagus,,
    gw mau gabung ke squidoo..

    BalasHapus
  5. Thanks a lot about squidoo, i have a review in my site. Please review it again...thanks

    BalasHapus
  6. cipta griya propertindo25 Maret 2009 pukul 19.19

    hmm..tmbah wa2san dr dunia maya nich,boleh jg ..and kyaknya prlu dcoba,tks!

    BalasHapus
  7. informasi yang menarik mas... perlu dipelajari lebih dalam biar maksimal penggunaannya

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah menyebut nama saya disini ... merasa terhormat nih ...

    BalasHapus
  9. Belajar Membuat Website!3 Juli 2009 pukul 02.00

    Untuk menghasilkan traffict memang squido jagonya... mungkin karena page rank yang udah besar ya? squido juga merupakan website yang unik, mudah di kelola dan gratis!

    BalasHapus
  10. Terima kasih infonya, saya baru tahu..
    mudah-mudahan saya bisa mencobanya..

    BalasHapus
  11. info bagus, keep sharing, thank's!

    BalasHapus
  12. seru juga mengais-ngais tulisan di squidoo... sipppp.....

    BalasHapus
  13. jual susu kambing bubuk22 Agustus 2011 pukul 14.26

    kereenn...! ilmu yang bermanfaat...thanks

    BalasHapus