Google Doodle Hari in : Tari Rangkuk Alu


Ada apa dengan Google Doodle Hari ini? Google Doodle hari ini menampilkan video animasi sepasang kaki yang menghindari gesekan bambu yang menutup/merapat,setelah kita telusuri ke sebuah informasi mengenai Tari Rangkuk Alu. Isi informasi yang kita dapatkan sebagai berikut :

Tari Rangkuk Alu merupakan permainan tradisional yang dikenal dengan nama Rankuk Alu, Ranku Alu, atau permainan Alu Rangkuk. Cara bermain tari ini adalah dengan menyusun tongkat bambu berbentuk kotak di tanah. Setelah itu, beberapa pemain menggerakkan tongkat dengan irama yang terus menerus.

 

Lebih dari 10 Media Online yang menulis Google doodle temtang hal ini. DetikNews mengangkat tentang Sejarah Tari Rangkuk Alu dari Manggarai (NTT) Gerakan para penari dan pemain bambu tersebut lalu dipadukan dengan irama musik serta lagu daerah sehingga akan menghasilkan seni yang khas, yakni Tari Rangkuk Alu. Dahulunya, tarian ini sering ditampilkan pada saat usai panen raya dan pada saat bulan purnama. Di saat itulah para remaja berkumpul dan juga meramaikan acara ini.

Sedangkan media online Kompas.com mengangkat alasan kenapa Tari Rangkuk Alu menjadi Google Doodle hari ini tanggal 29 April 2024 karena bertepatan dengan hari tari sedunia yang dirayakan setiap 29 April. Tidak dijelaskan secara rinci mengapa Google memilih tema tarian Rangkuk. Kompas Juga menjelaskan secara rinci cara menari rangkuk alu.

Lain halnya dengan media online Liputan6.com sampai menampilkan makna dari Tari Rangkuk Alu Tari Rangkuk Alu tidak hanya dikenal sebagai seni tari atau permainan tradisional tetapi juga memiliki makna dan nilai-nilai budaya yang mendalam bagi sejumlah orang. Salah satunya menjadi makna adanya kebudayaan agraris yaitu menandakan bahwa masyarakat masih memiliki mata pencaharian pokok di dunia pertanian. Kemudian permainan atau tari Rangkuk Alu jadi lambang kebudayaan ketika panen raya tiba. Rangkuk Alu jadi gambaran kehidupan agraris terutama di sekitar masyarakat suku Manggarai. Tariannya juga sebagai ekspresi syukur terhadap Tuhan atas hasil panen yang berhasil diperoleh.

Kalau menurut kami kenapa Google Doodle Menampilkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai NTT bisa jadi google mengangkat tema yang belum banyak orang tahu seperti tari Seudati dari Aceh, tari Serimpi dari Jawa tengah atau bahkan  bukan Tari Kecak yang terkenal dari Bali.

Nantikan Google Doodle Selanjutnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk mBak Wulan

Google Doodle : Terimakasih Yang Berjuang Keras Saat Pendemi Covid-19

Subhanallah Indahnya Kalamullah Surat Maryam