Mati Segan Hidup Tak Mau

Terlintas di pikiranku "Mati Segan Hidup Tak Mau" untuk menggambarkan kondisi Blog ini (Sejutablog.com), setelah aku cek kembali ke mesin pencarian google ternyata apa yang terlintas di pikiranku itu salah. Yang benar adalah "Hidup segan mati tak mau" atau "hidup segan mati enggan" adalah peribahasa Indonesia berupa sindiran untuk menggambarkan seseorang yang tidak berbuat apa-apa karena tak memiliki tujuan hidup.

Mungkin gambaran peribahasa ini paling cocok dengan kondisi blog ini. Kalau anda iseng-iseng melakukan who is terhadap alamat blog ini http://www.sejutablog.com maka anda akan mendapatkan informasi sebagai berikut :



Didapatkan informasi :
Blog ini di buat pada tanggal 20 Februari 2008 jadi sampai saat ini usia blog ini sudah lumayan lama sudah kurang lebih 16 tahun, sebentar lagi sudah sweet seventeen hehehe..masa-masa remaja yang masih labil.

Bisa jadi menggambarkan kondisi blog ini yamg masih labil masih belum jelas tujuannya kemana. Cocok seperti penggambaran peribahasa di atas yang tidak punya tujuan hidup. Sebenarmya  tidak sebegitu amat juga, blog ini awalnya di "create" untuk menjadi mesin penghasil uang..ck.ck..ck sebegitu amat ya (becanda), tujuan awalnya adalah sebagai wadah para creator muda atau tepatnya para blogger pemula untuk menempa skill nya di bidang web creator/penulis pemula untuk menumpahkan ide-ide yang ada di kepalanya masing-masing dan di tuangkan di blog ini. Walaupun pelan tapi pasti mendapatkan respon dari netizen di kala itu dengan menyumbangkan artikelnya. Oh ya sebelumnya mesin blog ini menggunakan mesin Wordpress yang memungkinkan pendaftaran penulis yang ingin bergabung menulis di blog ini lebih mudah dan fleksibel. Mesin wordpress memungkinkan untuk itu 

ini adalah deskripsi yang tepat untuk wordpress dari wikipedia :
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan pangkalan data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka. (Wikipedia)
Blog ini taglinenya :
SejutaBlog - Media BLOG paling ngeBLOG
Media BLOG paling ngeBLOG. SejutaBlog adalah kumpulan halaman model blog yang berisikan berbagai macam topik menarik yang kamu sukai.

BEGITULAH...awal mulanya media ini di buat, menggunakan mesin wp yang bagus ramah mesin pencari sayangnya memerlukan resources atau sumber daya yang lebih. Membutuhkan server yang bagus sesuai kebutuhan trafik data dan kapasitas web yang bisa berupa teks (ringan) sampai gambar/grafik yang resolusi tinggi (sedang) sampai video audio yang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Sedangkan trafik data/lalu lintas data juga harus kita pikirkan, semakin banyak pengunjung/pembaca yang datang ke web/blog kita semakin besar pula kapasitas trafik data yang kita butuhkan sehingga server yang masih menggunakan sharing alias satu server dipakai bareng-bareng tidak cukup sehingga butuh server kelas VPS bankan yang dedicated server satu pelanggan satu server tentu membutuhkan biaya yang lebih besar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terpaksa blog ini memanfaatkan blogger yang masih gratis sampai hari ini untuk tempat penyimpanan data blog ini, sedangkan domainnya kita arahkan ke hosting gratisan tersebut sehingga tidak ada kekawatiran mengenai space data dan trafik data yang akan melonjak suatu saat nanti ... semoga..

Tetapi saat ini keresahaan yang muncul adalah apakah netizen generasi saat ini masih mau berkunjung ke media online model blog/web mengingat media yang sepertinnya sedang trend in adalah media social berbasis video semacam tik-tok, youtube dengan shortsnya, instagram dan facebook dengan reelsnya, maka jangan-jangan apakah media berbasis blog/web masih ada pengunjungnya. Padahal minat baca secara umum negara kita masih rendah (Indonesia menempati peringkat ke 71 dari 77 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.- search  with google), bisa jadi kita lebih senang melihat secara visual daripada membaca. 

Padahal membaca bisa mencegah kepikunan..yuk kita lihat analisa saya..hehehe...kita bandingkan antara membaca novel dengan melihat film yang di adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Ketika kita membaca novel dari awal sampai habis, akan mengaktifkan imajinasi kita tentang jalannya cerita di novel tersebut tentang seting lokasinya tentang karakter tokohnya tentang wajah masing-masing tokoh pasti berbeda antara satu pembaca dengan pembaca yang lain. Masing-masing menciptakan/membangkitkan imajinasi di pikirannya masing masing. Sehingga terkadang saking mendalaminya imajinasi akan tertanam lekat di pikiran kita bahkan sampai membandingkan dengan kehidupan mereka sehari-hari hal itulah yang membuat pikiran terus aktif bergerak. lain halnya jika kita melihat film kita akan mengikuti apa yang sudah di siapkan sutradara mengenai casting,setting, alur cerita dan sebagainya. Novel yang tebal bisa di baca 1 bulan menjadi sebuah film yang durasinya 1-2 jam saja, kita terima saja apa yang di gambarkan oleh sang sutradara mengenai penggambaran cerita novel tersebut. Jika sang sutradara jago maka akan menghasilkan film yang mengena di hati penontonnya sehingga imajinasi kita berbeda dengan imajinasi ketika kita membaca novel yang sama.

Jadi kesimpulan saya, membaca lebih berpotensi mencegah kepikunan daripada kita hanya melihat sebuah film tapi yang ini masih bisa di perdebatkan.

next...

Jadi alasanya apa nih kok bisa Hidup segan mati tak mau untuk sejutablog ini..
Sebenarnya bisa sejuta alasan juga kenapa blog ini stag nan atau jalan di tempat bisa di utarakan satu persatu disini tapi apa gunanya ya kata trainer MLM kalau mau sukses lupakan alasan kalau mau alasan lupakan sukses makanya kita takut kalau mau sejuta alasan disini, lagian alasan selalu masuk akal hehehe.

Jadi gak usah banyak alasan ya, mungkin gini barangkali kehabisan ide untuk menulis di blog ini ya, padahal ide untuk menulis itu tidak ada batas atau habisnya, habis ya kalau orang itu meninggal maka sudah tidak bisa menulis lagi, selagi  orang masih hidup.. pikiran atau otak orang itu masih bisa jalan masih bisa bekerja makanya masih bisa menulis cuma mungkin waktu saja yang tidak sempat, mungkin bukan tidak sempat tapi tidak bisa membagi waktu, nah loh wkwkwk...

Benar juga (lagi-lagi kata trainer MLM) tidak ada orang malas di dunia ini, adanya orang yang kurang termotivasi. Awalnya agak susah mencerna kata-kata itu tapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu (biar waktu yang membuktikan) akhirnya nangkep juga ekpresinya. Motivasi orang bermacam-macam banyak teori yang menulisnya tapi sebagian besar orang terjebak berupa motivasi untuk uang padahal (ini bukan kata trainer MLM tapi kata pak Ustadz) motivasi yang terbaik adalah motivasi karena agama karena mencari ridhlo Allah SWT kalau kita niatkan untuk ibadah/akherat maka dunia akan mengikuti.

Nah jadi kita dapatkan kesimpulan ya..InsyaAllah blog ini akan terus di "update" dengan motivasi blog ini bisa menambah wawasan bagi para pembaca sehingga memotivasi ke arah yang baik dan di niatkan untuk mencari ridhlo Allah SWT dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat (Semoga...doakan)

Untuk itulah kami himbau kepada para pembaca webblog ini yang budiman sudilah kiranya jika ada baik sengaja atau tidak sengaja mampir di sini..sudilah memberikan komentar apapun sara apapun kritik apapun sehingga akan menambah semangat kami untuk terus meng-update web blogs sejutablog ini.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Surat Untuk mBak Wulan

Google Doodle : Terimakasih Yang Berjuang Keras Saat Pendemi Covid-19

Subhanallah Indahnya Kalamullah Surat Maryam