Facebook

header ads

Best Support Untuk Blogspot

Ini hanya penilaian saya secara pribadi sebagai salah satu pengguna Blogspot, barangkali akan berbeda dengan pribadi lainnya, silahkan berkontribusi melalui fasilitas tanggapan.

Template


Template adalah layout/tampilan muka halaman blog kita, biasanya terdiri dari Header/judul, Main page/halaman utama, Sidebar/menu samping dan Footer/halaman kaki
Template tersedia dari pihak blogspot sendiri atau kita bisa menggunakan pengembang dari pihak ketiga/selain blogspot, disamping itu kita bisa juga memodifikasi tampilan template dari bawaan blogspot sendiri, bisa kita rubag warna atau type dari font pada menu "edit HTML". Tidak seperti blog yang berbasis wordpress, pengaturan template blogspot yang baru hanya menggunakan satu halaman xml. Widget-widgetnya bisa diatur dengan leluasa, ini salah satu kelebihan dari blogspot dibanding dengan wordpress. Sederhana tetapi lebih mudah dalam hal pengaturannya.
Salah satu Template yang menurut saya paling baik yaitu Typoxp Template, Typo XP sebenarnya modifikasi dari Wordpress template.





Widget


Widget adalah script/tag tambahan yang bisa kita tempelkan di halaman blogspot kita. Bisa kita sesuaikan fungsinya. Ada widget untuk mengetahui user yang sedang online, mengetahui judul yang paling banyak di akses, asal pengunjung, social bookmarking dan sebagainya. widget-widget dapat di pasang sesuai dengan selera masing-masing blogger. Widget bisa dipasang melalui halaman layout dan ditambahkan sesuai dengan jenisnya, apakah berupa javascripts atau tag html biasa.

Best Widget yang sering saya pakai adalah :

SEO Stats dari Mypagerank

Blogspot termasuk salah satu grup media dari Google corp, sehingga google membuat fasilitas khusus untuk pencarian blogger, yaitu menggunakan http://blogsearch.google.com. Sehingga saya rasa halaman blogspot kita lebih mudah terindex di google. Untuk mengetahuinya kita bisa memasang widget "SEO Stats" dari mypagerank.net. Kita daftarkan free dan tanpa harus login/menaftar terlebih dahulu. Setelah kita masukkan melalui menu form untuk SEO Stats, kita akan mendapatkan scripts widget yang harus kita tempelkan di blog kita.



Live Stats dari Feedjit
Dengan Widget Live Stats yang kita pasang ini, kita bisa mengetahui darimana pengunjung kita berasal, dari daerah/negara pengunjung, dari kunjungan langsung atau melewati search engine, bisa terpantau langsung, cuman sayangnya tidak ada record data permanen, kita hanya bisa melihatnya hari ini saja. Tapi widget ini menurut saya sudah lumayan untuk melihat perkembangan traffik/lalu lintas blog kita.
Sayangnya sampai tulisan ini di tulis websitenya sedang down, mudah-mudahan masih terus eksis.

Widget Listing dari Technorati

Untuk lebih mempopulerkan webblog, kita bisa daftarkan ke Technorati.com, Technorati merupakan sejenis media social bookmarking, jika kita daftarkan blog kita disana, otomatis artikel-artikel yang kita posting di blog kita bisa terindex di server mereka. Dan pengunjung technorati sangat tinggi, sehingga kita akan bisa mendapatkan traffik dari sana.



Sebenarnya masih banyak widget-widget yang lain yang support Blogspot, silahkan anda pasang secara bijaksana memang yang betul-betul anda anggap penting dan berguna. Widget-widget yang berlebihan akan membebani loading blog kita.

Happy Blogging!

Author : Danang

Posting Komentar

5 Komentar

  1. COOL nih postingan bener2 nambah ilmu gue

    BalasHapus
  2. bagaimana buat halaman komentar supaya pengunjung langsung berkomentar kayak di sini ( klo bisa skalian code html-nya). makasih sebelumnya...:)

    BalasHapus
  3. om tuk membuat komentar yang ada emotion, bagaimana sih ???
    minta html codenya dong

    BalasHapus
  4. Saya menggunakan template dari blogspot dan memang betul sangat mudah untuk di edit atau di ubahsuaikan tata letaknya.

    BalasHapus
  5. info yang sangat menarik!

    BalasHapus