Personality Plus

Buku Personality Plus

Memang benar Manusia adalah makhluk sosial, pasti tidak lepas berinteraksi antara satu dengan lainnya. Pasti suatu saat akan timbul friksi atau gesekan yang bisa positif atau malah bisa menimbulkan hal negatif. Hal positif adalah menimbulkan motivasi diri kita untuk bisa lebih baik dari orang lain. Sedangkan hal negatif adalah rusaknya hubungan diantara sesama manusia, misalnya perkelahian, perceraian, permusuhan dan sebagainya. Rusaknya hubungan tersebut bisa jadi disebabkan kita tidak mengenali sifat dan karakter diri kita dan juga tidak mengetahui karakter manusia lainnya.

Untuk mempermudah membedakan orang dari sifat dan karakternya ada salah satu referensi buku yang menarik di tulis oleh Florence Littauer yang berjudul "Personality Plus". Membawakan topik klasik psikologi, yang konon sudah ditetapkan Hippocrates 2400 tahun yang lalu, yaitu empat kepribadian: Sanguinis, Melankolis, Koleris, dan Phlegmatis. Kita lihat satu persatu keempat sifat dasar yang dikemukakan Florence Littauer dalam bukunya "Personality Plus" sebagai berikut :

Kepribadian Sanguis (Sanguis yang Populer)


Kemampuan orang Sanguinis yang Populer untuk melangsungkan percakapan yang mengasyikkan apakah mengenai sesuatu merupakan segi plus yang membuat iri hati orang lain; tetapi kalau dibawa sampai ke ujung yang ekstrim orang Sanguinis yang Populer bicara terus-menerus, memonopoli, menyela, dan menyimpang terlalu jauh dari kebenaran.
Bergaul dengan orang sanguin ini sebenarnya menyenangkan, jika dia bercerita dia bisa menggambarkan sesuatu dengan baik, sehingga pikiran kita diajak untuk merangkai katanya-katanya seperti sebuah film di kepala kita, saking bagusnya penggambaran ceritanya.
Contohnya :
Jika dia butuh sumbangan dana dari kita, sms yang dikirim ke kita adalah "Masukkan Pundi-pundi amal anda ke rekening bla..bla..bla..:)

Kepribadian Melankolis (Melankolis yang Sempurna) :


Pemikiran analitis yang mendalam dari orang Melankolis yang Sempurna merupakan ciri khas yang jenius, banyak dihormati oleh mereka yang pikirannya lebih dangkal, walaupun demikian kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, dia jadi menyebabkan kemurungan dan menekan perasaan.
Kadangkala bergaul dengan orang melankolis menimbulkan kebosanan dalam diri kita, semuanya serba teratur dan teliti, segala sesuatu dikerjakan dengan langkah-langkah yang jelas dan terstruktur. Kalau lama dalam proses pengerjaan bukan karena malas tetapi karena hasilnya harus sempurna. Ciri-ciri kalau kita bertemu dengan orang Melankolis ini biasanya dilihat dari kamar tidur/kantornya, semuanya serba rapi, tertib dan terpola (keculai kalau punya asisten/istri yang siap membereskan arisip-arsip yang berantakan).
Dan orang Melankolis ini susah sekali diyakinkan, perlu data-data otentik yang mendukung argumentasi kita. Dan secara ektrik dalam hal keuangan orang Melankolis cenderung (sory lho.. dalam titik extrim) pelit :), tapi untuk mengenai hasil pekerjaan, Orang Melankolis jagonya. Sangat pandai mengorganisasi sesuatu.

Kepribadian Koleris (Koleris Kuat) :


Bakat orang Koleris yang Kuat untuk kepemimpinan yang cepat dan tajam sangat diperlukan dalam setiap tahap kehidupan pada zaman sekarang; tetapi kalau dibawa sampai titik esktrim, orang Koleris yang Kuat jadi sok berkuasa, mendominasi, dan manipulatif. Setiap pemimpin mempunyai sifat ini, tegas, lugas, dan salah satu untuk mengenai ciri-ciri kepribadian ini adalah selalu ingin di depan tidak mau kalah dengan orang lain. Secara extrim, orang dengan kepribadian ini menjadi orang yang diktaktor, selalu tampul dominan dan tidak mau dibawah orang lain, penginnya sellau diatas dalam segala hal. Orang dengan kepribadian Koleris sangat mahir Untuk urusan mengorganisir banyak orang dengan sifatnya yang tegas.

Kepribadian Phlegmatis (Phlegmatis yang Damai) :


Sifat orang Phlegmatis Damai yang mudah bergaul merupakan perpaduan yang mengagumkan dan menjadikannya orang yang paling disukai dalam kelompok mana saja; namun kalau dibawa sampai ke titik ekstrim, orang Phlegmatis yang Damai tidak peduli melakukan apa pun, masa bodoh, dan tidak punya kepastian.
Ciri-cirinya yang mudah dilihat adalah tidak mempunyai sikap yang jelas dalam mengambil keputusan, tidak mau secara tegas memihak sesuatu yang belum diketahuinya, cenderung damai dan tidak mau berkonfrontasi secara langsung dengan orang lain. Terkadang orang Phlegmatis memang harus didikte untuk mengerjakan sesuatu (secara extrim), biasanya orang phlegmatis kurang mahir untuk urusan-urusan yang detail, seperti yang paling sederhana merapikan kamarnya :), tetapi seorang Phlegmatis bisa menjadi peloby yang ulung dan bis diandalkan untuk urusan berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain, karena sifatnya yang kalem dan tenang.

Kepribadian Campuran dari Kepribadian Dasar


Keempat tipe kepribadian tersebut, menurut Littauer, juga bisa bercampur dalam diri seseorang.
Littauer membedakannya menjadi empat: campuran alami, campuran pelengkap, campuran yang berlawanan, dan sedikit-sedikit dari segalanya.

  • Campuran alami adalah Sanguinis Koleris dan Melankolis Phlegmatis.

  • Campuran pelengkap yang berorientasi hubungan adalah Sanguinis Phlegmatis

  • Campuran pelengkap yang berorientasi tujuan adalah Koleris Melankolis


Campuran berlawanan dianggap sebagai pertikaian batin yaitu :

  • Sanguinis Melankolis dan Koleris Phlegmatis.


Sedangkan yang mempunyai sedikit dari segalanya, dengan asumsi sudah mengikuti tes kepribadian dengan benar, dianggap mungkin Phlegmatis, mungkin orang sempurna, atau mungkin orang yang masa kecilnya terlalu diarahkan, dikontrol, dan ditindas sehingga tidak mengenali diri sendiri.

Kenali diri kita sendiri sebelum mengenali orang lain. Anda masuk kepribdian yang mana?

Komentar

  1. COOL, aku emang sangunis sejati, thanks buat yang udah bikin artikel ini

    BalasHapus
  2. dearest writter....waduh, udah bertahun-tahun neeehh..cari buku personality plus nya florence littauer ttg 4 bentuk kepribadian berikut test personality nya,boleh dong sharing bukunya ataw aku bs dpt copy-an buku itu, plisssss.....aku butuh bangeut....btw, ksh kabar ASAP y....plisss...plisss.....amel, Jayapura......tolong ya, aku bnr-bnr butuh buku itu, dicari kmna2 pasti ga ada, aku mohon bgt........

    BalasHapus
  3. ini buku bener2 bagus sekali. jangan anda tidak sampai memiliki buku ini

    BalasHapus
  4. wina purwoko adi16 April 2009 06.11

    aku seorang melankolis dengan campuran sekunder korelis.mirip fred littaeur.rasanya bingung deh pny 2 kemauan sekaligus,ada 2 hal yg saling berbenturan.melankolis yg tll sensitif & korelis yg blak2an.tp jika pny tujuan yg jelas keduanya bisa bekerjasama dg baik,watak dominanku yg melankolis membuat perencanaan matang & perincian,sdg sisi korelisku berusaha terus maju demi mengejar target.

    BalasHapus
  5. thanks banget bt infonya......

    BalasHapus
  6. saya masuk melakolis n suka bgt ma isi dan pemaparan dari penulis ..
    ga pernah bosen baca buku ini

    BalasHapus
  7. Toko Buku Online19 November 2009 13.57

    kl ada yg mau buku ini, eksekusi aja link dibawah ini:

    http://www.beli-buku.com/personality-plus-kepribadian-plus-p-3081.html

    BalasHapus
  8. Q cm mw tanya.....
    Q pnya kpribadian yg Koleris & Cewq Sanguinis mnrt Kalian apa qt cocok??
    Tlg solusi dari kalian eaw.Tks

    BalasHapus
  9. terima kasih artikelnya, gara-gara teman saya kemarin ngebahas buku ini. baru kali ini saya ada kesempatan search di internet ngecek tampilan muka nya buku ini,,,... terima kasih yach

    BalasHapus
  10. betul kata buku yg diatas,
    tpi semua itu z dapatkan di MaPS Community Indonesia satu2x lembaga kepibadian yg ad di indonesia timur tptx di makassar......di z menpelajari 4 karakter diatas, selain itu msi banyak materi2 yg menyangkut tentang personality ,seperti berpikir positif,motivasi
    dan msi bxk lg . . . . .
    MaPS Community Indonesia is the best. . .. !!!

    BalasHapus
  11. Phlegmatis.... piss man....

    BalasHapus
  12. CHUSNUL INSANI3 Juni 2010 13.28

    AKU SNAGUN BANGET!!!

    ahh,terkadang aku bangga dgn ini terkadang juga kesal ....

    BalasHapus
  13. wah iya kalo dikaji secara menyeluruh
    emang benar lo

    BalasHapus
  14. setelah membaca tulisan ini, buku ini sangat menarik sekali karena kita mampu membacakepribadian orang lain.......

    BalasHapus
  15. setiap orang memang mempunyai personality masing-masing, bisa merupakan suatu campuran yang unik dari beberapa tipe personality yang kita ketahui [bisa 2, 3atau bahkan 4], tetapi personality seseorang juga bisa berubah karena faktor-faktor tertentu, misalnya karena suatu kejadian yang mempengaruhi kejiwaan seseorang. Perubahan personality disini juga bisa merupakan suatu perkembangan kepribadian. Setelah saya membaca buku tersebut [persobality plus], mempelajari dan mengetahui kepribadian kita dan orang lain, cara bergaul tiap tipe kepribadian, ataupun kecenerungan dari masing-masing tipe kepribadian menjadi suatu hal yang sangat menarik.

    BalasHapus
  16. selain personality plus, buku apa saja yang harus aQ miliki?
    yang berkaitan dengan personailty.?
    help...
    sebagai bahan skripsiku semester depan nie...
    help....

    BalasHapus
  17. Kevinmaestro NS7 Januari 2011 10.07

    Itu buku memang wajib dimiliki oleh orang yang sering berada di lingkungan orang banyak. Biar tidak ada orang yg saling menyakiti karena tiap individu akan bisa menghargai orang lain melalui selah PENGETAHUAN KEPRIBADIAN.
    Saya merasa terbantu oleh buku itu sejak thn 2002.
    Saya sudah lama memiliki itu dan saya REKOMENDASIKAN kepada pengunjung BLOG ini.
    Thanks

    BalasHapus
  18. Kevinmaestro NS8 Januari 2011 07.31

    Selain buku Personality Plus, buku yang wajib dibaca oleh orang yg serius untuk memenangkan suatu pembicaraan dengan ILMU PHSICOLOGY adalah :
    1. BERPIKIR dan BERJIWA BESAR
    2. BAGAMANA MENCARI KAWAN DAN MEMPENGARUHI ORANG LAIN.

    Ketiga buku itu erat kaitannya dalam suatu kehidupan / bisnis/ politik / organisasi.
    Tanpa ketiga buku itu, maka tiap orang tidak bisa mau tahu hati / pikiran orang lain.
    Tapi dengan menguasai ketiga buku itu, maka Dunia SEAKAN BERADA DALAM GEMNGAMAN.
    Buktikan..!!! Saya sudah menjadi bukti.
    Selamat membaca.

    BalasHapus
  19. saya termasuk tipe orang melankolis.
    tapi suerrrrrr aku ga pelit kalo lagi punya uang gan..
    thx buat infonya gan :)

    BalasHapus
  20. buku ini bgus bngt. aku suka banget. gimana caranya aku dapetin buku ini?

    BalasHapus
  21. dmn bisa mesan buku nch . . .

    BalasHapus
  22. Widhie Muattamah15 Juli 2011 05.44

    buku aku yang ini ilang :'(

    BalasHapus
  23. [...] Sedangkan yang mempunyai sedikit dari segalanya, dengan asumsi sudah mengikuti tes kepribadian dengan benar, dianggap mungkin Phlegmatis, mungkin orang sempurna, atau mungkin orang yang masa kecilnya terlalu diarahkan, dikontrol, dan ditindas sehingga tidak mengenali diri sendiri. Dari berbagai sumber.. [...]

    BalasHapus
  24. Lain lubuk lain ikannya, lain orang lain pula hatinya..
    http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/03/menanggapi-psikologi-manusia/

    BalasHapus
  25. [...] atau berkomunikasi dengan orang lain, karena sifatnya yang kalem dan tenang. (Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/personality-plus/#ixzz1q2xpMZey) . Sstt.. kalo mau ikut tes kepribadian gratis, buka ini [...]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengatasi Bot Error Setelah Update Ragnarok Episode 12

Meningkatkan Ranking Otorisasi Technorati

Download Program Bot RO atau Ragnarok, Gratis!