Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Mengenal Twitter

    Tentunya Anda sudah tahu yang namanya Twitter. Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat ini sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda bahwa Twitter juga merupakan sebuah jejaring sosial yang cukup ampuh apabila Anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online Anda.




    Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.

    Sejarah Twitter


    Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret tahun 2006. Dan baru diluncurkan bulan Juli ditahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.


    Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah.

    Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda.

    Cara Mendaftar Twitter


    Seperti media sosial lainnya, Twitter adalah gratis. Cukup berbekal e-mail yang valid dan digunakan setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan alamat Twitter. Anda jangan sampai mau ketinggalan dengan beberapa perusahaan besar seperti CNN, Google, Yahoo, Microsoft dan lain sebagainya yang sudah memiliki alamat twitter yang unik.

    Adapun format alamat penamaan Twitter akan berupa www.twitter.com/namaanda. Sebuah penamaan yang cukup unik dan menarik apabila suatu ketika Anda ditanyakan oleh orang lain tentang alamat twitter Anda.

    Mencari dan Mendapatkan Teman dari Twitter


    Twitter memiliki beberapa istilah yang sangat populer yaitu Following dan Follower. Following adalah member lain yang Anda ikuti atau tambahkan ke dalam daftar teman Anda. Sedangkan Follower adalah daftar member lain yang mengikuti atau menambahkan Anda ke dalam daftar temannya.




    Setelah Anda sukses terdaftar segera masuk-log/login. Klik menu di bagian atas yaitu Find People, lalu klik pada submenu Suggested User. Cara ini khusus bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan tambahan teman apabila Anda baru saja terdaftar. Dengan cara ini akan cukup efektif apabila Anda ingin segera mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Member lain pada Suggested User adalah member pilihan dari Twitter dimana mereka sudah memiliki banyak sekali teman dalam sebuah jaringan yang luas.




    Saran saya pilih semua user-user yang ada disana lalu klik tombol Follow yang berada di bagian bawah. Tentu saja Anda dapat memilih satu persatu orang yang Anda kenal lalu klik tombol Follow. Dari gambar yang saya ambil saat saya menulis artikel ini terdapat orang-orang terkenal seperti artis, mantan wakil presiden Amerika, CEO dari Twitter itu sendiri bahkan perusahaan televisi Amerika CNN.

    Harap diingat bahwa member Twitter terdiri dari berbagai macam ketegori seperti personal (pribadi), perusahaan, tokoh, selebritis dan lain sebagainya.

    Menulis Update Terbaru Anda


    Sekarang saatnya menuliskan informasi terbaru dari Anda. Kembalilah ke halaman Home, disana Anda akan melihat kotak isian kosong dimana Anda bisa menuliskan sesuatu, tuliskan dalam bahasa apa saja yang Anda inginkan.




    Setelah Anda menuliskan sesuatu klik tombol Update. Saat itu juga tulisan Anda akan terpampang pada halaman Anda, dan tentunya orang lain yang mengikuti Anda akan dapat melihatnya.

    Fitur Lain dari Twitter


    Selain update informasi langsung melalui web, Anda juga bisa memperbarui informasi melalui SMS langsung via handhone Anda. Sungguh asik apabila Anda perlu menginformasikan hal terbaru dengan cepat apabila Anda tidak berada di depan komputer karena dalam perjalananpun Anda bisa melakukannya.





    Pada artikel berikutnya saya akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana caranya mempercantik tampilan halaman Twitter Anda serta mendapatkan tambahan teman sebanyak-banyaknya. Jangan lupa untuk membaca juga bagaimana caranya mengoptimalkan Twitter sebagai media untuk menambah trafik kunjungan ke arah blog Anda serta membuat bisnis online Anda menjadi semakin laku dengan jasa Twitter.

    Tambahkan SejutaBlog Sebagai Teman Anda



    Jangan lupa untuk menambahkan SejutaBlog sebagai teman Anda di http://www.twitter.com/sejutablog

    Author : Yudhi

    53 comments:

    1. Halloo Para Ilmuan Komputer? :: Computers and Equipment18 July 2009 at 06:48

      [...] Mengenal Twitter – SejutaBlog [...]

      ReplyDelete
    2. banyak menambah pengetahuan disini ,dan sangat berguna buat awam seperti saya!terima kasih !!

      ReplyDelete
    3. registrasinya koq sulit msuk kenapa ya.....?

      ReplyDelete
    4. Aku rasa twitter gak kalah bagus dari facebook..,,

      ReplyDelete
    5. aku suka twitter..... dan perlu itu.

      ReplyDelete
    6. aku masih belum paham cara penggunaan twitter untuk menerima dan mengirim pesannya mas...bisa ajarin nggak.Nice artikel nich Follow me ya mas hehehe

      ReplyDelete
    7. komang adi putra14 January 2010 at 06:00

      sy pingin tau apa keistimewaannya twiter

      ReplyDelete
    8. q pengen punyak cwok twiteer sapa mau sama aku ?

      ReplyDelete
    9. Bagus... bahasnya mudah dicerna tapi cukup informatif, buat yg awam jadi tertarik unuk mempelajari

      ReplyDelete
    10. Gimana caranya daftar????

      ReplyDelete
    11. lanjutkan rek

      ReplyDelete
    12. Free Ebook Donwload4 February 2010 at 00:31

      Tulisan yang menarik. Terimakasih
      jika ada yang mau berteman silahkan add http://twitter.com/susahnya2001

      ReplyDelete
    13. saiia ingin massuk program aplikasi twitter..

      ReplyDelete
    14. info nya bgus, ak br bikin acc twitter tp msh bingung nech !

      ReplyDelete
    15. Inilah Daftar Website dengan Page Rank 10 (Update Desember 2009) - Yudhitech DotCom13 February 2010 at 14:18

      [...] Dengan layanan mereka maka tulisan Anda akan menyebar dengan hanya satu klik saja kebanyak media social bookmarking. Instalasi perangkat lunak AddThis sangat mudah dan kompatible untuk berbagai platform blog seperti Wordpress dan Blogspot. Bahkan saat ini mereka memperluas jaringannya sehingga tidak saja tulisan blog Anda bisa dikirim ke media sosial bookmarking namun juga ke bisa terkirim ke email yang Anda inginkan, layanan jajaring sosial seperti Facebook, Friendster, MySpace juga termasuk layanan mikro blogging populer saat ini, Twitter. [...]

      ReplyDelete
    16. ajarin bkin twitter sampai bsa////

      ReplyDelete
    17. gimana yah gabung ma twitter

      ReplyDelete
    18. ayo rek lanjutkan ! monggo!!!!!!!!!

      ReplyDelete
    19. gmn sih bikin twitter? ajarin dong...

      ReplyDelete
    20. q ingin jd anggota twitter

      ReplyDelete
    21. thanxz, maw tanya, ada yg tau gak, apa twtter bsa dpakai chating kya di FB nggak?

      ReplyDelete
    22. @darmika

      Twitter adalah mikroblogging bukan untuk chating, kalo sekarang ini bisa dikatakan untuk chating, ini cuma karena di Twitter bisa update status dgn cepat saja namun tetap saja bukan chating namanya

      ReplyDelete
    23. aku bru bikin ni mas twitter . .
      aku jg blm ngrti bgd cra mke ny . .
      ajri donk mas . .
      thanks ya mas . . .

      ReplyDelete
    24. sejutaweb.com1 May 2010 at 17:51

      Belajar dan Mengenal Twitter...

      Tentunya Anda sudah tahu yang namanya Twitter. Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti halnya Facebook. Di Indonesia memang Twitter kalah populer dibandingkan dengan Facebook yang saat in...

      ReplyDelete
    25. sachiko jacksass12 May 2010 at 03:31

      baguuuuueezzz..sanggaaaaaadd..!! i like it..

      ReplyDelete
    26. kalo ada yg follow kitaa...kitaa haruss follow back gaa???

      ReplyDelete
    27. Artikelnya sangat informatif.. Untuk me-monetisasi akun twitter silahkan baca artikel2nya di http://newbie-bisnis-online.blogspot.com. Terima kasih.

      ReplyDelete
    28. lisa iman sari12 June 2010 at 02:37

      hai smua........

      ReplyDelete
    29. lisa iman sari12 June 2010 at 02:39

      cara gabung di twittwr tuch gmn ?

      ReplyDelete
    30. Dafriansyah Daff17 June 2010 at 13:34

      nice to meet you.....

      ReplyDelete
    31. duuuuhhh....komentarnya kalian itu kok pada gak tau sih? bagi yg belum tau gimana caranya daftar di twitter gue kasih tau deh... caranya:
      1.buka website ~> http://www.twitter.com
      2.di layar, akan tampil tulisan SIGN UP trus tinggal klik deh
      3.setelah di klik akan tampil beberapa kolom yg harus loe isi
      4.udah deh twitter siap digunakan
      5.untuk ganti avatar,bio,website, dan location tinggal klik SETINGGS lalu klik lagi PROFILE



      terus untuk masalah: kalo ada orang yg nge-follow kita, harus follback???
      ngga juga kali.... mau follow gak follow itu kan hak kita.


      terus untuk masalah: RT (retweet) itu apa sih?
      RT itu adalah menampilkan tweet yg sebelumnya.
      jadi, RT itu gunanya supaya orang gak perlu bingung
      kita tuh nge-reply apa tapi, kalo udah terbatas 140 karakter
      tweetnya apus aja sebagian.


      terus untuk masalah: DM (direct messages) DM adalah pesan. jadi kalo kalian mau
      kirim rahasi ke temen kalian, di DM aja.... status DM gabakalan
      muncul di TL (timeline)


      terus untuk maslah: PROTECT, protect adalah account kita dikunci. jadi orang lain gk
      bisa follow kita. follow sih bisa jika kalian mengijinkannya di
      REQUEST FOLLOWERS.

      terus untuk masalah: gimana sih caranya ngebuka REQUEST FOLLOWERS KALO
      ACCOUNT KITA DI PROTECT?
      gak perlu klik apapun tinggal cari di sisi kanan terus scrool
      ke bawah ntar ketemu tulisan kaya gini. contoh:
      3 NEW REQUEST FOLLOWERS kkita klik dah. trus pilih aja
      orang yg pengen jadi followers kamu...






      udah,,, segitu aja yg gue pengen jelasin ke kalian,,, udh pada ngerti kan???
      oiya,,,, kalo kalian udah pada punya twitter jangan lupa follow twitter gue: @fedpga
      kalo mau di follback tinggal mention aja....

      ReplyDelete
    32. wah jadi pingin pakek twitter

      ReplyDelete
    33. twitter sangat good

      ReplyDelete
    34. w kra bkin twitter sgampang bkin facebook,,,
      tau.a bkin twitter tu ribet..bet..bet..bet.....

      ReplyDelete
    35. wah jwaban ya sangat memuas kan , thank a lot . you're so kind, prita .

      ReplyDelete
    36. oia, tnya lagi dnk mksud ya mention thu app an c ? , tlong d jwab ya .

      ReplyDelete
    37. [...] telah dikenalkan terdahulu, Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti [...]

      ReplyDelete
    38. ummm,,, makasiy yah tipsnya, keep to share maz

      ReplyDelete
    39. [...] http://www.sejutablog.com/mengenal-twitter/#axzz1fwN4BKmX [...]

      ReplyDelete
    40. artikelnya bagus banget, q minta artikelnya ttg komponen apa aja di twitter soalnya masih newbie di internel blogging. makasih.

      ReplyDelete
    41. [...] Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah. Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda. . http://www.sejutablog.com/mengenal-twitt… [...]

      ReplyDelete
    42. [...] Bagi Anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut secara bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan artikel, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itulah makanya Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai jenis micro-blogging. Tapi justru itulah letak kekuatan dan kehebatan dari Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini orang Indonesi sudah sangat banyak dan semakin bertambah. Khusus buat Anda yang menjalankan bisnis online via Internet akan dapat memanfaatkan Twitter sebagai media promosi gratis yang cukup efektif, terutama apabila Anda bermain bisnis afiliasi dimana Anda butuh trafik kunjungan yang signifikan menuju blog Anda. . http://www.sejutablog.com/mengenal-twitt… [...]

      ReplyDelete
    43. [...] dari http://www.sejutablog.com/mengenal-twitter/ Share this:Like this:SukaBe the first to like [...]

      ReplyDelete
    44. [...] http://www.sejutablog.com/mengenal-twitter/ [...]

      ReplyDelete
    45. […] telah dikenalkan terdahulu, Twitter adalah sebuah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan sebuah jejaring sosial seperti […]

      ReplyDelete

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728