Facebook

header ads

Olimpiade Beijing 2008

Tahun 2008 ini akan ada sebuah even besar 4 tahunan yaitu Olimpiade 2008 bertempat di Beijing, China mulai 8 - 24 Agustus 2008. Pesta olah raga terbesar dunia kali ini dikuti lebih dari 200 negara dengan mengangkat tema "One World One Dream". Tampaknya cukup tepat tema yang diusung pada olimpiade kali ini, cukup dengan sebuah mimpi untuk setiap orang di dunia kita akan mendapatkannya lebih mudah ketimbang berjuta-juta mimpi yang didambakan tiap manusia yang ada di bumi.

Bagaimana persiapan Beijing menghadapai pesta akbar ini? ternyata tidak main-main dan sudah cukup sempurna. Mari kita lihat beberapa hal penting yang menjadi harapan sekaligus kebanggan warga China.


Stadion


Sudah menjadi kebiasaan banyak tempat di dunia bahwa apabila ada kejadian besar yang akan berlangsung seperti olah raga apalagi sekelas olimpiade makan yang menjadi tuan rumah akan mempersiapkannya secara matang dan jauh-jauh hari. Beijing membangun stadion nasional baru di areal seluas 258 ribu meter persegi dengan daya tampung tempat duduk permanen sebanyak 80 ribu dan 11 ribu tempat duduk non-permanen. Berlokasi di Olympic Green. Namun hanya 2 cabang olah raga yang akan diperuntukkan pda stadion ini yaitu Atletik dan Sepak Bola. Dirancang oleh dua orang Swiss yaitu Herzog & DeMeuron serta tim dari China Architecture Design Institute. Stadion ini juga dikenal dengan sebutan stadion sarang burung atau bird's nest.




Mulai dibangun tahun 2003 dan selesai pada tahun 2007. Stadion ini tidak hanya untuk keperluan olah raga namun juga dapat dipergunakan untuk kegiatan lain diantaranya acara kesenian dan hiburan lainnya.

Medali


Untuk pertama kalinya medali dibuat dari Jade atau "permata hijau lumut". Desain medali merupakan inspirasi sejarah China kuno. Gambar ukiran ular naga menghiasi medali pada olimpiade kali ini. Nilai-nilai kebangsawanan dan kebaikan adalah perwujudan dari nilai-nilai China tradional dari etika dan penghormatan, memancarkan bangsa China dengan khas yang kuat. Pemenang satu mendapatkan medali emas dan pemenang kedua mendapat medali dengan perak murni.



Maskot


Maskot olimpiade kali ini diwujudkan sebagai 5 anak kecil yang lucu-lucu yang membentuk cincin atau lingkaran-lingkaran olimpiader yang menggambarkan persahabatan yang erat dari kelimanya dan disebut Fuwa. Kelimanya juga menggambarkan ciri-ciri dan warna yang khas olimpiade terhadap hewan paling populer di China, yaitu Ikan, Panda, Antelop TIbet, Burung Layang-Layang dan Api Olimpiade.



Fuwa Ikan warna biru bernama Beibei, Jingjing adalah Fuwa Panda berwarna hijau, Fuwa api olimpiade berwarna merah diberi nama Huanhuan, Antelope dari Tibet adalah fuwa yang diberi nama Yingying, dan yang terakhir adalah fuwa warna hijau namanya Nini.

Obor Api Olimpiade


Obor kali ini didesain sangat unik dan manis dan menggambarkan tradisi China yang sangat kuat. Konsep obor ini membawa tema pelaksanaan olimpiade yang berteman dengan lingkungan, penggunaan teknologi mutakhir dan kekuatan dari peserta olimpiade itu sendiri. Dengan tinggi 72 centimeter dan berat 980 gram terbuat dari aluminium. Dengan bentuk permukaan yang lengkung dan diproduksi dengan proses pengetsaan dan penyepuhan anodik yang mampu menyalakan api sekitar 20 menit dan menghasilkan tinggi api sekitar 25-30 cm.



Kenali China Lebih Dekat




Selain Beijing, kota-kota lain di China akan menjadi tuang rumah penyelenggaraan even akbar ini.

  • Qingdao, daerah perpaduan yang unik antara pegunungan dan laut membuat Qingdao terkenal sebagai tempat peristirahatan pada musim panas.

  • Tianjin, berlokasi 120 km dari Beijing dan terkenal akan pelabuhan laut yang sangat besar dan salah satu pusat perekonomian sepanjang sungai Bohai.

  • Shanghai, adalah kota metropolis yang sangat modern dan paling gaya di China. Merupakan pusat pembangunan kawasan olah raga bertaraf internasional dengan even olah raga rutin terkenal seperti Formula 1, Moto GP dan Tennis Master.

  • Shenyang, adalah sebuah kota dengan 4 musim dengan rata-rata suhu 24 derajat celcius, ini lebih kecil 3-5 derajat dari kota lain di wilayah selatan China.

  • Hongkong, sejak dulu Hongkong adalah pusat perdagangan internasional dan merupakan induknya akses komunikasi di sepanjang Asia Timur.

  • Qinhuangdao, berjarak 280 km dari Beijing dan 220 km dari Tianjin. Jika kita tinggal lebih lama di kota ini maka kita akan punya kesempatan untuk menyaksikan burung-burung pada musim gugur. Di kota ini terdapat cagar alam Beidaihe yang menyimpan berbagai koleksi burung-burung yang unik dan menarik.

Siap Berangkat?


Ada beberapa tips yang mungkin saja kamu perlukan saat ingin berkunjung menyaksikan Olimpiade Beijing 2008:

  • Jika kamu telah mengetahui tanggal keberangkatan segera urus Visa di Kedutaan China di Indonesia. Beberapa hal penting harus dapat kamu isikan dengan benar, silakan gunakan alasan untuk menonton olimpiade Beijing 2008 saat ditanyakan alasan utama untuk mendapatkan Visa ke China. Beberapa hal penting sebagai sarat untuk mendapatkan Visa Turis ke China adalah:

    • Memiliki Paspor yang valid dan tidak kurang dari 6 bulan sejak masa persetujuannya.

    • Sebuah Visa yang akan disetujui adalah yang telah lengkap mengisikan formulir, akurat, valid dan lengkap serta ditandatangani oleh pemohon.

    • Pastikan kamu menggunakan foto terakhir yang baik dan sopan, jangan gunakan penutup kepala. Foto palsu, berupa kopian dan foto digital tidak diperbolehkan.

    • Bahan-bahal penunjang lain yang menunjukkan rencana perjalananmu ke China.

    • Membayar biaya-biaya untuk mendapatkan Visa.

  • Mata uang China adalah Renminbi (RMB) dan biasa disebut Yuan di China. Ada pecahan uang seperti 100 Yuan, 50 Yuan, 20 Yuan, 5 Yuan, 2 Yuan dan 1 Yuan. Serta ada pula pecahan 5 Jiao, 2 Jiao dan 1 Jiao. Satu Jiao adalah 1/10 dari Satu Yuan. Jangan lupa ada juga sebutan 5 Koin Jiao dan 1 Koin Jiao. Simbol mata uang di China adalah CNY. Jika dirupiahkan maka 1 Yuan akan sama dengan sekitar Rp. 1.319,-.

  • Apa yang harus kamu kenakan sebagai pakaian? temperatur Beijing untuk setiap harinya berkisar antara 25 derajat celcius sepanjang Agustus hingga September. Siang hari cukup panas dan relatif lembab, sedangkan pagi dan sore hingga malam lebih dingin. Direkomendasikan menggunakan slayer atau selendang untuk menutupi bagaian tubuh tertentu untuk mencegah perubahan cuaca yang drastis dari pagi, siang hingga malam hari. Kamu disarankan menggunakan krim anti sinar matahari (suns cream), menggunakan topi pada siang hari dan kacamata anti sinar matahari.

  • Kota Beijing menggunakan sistem 220V untuk tegangan listrik yang pada umumnya menggunakan 2 lubang stop kontak jenis bulat, 2 lubang stop kontak jenis pipih dan 3 lubang stop kontak jenis pipih. Jangan lupa membawa koverter adaptor untuk memastikan peralatan elektronik kamu bisa digunakan.

  • Beijing menggunakan saluran TV sistem PAL, jika kamu menggunakan sistem NTSC atau SECAM kemungkinan akan mengalami gangguan saat menontonnya melalui TV dan VCR di China. Namun jangan khawatir saat kamu merekam menggunakan kamera genggam hal tersebut tidak akan menjadi masalah saat kamu memutarnya di rumah.

  • Hotel-hotel di China biasanya menyediakan handuk, sandal, meja rias sebagai standar. Semua keperluan mandi, kesehatan dan kosmetika dapat kamu temukan dengan mudah di sepanjang Beijing.

  • Internet Cafe dapat kamu temukan dengan mudah di Beijing dengan biaya sekitar 3 Yuan per-jam. Kamu mungkin akan memerlukan Paspor dan identitas lain saat memanfaatkan fasilitas ini. Para pemakai Laptop dapat mengakses jaringan Internet pada banyak warung kopi dan beberapa rumah makan sepanjang Beijing. Tersedia juga Internet di hotel-hotel bintang 3 keatas, pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu mengenai fasilitas Internet yang kamu inginkan.

  • Transportasi selama kamu di China dapat menggunakan Bus, Kereta Bawah Tanah dan Kereta Umum di Kota beijing. Taksi akan dapat ditemukan dengan mudah yang siap mengantar kamu kemana saja. Taksi di China disebut "Chu Zu Che", jika kamu melihat tulisan "da di" berarti dapat menggunakan taksi tersebut. Biaya taksi adalah 10 Yuan untuk 3 kilometer dan 2 Yuan untuk setiap kilometer dan kamu memiliki 5 menit waktu tunggu. Jika kamu gunakan jasa taksi pada jam 11 malam hingga 5 subuh maka akan ada biaya ekstra sebesar 20 persen. Ingat, biaya parkir dan tol akan dibebankan kepada penumpang dan akan ada biaya pulang pergi jika lebih dari 15 km. Pastikan kamu menerima kuitansi pembayaran saat kamu meninggalkan taksi, hal ini akan mempermudah kamu apabila ada barang bawaan kamu tertinggal.

  • Untuk komunikasi, di China tersedia saluran telepon seluler GSM/GPRS dual-frekuensi 900/1800 dan jaringan WiFi.

  • Prosedur melakukan panggilan telepon di China hampir sama dengan di Indonesia:

    • Untuk panggilan lokal: kode area + nomor telepon fix atau nomor selular

    • Untuk panggilan internasional: tekan 00 + kode negara + kode wilayah + nomor telepon fix

    • Untuk panggilan seluler internasional: tekan 00 atau tanda plus (+) + kode negara + nomor telepon selular

Informasi Tiket


Saat ini jika kamu mau menonton acara pertandingan dan acara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 maka mulai bulan Mei 2008 sudah dibuka penjualan tiketnya. Segera lakukan pembelian sedini mungkin karena pra-pembukan pembelian tiket telah dapat dilakukan sejak jauh-jauh hari.


Bagaimana dengan harga tiket? kamu dapat melihatnya langsung melalui informasi pemesanan tiket disini. Beberapa contoh yang dapat saya ambilkan adalah harga tiket untuk menonton acara pertandingan cabang olah raga Basket adalah berkisar antara 50 Yuan hingga 150 Yuan. Jika dirupiahkan maka sekitar 50 hingga 200 ribu.

Informasi Lain


  • Website resmi olimpiade Beijing 2008 China

  • Jadwal Acara

  • Pemesanan Tiket

  • Peta Digital

Sampai ketemu di Beijing! :D

Author : Eva

Posting Komentar

35 Komentar

  1. Tulisan yang sangat bagus, membuat aku jadi pengen ke Beijing nih... tp gak ada duit hiks :(.

    BalasHapus
  2. Wah sama dong... aku juga cuma bisa nulis doang! hahaha :))

    BalasHapus
  3. sangat bagus sekali couse ini ajang dunia yg luar biasa yg di ikuti 100 negara ,bikin aq bisa tarohan bola .hahahahahaha...........................

    BalasHapus
  4. [...] cukup baik namun kurang bagus dari sisi pembuatannya. Coba bandingkan dengan maskot untuk acara Olimpiade Beijing 2008 yang pernah saya tulis. Berikut penjelasan dari panitia PON kali ini mengenai [...]

    BalasHapus
  5. Wow... olimpiade segera dimulai...mari dukung Tim Indonesia raih emas semuanya!

    BalasHapus
  6. wah..nggak di sangka akhir ny olimpiade di mulai lg stlh 4 th brlalu.. N buat para tim indonesia yg ntar brlaga di beijing good luck yah? Moga indonesia dpt memborong mendali mas ! SEMANGAT ...
    salam olahraga..

    BalasHapus
  7. Sedikit informasi saja mengenai maskot olimpiade kali ini.Nama kelima Fu Wa atau boneka kebahagiaan bisa bermakna lain jika disatukan. Bei jing huan ying ni~Beijing mengucapkan selamat datang padamu.

    BalasHapus
  8. tks yah visa internasional uda ngasih g kesempatan ngeliat olimpiade beijing.dengan baca informasi ini g jd dapat informasi yg bgs bgt.

    BalasHapus
  9. Wah bermanfaat juga ternyata tulisan ini, selamat jalan ya mbak inonk, Jangan lupa oleh2nya... pengennya sih berangkat, apa daya kantong tipis :)

    BalasHapus
  10. china is great country and this events will help all of countries in the world to survive from oil crisis today...
    o yeah on more thing please visit our website
    www.stekpivolusi.com

    BalasHapus
  11. keren bgt sih tmpatnya..

    pingin nnton langsung nih

    BalasHapus
  12. Olimpiade Beijing akan menjadi olimpiade yang akbar baik dari sarana n prasaranya dan yang akan menjadi olmpiade dengan jumlah penonton yang paling banyak dalam sejarah peyelenggaraan olimpiade.

    BalasHapus
  13. Keren bgtz .. Aq jd lbh tau gmn olmpde Beijing it.. Tp syg bgt, aq ga bs ke sna.. Pling2 cm nonton d TV aja..

    BalasHapus
  14. Suamiku tugas di China sampe betah gara gara Beijing olimpiade zs8t8

    BalasHapus
  15. pengen nntn olimpiade beijing tp kgk bisa

    smg buat tim indonesia menang prlombaan yaa
    caiyo smua

    BalasHapus
  16. Aku penasaran sama atraksi pas pembukaan kok kertas yang ditengah2 bs diangkat ya?? kalo ada yang taw mez gw ya 087877999352,steven tq

    BalasHapus
  17. hebaaattt.. ke beijing yah??? pembukaan aku liat di tvri boleh jg..

    BalasHapus
  18. maju terus indonesia & salam buat nurul.f smupi

    BalasHapus
  19. saz . edgar . iffah12 Agustus 2008 pukul 22.19

    dukung INDONESIA 100% . !!! Majuu trzz Indonesia . . !!

    BalasHapus
  20. Nonton acara pembukaan olimpiade 2008 di Beijing yang sangat mengagumkan, download video dan photonya di sini:
    Click here for Downloading Full Movies/Videos and high quality photos Olympic 2008 Opening Ceremony in Beijing China

    BalasHapus
  21. Olimpiade Beijing 2008...

    Tahun 2008 ini akan ada sebuah even besar 4 tahunan yaitu Olimpiade 2008 bertempat di Beijing, China mulai 8 - 24 Agustus 2008. Pesta olah raga terbesar dunia kali ini dikuti lebih dari 200 negara dengan mengangkat tema “One World One Dream”. Tampa...

    BalasHapus
  22. [...] kita semua. Mulai dari pertama kali olimpiade dilaksanakan sejak tahun 1936 di Berlin hingga Olimpiade Beijing 2008 perhelatan ini selalu memiliki ciri khas yang sangat spesial. Lihatlah obor olimpiade (torch) yang [...]

    BalasHapus
  23. [...] Olimpiade Beijing 2008 kali ini benar-benar sangat komprehensif dalam pelaksanaannya. Dengan dukungan yang sangat besar oleh pemerintah China sendiri dan berbagai sponsor mulai dari TV, Internet hingga hal-hal yang lebih kecil sangat diperhatikan dan disiapkan dengan begitu matangnya jauh-jauh hari. [...]

    BalasHapus
  24. dari kota n fashion building nya China. KEREN BNGT. gw dukung Indonesia ku

    BalasHapus
  25. Keren banget...Emang, secara chie kan atlet juga..Kemaren baru ampe ajang POM, mudah2an bisa ikut Olimpiade juga..Walaupun yg sekarang ga bisa, padahal seru kan di beijing..Dari dulu cHie pengen banget ke beijing..Kyanya keren...
    Tar cHie harus bisa dech, ikut olimpiade berikutnya, buat wakilin Indonesia...Aaamiiin...
    Doakan yaa kawand2...
    Beijing n Olimpiade it's soo cooll...

    BalasHapus
  26. sorry. Ka maksudnya cHie tadi bru ampe ajang "PON" bukan "pom" hhehe...PON XVII KALTIM kemarin.. Hhe.. :D

    BalasHapus
  27. Tempat-tempat & bangunan di China bagus bagus, ya. Apalagi Qingdao-nya. Trus, tiketnya, ya ampun. Di sini ditulisnya 200 ribu, ya? Saya pernah liat di tv harganya 7 jutaan. Buseeeet...

    Tim Indonesia, Berjuanglah demi Indonesia kita yang Indah ini!!!

    BalasHapus
  28. wow........ unik banget, & good luck Indonesia

    BalasHapus
  29. keren banget low simbol olimpiade beijing thu.........................!!!!!

    BalasHapus
  30. maskotnya lucu2, ng-gemesin hehe. .

    tapi, maaph ya. .

    penjelasan tentang maskotnya kurang, tapi sisanya oke kok. . . . . .

    salut buat tim Indonesia, moga2 olimpiade mendatang bisa lebih sukses lagi. .

    BalasHapus
  31. smo9a indonesia bisa nandingin china..........
    tapi.............................
    apa bisa ya?????????????????????
    alny china mana ada yang bisa nandingin china

    BalasHapus
  32. Hasalika Nurjannah28 Mei 2009 pukul 16.58

    moga2 indonesia bisa ngalahin china & indonesia menghasilkan emas yg banyak di olimpiade mendatang

    BalasHapus
  33. […] kita semua. Mulai dari pertama kali olimpiade dilaksanakan sejak tahun 1936 di Berlin hingga Olimpiade Beijing 2008 perhelatan ini selalu memiliki ciri khas yang sangat spesial. Lihatlah obor olimpiade (torch) yang […]

    BalasHapus