Plugin Wordpress yang Wajib Digunakan untuk Blog

Wordpress adalah salah satu perlengkapan kamu saat ini memulai ngeblog. Wordpress telah digunakan oleh jutaan blogger saat menentukan media terbaik untuk membuat blog. Plugin merupakan kesempurnaan adanya Wordpress sebagai media blog, dengan adanya Plugin kita akan lebih bisa mengoptimalkan blog yang sudah kita buat seperti untuk fungsi-fungsi yang belum didukung oleh wordpress secara default atau aslinya.



Untuk kamu yang baru mengenal Wordpress sangat disarankan untuk membaca tulisan saya mengenai Wordpress dan teknik optimalisasinya, yaitu:
Tujuan dari adanya Plugin untuk Wordpress adalah membuat sebuah media blog menjadi media yang lebih optimal, terbaik dikelasnya dan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

  1. Akismet
    Ini adalah plugin anti Spam dan sudah ada saat kamu pertama kali selesai instalasi Wordpress. Saran dari saya adalah segera aktifkan dengan cara memasukkan Wordpress API Key yang telah kamu miliki. Jika kamu belum memilikinya silakan daftar secara gratis untuk mendapatkannya di website Wordpress.com.




    Kamu bisa jadi gila apabila mendapatkan komentar-komentar pada blog kamu sebagian besar isinya adalah Spam. Mungkin saat-saat pertama blog kamu online tidak akan begitu tau komentar berupa Spam atau bukan namun seiring dengan jumlah tulisan yang sudah kamu buat maka siap-siaplah dengan hal ini.

    • Data berkas: akismet.zip, versi: 2.1.4, ukuran: 12 KB

  2. Subscribe to Commments
    Berfungsi untuk memberikan pemberitahuan kepada penulis melalui e-mail bahwa tulisan tersebut sudah ada komentar yang masuk.

    Plugin ini cukup penting untuk memberikan respon yang cepat kepada setiap pemberi komentar yang mungkin saja isinya harus kamu tanggapi.


  3. Show Top Commentators
    Plugin ini bisa benar-benar berfungsi untuk meningkatkan jumlah komentar pada blog kamu. Dengan adanya plugin ini bisa menantang pembaca untuk memberikan komentar sebanyak mungkin dan akan ditampilkan pada blog kamu sebagai pemberi komentar paling aktif.



    Tidak seperti tautan (link) pada komentar, link pada plugin ini mengandung tag NoFollow maka ini akan benar-benar membuat pembaca untuk tertantang untuk memberikan komentarnya sebanyak mungkin.

    • Kontributor: Nate Sanden

    • Website: http://www.pfadvice.com/wordpress-plugins/show-top-commentators

    • Data berkas: show_top_commentators.zip, versi: 1.05, ukuran: 3 KB


  4. Brian's Threaded Comments
    Plugin ini berfungsi untuk memberikan respon terhadap salah satu komentar yang ingin kamu balas. Umumnya respon kamu diberikan secara urut sesuai jumlah komentar yang sudah masuk pada sebuah tulisan. Namun dengan adanya plugin ini, maka kamu bisa dengan mudah memberikan respon khusus sebuah komentar yang ingin kamu balas.



    Hal ini berguna agar tatanan daftar komentar lebih mudah dibaca dan teratur strukturnya. Si pemberi komentar yang kamu balas tidak perlu menggulung layar ke bawah untuk mencari jawaban atau respon kamu terhadap pertanyaannya, karena respon kamu akan ada persis di bawah dari komentarnya.

    • Kontributor: Brian Meidell

    • Website: http://meidell.dk/archives/2006/12/19/brians-threaded-comments-159

    • Data Berkas: briansthreadedcomments.zip, versi: 1.5.18, ukuran: 10 KB


  5. Sidebar Widget
    Widget adalah salah satu plugin yang paling bermanfaat pada Wordpress. Adanya plugin ini memungkinan kamu untuk mengatur tata letak atau desain dari Sidebar kamu tanpa harus melakukan modifikasi pada berkas PHP. Kamu cukup lakukan drag-and-drop pada item yang ingin kamu sisipkan pada Sidebar. Untuk versi Wordpress 2.2 dan setelahnya sudah menjadi bagian Wordpress itu sendiri sehingga kamu tidak perlu menginstalasinya. Namun jika kamu masih menggunakan Wordpress versi lama (sebelum 2.2) yang belum mendukung penggunaan Sidebar Widget maka kamu perlu untuk memperbarui Wordpress kamu atau unduhlah plugin ini.



    Harap perhatikan bahwa plugin ini hanya berfungsi untuk tema atau theme yang mendukung adanya Sidebar minimal adalah satu jumlahnya. Untuk melihat koleksi-koleksi dari Widget pada Wordpress silakan kunjungi http://widgets.wordpress.com/

  6. Recent Comments
    Plugin ini sudah ada pada Wordpress yang digunakan untuk menampilkan pemberi komentar terbaru pada tulisan-tulisan di blog kamu. Pastikan kamu telah mengaktifkan plugin ini untuk memicu pembaca memberikan komentar pada blog. Umumnya plugin ini ditampilkan pada Sidebar dan selalu tampil disetiap halaman, namun bisa juga kamu modifikasi lokasi penempatannya sesuai keinginan.


  7. Related Posts
    Ini adalah salah satu plugin yang cukup populer digunakan dibanyak blog. Fungsi dari plugin ini adalah menentukan tulisan-tulisan lain yang sejenis dengan tulisan yang sedang dibaca oleh pengunjung blog kamu. Umumnya akan ditampilkan dibagian akhir setelah tulisan tersebut selesai dibaca.



    Plugin ini sangat baik untuk meningkatkan jumlah page view dan untuk dapat terus menjaga pengunjung agar selalu berada pada blog kamu. Plugin ini bisa ditentukan jumlah judul halaman yang ingin ditampilkan dan juga bisa kita tentukan pula untuk menampilkan jenis halaman blog yang diproteksi atau tidak.


  8. Digg This
    Sudah tau Digg? Digg adalah salah satu media layanan media penyimpanan sosial atau social bookmarking yang populer. Dengan adanya Digg kita dapat mempublikasikan adanya blog bahkan tulisan-tulisan baru kamu agar lebih cepat bisa diketahui oleh banyak orang.



    Dikarenakan Digg sangat populer maka saya sangat merekomendasikan penggunaan plugin ini sebab akan membuat blog mendapatkan aliran trafik. Plugin ini bekerja secara otomatis saat ada orang yang memberikan voting terhadap tulisan kamu dan memberikan link balik terhadap Digg.com. Hal ini juga dipercaya oleh banyak orang untuk mempercepat dan meningkatkan ranking sebuah website atau blog.


  9. AddThis
    Ini adalah plugin terbaik yang berguna untuk menambahkan tulisan-tulisan kamu untuk dipublikasikan ke banyak media social boorkmarking. Seperti halnya Digg maka plugin ini berfungsi memberikan keleluasaan kepada pembaca untuk menyisipkan pada social bookmarking favoritnya masing-masing. Karena banyak sekali pilihan media sejenis dan alasan kepraktisan dari pada menempatkan satu persatu ikon social bookmarking, maka plugin AddThis adalah pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.



    Social bookmarking
    populer seperti Digg, Technorati, Del.icio.us, Reddit, Google Bookmark, Yahoo MyWeb dan masih banyak lainnya membuat pengunjung dapat dengan mudah menambahkannya dengan hanya menggunakan sebuah ikon saja. Ini tentunya memudahkan kamu untuk menentukan media penyimpanan sosial mana yang terbaik untuk digunakan, bahkan kita juga dapat menyisipkan sebuah fitur berupa formulir e-mail untuk mengirimkan informasi tulisan kepada orang lain.


  10. FeedBurner FeedSmith
    Sudah tau RSS? RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindycation, merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk mempublikasikan isi website atau blog kamu menjadi format XML. Plugin ini adalah pelengkap kamu untuk mempublikasikan RSS ke pembaca setia blog dengan bantuan Feedburner.



    Feedburner adalah media yang akan membuat blog kamu menjadi kaya akan fitur dari pendayagunaan sebuah RSS dalam tulisan. Feedburner sangat populer digunakan oleh banyak blog berbasis Wordpress karena mampu menangani e-mail berlangganan RSS, membaca tulisanmu dalam bentuk XML, membuat catatan statistik penggunaan RSS dan lain sebagainya. Kamu wajib memiliki keanggotaan Feedburner sebelum menggunakan plugin ini.

    • Kontributor: Feedburner

    • Website: http://www.feedburner.com/fb/a/help/wordpress_quickstart

    • Data Berkas: feedburner_feedsmith_plugin_2.3.zip, versi: 2.3, ukuran: 74 KB


  11. All in One SEO PackSaya selalu gunakan plugin ini untuk meningkatkan performa blog menjadi lebih baik dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Fitur utama dari plugin ini adalah menentukan judul halaman blog untuk setiap tulisan, menentukan deskripsi yang lebih tepat terhadap blog kamu, serta untuk memberikan keleluasaan kamu dalam menentukan kata kunci atau keyword yang tepat dan berhubungan erat dengan adanya blog kamu.



    Fitur paling berguna adalah pemberian judul halaman, format judul halaman akan diberikan dalam bentuk "judul tulisan yang sudah di ketik | judul blog kamu". Ini akan lebih mendekatkan blog kamu kepada banyak mesin pencari terutama Google yang memang dikenal sebagai mesin pencari utama saat ini di Internet. Percayalah bahwa saya sudah membuktikan hal ini dan ini akan sangat mempengaruhi cara-cara mesin pencari untuk cepat mengindeks blog kamu.

    • Kontributor: Uberdose

    • Website: http://wp.uberdose.com/2007/03/24/all-in-one-seo-pack

    • Data Berkas: all-in-one-seo-pack.zip, versi: , ukuran: 121 KB


  12. Google Sitemap Generator
    Salah satu cara untuk lebih mempercepat dan meningkatkan performa dari blog kamu agar lebih cepat diindeks oleh mesin pencari adalah adanya Sitemap atau peta situs pada blog kamu. Sitemap dibuat dalam format XML yang cukup rumit dan menjemukan bagi yang baru belajar, tetapi jika kamu tidak memiliki Sitemap belum bisa dikatakan sebuah website atau blog menjadi sempurna. Oleh karena itu pastikan kamu memanfaatkan plugin ini yang sudah secara otomatis akan memproduksi berkas atau file sitemap.xml pada direktori utama blog-mu.



    Plugin ini cukup pintar dan canggih dimana kita bisa menentukan berapa lama perbaruan isi blog kita untuk dapat dikenali oleh mesin cari, memberikan prioritas terhadap berbagai halaman yang berbeda pada Worpdress yaitu intensitas perubahan apakah itu "halaman" atau "tulisan" yang selalu berubah sesuai waktu yang kita tentukan. Beberapa fitur lain adalah adanya fitur pembuatan file Robots.txt yang memiliki fungsi untuk menentukan halaman-halaman mana yang boleh di indeks dan tidak oleh mesin pencari dan beberapa fitur lain yang berguna. Plugin ini khusus mesin cari Google walaupun pada prinsipnya juga dapat digunakan oleh mesin cari lain.

    • Kontributor: Arne Brachhold

    • Website: http://www.arnebrachhold.de/2005/06/05/google-sitemaps-generator-v2-final

    • Data Berkas: google-sitemap-generator.3.0.3.2.zip, versi: 3.0.3.2, ukuran 329 KB


  13. DB Manager
    Membuat salinan atau backup terhadap file-file Wordpress kamu adalah hal paling penting dari semua hal yang harus kamu lakukan. Tanpa adanya proses backup maka pekerjaan kamu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun akan sia-sia saja apabila terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan seperti kehilangan data, kerusakan file dan lainnya.



    Backup
    adalah pekerjaan standar dan bersifat wajib dari seseorang yang memiliki website atau blog, maka jangan pernah menunda pekerjaan penting ini.


  14. Firestat
    Adanya sebuah statistik menjadi berguna saat kita membutuhkan data untuk menganalisa kekurangan dan kelebihan dari blog kamu. Dengan adanya data statistik maka kita akan menjadi lebih mudah menentukan rencana-rencana masa depan harus seperti apa. Plugin ini mampu untuk memberikan informasi total jumlah pengunjung, jumlah pengunjung dalam waktu 24 jam terakhir dan lainnya. Plugin ini juga menyajikan informasi tulisan mana yang paling banyak dicari melalui mesin pencari melalui kata kunci atau keyword, kemudian kamu juga akan melihat informasi dari mana saja pengunjung blog kamu berasal, browser yang digunakan, alamat IP, serta referal atau tautan yang mencantumkan URL dari blog kamu. Aslinya setiap 5 menit sekali Firestat akan memperbarui datanya dan kamu bisa menentukan perubahannya sesuai keinginan.



    Saran dari saya adalah agar memasukkan alamat IP kamu ke daftar pengecualian agar terhindar dari perhitungan yang tidak valid karena sudah dapat dipastikan kamu akan sering berkunjung ke blog-mu sendiri kan?. Sebelum mencoba Firestat dapat kamu coba terlebih dahulu melalui URL http://demo.firestats.cc/wordpress/wp-admin/index.php?page=firestats-wordpress.php

    • Kontributor: Firestats

    • Website: http://www.firestats.cc

    • Data Berkas: firestats-1.4.4-stable.zip, versi: 1.4.4, ukuran: 1.144 KB

Catatan Khusus


Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan Plugin, ada baiknya membaca penjelasannya terlebih dahulu disini. Gunakan plugin secara bijak dan sebaik mungkin. Maksud saya dari hal tersebut adalah bahwa Wordpress adalah perangkat lunak yang menganut lisensi GPL atau kata lainnya adalah gratis, maka secara otomatis kebanyakan plugin yang adapun juga dapat digunakan secara bebas. Namun jika kamu memiliki kemampuan untuk memodifikasinya silakan teruskan perubahan itu dengan terus mencantumkan nama, versi dan data lainnya yang berhubungan dengan kontributornya.



Apabila kamu merasa diuntungkan dengan adanya plugin tersebut bahkan cukup mendatangkan keuntungan berupa uang ada baiknya kamu mendukung adanya plugin tersebut dengan memberikan kontribusi yang sesuai kepada pembuatnya. Walaupun mereka tidak selalu mengharapkan tetapi hal tersebut sangat berguna agar kamu terus bisa menggunakan dan memanfaatkan plugin tersebut.

Happy Blogging!

Author : Yudhi

Comments

  1. Aku tambahin yang menurutku bagus dan sering aku pake ya:
    1. Simple Tag (ini buat optimalkan fungsi penambahan Tag)
    2. Post Rating (ini buat memberikan penilaian thd sebuah tulisan, contohnya bisa diliat di sejutablog.com ini)
    3. Postview (kita bisa tracking tulisan mana yang sering di klik sama pembaca)
    4. MyCaptcha (ini buat proteksi anti spam saat pemberian komentar oleh pembaca)

    Mungkin itu aja, semua bisa di download di http://wordpress.org/extend/plugins/

    ReplyDelete
  2. Terimakasih buat tambahannya mas Johan

    ReplyDelete
  3. Mas, Dhi. ini kunjungan kali pertama bagi saya ke blog yang nice ini. BTW, aku ini calon blogger yang baru lahir kemarin sore. Mas Dhi, tolong ajarin saya dunk supaya saya bisa membuat dan menyimpan sponsor area seperti di blog ini, supaya one day kalo saya sudah tertarik untuk menjadi blogger yang matre, saya bisa pasang iklan sebanyak2nya tetapi tata letaknya rapih dan enak dipandang.
    Saya tunggu jawabannya di emailku yaa. Tnx

    ReplyDelete
  4. Kalo basisnya wordpress sebenernya cukup banyak themes yang sudah support penggunaan iklan, baik yang bentuknya banner 468x60px dan juga 125x125px. Yang perlu dilakukan adalah tau HTML. Kebanyakan blogger punya kemampuan medium untuk tag HTML. Jika mau tau caranya bisa buka pake editor HTML dan liat pada bagian Sidebar.php di wordpress theme Anda. Disana bisa diletakkan banner 125x125px. Jika kamu meletakkan banner 468x60px bisa buka file Single.php, Page.php. Jika belum tau HTML emang rada sedikit susah, tp jangan takut kan ada Dreamweaver atau FrontPage yang bisa membuat HTML secara visual tanpa susah payah tau tag HTML. Kebetulan saya ada tulisan untuk pemula di SejutaBlog - http://www.sejutablog.com/dasar-dasar-html/.

    ReplyDelete
  5. Mas Dhi, ma'af saya baru mampir lagi sekarang setelah saya disibukkan sama urusan keluarga. melanjutkan komentar saya yang sebelumnya, saya juga masih buta sekali untuk ilmu HTML. Saya barusan lihat http://www.sejutablog.com/dasar-dasar-html/, tapi juga gak tahu harus memulai dari mana dan kayaknya kalo saya harus memulai dari nol banget secara autodidak kayaknya kelamaan:(. Kalo memang untuk blog berbasis WordPress banyak pluginnya, plugin apa yang sangat cocok biar blog saya bisa punya sidebar kayak blognya pean ini.
    Thanks banget sebelum dan sesudahnya. Syimen

    ReplyDelete
  6. Untuk plugin setahu saya gak ada yang men-support penggunaan banner iklan seperti itu karena itu kategorinya bukanlah plugin tapi Theme atau Template. Kalau itu yang Anda maksud silakan gunakan Theme Wordpress yang tersedia gratis di Internet. Berikut alamat website yang cukup bagus dapat saya berikan:
    - http://www.wpthemesfree.com/
    - http://topwpthemes.com/
    - http://theme.web.id/

    Tapi mau tidak mau Anda tetap harus belajar yang namanya HTML, karena Anda harus tau cara menempatkannya pada halaman blog dengan tepat. Semoga membantu dan selamat berjuang :)

    ReplyDelete
  7. Okey deh mas Dhi, Thanks a lot!
    Aku kan terus berjuang sampai bisa dan sukses :D

    ReplyDelete
  8. makasih mas, infonya
    q baru buat blooger buat usahaq
    titip link ya mas
    http://hcconsultan.wordpress.com/
    thaks

    ReplyDelete
  9. thanks infonya, maklum nihhh masih newbie

    ReplyDelete
  10. makasih banget info plugin nya yach, ni penting banget. Thankz. Aku tunggu info yang lainnya

    ReplyDelete
  11. mas klo plugin buat ngatur halaman komentar pake apaan? misal ada 25 komentar trus kita atur setiap page ada 5 komentar.Trims buat infonya

    ReplyDelete
  12. @Zax
    Silakan coba ini mas WP Paged Comment :
    http://wordpress.org/extend/plugins/wp-paged-comments/

    ReplyDelete
  13. waahh..kebetulan lg blajar wordpress nih..makasi oom infonya..

    ReplyDelete
  14. Keren2 tips nya :)

    silakan kunjungi blog saya untuk memberikan review ..terima kasih

    www.robert-id.com

    ReplyDelete
  15. salam kenal mas Yudhi
    wah ini baru ketemu yang gampang dipahami bagi yang pemula ini.
    Begini mas Yudhi, untuk mempercantik blog saya, mohon tanya :
    - setelah donlot diantara plugin diatas gimana cara gunakan plugin DB Manager, FireStat dllnya di blog saya
    - diluar dari konten ini gimana cara mengganti image header dengan foto/gambar milik sendiri (saya sudah mencoba kok gambarnya jadi 3 bayangan)
    sekian trim atas penjelasannya dan lain kali saya akan kesini lagi

    ReplyDelete
  16. @sukolaras
    - DB Manager fungsinya untuk manajemen db mysql, terutama buat backup. Ada 2 cara, bisa pake cara otomatis atau manual di backup satu2 table2nya yang ada pada mysql.
    - Untuk mengganti Anda harus tau tag html, wordpress umumnya menyimpannya pada file css, jika tidak ditemukan biasanya ada pada file header.php pada templates yg bersangkutan. Sulitnya membuat pas image adalah kita harus tau beberapa faktor seperti ukuran gambar dan ukuran layout. Untuk ukuran layout bisa ditemukan pada file style.css. Kalo ada contohnya mungkin saya bisa bantu karena saya harus melihat langsung.

    ReplyDelete
  17. wah...thx buat informasinya ya mas yudhi
    numpang nitip link ya
    www.stekpivolusi.com

    ReplyDelete
  18. [...] belum selesai bacanya, klo dari kalian mmg butuh liat aja di sini SEJUTA BLOG [...]

    ReplyDelete
  19. Banyak plugin yang diulas disini, mantap sekali...
    Terimakasih infonya, Mas...

    ReplyDelete
  20. ass... waahh sangat berguna sekali buat newbie seperti saya... hanya mau nanya bang, kok pas mau download file plugin .. ada peringatan sech..???? ziddu bermasalah yaa.. ????? salam kenal..

    ReplyDelete
  21. @Raden
    Pake Firefox terbaru versi 3.03 ya? memang kalo pake browser baru ini ada peringatan bahwa Ziddu dikategorikan suspicious website. Tp ndak papa saya dah test semuanya baik2 aja...silakan teruskan dengan klik link dibagian kanan bawah (ignore this warning). Jika bukan itu errornya bisa tolong beritahu saya, thx before!

    ReplyDelete
  22. Artikelnya menarik, kebetulan saya lagi ngoprek blog baru :)

    ReplyDelete
  23. trims buat infonya ya. sangat berguna

    ReplyDelete
  24. sep om.. izin donlot ya..

    ReplyDelete
  25. matur nuwun bang....siap di praktekkan

    ReplyDelete
  26. makasih, mas. informatif bgt tulisannya. bagus bgt buat aku yg msh baru bgt nge-blog.
    thx eniwei!

    ReplyDelete
  27. thanks untuk brians thread comment nya ya :)

    ReplyDelete
  28. Thanks banget infonya biar blog saya bisa seperti blog ini. Saya coba satu-satu. Tapi pasangnya gimana pakai upload ftp ya mas.?

    ReplyDelete
  29. @widodo
    Betul mas... silakan di upload ke dalam direktori /wp-content/plugins. Aktifkan dan setting-lah sesuai keinginan.

    ReplyDelete
  30. mas mau tanya,

    tampilan 'write' di dasboard WP (pake hosting sendiri) kok nggak ada menu 'visual' yg ada cuma 'html'. apa perlu plugin? mohon dibalas via email.

    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  31. berguna sekali pak ulasannya, secara saya lagi nyari plugin-plugin yang mau dipasang di blog saya. thanks

    ReplyDelete
  32. Video 7 Tutorial Blog: Pilih dan Gunakan Plugin Untuk Wordpress Anda | Blog SejutaBlog30 November 2008 at 07:47

    [...] ingin lebih maksimal dalam ngeblog. Saya juga pernah menuliskan sebuah artikel mengapa Anda butuh Plugin dan mana saja yang wajib digunakan untuk memaksimalkan kemampuan blog [...]

    ReplyDelete
  33. Kebetulan juga mas, newbie neh lagi cari2 plugin

    ReplyDelete
  34. Trimakasih untuk informasinya mas :)

    ReplyDelete
  35. makasih ya mas infonya =)

    ReplyDelete
  36. thx k2k ... wat info nya ... sangat useful

    ReplyDelete
  37. Agung Puji Mustofa8 June 2009 at 01:39

    Saya membuat wordpress plugin gratis yang bisa didownload. Silakan kunjungi blog saya untuk mendownload

    ReplyDelete
  38. owner icakicik.com15 June 2009 at 17:50

    Salam kenal.. Wah, nice tutorialnya.. Bisa link exchange?

    ReplyDelete
  39. nice post...jadi nambah pengetahuan nih..top

    ReplyDelete
  40. makasih...sangat membantu neh....jelas fungsinya

    ReplyDelete
  41. terimakasih informasinya mas, sangat membantu buat pemula seperti saya ini.. thanks sekali ya..

    ReplyDelete
  42. wah,, info yang berguna...

    ReplyDelete
  43. sangat membantu, trims...

    ReplyDelete
  44. Di coba gan,
    BTW kok blog saya gak terindek google ya

    ReplyDelete
  45. Maz//////kalo BSTAT gimana yah ,,,editnya...supaya perfek....
    Tapi kadang bikin serever hostingan down yah >_< mohon pencerahannya
    Maz kalo nggak repot mampir ke blog ku yah

    ReplyDelete
  46. @Hot Girl

    Saya blom pernah pake itu, tp biasanya saya pake Firestats atau Wassup. Memang sangat menyita CPU usage apabila trafik web kita cukup tinggi (di atas 1000 user perhari). Dan inilah yg menyebabkan server hosting bisa melakukan suspend terhadap account kita kalo server kita adalah share hosting. Saran saya gunakan yg dedicated hosting apabila trafik website Anda tinggi. Namun apabila trafik harian masih di bawah 500 user perhari pengalaman saya blom akan ada masalah dgn server hosting, semoga mmebantu :)

    ReplyDelete
  47. Mas........mau tanyak kalo pake plugin autogenerate contens,apakah harus di edit dan keyword di masukan dalam tag html nya.sebelum plugin di aktifkan,,,di tunggu jawabanya.dan link back nya >_<
    bila minat plugin itu PM aku ya MAZ........
    Gut lak Adsensr indonesia

    ReplyDelete
  48. @Windows 7 tutorial

    Kalo mau autogenerate konten sekaligus untuk SEO memang dilakukan manual setelah konten tersebut telah terbit. Atau bisa pakai plugin Headspace, saya lupa url nya tp coba di cari di daftar plugins website-nya wordpress.org disana kita bisa tentukan keyword dan deskripsi menggunakan tag atau excerpt dari artikel yg kita masukkan secara otomatis

    ReplyDelete
  49. tulisan ini sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  50. mas lok mau pasang captcha gimana ya..? biar gk kena spam terus.

    capek nge delet nya..

    apa pake plug ins juga ya..?? bisa kasih file downloadnya... terus cara masukin plugins itu gimana sih...??

    terimaksih sebelummnya. baru blajar buat blog wordpress

    ReplyDelete
  51. @oi blitar

    Udah aktifkan akismet? itu udah lumayan bagus, trus kalo masih tembus pasang captcha emang lebih baik. Saran saya pake http://www.recaptcha.net jangan lupa daftar dan registerkan blognya satu2, disana ada petunjuk lengkap dan plugins khusus wordpress

    ReplyDelete
  52. ku coba dulu dech...

    ReplyDelete
  53. akhirnya nemu plugin yang saya cari, makasih buat informasinya

    ReplyDelete
  54. Waduh, daftar "kewajibanya" banyak banget, menarik semuanya. Kalo "kewajiban" tersebut tidak dilaksanakan gimana? hehehe Paling cuma buat nulis dan tidak peduli dengan tampilan, traffik, dan parameter laen yang mengacu ke Teknik SEO ya :)

    ReplyDelete
  55. thanks for U information

    ReplyDelete
  56. hosting murah indonesia20 May 2010 at 07:02

    ma'af sobat (dikit menggangu pembicaraan), ada pengumuman ni tentang kontes seo. yu' ikut meramaikan, terimakasih :D164
    http://www.indositehost.com/kontes-seo.php

    ReplyDelete
  57. makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  58. informasinya membantu...

    ReplyDelete
  59. Nah ini yang saya cari. Mantap plugin-nya. thx yah sudah sharing

    ReplyDelete
  60. ebookbahasaindonesia16 April 2011 at 20:08

    tak download ah. izin sedot ya gannn......

    ReplyDelete
  61. Wow benar-benar mantap Gan infonya lengkap banget ada gambarnya juga jadi bisa membayangkan he3...Okey Gan thanks infonya kebetulan lagi2 cari info ttg plugin ni:_)

    ReplyDelete
  62. WordPress memberikan banyak kemudahan dan kebebasan bagi blogger untuk memodifikasi dan menginstal plugins untuk plugins yang lainya bisa anda temukan pada Awesome WP Plugins semua pluginsnya gratis

    ReplyDelete
  63. sungguh sangat membantu saya, trima kasi boss....

    ReplyDelete
  64. Nice post ni...Ni terbaru tentang Plugin Wordpress..Plugin WordPress Terbaik Buat Blog

    ReplyDelete
  65. Love this blog very very good
    from www.agrobuah.com
    Supplier, Distributor, Marketing, buah indonesia

    ReplyDelete
  66. [...] WordPress khusus untuk fitur komentar pada blog yang bisa Saya berikan, sebenarnya banyak tersedia Plugin WordPress lain yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Semoga informasi pada tulisan ini bisa [...]

    ReplyDelete
  67. [...] Plugin WordPress ini bisa dengan mudah kamu pasang sehingga siapapun yang berkunjung bisa dengan mudah langsung membaginya ke social bookmarking terpopuler untuk dapat diketahui oleh banyak orang dimanapun dia berada. [...]

    ReplyDelete
  68. [...] pada blog Anda. Saya pernah merilis sebuah tulisan yang cukup mendapatkan respon bagus mengenai Plugin WordPress yang wajib digunakan untuk blog, sebaiknya kamu baca dan [...]

    ReplyDelete
  69. [...] tidak ingin menguras space untuk halaman browser Anda yang penuh sesak dengan adanya tambahan Plugin WordPress. Seperti kita ketahui bahwa adanya Plugin WordPress yang membuat menu tersendiri akan menambah [...]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Surat Untuk mBak Wulan

Google Doodle : Terimakasih Yang Berjuang Keras Saat Pendemi Covid-19

Ingin Kredit Rumah Murah? Sistem Take Over adalah Solusinya