Facebook

header ads

Tips Cari Duit Pakai Blog


Saat ini aktivitas ngeblog sudah sedemikian memasyarakat di Indonesia. Salah satu kabar baiknya bahwa ngeblog adalah sebuah aspirasi pribadi yang cukup menunjang dengan cepatnya arus informasi tersebar secara luas. Piranti lunak untuk ngeblog-pun bisa ditemukan dengan mudah di Internet, sebut saja Wordpress, Blogger, Live Journal, TypePad, Blogsome, IndoWeblog, DagDigDug, Blog.com, Bedeng.com, BlogDetik dan masih banyak lainnya.

Tata cara penggunannya-pun bermacam-macam cara, ada yang sudah ready tinggal pakai ada juga yang untuk lebih serius ngeblog menggunakan space hosting dan domain sendiri. Tips pada tulisan ini khusus untuk kamu yang pemula yang sedang belajar ngeblog sekaligus dapat digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar dari aktivitas ngeblog.

Buat kamu yang belum tahu cara bikin blog baca terlebih dahulu artikel saya mengenai cara Membuat Blog Pada Blogger, jika ingin membuat Wordpress yang dipasang dengan domain dan hosting sendiri baca juga Cara Mudah Instalasi Wordpress.

Optimalisasi Mesin Pencari


Mesin pencari merupakan kunci penting bahkan paling penting dari apapun yang perlu kamu pikirkan pertama kali. Biarpun blog kamu menggunakan Wordpress.com ataupun Blogspot yang sudah terkenal namun kamu sama sekali tidak mengoptimalkannya maka akan sangat sulit untuk bisa di indeks oleh mesin pencari terkenal seperti Google, Yahoo, Ask dan
Live SearchBing.

Perbanyak Konten


Jumlah konten menurut mendapat saya pribadi akan sangat baik apabila sangat banyak. Bagaimana tipe konten yang paling banyak dicari? apakah umum? spesifik (niche)?, berbahasa Indonesia ataupun Inggris?. Apabila Anda serius menggunakan blog untuk menghasilkan uang gunakanlah bahasa Inggris, kenapa? sudah jelas jawabannya adalah pembacanya tentu akan lebih banyak ketimbang bahasa Indonesia. Jika tidak memiliki kemampuan menulis yang baik dalam bahasa Inggris jangan khawatir karena banyak sekali program komputer untuk menterjemahkan tulisan-tulisan Anda kedalam bahasa Inggris.

Promosikan Sesering Mungkin


Ada beberapa jenis promosi yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

  • Promosi langsung ke search engine
    Cara ini banyak sekali ditawarkan oleh situs-situs di Internet yang tentu saja Anda harus selektif. Pertanyaan paling mendasar jika Anda menggunakan jasa mereka adalah sejauh mana hasil yang didapat dengan cara ini dan berapa biayanya. Apabila gratis mengapa mereka bisa memberikan layanan gratis ini. Sebaliknya apabila berbayar apa jaminan yang diberikan oleh perusahaan tersebut apabila blog kamu menjadi tidak menghasilkan apa-apa. Pengalaman saya pribadi cara ini hampir tidak pernah saya gunakan, mengapa? apakah karena tidak percaya? bukan tapi saya hanya kurang suka dengan banyak teknik yang ditawarkan seperti banjirnya e-mail seperti Spam setiap hari berupa tawaran-tawaran promosi yang membingungkan. Namun jika Anda menggunakan cara berbayar akan sedikit lebih baik ketimbang versi gratisnya. Karena banyaknya website sejenis ini silakan tanya "Mbah Google" dengan keyword "website submission".

  • Promosi referal menggunakan website bookmarking
    Media bookmarking paling terkenal di Internet adalah Digg.com. Namun hanya akan berfungsi efektif apabila Anda menggunakan blog berbahasa Inggris. Beberapa situs sejenis yang bisa Anda gunakan khusus berbahasa Indonesia diantaranya adalah seperti yang digunakan SejutaBlog yaitu Infogue.com, LintasBerita.com. Percayalah bahwa trafik referal yang ramai akan membanjiri blog kamu dengan cepat.

  • Pasang Iklan pada mesin cari Google
    Pengalaman saya pribadi, menggunakan program periklanan dari Google yaitu AdWords sangatlah cepat mendapatkan trafik yang besar. Dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat pilihanmu maka akan sangat cepat sekali mendapatkan kunjungan melalui search engine. Namun jangan sekali-sekali gunakan AdWords apabila Anda tidak ingin trafik dengan gratis karena AdWords adalah tidak gratis. Namun jika beruntung Google biasanya akan memberikan sejumlah uang sebagai bonus untuk memacu kamu terus menggunakan layanan mereka.

  • Tinggalkan jejak pada blog lain
    Cara ini benar-benar gratis dan cukup efektif. Dengan memberikan komentar pada blog lain kamu bisa dipastikan akan mendapatkan aliran trafik secara khusus dari pengunjung blog lain tersebut, minimal adalah pemilik blog-nya pasti akan mengecek siapa sih yang berkomentar. Namun ingat jangan sekedar meninggalkan jejak yang tidak bertanggungjawab namun gunakanlah secara bijaksana.

Cara-cara lain bisa kamu temukan lebih mendalam melalu blog pribadi saya tentang tulisan Tips Ngeblog dan SEO untuk Pemula.

Pasang Iklan


Cara paling mudah untuk menghasilkan uang pakai blog adalah memasang iklan dari pemilik produk ataupun jasa yang bersedia membayar kamu apabila ada sebuah transaksi atas iklan tersebut. Berbagai metode pemasangan iklan memang cukup banyak, cara yang paling difavoritkan dan tergolong mudah adalah model PPC (pay per click).

PPC paling terkenal dan revolusioner adalah Google Adsense. Banyak sekali blogger Indonesia yang memasang iklan AdSense pada blog mereka. Iklan yang paling mudah mendapatkan earning (pendapatan) adalah jenis teks dibandingkan gambar. Ukuran favorit untuk iklan teks standarnya adalah 468x60 pixel, 300x250 pixel, 468x15 pixel. Masih ada beberapa ukuran iklan lainnya namun kamu tentunya perlu menyesuaikannya dengan desain blog kamu agar tampak rapi dan menarik perhatian untuk diklik. Blog kamu berbahasa Indonesia? gak perlu khawatir baca ini dulu maka kamu akan mendapatkan jawabannya.

Sebuah iklan yang bagus dan selalu diklik oleh pembaca umumnya berdesain sangat baik dan pengaturannya benar-benar dipikirkan secara matang. Blog sangat erat kaitannya dengan sebuah tulisan ataupun artikel, oleh karena itu sisipkanlah iklan teks pada artikelmu.

Tips Tingkat Lanjut


Pada bagian ini khusus bagi kamu yang memiliki kemampuan sedikit lebih dibanding blogger lain yang hanya ingin cepat-cepat menulis saja tanpa mau mengoptimalkan artikel-artikel yang sudah dipublikasikan.

  • filter iklan yang tidak kamu inginkan
    Cara ini sangat efektif untuk menyaring iklan-iklan berbiaya rendah yang tampil pada blog kamu. Bagaimana cara mengetahui harga sebuah iklan dari AdSense? Sebelumnya Anda harus belajar juga yang namanya Google AdWords. AdWords adalah sebuah program periklanan milik Google dimana kamu bisa beriklan disana dengan membayar biaya pemasangannya. Sebuah iklan memiliki tingkatan biaya apabila ingin ditampilkan secara bersaing atau biasa disebut dengan istilah CPC (Cost Per Click). Iklan dengan CPC biaya yang tinggi tentu saja akan lebih sering tampil ketimbang yang murah, nah disanalah Anda memfilter iklan berbiaya rendah tersebut agar tidak tampil pada blog kamu. Pelajari hal ini lebih mendalam melalui keanggotaanmu di Google AdWords.

  • Masukkan URL blog kamu ke search engine terkenal
    Cara ini cukup sekali saja kamu lakukan, berikut URL tempat mendaftarkannya:

  • Lakukan ping setiap kali ada artikel baru
    Ada ping ada pong, ping pong? yang memang seperti bermain bola ping pong. Jika Anda menuliskan sesuatu yang baru beritahukan segera kepada mesin cari. Bagaimana caranya? gampang, silakan downloadfile berikut ini yang isinya berupa daftar-daftar website/blog yang menerima ping kamu. Beberapa URL di bawah ini dapat kamu gunakan juga guna melakukan ping pada mesin cari terkenal, diantaranya:

    • Ping ke Google: http://www.google.com/webmasters/tools/ping? sitemap=http://www.YOUR-NAME.com/sitemap.gz

    • Ping ke Yahoo: http://search.yahooapis.com/SiteExplorerService/V1/updateNotification? appid=Yahoo&url=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml

    • Ping ke Moreover: http://api.moreover.com/ping? u=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml

    • Ping ke Live Search: http://webmaster.live.com/ping.aspx?siteMap=http://www.YOUR-DOMAIN.com

    • Ping ke Ask: http://submissions.ask.com/ping? sitemap=http://www.YOUR-DOMAIN.com/sitemap.xml
      Jangan lupa untuk mengganti www.YOUR-DOMAIN.com dengan URL blog kamu.

  • Buatlah file peta situs blog kamu.
    Pastikan blog kamu telah memiliki sebuah file sitemap.xml pada folder root. Jika blog kamu menggunakan Wordpress yang dihosting dengan domain sendiri silakan downloadsebuah plugin terbaik saat ini untuk membuatnya secara otomatis setiap kali kamu menuliskan artikel baru pada blog. Setelah kamu memiliki sebuah sitemap beritahukan minimal 3 mesin pencari terkenal di bawah ini:

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat dan selamat berjuang! :)

Author : Yudhi

Posting Komentar

86 Komentar

  1. walaupun sayamasih umur17 th,n saya masih skul di wikrama kejuruan software.saya ingin mendapatkan lewat internet,gmana cara nya saya akan melakukannya,saya ingin daftar di web ini,karena web ini menanantang sekali.

    BalasHapus
  2. Dengan senang hati Afhi, mumpung masih muda banyaklah belajar dan cari pengalaman sebanyak mungkin! :) good luck!

    BalasHapus
  3. Thanks ya infonya....yang memunculkan satu ide buat saya untuk menaikan traffic website saya.trims

    BalasHapus
  4. thank you mas buat bimbingannnya kapan - kapan di tambah artikelnya

    BalasHapus
  5. makasih ya mas infonya top banget untuk pemula kayak saya. trims.

    http://ogepz.blogspot.com

    BalasHapus
  6. konten yang sangat bagus untuk pemula seperti saya. saya akan menyimpan link mas yudhi di blog saya dan akan sering2 berkunjung ke web ini.
    thanks mas yudhi

    BalasHapus
  7. @Chaidir
    Terima kasih mas, saya juga belajar terus kok. Selamat dan sukses buat Anda.

    BalasHapus
  8. makasih ya atas infonya...sy ingin bertanya nih mas yudhi,kalo kita udah buat blog di blogger,bisa gak sih kita join host ziddu???kata temen kampus sy gk bisa,harus daftar di Wordpress.Apa itu bener??

    BalasHapus
  9. @Fajar
    Antara blogger dan ziddu tidak ada hubungannya sama sekali. Blog adalah website pribadi kita sedangkan ziddu adalah web dimana kita bisa menyimpan file2 koleksi kita untuk di download oleh orang lain dgn insentif 0.001 dollar tiap ada yg download. Ekstremnya bahkan jika tidak punya blog sama sekalipun bisa daftar Ziddu secara gratis.

    BalasHapus
  10. mas bagaimana kalo kita sudah punya blogger tapi belum punya tabungan?
    kemana saya harus kirim uang buat anda?

    BalasHapus
  11. @tara
    Pada umumnya program afiliasi yang ada di internet termasuk jg Google AdSense menggunakan metode pembayaran melalui cek, kemudian melalui jasa Paypal (www.paypal.com), dan transfer antar bank. Namun transfer bank membutuhkan ketelitian dan informasi yang benar dalam memasukkan informasinya. Saran saya untuk cepatnya Anda wajib punya rekening disebuah bank dan buatlah account di Paypal. Lalu tautkan rekening bank Anda dgn account Paypal.

    BalasHapus
  12. Infonya sangat membantu saya....

    BalasHapus
  13. Bingung.....udah daftar smorty, bv, semuanya diapprove tapi g pernah dapet task

    BalasHapus
  14. Wah artikelnya sangat membantu nie...biz gw newbe di dinia per bloggeran jadi masih awam bgt...
    Thx ya...

    BalasHapus
  15. weehh siip banget omm atas info ne tapi saya masih kesulitan tuk memasang plug in di blog gimana yoo cara detailnya ....apa dimasukkan di elemenya atau gimana thanks atas semuanya he

    BalasHapus
  16. @arifwibowo
    Plugin untuk Wordpress ya? caranya upload file2 plugin nya ke directory plugin yg ada di Wordpress. Lalu aktifkan melalui dashboard Wordpress. Biasanya kebanyakan Plugin udah ada Widget-nya, jadi tinggal di letakkan di sidebar/content secara otomatis. Kalo mau lebih fleksibel bisa di edit source file php nya Wordpress, selamat mencoba

    BalasHapus
  17. blog kalo kita bangun dengan serius hasilnya juga akan serius buat kita

    BalasHapus
  18. Mas Yudi, u/ blogspot ada ngga plugin u/ membuat sitemap.xml. soalnya saya gagal terus pas mau mendaftar di google webmaster..
    Atau mgkn Mas Yudi tau bagaimana mendaftarkan blogspot di google webmaster?? mohon bantuannya.. trims..

    BalasHapus
  19. @aidicard
    Saya sudah coba sitemap untuk blogspot, banyak sumber mengatakan bahwa cukup dengan menuliskan alamat RSS kita yaitu: http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default, ini adalah standar RSS 2.0 namun bisa jg pakai standar Atom. Ternyata tidak semua template blogspot mendukung sitemap spt itu tapi ada yang berhasil.

    Untuk masukkan blogspot ke Google Webmaster adalah gampang sekali, cukup masukkan URL nya lalu di verifikasi menggunakan cara meta tag, masukkan kodenya ke bagian head:
    meta name=verify-v1 content=disini_adalah_kode_dari_google

    BalasHapus
  20. wah artikelnya bagus banget, siap dilaksanakan!.... sepertinya perlu ketekunan untuk melakukan semuanya.... website saya sudah dapet $4 dari adsense lumayan untuk pemula... mas kalau kita tukeran klik iklan google dengan blogger lain beresiko gak mas ya?? "kepala jadi bertanduk nih setelah lihat $$$ "

    regards,
    fahmy

    BalasHapus
  21. @fahmy
    Itu beresiko mas...sebaiknya jangan dan usahakan natural aja, ok?

    BalasHapus
  22. mas ajarin saya dong.......agar iklan saya dapat masuk ke google
    gw lg mumet mas gak dapat masuk-masuk pleaseeeeee

    BalasHapus
  23. salam kenal mas, webnya bagus $ informatif.
    makasih buat infonya :)

    BalasHapus
  24. maksih infonya menarik banget dan patut dicoba...

    BalasHapus
  25. top bgt mas infonya....... thxs ya

    BalasHapus
  26. mas.... aku baru belajar nih, mau aku pake ilmunya, semoga bermanfaat.
    terimakasih ya.....

    BalasHapus
  27. baru beberapa bait tulisan sing tak woco aku tertarik
    salam kenal dari bloo
    sukses buat mas yudhi

    BalasHapus
  28. mas cara-cara (contoh ping) ini apa bisa dipake untuk blog/website yang gratisan atau hanya untuk yang berbayar saja ??? makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  29. @arya creator
    Yg dimaksud berbayar itu apakah blog/website Anda? atau gimana? Untuk contoh diatas ping service diatas bisa dilakukan melalui blog selain blogspot.com dan wordpress.com saja, selain itu tidak bisa dilakukan secara langsung namun harus melalui jasa pihak ketiga seperti Technorati, Google Feedburner, dll.

    BalasHapus
  30. mas saya kog g bisa2 daftar di google Adsense, pas klik signup formulirnya gag kluar,gmana carany??tolong bantuanya donk mas....thanks

    BalasHapus
  31. ulasan anda sangat informatif. sangat membantu pemula yang ingin menerjuni dunia blog apalagi yang ingin menjaring dolar melalui blog.kalo ada jurus2 baru mohon dipostingkan, semoga terus jaya n tularkan terus virus ngeblog ini..

    BalasHapus
  32. tolong bantu saya yg masih newbie ini dengan mengunjungi blog saya yah.

    makasih

    BalasHapus
  33. are you great....bro
    mas aku sudah ketuaan belajar seo...tapi gpp kan..tolong ajarin saya mengenai tata letak blog saya yang cukup amburadul..thanks bro

    BalasHapus
  34. Nyari duit lewat blog seru euy, persaingan ketat bin tendang2 an :D

    BalasHapus
  35. Menarik sekali.
    Tapi blog ku masih baru, belum ada pengunjungnya.

    ozones_dw.blogspot.com

    BalasHapus
  36. om tolong di cek punyaku donk.wwwkhasiatbayam.blogspot.com...apa kebaca di enggine gggollleee aku nda tahu cara ngeceknya......jarin donk...makasih...lem kenal...

    BalasHapus
  37. @surya

    Buka Google lalu ketik spt ini untuk melihat apakah blog Anda sudah terindeks atau belum: site: http://www.namabloganda.com, jika keluar hasilnya maka blog Anda telah terindeks jika belum sabar aja ditunggu ya mas

    BalasHapus
  38. tertarik nichhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  39. salam kenal mas yudhi
    saya pemula di wordpress en banyak info disini, numpang baca nih mass

    eh mas sekalian blog mas yudhi sya tempelin di blog saya boleh kan....????

    terima kasih

    en salam sukses aja buat mas yudhi.... he..he

    BalasHapus
  40. kok aq coba ping nya gak bisa yaaa??

    BalasHapus
  41. Hosting Termurah30 Juli 2010 pukul 19.34

    Artikel yang sangat bagus, menarik, dan membantu saya untuk belajar cari duit lewat blog. Saya menanti artikel menarik lainnya dari Anda.
    Terimakasih.

    Belajar Bisnis Internet

    BalasHapus
  42. Artikelnya sangat menarik dan bagus, apalagi saya termasuk newbie dalam dunia blog. Semoga bisa membantu dikemudian hari, ditunggu artikel-artikel yang lainnya... Trims

    BalasHapus
  43. Mau dwonk mas diajarin cara cari duit online yang cepat...thks b4

    BalasHapus
  44. Thx bwt informasinya ,,ini sangat membantu sya ,,thx n smga website anda selalu bermanfaat

    BalasHapus
  45. Mas saya tertarik dengan blogger tp saya blom pernah / tidak tau cara bikin blogger.
    gimana cari dollar melalui web?
    makasih

    BalasHapus
  46. Wah artikelnya bgus nih,
    bwat Mas Rahmat tlong ajari donk tntang cari tambahan lewat blog ato web,coz aku bru pemula n blum paham nih ???

    trims . slam kenal jg
    :D
    zeekusuma.blogspot.com

    BalasHapus
  47. salam kenal...
    terima kasih artikelnya sangat bagus.. karena saya adalah pemula masih perlu banyak belajar dan cari info

    BalasHapus
  48. berikan saya jalan pintas agar bisa mendapatkan uang di blog dengan singkat!

    BalasHapus
  49. Artikel yg menarik, kebetulan saya lagi belajar tentang topik ini.
    Trims pak...

    BalasHapus
  50. Terima kasih infonya , semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  51. Ayo gabung dengan kita, website PPC yang memberi komisi publisher berupa pulsa elektrik, harga perklik advertiser Rp 400,- Publisher Rp 200, pay out Cuma Rp 6000, lumayan bukan?dapat pulsa gratis gitu loch!!! Kalo ingin promosi website juga sangat mudah, minimal deposit saldo iklan 5000, ayo bergabung dengan kami

    BalasHapus
  52. terima kasih infonya gan..sangat membantu..

    BalasHapus
  53. Saya masih newbie banget di dunia blogging tapi semangat saya buat cari duit Via Internet besar Mas..
    Terimakasih atas sharingnya.

    pelsop.blogspot.com

    BalasHapus
  54. kalo qt tekun blog qt mang bener2 ngasilin y..

    BalasHapus
  55. masih dikit bingung.....mas bro,

    BalasHapus
  56. soal promosi blog si,Yang paling penting menurut saya itu blogwalking ma oneway backlink
    cepet naikin PR
    :)

    BalasHapus
  57. mantaaab mas..sya pendatang baru smoga dapat ilmu banyak dri sini.

    BalasHapus
  58. salam kenal mas..
    saya mau tanya, ping mksudnya apa yah?? hehe

    mohon pencerahannya..:D

    BalasHapus
  59. @Alvian

    Ping adalah sebuah metode untuk melakukan koneksi ke sebuah host lain yang ada di internet

    BalasHapus
  60. thanks info nya mas bermanfaat banget.. :D

    BalasHapus
  61. Wah, menarik mas.
    salam kenal.
    saya sebenarnya ingin sekali bisnis online. tapi hingga detik ini belum mengerti sama sekali caranya.

    BalasHapus
  62. wah, makasih banget infonya mas. keep posting. ni masih mau lanjut2 baca artikel disini dulu, banyak artikel menarik sih :D

    BalasHapus
  63. makasih mas infonya, aku baru belajar ni informasinya sangat mendukung dan memberi pencerahan bagi aku yg newbie

    BalasHapus
  64. Sukurlah jika bisa dimanfaatkan :)

    BalasHapus
  65. makasih mas infonya

    BalasHapus
  66. salam kenal mas infonya bermanfaat banget,pa lagi bwt pemula, mampir ke blog saya mas ( mnta koreksi ya..) blm bisa bikin becklink...he,,,he,,,he,,,

    BalasHapus
  67. makasihh infonya.. i like it..

    manpir dounk yahh friend ke blog saya, blog anda semua akan ku kunjungi pon
    hehehee

    BalasHapus
  68. wihh, sangat membantu gan info.nya..
    mampir k.blog saya ya.. ;))

    BalasHapus
  69. terima kasih infonya gan, langsung dipraktekkan nih. Jangan lupa melirik blog saya juga...:)

    BalasHapus
  70. penyuluh perikanan25 Maret 2012 pukul 21.07

    terima kasih sobat, informasinya sangat bermanfaat, mohon suport ...

    BalasHapus
  71. Ribed gan... kelamaan tajirnya....
    coba gan ini..
    ane cuma mau share...
    BUKAN MLM
    BUKAN jualan
    BUKAN ngajak orang
    BUKAN bisnis cepat kaya
    JUST SINGLE FIGHTER!!!
    NO SCAM!!!
    Mungkin bisa membantu financial kita.
    Sorry sebelumnya ane gak bisa kasih janji.
    Ane cuma bisa kasih bukti.
    lihat link di bawah:
    http://beli-saham-jbp.blogspot.com/
    ane punya bukti profit dan WD/PO yang udah ane dapet dan
    ANE UPDATE SETIAP HARI!!!!
    Gak cuma copas.... Gak cuma teori....

    BalasHapus
  72. Lagi cari duit di internet ya...bagus coba ini <a href='http://www.counter-pulsa.com/'< KLIK CARA BISNIS PULSA bUAT ADMIN MAKASIH

    BalasHapus
  73. mantap gan ane juga lakukan langkah-langkah diatas dan terbukti berhasil seperti pada blog ane http://indodollar.blogspaot.com meskipun blog baru tapi lumayan meningkat alexa rank nya

    BalasHapus
  74. tips bagus. ane terapin juga di rumah ane http://benmapan.blogspot.com
    silakan mampir, nanti ane akan bersilaturahmi juga ke alamat agan..

    BalasHapus
  75. makasih infonya bos, sangat membantu sekali bagi sy yg masih pemula...mampir2 ke blog sy bos, mohon koreksinya...

    BalasHapus
  76. good,gan ane lagi belajar cari duit dari blog.
    mohon bimbingannya yach...

    BalasHapus
  77. thx bangett bermanfaat sekali infonyaa ...

    BalasHapus
  78. bermanfaat gan...trima kasih :)

    BalasHapus