Facebook

header ads

Thomas Cup 2008

Thomas Cup dan Uber Cup tahun 2008 ini akan diadakan di Indonesia pada bulan Mei yang akan dimulai pada tanggal 11-18 Mei 2008 di Jakarta. Thomas Cup adalah kejuaraan dunia Bulu Tangkis kelas dunia yang sangat prestisius. Thomas Cup sekelas dengan kejuaraan pada olah raga lain yang setingkat dengan perebutan Piala Dunia (World Cup) pada Sepak Bola.


Sejarah Singkat Thomas Cup


Piala Thomas diadakan setiap dua tahun sekali diberbagai negara yang berbeda yang memiliki prestasi olah raga Bulu Tangkis kategori pria kelas dunia. Sayangnya Bulu Tangkis adalah olah raga yang masih kalah populer dari olah raga lain dibanyak negara sehingga pelaksanaannya tidak merata namun hanya segelintir negara saja selain Indonesia seperti Malaysia, China, Denmark, Inggris, Thailand, Belanda, Amerika Serikat, Korea Selatan.

Thomas Cup pertama diadakan tahun 1949 yang direncanakan diadaakan setiap tiga tahun sekali, namun sejak tahun 1982 pelaksanaannya diubah menjadi ajang 2 tahunan sekali. Thomas Cup diikuti oleh beberapa negara yang dibagi kedalam beberapa zona yaitu Eropa, Afrika, Amerika, Asia dan Oceania. Pada setiap zona akan diwakili oleh beberapa negara yang telah lolos kualifikasi namun dari dulu selalu saja negara-negara yang diantaranya saya sebutkan diatas sebagai peserta tetapnya.

Sejauh ini hanya 3 negara yang selalu menjadi langganan pemenang Piala Thomas yaitu Indonesia, China dan Malaysia. Indonesia adalah yang terbanyak sejauh ini yang mengkoleksi 13 kali juara, diikuti oleh China dengan 6 kali kemenangan kemudian terakhir adalah Malaysia dengan 5 kali juara.



Indonesia adalah negara yang paling sukses sampai dengan saat ini dengan menjuarai sebanyak 13 kali sejak dimulai pertama kali. Namun untuk 2 tahun terakhir penyelenggaraan yaitu tahun 2004 dan 2006 Indonesia kehilangan gelar tersebut dan mulai didominasi oleh China, bahkan China juga berhasil mengawinkan Piala Uber yang selalu didominasi sejak tahun 1998.

Thomas Cup 2008


Tahun 2008 ini adalah penyelenggaraan untuk yang ke 25 kalinya sejak tahun 1949 dan dikuti oleh 12 negara yang dibagi ke dalam 5 zona, yaitu:

  1. Zona Asia: China, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Thailand

  2. Zona Afrika: Nigeria

  3. Zona Amerika: Kanada

  4. Zona Eceania: Selandia Baru

  5. Zona Eropa: Denmark, Jerman, Inggris

Juara bertahan sejak tahun 2004 adalah China yang memiliki pemain ungggulan top dunia seperti Lin Dan (peringkat 1 dunia), Bao Chunlai (peringkat 3 dunia) dan Chen Jin (peringkat 4 dunia). Untuk melihat daftar lengkap peringkat pemain dunia silakan lihat disini.

Indonesia akan diperkuat oleh 2 orang pemain dunia yaitu Sony Dwi Kuncoro (peringkat 6 dunia) dan Taufik Hidayat (peringkat 7 dunia). Kalo lihat dari peringkat maka dua pemain Indonesia ini masih kalah dari pemain dari Denmark yaitu Kenneth Jonassen yang berperingkat 5 dunia dan pemain Malaysia yaitu Lee Chong Wei peringkat 2 dunia. Namun untuk partai ganda putra pemain Indonesia Markis Kido dan Hendra Setiawan adalah pasangan terkuat dunia saat ini berperingkat 1 dunia, tampaknya mereka berdua akan menjadi tumpuan harapan Indonesia untuk merebut gelar juara ini kembali.

Pembagian Group


Group A

  1. China

  2. Nigeria

  3. Kanada

Group B

  1. Malaysia

  2. Inggris

  3. Korea Selatan

Group C

  1. Denmark

  2. Selandia Baru

  3. Jepang

Group D

  1. Indonesia

  2. Jerman

  3. Thailand

Datang dan Saksikan


Tempat penyelenggaraan adalah di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta bagi kamu dapat menonton secara langsung di Jakarta. Jika kamu tidak punya waktu silakan saksikan melalui televisi pada saluran Trans TV dan Trans 7.

Sebagai orang Indonesia asli, saya mengajak pembaca untuk mendukung tim Thomas dan Uber Cup agar dapat meraih gelar yang sudah lama lepas dan berhasil mengembalikan kejayaan olah raga Bulu Tangkis sebagai olah raga kebanggan bangsa Indonesia.


Ayo maju terus pantang mundur! :)

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Semoga Indonesia bisa menyandingkan gelar Thomas dan Uber Cup tahun ini.

    BalasHapus
  2. Buat tim Thomas dan uber maju terus..berjuanglah untuk negara tercinta ini
    Salam buat Simon,Markis dan Luluk

    BalasHapus
  3. Berjuang dan majulah terus tim Indonesia dan rebut kembali kejayaan kita dimasa lalu :D

    BalasHapus
  4. Ayo maju Indonesia, AKu selalu bangga menjadi warga Indonesia
    Raih piala Uber dan Thomas seperti dulu lagi

    BalasHapus
  5. Halaman Blog Thomas Cup 2008 Dapat Hits Tinggi | Blog SejutaBlog14 Mei 2008 pukul 08.39

    [...] ada halaman blog berjudul Thomas Cup 2008 dan Uber Cup 2008 di SejutaBlog ternyata membawa dampak yang cukup besar terhadap kunjungan. [...]

    BalasHapus
  6. seharusnya Malaysia muncul juara tahun ini kerna mereka lebih konsisten
    permainannya.Malaysia Boleh!!!!!!

    BalasHapus
  7. maju terus pantang mundur...............rebut kembali piala thomas & uber....... Warga Indonesia Sudah merindukanya.................
    good luck

    BalasHapus
  8. Kemenangan sudah di depan mata jangan sia siakan perjuanganmu wahai pahlawanku

    BalasHapus
  9. Jgn prn MENGALAH ma cina ya????????
    Q dkg trs Indonesia Ko >>>>>>
    pokoknya maju trus n" jgn mundur!!!!!

    BalasHapus
  10. sama dgn 5tad intinya
    " Maju trus Indonesia n jangan mundur,libas cina!!!,"

    BalasHapus
  11. Saya nulis ini belom ada 2 menit yang lalu TIm Thomas Indonesia kalah dari Korea... hik :(( . Sabar dan tetap semangat. Untungnya Tim Uber Indonesia besok masih berlaga kita dukung terus ok?. Ayooo Maria, Firdhasari, Pia, dkk rebut kembalikan kejayaan Indonesia http://www.sejutablog.com/uber-cup-2008.

    BalasHapus
  12. walaupun Thomas gagal untuk direbut, tapi perjuangan para pemainnya sungguhlah luar biasa.... hanya tim thomas perlu latihan yang lebih lagi terutama latihan mental untuk jadi juara...
    Tim Uber jangan ulangi kesalahan tim Thomas dari segi mental yach... siapkan mental juara mu:-D

    BalasHapus
  13. huuuuaaaaaaaaaa.
    bikik nangis aja liat tim THOMAS INDONESIA di semifinal semalam.
    pokokny, next time better !!!
    -SIMON
    -SONY
    -TAUFIK
    -MARKIS
    -HENDRA
    -JOKO
    -CHANDRA

    gw suka gaya lo !!!
    :)

    BalasHapus
  14. Aduh... kok bisa kalah ya padahal udah didukung sekian banyak orang indonesia. Tapi mainnya udah bagus sih, cuma emang Korea lebih bagus :). Tetap salut dan dukung juga Tim Uber kita lawan China di http://www.sejutablog.com/uber-cup-2008/

    BalasHapus
  15. Pemaen indo semuanya udah bagus2..
    Terutama yang ganda..
    (Markis Kido & Hendra Setiawan)
    Bener2 TOP...^0^
    Cuman yang bikin makan ati tuh si Taufik...
    Cuman dia satu2nya pemaen yang keliatan banget kalo ga niat maen...
    Menang nama besar doank...
    Yang TOP tuh simon...
    Udah hebat,imut banget lagi.....^0^
    Laen kali lebih keren lagi ya maennya.....
    2taon lagi masih ada kesempatan...
    Ciayyyooo...!!!!!!! ^0^

    BalasHapus
  16. husen sastra permana23 Mei 2008 pukul 23.36

    Mas soni dwi kuncoro itu adalah sosok yang sangat saya kagumi . . .
    permainannya TOP banget banget . . . perjuangannya itu lohh.... gigih banget . . apalagi pas waktu lawan Andrew Smith . . .
    pokoknya . . . dia itu . . hebaaatt lahhh . . . . perjuangannya buat mengharumkan nama bangsa indonesia sangat besar . .
    saya jadi terharu dehh . . . hiks hiks . . .
    walopun agak kecewa karena gak masuk final. . tapi saya tetap berharap supaya 2 tahun yang akan datang, tim Thomas Indonesia bisa menjadi juara . . . HIDUP INDONESIA !! HIDUP INDONESIA ! ! ! HIIIDDDUUUPPP ! ! ! ! ! !

    BalasHapus
  17. Nita Nuraeni SMAN 15 Bandung24 Mei 2008 pukul 18.47

    MARKIS KIDO ! ! !

    Ihs . subhanallah sekali . . . kereennn ddeeeh yey mainnya ! !

    ga papa lah kalah juga . . yang penting udah usaha . . . udah serius mainnya . . . ga main-main . . .

    ak tuh senengnya, Markis kido lincah banget mainnya . . PERTAHANKAN !

    Maju terus kedepan ! ! ! Jangan Maju kesamping ! ! !

    SMANGADDD ! ! ! !

    udah ah . cangkeul yeuh nulisna .

    bubye .

    BalasHapus
  18. Laporan Statistik Bulan Mei 2008 | Blog SejutaBlog1 Juni 2008 pukul 07.57

    [...] oleh Feedburner juga meningkat baik. Salah satu tulisan yang mendapat respon sangat baik adalah Thomas Cup dan Uber Cup 2008 yang ditulis oleh Eva yang memang saat ditulis bertepatan dengan adanya even [...]

    BalasHapus
  19. [...] pernah melakukan riset sederhana mengenai hal ini diawal tahun 2007 dengan menuliskan ajang Piala Thomas dan Uber Cup 2008. Ternyata hasilnya luar biasa, dengan keyword Piala Thomas 2008 maka tulisan saya [...]

    BalasHapus