Facebook

header ads

Cara Menjual Barang di Ebay, Sebuah Panduan untuk Pemula

Kamu punya barang-barang unik yang ingin dijual? gunakan ebay untuk mejualnya ke seluruh dunia. Ebay dikenal sebagai salah satu market terbesar untuk barang-barang mulai dari yang bekas atau second hingga yang baru sekalipun. Ebay sudah lama ada dan pada awalnya hanya ditujukan untuk pasar di Amerika Serikat saja namun saat ini sudah tidak ada lagi batasan itu. Sudah siap untuk memulainya? inilah panduan lengkap dan singkat tapi jelas bagi Anda para pemula yang ingin memulai memasarkan produk-produk Anda.

Pendahuluan


Selamat buat Anda apabila sudah memutuskan untuk menjual barang di Ebay. Nantinya Anda akan menemukan bagaimana cara membuat keanggotaan (account) di Ebay dan mengatur semua produk yang akan dijual, tips dan rekomendasi agar penjualan Anda sukses.

Membuat Account Ebay


Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuat keanggotaan terlebih dahulu di Ebay. Proses ini adalah gratis tidak dipungut biaya apapun dan cukup cepat. Anda membutuhkan nama lengkap anda, alamat, e-mail yang valid dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan oleh Ebay. Jika Anda sudah memiliki account Ebay, silakan lewati langkah-langkah di bawah ini dan langsung menuju bagaimana caranya membuat listing atas produk-produk Anda.

  1. Buka browser favorit Anda dan masukkan alamat http://www.ebay.com. Jaringan Ebay sangat banyak dan tersedia di berbagai negara, namun sayangnya Indonesia belum ada pada daftar tersebut.

  2. Pilih link Register pada halaman pertama tersebut, Anda akan dibawa menuju form isian untuk diisi.

  3. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan secara lengkap dan benar, jangan pernah untuk menuliskan informasi yang salah ataupun tidak valid, ini sangat penting bagi Anda apabila ingin menjadi seorang penjual yang memiliki reputasi baik.

  4. Pastikan Anda sudah membaca dan meneliti isi dari terms of service dari Ebay, kemudian lanjutkan.

  5. Sesaat setelah Anda selesai dengan isian form tersebut, maka silakan cek e-mail yang Anda gunakan tadi. Silakan konfirmasi email tersebut dengan cara melakukan klik pada link yang diberikan untuk mengaktivasi account Anda.

Membuat Payment Account

Payment account adalah sebuah metode dimana Anda akan menerima pembayaran atas barang-barang yang sudah laku dijual. Cara ini adalah wajib Anda lakukan apabila ingin menjual sebuah barang. Sebenarnya ada beberapa cara untuk dapat menerima pembayaran, namun saya merekomendasikan Anda menggunakan Paypal sebagai alat penerima pembayaran Anda.

Paypal adalah sebuah payment gateway terpeercaya dan sudah bisa digunakan untuk wilayah Indonesia. Selain untuk menerima pembayaran, Anda juga dapat mengirimkan pembayaran melalui Paypal. Paypal membutuhkan proses registrasi yang sama dengan Ebay, gratis dan prosesnya sangat cepat. Yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan kartu kredit Anda dan rekening Anda di Bank yang ada di Indonesia. Anda dapat melakukan pengaturan rekening bank dikemudian hari, namun yang paling wajib adalah Anda harus memiliki rekening kartu kredit. Mengapa dibutuhkan kartu kredit? karena Paypal akan melakukan charge kepada kartu kredit Anda sebesar $1,95 untuk setiap aktivasinya.

Jika Anda belum memiliki kartu kredit maka status account Anda pada Paypal adalah belum diverifikasi sedangkan jika sudah akan berubah menjadi verified. Lakukan langkah ini dikemudian hari apabila kartu kredit Anda sudah siap. Saran saya adalah menggunakan kartu kredit dari bank-bank besar seperti BCA dan Citibank.

Ada 2 buah jenis account di Paypal, yaitu Personal dan Premier/Business Account. Personal adalah khusus bagi seseorang ataupun individu dan hanya untuk transaksi bervolume kecil, sedangkan Premier/Business Account khusus bagi perusahaan yang akan menggunakan Paypal sebagai alat payment gateway dan cocok untuk aktivitas transaksi yang sangat besar. Silakan bandingkan terlebih dahulu antara keduanya dari sisi Fee yang akan dikenakan pada account Paypal anda.

Sudah siap membuat account Paypal Anda? silakan lanjutkan membuatnya disini.

Membuat Account Seller pada Ebay


Sebelum Anda melanjutkan pastikan terlebih dahulu Anda telah memiliki payment gateway Paypal. Selain itu tersedia juga metode pembayaran lain seperti via kartu kredit dan cek. Pembayaran via cek ditujukan bagi para penjual bervolume besar dan jenis barang-barang tertentu yang membutuhkan nilai transaksi cukup besar.



Pastikan Anda sudah menjadi seller pada Ebay. Jika Anda telah terdaftar saatnya sekarang membuat account Anda menjadi seller. Klik pada menu My Ebay dan lanjutkan menuju Personal Information di bawah menu My Account, Anda akan dibawa menuju halaman untuk mengkonfigurasi seller account.

Sebelum Anda Menjual


Disinilah letaknya bagaimana menjadi penjual yang baik dan menjadi sukses menjadi seller di Ebay.

  1. Lakukan riset pasar. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kondisi pasar di Ebay, jenis barang yang dijual, apa yang paling laku? dan yang terpenting adalah barang-barang yang sejenis alias sama. Jika barang Anda cukup unik maka proses ini tidak perlu Anda lakukan, namun saran terbaik saya adalah tetap lakukan riset pasar untuk menentukan listing terbaik Anda. Untuk melakukan ini silakan menuju menu Advanced Search dan pastikan pencarian Anda berparameter Compeleted Listings.

  2. Buatlah title atau judul barang Anda tidak lebih dari 55 karakter dan buatlah deskripsi yang jelas, singkat namun sangat detail terhadap barang yang ingin Anda pasarkan. Misal jika Anda menjual kamera digital sebutkan merk, berapa mega pixel, tipe memorinya apa, warnanya, serta bagaimana tipe batery yang bisa digunakan.

  3. Tambahkan foto ataupun gambar-gambar yang mendukung penjualan Anda. Hal ini akan sangat membuat pembeli semakin yakin bahwa barang inilah yang mereka cari. Harap diingat bahwa Ebay akan men-charge Anda apabila lebih dari 1 foto, artinya foto kedua akan dikenakan biaya sebesar $0,15 per-foto.

  4. Pembeli harus tahu bagaimana cara pengiriman barang. Anda harus menjelaskan bagaimana caranya Anda mengirimkan barang tersebut. Banyak sekali parameter yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi proses pengiriman barang ini seperti waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman, biaya pengiriman, asuransi pengiriman dan lain sebagainya.

  5. Selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran. Dengan Paypal Anda sudah bisa langsung menentukan metode ini sebagai pilihan. Hebatnya selain menggunakan Paypal, maka Andapun bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit yang akan langsung diterima oleh account Paypal Anda.

Saatnya Berjualan


Ini adalah langkah mudah untuk memulai menjual barang-barang Anda :


  1. Tentukan judul barang Anda.

  2. Tentukan kategori utama dari barang dan kategori lain dari barang tersebut.




  3. Deskripsikan barang Anda.

  4. Siapkan listing barang Anda dengan judul dan deskripsi yang sudah Anda buat.


  5. Masukkan foto-foto pendukung.

  6. Berikan penjelasan sebaik mungkin untuk menjelaskan barang Anda.

  7. Tentukan harga dan formatnya.

  8. Pilih metode pembayaran.

  9. Tentukan metode pengiriman barang.

  10. Informasikan bagaimana cara pengembalian barang apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  11. Promosikan daftar barang Anda.

  12. Atur bagaimana caranya barang Anda tampil dalam pencarian di Ebay.


  13. Terakhir adalah tinjau kembali semua pengaturan Anda.


Apa yang Tidak Bisa Dijual?


Tidak semua barang dapat dijual di Ebay, silakan cek disini barang-barang apa saja yang dilarang untuk diperjual belikan.

Informasi Tambahan

Sistem penjualan di Ebay adalah model lelang atau auction. Model ini akan sangat bermanfaat bagi penjual untuk meningkatkan nilai jual dari sebuah barang yang akan Anda jual. Metode menentukan pemenang lelang bisa dilakukan berdasarkan waktu ataupun pencapaian harga. Metode waktu adalah hal yang paling umum, misalnya berapa hari barang Anda akan tampil untuk proses lelang dengan nilai awal yang sudah ditetapkan dan berapa nilai pertambahan minimalnya. Sedangkan metode pencapaian harga adalah barang tidak lagi boleh dilelang apabila sudah ada pembeli yang setuju dengan harga yang Anda tawarkan tanpa proses lelang, biasanya harga akan lebih tinggi dari nilai awal harga pembukaan lelang Anda.

Perhatian buat Anda yang barangnya sudah laku terjual, Anda akan menerima e-mail pemberitahuan apabila ada barang Anda yang laku. Sering-seringlah untuk cek account Ebay Anda dan lakukan promosi pada komunitas di Ebay dan forumnya. Apabila barang Anda laku segeralah kirim barang tersebut ke alamat si pembeli, jangan menunda hingga waktu yang lama untuk mengirimkannya, ingat ini adalah hal terpenting dalam sistem transaksi elektronik di Internet. Kepercayaan adalah nomor satu dan reputasi Anda akan terjaga dengan baik dengan melakukan hal-hal yang baik pula.

Segera jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penawar barang Anda. Jangan pernah menunda akan masuknya pertanyaan tersebut karena akan menyebabkan barang Anda akan sulit terjual.

Mudah-mudahan tulisan ini akan dapat membantu Anda untuk memulai memasarkan barang-barang unik Anda via Internet khususnya Ebay.

Author : Yudhi

Posting Komentar

87 Komentar

  1. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia... klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..
    http://www.lintasberita.com ......

    dan dibawah ini ada artikel bagus lho...
    coba di cek yah??

    http://www.lintasberita.com/Bisnis/Krisis_Mulai_Terasa_di_Indonesia

    http://www.lintasberita.com/Dunia/Mosaik_Perangko_Bergambar_Obama_Dijual_Rp_30_juta_

    http://www.lintasberita.com/Dunia/10_Mahluk_Gaib_Paling_Terkenal_di_Dunia_Barat-2

    http://www.lintasberita.com/Aneh/HEBOH_Bayi_Lahir_dengan_satu_mata_Dajjal_Kah

    http://www.lintasberita.com/Dunia/Fakta_Senjata_Biologis_Di_Irak_

    http://www.lintasberita.com/Hiburan/Ciri-Ciri_Penjahat_Kelamin


    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita's widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks.... sory klo keliatannya spamming.. but seriously... im just helping you out here...

    BalasHapus
  2. Apa Ada metode pembayaran lain selain pal pal?
    Saya punya masalah, saya ingin menjual jam tangan yang berumur lebih dari 100 tahun ke luar negri. kira-kira metode pembayaran yang paling mungkin untuk saya yang tidak punya paypal verified apa ya??
    Mohon pencerahannya boss...
    tengkyu b 4..

    BalasHapus
  3. Untuk di Ebay tanpa paypal/credit card anda tidak bisa berjualan sedangkan ebay adalah tempat yg tepat untuk menjual jam tangan Anda. Buat saja account paypal, lalu verifikasi menggunakan kartu kredit atau debit card. Buat account paypal adalah gratis sedangkan verifikasi butuh biaya.

    BalasHapus
  4. mau tannya nih, si pembeli bisa kena tipu dong kalau langsung di kirim gitu aja. misalkan si penjual minta duitnya dulu baru barang nya, duit udah di kirim tp barang nya ga di kirim

    BalasHapus
  5. aq mo jualan dulu aaah 3 1000 yang jauh mari mendekat yang dekat mari merapat sayang anak sayang istri laris maniiiis

    BalasHapus
  6. NICE INFO ,THANKS

    BalasHapus
  7. muhammad firdaus15 Juli 2009 pukul 16.13

    Sukses terus boz, trimksh bnyk infonya.
    tp masih ada yg bingung nih, soal "metode pengiriman barang" mungkin lebih membantu kalo hal ini dibahas lebih detail lagi. karna hal inilah yg dirasa paling sulit buat pemula trutama sy pbribadi.
    trimakash mas yudi, sukses terus dgn karya tulisnya.

    BalasHapus
  8. Boz, menarik sekali tulisannya dan thanks for information.
    Seperti yang lainnya mungkin masalah ongkos kirim kalau kita jadi seller di Indonesia, bisa dibahas lebih detail.
    Saya lihat seller diluar negeri langsung otomatis bisa calculate biaya kirim. Bagaimana dengan seller atau store di indonesia ?.
    Apakah ada standarisasi dari post office, DHL, UPS atau yang lainnya. Beri pencerahannya, karena ini sangat penting agar pembeli dapat kepastian total yang harus dibayar.
    Dan sebagai pembeli juga tidak salah menentukan ongkos kirimnya. Menyangkut reputasi kita sebagai seller.

    BalasHapus
  9. mau tanya, kalo mau berjualan di ebay gimana yah cara pengiriman barang nya?? saya ingin sekali berjualan di e-bay. cuma saya bingung sekali cara mengirim barang nya.

    Terima kasih yah

    BalasHapus
  10. Anda pernah kirim barang via kurir? ya sama spt itu aja gak ada yg berbeda dari sistem di Ebay.

    BalasHapus
  11. bagaimana dengan kupu- kupu yang diawetkan,apakah bisa di jual di e-bay?tolong infonya dong

    BalasHapus
  12. @FAISAL

    Ebay terkenal dengan dijualnya barang2 aneh dan langka. Silakan foto2 saja kupu2 itu lalu pasang di account Anda

    BalasHapus
  13. Tentukan metode pengiriman barang.

    nah hal ini yang saya bingung. Saya mau jadi penjual

    Saya pernah beli barang di Ebay dari Amerika... penjualnya cepat sekali mengestimasi biaya kirim ke Indonesia

    gimana caranya ya...???

    BalasHapus
  14. @irwan harnoko

    Kan ada situs seperti fedex.com adajuga usps.com trus ada jg dhl.com mereka semua menyediakan perhitungan biaya kirim

    BalasHapus
  15. gini pak mau tanya.......q punya kolam lele beserta isinyan q mau menjual lele tp ga th pemasarannya gmn..........gmn cara menjualnya di internet, tolong di bantu..

    BalasHapus
  16. @adi.buduts

    Saya kurang yakin kolam lele bisa dilelang di ebay, tp coba aja sapa tau laku ;)) yg penting ada gambar dan deskripsi yg jelas. Tp apa gak sebaiknya cari target yg lebih tepat? spt iklan di koran misalnya.

    BalasHapus
  17. mas, saya mau nanya masalah pembelian di ebay.
    rencana saya ingin membeli suatu barang di ebay.
    namun satu hal yang masih saya ragukan adalah masalah pengirimannya.
    bisa jelaskan ngga mas proses pengirimannya.
    lalu apakah benar bila selalu terjadi masalah di bea cukai indonesia??
    lalu bagaimana supaya barang yang kita beli dapat sampai di rumah tanpa masalah dan keluar biaya apapun lagi??

    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  18. @yeye

    Jika anda melakukan transaksi yg sah maka tidak perlu khawatir dengan masalah pengiriman. Anda tentu tahu perusahaan expedisi sekelas FedEx, DHL, USPS yang akan melakukan deliver tepat pada waktunya. Tinggal Anda perlu berhati2 terhadap seller yg ada di Ebay, pastikan Anda membeli dari seller yg memiliki reputasi sangat baik dan bisa Anda percayai, ambil waktu untuk mempelajari terlebih dahulu secara khusus mengenai seller tersebut.

    Soal masalah bea cukai gak perlu khawatir masalah itu, mereka akan tahu mana pembeli yg benar dan tidak karena mereka punya data para pembeli dari Indonesia yg bermotif penipu (carding). Saya sendiri sering melakukan order dan gak ada satupun barang yg tidak pernah sampai, semua bisa saya terima dengan baik tanpa kena biaya tambahan kecuali via kantor Pos yg biasanya mereka akan meminta biaya 7 ribu rupiah sbg biaya 'bungkus ulang' dari barang yg Anda order.

    BalasHapus
  19. tulisan yang sangat bagus , komplit bro
    salam kenal
    byme

    BalasHapus
  20. Gan tanya dikit donk...
    bisa ngga verifikasi paypal pake kartu kredit BNI??
    trus pa nama account paypalnya harus sama dengan nama di kartu kredit??
    tolong di jawab gan

    BalasHapus
  21. @bayu

    Bisa mas... silakan dicoba, pastikan nama yg tertera dikartu dan di account paypal adalah sama. Saat ini bahkan Paypal bisa diverifikasi menggunakan rekening bank lokal indonesia, mau tau caranya? silakan baca artikel ini di blog saya: http://www.yudhitech.com/cara-verifikasi-paypal-menggunakan-bank-lokal-indonesia/

    BalasHapus
  22. bila kita berjualan di ebay.apakah dikenakan biaya dari ebaynya sendiri,untuk melakukan pemasaran tersebut?nah trus,bagaimana cara kita mengirim barang yang kita jual ke pelanggannya?mohon dilampirkan..
    dan ada lagi,saya masih bingung soal ongkos verifikasi di paypal?kira-kira dikenakan biaya berapa dari rekening bank lokal?dan apakah nantinya kita menarik uang dulu dari rekening kita ke paypal secara manual(berdasarkan jumlah yg kita inginkan)?atau paypal sudah menjadi otomatis menyatu dengan link rekening bank kita,saat kita melakukan pembelian/transaksi barang,tanpa harus menarik nominalnya?mohon pencerahannya...
    -terima kasih-

    BalasHapus
  23. Ebay akan mencharge dalam bentuk persentse dari keuntungan yg anda dapatkan dari setiap transaksi.

    Untuk mengirimkan barang tergantung dari Anda melayani pengiriman menggunakan apa? sebagian besar perusahaan expedisi melayani pengiriman barang ke dalam dan luar negeri. Ebay tidak mensyaratkan harus menggunakan satu expedisi saja tp anda bisa bebas menggunakan jasa mana saja termasuk jasa pos indonesia

    BalasHapus
  24. bisa ngga jualan produk digital seperti ebook atau software yang tidak ada biaya shipping ? soalnya wkt saya mau listing produk di tanayakan biaya pengiriman

    BalasHapus
  25. @Babay

    Untuk barang2 tidak berbentuk fisik atau barang digital sebaiknya Anda gunakan Clickbank jangan Ebay. Clickbank adalah marketplace terbesar dan tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli barang2 digital seperti DVD, E-Book termasuk juga jasa.

    BalasHapus
  26. Terima kasih Mas Yudhi, saya adalah seorang pemula yang baru mengenal internet, saya mempunyai koleksi prangko mancanegara sebanyak 420lbr( th.1800-an s/d 1965 ) dan saya ingin sekali melelangnya di ebay, tetapi persyaratan yang Mas Yudhi uraikan di atas tak satu pun yang saya punyai, termasuk juga kendala bahasa. Jadi kalau Mas Yudhi berkenan saya ingin sekali bekerja sama dengan Mas Yudhi untuk menawarkannya. Kira-kira komitmen apa yang harus saya penuhi juga mengenai persyaratannya. Perlu Mas ketahui saya berdomisili di Lampung Way Kanan. Tolong beri saya penjelasan, juga alamat email Mas Yudhi, biar saya bisa mengirim gambar atau materi yang dibutuhkan. Termasuk nilai awal harga barang-barang tsb. Salam hangat dari saya, terima kasih sekali lagi.

    BalasHapus
  27. Saya kesulitas saat menentukan shipping cost dari Indonesia soalnya saya biasa pakai TIKI, DHL, Pos Indonesia, EMS. Bagaimana caranya, apakah shipping cost bisa dikosongkan atau dihiting secara manual ketika ada pembeli datang?
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  28. Saya sudah menjual barang di ebay, sehari kemudian saya cek, tayangannya belum ada. Yang jadi pertanyaan Saya, berapa hari dia baru bisa muncul ? Bagaimana cara mengeceknya ? Terima kasih.

    BalasHapus
  29. thanks gan inponya tapi saya mau nanya. kalu kita menjual barang-barang furniture dan pembelinya membeli dengan jumlah banyak gimana ngirimnya gan...
    (masih newbie banget soal beginian) jawab ya gan

    BalasHapus
  30. informasinya sangat bermanfaat nih...makasih...saatnya go internasional

    BalasHapus
  31. Penjelasan nya sangat lengkap, terima kasih udah bersusah payah menulis artikel ini. Yang menjadi kendala berjualan di eBay adalah biaya kirim dari Indonesia relatif mahal. Kalao saya sering berjualan di eBay dengan cara dropshipping, jadi pengiriman dilakukan dari supplier di luar negeri langsung ke alamat pembeli.

    BalasHapus
  32. bagus nih info nya memang baru m belajar ebay

    BalasHapus
  33. mas mau tanya... saya kan mau membeli salah satu barang... waktu mau cekout du suruh isi formulir,, waktu isi saya lihat provinsi di indonesia ngak ada..
    gmana dong caranya??
    lalu cara daftar ebay gmana ... coz gagal melulu gara" ga ada negara indonesia..
    mohon jawabanya di email qw ya..
    kalau bisa step per step neranginya...
    trims....

    BalasHapus
  34. Kalau nggak ada pilihan negara Indonesia, itu berarti penjual nggak menjual barangnya ke Indonesia.

    BalasHapus
  35. Artikelnya bagus,saya berminat menekuni program ini,tapi masih bingung neh,kalo daftar sudah trs untuk langkah2 menjual juga jelas,tapi dari mana kita mendapatkan barang yang mau dijual.Minta tolong penjelasan yang lebih detail mengenai informansi yang berkaitan dengan ebay.Terima kasih.

    BalasHapus
  36. bukaini.com/bonus16 Mei 2010 pukul 19.44

    Infonya bagus sekali,,,cm aq gk bs online terus jika ada order di ebay...krn harus bolak balik ke warnet...klo pemula otomatis bth bnyk belajar dr anda..gan...Trus ada gak boss, jualan di ebay, tanpa kita perlu pusing mikirin pengiriman barang ..alias seperti jd reseller / affiliate....
    jd cm bekal listing aj di ebay....

    BalasHapus
  37. Mas, kalo kita lupa memasukkan ongkos kirim, dan pelanggan sudah terlanjut transfer.. kalo kita batalkan, nanti nilai kita jadi 'negatif' nah kalo tetap kita kirim, ongkos kirimnya juga bikin tekor abis.. enaknya gmn ya.
    makasih infonya

    BalasHapus
  38. @wirabumi

    Lihatlah sisi baiknya, bahwa Anda telah melakukan kesalahan dgn belum memasukkan ongkos kirim. Saran terbaik saya adalah tetap mengirimkan barang yg telah dipesan karena akan tetap menjaga kredibilitas Anda dimata buyer. Anda rugi? tentu saja sudah Anda ketahui penyebabnya yaitu kesalahan Anda sendiri, mudah2an Anda bisa bijaksana menyikapi masalah ini.

    BalasHapus
  39. @bukaini.com/bonus

    Saya blom ada saran khusus untuk hal itu. Tp jika Anda memang serius menjadi penjual tentu saja modal harus disiapkan sekecil apapun itu. Modal koneksi internet menurut saya saat ini sangat mudah dan bisa dgn murah didapatkan jadi ya kudu wajib ada tanpa harus ke warnet sekalipun.

    Untuk model affiliate banyak sekali tp setahu saya di ebay adalah khusus penjual langsung yg benar2 memiliki barang tersebut dan bukan reseller, kecuali Anda memang benar2 memiliki barangnya alias bisa dipertanggungjawabkan. Kalo mau reseller saran saya gak usah manfaatkan ebay, tp buat lah blog/website khusus untuk jualan hal tsb.

    BalasHapus
  40. gan numpang tanya donk... wa gak bisa link paypal address di ebay..
    udah ngikutin petunjuk di live chat nya jg tetep aja gak bisa... udah searching di mbah gugle ternyata banyak yg bermasalah pas link account... kan klo gak link paypal dlu gak bisa jualan gan...

    paypal gw verified ma premier... mw nyoba peruntungan buat jualan bang..
    ada yg tw solusinya gmn gan? mungkin yg udah pengalaman di dunia ebay tw gmn solusinya...

    mohon petunjuk... maklum masih newbie....
    makasih petunjuknya gan...

    BalasHapus
  41. Salam,
    Bagus sekali info nya, mudah dingertiin dan lengkap, cuma saya blom ngerti tentang sistem penjualan lelang, ebay ngasih free buat barang lelang yang harga buka awalnya $1, trus kan ada periode tayang beberapa hari, gmana kalau sampai periode tayangnya habis barang kita baru ditawar dengan harga yang menurut kita terlalu rendah? Apa kita harus lepas sesuai harga yang nge bid atau gmana? Apakah kita punya pilihan untuk nggak ngelepas barangnya sampai harga sesuai?
    Trima kasih...

    BalasHapus
  42. Mas saya mau tanya, kalao kita pilih sistem lelang, n pada saat periodenya habis barang kita baru ditawar rendah sekali, apakah kita harus ngejual ke penawar terakhir, atau kita masih boleh untuk nggak ngelepas barang kita? Thanks

    BalasHapus
  43. mas, saya masih pemula dalam menggunakan ebay. jadi mohon pencerahannya.

    yang mau saya tanyakan adalah kalau saya ingin menjual koleksi sepatu gtu, tapi counterfeit dari merek terkenal. istilahnya bahasa pedagang " kw 1 " lah. bisa g tuh mas kalo saya jual d ebay??

    terus mengenai paypal, currency nya gmn ngitungnya mas ya?? soalnya kitakan pake rupiah.

    terima kasih.

    BalasHapus
  44. bro saya mau tanya , di blog sini anda menuliskan syang nya pilihan yang negara indonesia tidak ada, terus kalau kyk gitu gimn daftar id ebay ya ?

    gw coba daftar ebay , tp meminta alamat . gw binggung aja ketika pilihan country nya , indonesia ga masuk . tar klo gw pake negara lain itu berarti profile saya sudah tidak benar data nya.

    ada yg bisa kasih pencerahan ?

    BalasHapus
  45. Good info Gan, mau ikutan belajar. Boleh minta Ym/Nohp nya ngga Gan biar bisa konsultasi langsung. Thanks

    BalasHapus
  46. Salam
    Mas Yudhi, saya newbie nie mas mohon info nya mengenai ebay,
    saya sedang belajar jualan di ebay mas saya sudah coba listing2 di ebay 3 minggu ini dan alhamdulillah ada bit 1, nah ini proses terakhir ini yang saya masih keder nie mas
    - bagaimana kiranya proses setelah ada yang bit jualan kita.
    - bagaimana proses pembayaran nya (saya sudah ada paypall)
    - pengiriman barang setelah ada pembayaran dari pembeli atau sebelum?

    terima kasih untuk infonya dari mas Yudhi

    salam
    Denny

    BalasHapus
  47. Bagi anda2 yang ingin mendpatkan penghasilan $2 ~ $3 per hari, dijamin jika mengikuti sistim ini. Silakan download tutorialnya secara gratis di http://tutorial-neobux.webs.com

    Thanks admin

    BalasHapus
  48. aku dah punya akun di ebay, sd coba seller produk kerajinanku tapi belum ada yang berminat sama sekali gimana ya?biar laku kerajinan akrilik-ku ini?

    BalasHapus
  49. Mau tanya...........
    Saat register ebay ada permintaan masukkan no kartu kredit, apakah langkah ini harus dilakukan & apakah kartu kredit kita aman dari penggunaan yg tidak bertanggung jawab?
    Mohon jawabannya dikirim juga via imel, trims.

    BalasHapus
  50. Mas, saya udah punya account paypal verified dan sudah punya account di ebay. Namun pada saat ingin menjual barang --> harus membuat account seller kemudian di link ke paypal----> nah pada saat ini ko' harus memasukkan no kartu kredit tambahan lagi ?? apa langkah yang ini bisa di lewati saja??

    Jika tidak bisa...waow betapa ribetnya jualan di ebay..... harus punya account paypal 'Verified" harus punya kartu kredit/kartu debet .

    Atau memang langkah saya yang salah..??? Mohon keterangannya

    Thanks

    BalasHapus
  51. Waduh Mas... saya sudah punya account Paypal "verified" udah bikin account di ebay... namun saat mau klik "list your item" ada peringatan
    "You can not submit your listing due to the following problems
    Please place a reimbursement payment method on file"
    Nah setelah saya ikuti perintah tersebut ko' harus memasukkan jenis pembayaran yg lain spt CC, Kartu debet dll. Padahal sy nggak punya CC, Kartu kredit Dll (saya paling anti CC)
    Mohon penjelasannya Mas....Thanks

    BalasHapus
  52. Sungguh artikel yang sangat berguna,
    dan bagi yang mau main ebay, jangan lupa pastikan anda mendapatkan partner kerja yang baik dengan menggunakan dropshipkaos.com
    Tanpa biaya pendaftaran,
    tanpa biaya bulanan,
    tanpa biaya pajak,
    tanpa perlu register,
    beli 1 saja cukup (sangat sempurna untuk yang baru belajar),
    harga murah,
    kaos GILDAN (favorit di US),
    dan diprint dengan DIRECT TO GARMENT (hasil sangat instimewa dan durabilitynya terbaik).

    BalasHapus
  53. Bener2 bikin ngiler yah jadi penjual di ebay, soalnya kelasnya dunia,
    hanya kita ini kebanyakan kurangnya wawasan dan pengetahuan soal ini.
    Semoga jadi bermanfaat bagi semua, maksih mas yudhi informasianya. :)

    BalasHapus
  54. mas, saya baru saja registrasi di ebay, data sdh terisi lengkap, setelah saya klik CONTINUE, kenapa tdk keluar hlmn CHECK YOUR EMAIL, tp malah keluar hlmn VERIFIKASI CREDIT CARD, padahal saya tdk pny kartu kredit, saya hny pny PAYPAL. Mhn bantuan solusinya, makasih
    Jwbn mhn dikirim ke email saya ya mas

    BalasHapus
  55. kalo gak punya kartu kredit gimana donk.... ??? kalo kartu debit bca bisa gak pake debit bca,,,,,

    BalasHapus
  56. mudah di mengerti om,.
    bagus dah,.

    BalasHapus
  57. mas pas aku mau jual di ebay nggak isa disubmit diakhirnya da notifikasi,, kasih tahu dong aq harus ngapain : " Your account is currently ineligible to sell this type of item.

    Some items are subject to selling limits which help us maintain a vibrant online marketplace. These limits affect many sellers.

    Sellers who have both exceptional performance metrics and a proven history of selling similar types of items for a minimum of 90 days may be eligible to list these items.

    makasih ya

    BalasHapus
  58. Maw jualan di Ebay Masih bingung nih..
    * kirim barangnya melalui expedisi keluar negeri yang terjamin apa ya?
    * Ada ga pengiriman yang murah?
    * lalu kalo kita kirim barang keluar negeri biasanya dikenakan pajak, apalagi pajaknya indonesia lumayan mahal. jadinya barang yg kita jual seharusnya murah malah mahal.

    kalo ada info Perusahaan pengiriman yang murah info gw dong.. :D

    Thank's
    rickysi@yahoo.com

    BalasHapus
  59. saya verified paypal dan ebay tanpa menggunakan CC atau VCC...sy pake cara manual...untuk paypal cukup akun bank lokal aja dan untuk ebay caranya sangat mudah verified nggak perlu repot2 pake Cartu Credit....
    untuk paypal verified cara manual lbh terpercaya tdk gampang kena limit seperti klo menggunakan VCC.....

    BalasHapus
  60. Apa harus bisa berbahasa inggris dalam bisnis ebay (untuk menangani feedback)
    Terima kasih

    BalasHapus
  61. @CNC

    Gak wajib kok, yg penting bisa jawab kalo ada yg tanya huehuee :)

    BalasHapus
  62. Salam, Saya punya kenalan yg punya kebun kopi, saya mau mencoba menjualnya di Ebay, yg ingin sy tanyakan :
    1. Apakah kopi tsb hrs dibuat merk dan izin dulu ?
    2. Apakah hrs ada BPOM dan lain sbgnya ?
    Apakah jika hanya dikemas dengan rapi, bisa langsung dikirim keluar negeri ?
    Thx atas jawabannya.

    BalasHapus
  63. Salam, saya merta, saya adalah seorang pengrajin patung bali dengan ukuran beragam. Saya pengen menjual patung saya lewat ebay, tapi masalahnya saya ga punya kartu kredit, apa ada cara lain yang bisa dilakukan?
    Tolong informasinya, soalnya saya masih awam banget tentang jualan di ebay.
    terima kasih :).

    BalasHapus
  64. Nama saya Iskandar dan saya tertarik untuk membeli seuatu lewat eBay. Waktu mencoba membuat account selalu mentok alias gagal karena tidak mengisi info untuk State/Propinsi yang hanya memuat State di US saja tanpa ada peluang ngisi dengan yang lain.

    Padahal untuk nama negara, Indonesia sudah masuk.

    Bagaiamana cara mengatasi masalah tersebut?

    BalasHapus
  65. salam kenal, saya arief mas mau menjual barang saya melalui ebay dgn cara auction atau bidding pertanyaan saya :
    1. bagaimana jika proses lelang telah selesai tetapi pemenang bidding harganya dibawah harga yg kita mau ex : saya pnya brg senilai $100 saya kepingin laku dgn harga minimal $200 akan tetapi setelah 7 hari penawaran pemenang bidding dgn tawaran sekitar $80 msalahnya klo sy lepas $80 pasti sy rugi dan jg menghindari feedback yg krg bagus..tq ditunggu jwbnya mas bro...

    BalasHapus
  66. Saya udah daftar ebay tanpa Credit Card (baypass). Tapi Account saya dibatasi unruk buyer saja. Saya ingin jadi seller, bisa nggak tak pakai CC, tapi pakai Paypal saja. Ada gak solusinya ya?

    Terus kalau pakai CC orang lain, bisa gak disetting hanya untuk verifikasi saja, sedangkan untuk payment tetap pakai paypal sendiri.

    BalasHapus
  67. sampai saat ini pembeli produk batik pekalongan kami dari luar negeri langsung kontak by phone....pembayaranpun langsung via transfer bank karena mereka punya perwakilan di indonesia,sungguh menarik apabila kami menggunakan jasa ebay....akan kami pertimbangkan lebih lanjut.
    terima kasih untuk infonya.....sangat membantu

    BalasHapus
  68. saya pernah mendaftar di ebay tapi di tolak. Gmana ya cara agar bs di accept jadi seller di ebay?n apa yg cock utk d jual di sana?

    BalasHapus
  69. @doni

    Memang Ebay menerapkan aturan yg ketat untuk menerima seller. Yg paling cocok sebenarnya bisa dilakukan riset terlebih dahulu apa yg paling dicari. Ebay memberikan data via situs ini http://pulse.ebay.com

    BalasHapus
  70. siiip dah coba tak praktekkan ah.... makasaih infonya boz

    BalasHapus
  71. keren..keren,...namun sayangnya ane gak punya kartu kredit.. jadi gak bisa pasang iklan di sana deh... kunjungi balik yah.........

    BalasHapus
  72. Sangat lengkap sekali ulasannya, saya yang baru mengenal ebay jadi tahu banyak bagaimana cara memulai menggunakan ebay
    terima kasih

    BalasHapus
  73. Keren sekali ilmunya sangat berguna makasih mu berbagi ilmunya....

    BalasHapus
  74. bagaimna nak join ni...

    BalasHapus
  75. Mas...
    Biasanya untuk prosedur pengiriman barangnya gimana y? via ap y?
    Trus rata2 biaya pengirimannya bisa sampe brapa y mas?

    BalasHapus
  76. Prosedur pengiriman diserahkan kepada penjual termasuk harga yg ingin disertakan

    BalasHapus
  77. bagaimana caranya menarik uangnya bila barang kita terjual?

    BalasHapus
  78. Tergantung dari prosedur pembayaran Anda, jika melalui Paypal bisa dengan mudah membuat akunnya dan menariknya langsung ke tabungan pribadi kita di Bank lokal Indonesia.

    BalasHapus
  79. Artikelnya sangat bermanfaat. Salam kenal :)

    BalasHapus
  80. Bagaimana caranya untuk memilih "sell to worldwide" di opsi pengiriman...?? Saya sdh coba, tp ttp harus memilih satu negara tujuan lebih dahulu.

    Thx btw, very good article....

    BalasHapus
  81. Great post.

    o ya kalau ingin menjual barang/jasa bisa juga di http://duniatok.com

    makasih banyak.

    BalasHapus
  82. Tips yang sangat membantu. Saya berniat menjual furniture yang memang ukurannya besar.
    Bagaimana memberitahukan informasi biaya pengiriman? ( Karena tiap negara/negara bagian, akan berbeda harganya ) dan juga lamanya pengiriman barang dari bali ke negra tujuan.
    Mohon informasinya. Terima kasih.

    Salam,

    Alfons
    Bali

    BalasHapus
  83. makasih infonya sob

    BalasHapus
  84. Keren ilmu nya. Saya lagi mencari dropshipper yang bisa diandalkan, kira2 dimana ya?

    BalasHapus