Facebook

header ads

Pengantar Jaringan Komputer - LAN


Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, maka pengolahan data yang semula saling terpisah (stand alone) antar unit komputer sekarang dapat saling dihubungkan melalui suatu sistem jaringan komputer (komputer network). Bila komputer yang saling berhubungan berada dalam satu lokasi yang sama maka disebut Local Area Network (LAN). Namun jika banyak terdapat LAN yang terpisah dibeberapa tempat yang secara geografis cukup jauh dan saling berhubungan disebut juga jaringan namun cakupannya lebih luas, atau disebut dengan Wide Area Network (WAN).

Konsep Dasar Jaringan


Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources).

Sistem pemasangan jaringan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Jaringan Terpusat
    Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut Server. Pada jaringan ini sistem kerja workstation tergantung dari komputer pusat. Dan komputer pusat tugasnya melayani permintaan akses dari workstation.

  2. Jaringan Peer-to-Peer
    Adalah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base). Pada masing-masing komputer workstation terdapat media penyimpanan (hard disk) yang berfugsi sebagai server individu.

Pemanfaatan Jaringan Komputer


Pembentukan sebuah jaringan komputer sangan erat dengan manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya jaringan tersebut.

  1. Bagi pakai (sharing) peralatan (resources)
    Dengan adanya jaringan komputer, maka pemakain beberapa peralatan komputer seperti printer, hard disk, disket, scanner, CD-ROM dan lainnya dapat dilakukan bersama-sama saling bergantian tanpa harus memindahkan posisi peralatan yang terpasang tersebut.

  2. Bagi pakai software
    Hampir dalam setiap organisasi, kemampuan dalam melakukan bagi pakai berkas atau file data diperlukan setiap hari. Beberapa tipe software PC, khususnya program manajemen basis data atau database, didesain disamping agar bisa dipakai oleh satu pemakai, juga dimungkinkan untuk dipakai bersama-sama dengan pemakai lain dalam waktu yang bersamaan. Atau dengan kata lain, untuk mengakses dan meng-update file-file tadi. Paket yang lain, seperti program pengolah data (word processor) dan spreadsheet, kebanyakan didesaian hanya untuk satu pemakai yang dapat meng-update file.

  3. Komunikasi
    Kominikasi antar pemakai dalam suatu jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail atau tele conference. Sehingga kebutuhan akan komunikasi antar pemakai dapat dipenuhi tanpa harus pindah dari tempat kerjanya. Selain itu pemakai e-mail dapat menekan pemakaian pulsa telepon.

  4. Pemrosesan terpusat (terdistribusi)
    Didalam suatu jaringan komputer, data dapat diolah secara terpusat atau secara terdistribusi. Pemrosesan secara terpusat dilakukan apabila sebuah data yang dibuat oleh tiap pemakai jaringan dikehendaki untuk disatukan dalam komputer pusat. Sebaliknya, pemrosesan terdistribusi dilakukan apabila suatu pekerjaan pengolahan data dari komputer pusat dapat dikerjakan oleh tiap pemakai berdasarkan spesialisasi bidang kerjanya.

  5. Keamanan data
    Keamanan data dapat diatur oleh supervisor (administrator) dengan pemberian hak akses, pembatasan waktu akses dan pemberian password untuk melindungi pemakaian komputer pusat.

  6. Akses internet bersama-sama
    Jika ada salah satu komputer berhubungan ke internet dan komputer tersebut memberikan izin untuk akses ke internet, maka para pengguna jaringan dapat melakukan aktivitas di internet hanya dengan menggunakan satu buah akun di ISP, satu buah modem. Hal ini sangat menghemat dana yang cukup besar.

Komponen Perangkat Keras


Tidak peduli apakah anda sudah memiliki sebuah network atau berniat menginstalasi network baru, anda perlu mengetahui komponen-komponen perangkat keras yang digunakan.

Server




Komputer yang menjalankan sistem operasi jaringan yang berfungsi sebagai server. Server menyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Ada dua buah jenis server, yaitu :

  • Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.

  • Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.

Dari fungsinya, server dapat digunakan :

  • Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada hard disk-nya

  • Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation

  • Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama

  • Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network

  • Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk pada workstation

  • Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

Workstation




Komputer yang terhubung ke server dan dapat mengakses data dari server. Workstation menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari network yang ada. Pada kenyataannya workstation digunakan oleh pemakai secara langsung.

Network Interface Card (NIC)




NIC atau adapter network adalah sebuah komputer hardware yang mutlak dibutuhkan jika kita menginginkan merakit jaringan komputer menggunakan media penghubung kabel. NIC berfungsi menghubungkan server ke sistem pengkabelan network. Berdasarkan tipe slot pada motherboard dibedakan menjadi dua jenis:

  • Tipe slot ISA (slot warna hitam/coklat, lebih panjang)

  • Tipe slot PCI (slot warna putih, lebih pendek)

Switch/Hub (Concentrator/Repeater)




Sistem pengkabelan yang paling populer untuk Network Ethernet menggunakan kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) atau kabel terpilin yang terbuka dengan konektor yang mirip dengan konektor telepon. Ini disebut dengan 10BaseT. Untuk setiap adapter network pada setiap server atau workstation, salah satu dari kabel-kabel ini berhubungan ke Hub/Switch atau pusat pengkabelan.

Bridge, Router Dan Gateway




Bridge berfungsi menghubungkan dua network dengan mentransfer data diantara network tersebut. Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ring dengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridge mampu mengurangi lalu lintas dengan hanya mengirimkan data yang benar-benar diniatkan untuk komputer tujuan. Bridge pintar (intelligent bridge) bisa berbuat lebih baik lagi dengan menyaring atau hanya mengirimkan paket-paket tertentu ke tujuan.

Uninterrutible Power Supply (UPS)




Sudah jelas UPS tidak hanya digunakan oleh network. Anda bisa juga menggunakannya pada setiap alat yang membutuhkan aliran listrik alternatif. UPS adalah alat yang sangat penting bagi perusahaan yang menggunakan komputer untuk produktifitasnya dan tidak ingin kehilangan data atau waktu kerja pegawai. Pada setiap keadaan yang bisa dibayangkan, melalui UPS adalah investasi yang menguntungkan untuk setiap workstation, hub, dan server pada network.

Printer Dan Peripheral Lain




Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server.
Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.n

Author : Yudhi

Posting Komentar

129 Komentar

  1. tulisannya bagus, wawasan saya jadi bertambah tentang jaringan. thank's

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas Koko, doakan saja mudah2an saya bisa meneruskan tulisan ini dengan lanjutannya. Oh ya itu link ke blogspot nya kayaknya salah deh, tapi saya udah minta admin untuk edit biar bener. :)

    BalasHapus
  3. Tulisan buat pemula seperti saya yang cukup baik, mudah2an bisa diteruskan dengan tulisan tingkat lanjutnya ya bos? pls...butuh nih buat skripsi

    BalasHapus
  4. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  5. Pertemuan Kedua (minggu 1) - Pengantar Jaringan Komputer « Kelas TIK SMU Nusantara5 Agustus 2008 pukul 20.21

    [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ Sebuah artikel yang bagus sekali untuk dibaca bagi pemula [...]

    BalasHapus
  6. asallamualaikum boleh kan saya sedikit untuk bekenalan? saya sangat gembira karena apa yang saya cari ternyata ada di sini! dan pengetahuan saya bertambah thank'

    BalasHapus
  7. [...] Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat. Komputer, LAN, NIC, PC, Printer, Router, Scanner, Server, Workstation | Komputer & Teknologi Informasi | Sudah ada 7 Komentar [...]

    BalasHapus
  8. Pengkabelan « Degan65’s Weblog19 September 2008 pukul 17.45

    [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  9. artikelnya lumayan menarik dan sangat bagus khususnya bagi yang berminat untuk mendalami sistem jaringan

    BalasHapus
  10. assalamu'alaikum bozZ.. ..eH, oM gAmBaRnYa kU' KrNg MeNarIk???????????? TaPi mKcH d@h bN tU Q NgrJAin tGas!!!! Wassalamu'aLAikum bOzZ

    BalasHapus
  11. @pu'ik cute abiez
    Gambar yg menarik itu kayak apa ya ? ;)) soalnya dari dulu gambar router, switch, ethernet gitu2 aja. Cuma printer dan ups yang bentuknya keren2 zaman sekarang dan itu luarnya doang, kalo jeroan-nya sih sama aja :D

    BalasHapus
  12. tulisannya memberikan ilmu baru bagi saya. thanka ya...

    BalasHapus
  13. GAMBARNYA BAGUS kAYA ANAK-AnAK TK.......................................

    BalasHapus
  14. thanks yah dah mnambah ilmu saya ..dan gambarnya bagus bgt

    BalasHapus
  15. Artikelnya it's Good. Friend bs kirim artikelnya yg lengkap mulai dari rakit jaringan komputernya ??????? kirim ke cuekajekali@yahoo.com ditunggu yah !!!!! trims

    BalasHapus
  16. @rio irawan
    Mohon maaf saya blom bisa membantu keinginan Anda, harap maklum

    BalasHapus
  17. he...he...., siiip tutorialnya

    BalasHapus
  18. super banget tulisannya
    ini tulisan yang lagi gue cari
    thx berat yah
    jangan lupa mampir juga ke blogku kalo sempet di

    http://www.netanielgiovanni.blogspot.com

    BalasHapus
  19. ok juga.. tapi saya rasa kurang lengkap deh,,, di lengkapi lagi ya

    BalasHapus
  20. Salam Kenal Mas Yudi. Makasih nech untuk tulisannya. Tinggal di mana?
    Saya ingin sharing tentng bisnis online. Kayaknya Mas Yudhi pakar nech.

    BalasHapus
  21. @kangabet
    Salam kenal jg kang, saya di Jogja. Kalo mau ngobrol silakan add YM ID saya: yudhitech. Kalo pakar sih cuma kayaknya aja itu... :)

    BalasHapus
  22. [...] Pengantar Jaringan Komputer - LAN Sumber : http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ [...]

    BalasHapus
  23. Izin jadikan sebagai sumber postingan..!!

    BalasHapus
  24. thank"s ya atas informasinya, informasi yang aku butuhkan udah ketemu di sini. and tolong sampaikan salam buat sahabat aku di solo.key...............

    BalasHapus
  25. 5xci z,,,,,,,,,,,,,,,,,??wt informasinya yang 5xin len9kap,slm knl ja y9 bc tulsn Q,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  26. Artikel yang menarik, kunjungi situsku yah, Tanks :)

    BalasHapus
  27. tanks buat smuanya... aq bisa blajar lewat sini

    BalasHapus
  28. saya sangat ingin bergabung di forum technology jaringan komputer
    mohon dibantu...

    BalasHapus
  29. THX YA,,isi-a lmyan,krn ini aq bs siapin tgas aq tnpa ad psing,,

    BalasHapus
  30. ADA BANYAK PENGETAHUAN YG BNYK DI SERAP. TAPI SAYA MASIH BINGUNG TTG TCP/IP, SUBNET TERUTAMA DENGAN ANGKA2 NYA

    BalasHapus
  31. makasih atas ilmu yang diberikan lewat blog anda ini

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah ....tulisan ini sangat membantu bagi para pemula seperti saya .Semoga saja tulisan ini banyak berkahnya......

    BalasHapus
  33. waduuh bwt mas koko top dech!!!

    BalasHapus
  34. setelah saya baca artikel anda jadi nambah pengetahuan

    BalasHapus
  35. asik tuh,,
    keren lah
    bantu gua banget
    maksih ya...
    lain kali tambah lagi yaa
    buat murid smk klas 2 kayk gua,,,ni tu ngbntu bagt deh

    BalasHapus
  36. you`re so clever

    BalasHapus
  37. ya ya ya, sekarang ku jadi nambah wawasan, terutama tentang jaringan

    BalasHapus
  38. Oke.. Sip banget deh................

    BalasHapus
  39. Muoooooow......!!! Okey bgt

    BalasHapus
  40. saya minta program dengan menggunakan komputer soal + jawabanya

    BalasHapus
  41. bagus nih... buat nambahin ilmu gw tentang jaringan..

    BalasHapus
  42. Wah alhamdulillah nich jadi nambah wawasan.

    BalasHapus
  43. cukup menarik dan dapat menambah wawasan tentang jaringan. ada satu permasalahan yang saya hadapi, saya coba-coba menyering 2 buah komputer dengan salah satu komputer berfungsi sebagai server, pada saat di ping masing-masing komputer bisa membaca IP tetapi pada saat akan dikonekkan data base tidak terbaca, apa ada saran boss.
    terima kasih

    BalasHapus
  44. SYUKRIADI MOHAMMAD NOOR21 Maret 2009 pukul 17.21

    Artikel yang bagus, dan saat bermanfaat...!!

    dan terimakasih, telah berbagi ilmu...

    BalasHapus
  45. masih kurang lengkap negh

    BalasHapus
  46. assalamualaikum? matur suwun''kulo nambah pengetahuan maneh. nuwun sewu

    BalasHapus
  47. KONEK NYA LAMA BANGET

    BalasHapus
  48. aku bisanambah ilmu tentang jaringan........
    kalok ada lengkapi........
    key.......

    BalasHapus
  49. thx coz mau berbagi ilmu...

    BalasHapus
  50. bagus tp kurang detail... kalo yg masalah e1& jaringan telkom data gimana ya?? thanks

    BalasHapus
  51. @mona
    Seperti judulnya ini hanya artikel pengantar jadi gak mungkin di kasih detail. Yang dimaksud jaringan data telkom itu apa? topologinya? bentuknya? softwarenya atau apanya?. Sekali lagi artikel ini hanya basic saja dan terbatas pada hal2 yg mendasar bukan advance serta tanpa contoh.

    BalasHapus
  52. bagus banget tutornya thank's

    BalasHapus
  53. tulisan bagus, dan pengalaman dari baca artikel anda

    BalasHapus
  54. thank's ya.... buat artikelnya....

    klo bsa krimin ke email ku doonk please......

    BalasHapus
  55. kalo bs di tambah lagi mas pembahasan nya,,tapi ne dah membantu banget..thank ya

    BalasHapus
  56. Artikelnya bagus juga untuk kelas pemula seperti saya ini,tapi alangkah baiknya ditambah dengan software pendukung network serta sistem securitynya.....
    thanks yahh.

    BalasHapus
  57. bagus & sangat bermakna buat q

    BalasHapus
  58. BLOGGER IT BUKITTINGGI» Blog Archive » Jaringan Komputer - LAN19 Juni 2009 pukul 19.52

    [...] Pengantar Jaringan Komputer - LAN [...]

    BalasHapus
  59. kasih materi yang lengkap dong....materi tentang linux firewalling.
    Thank before......!!!!!!!!!

    BalasHapus
  60. kunjungi bloggku jg dung ihu4ever.wordpres.com

    BalasHapus
  61. thank's buanget artikelnya...
    tp lebih bagusnya kalau di tambah lagi...

    BalasHapus
  62. Artikelnya bagus juga untuk kelas pemula seperti saya ini,tapi alangkah baiknya ditambah dengan software pendukung network serta sistem securitynya…..
    thanks yahh.

    BalasHapus
  63. wah postingannya sangat bermanfaat sekali..
    jadi nambah ilmu deh..

    OWH YA BAGI KALIAN YANG SANGAT INGIN MENDAPATKAN PENGHASILAN TAMBAHAN SILAHKAN KUNJUNGI LINK SAYA..
    HANYA DENGAN RP60.000 anda bisa mendapatkan sistem untuk mendapatkan uang..
    GARANSI 100% jika GAGAL!!!

    BalasHapus
  64. [...] Sebagai contoh, bridge bisa menghubungkan segmen kabel dari arsitektur Token Ring dengan arsitektur Ethernet, atau menghubungkan dua segmen Ethernet menjadi satu. Bridge mampu mengurangi lalu lintas dengan [...]

    BalasHapus
  65. nice post bro ...enak bacanya ...keep on updating ...

    BalasHapus
  66. beli sukun lewat kantor pos..
    maturnuwun boss...
    ono tamu numpak sepur..
    nyebar ilmu nambah sedulur...
    he...he... betul..?

    BalasHapus
  67. Nama-nama perangkat keras komputer emang buanyak dan aneh2. tapi kalo disertai gambar kayak tulisan ini jadinya lebih mudeng. nyakutnya di otak jadi lebih mudah.

    Matur Nuwun!!!!!

    BalasHapus
  68. Pengantar Jaringan Komputer « Setyotuhu's Blog19 Juli 2009 pukul 10.49

    [...] unit komputer sekarang dapat saling dihubungkan melalui suatu sistem jaringan komputer (komputer network). Bila komputer yang saling berhubungan berada dalam satu lokasi yang sama maka disebut Local Area [...]

    BalasHapus
  69. wah jatuh cinta ma blog ini... articlenya keren2..

    bookmark

    BalasHapus
  70. bagus bngt y2 trims u dh mw bntu aq,kpn2 maen ya

    BalasHapus
  71. Wow luar biasa postingannya, sangat bermanfaat. lain kali saya akan berkunjung lagi salam kenal, numpang promosi kang...

    BISNIS TERPERCAYA TANPA AJAK ORANG, TANPA JUALAN PRODUK anda hanya daftar duduk diam tunggu akhir bulan UNTUK dapat KOMISI(gaji) wajib bulanan. asal jadi anggota kita sudah pasti dpt komisi bulanan untuk satu ID 8jt dlm kurang dari 7 bln. komisi tersebut DARI PEMBAGIAN PROFIT PERUSAHAAN, jumlah ID BEBAS terserah kita. bisnis ini hanya dlm kurang dari 8 BLN mampu mengumpulkan member 40 ribu lebih (FANTASTIS...), itu karena bisnis ini terbukti JUJUR DAN LEGAL. segera lakukan pendaftran atas nama saya JULMAN. saya akan berikan cashback 20rb dari bonus sponsor saya ke anda ditambah Link Download TV Online + Panduan Bisnis Online lainnya. jgn lupa sms konfirmasi bank dan ID anda setelah keanggotaan anda aktive sms ke 02292332596 (CASH BACK TERBATAS). Buka dan daftar di http://offto.net/tanamduit

    BalasHapus
  72. Terima kasih buat para komentator, sukses buat Anda semua :)

    BalasHapus
  73. matursuwun, ya mas......
    artikelnya bagus.....

    BalasHapus
  74. terima kasih mas aTas pengertian tNtang jarKOm.
    pResentasi saYa jd suKses,terima kaSih baNyak.

    BalasHapus
  75. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  76. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  77. maksih ya...


    wacana nya bagus...

    BalasHapus
  78. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  79. Makassar-Net.Com adalah toko online Makassar yang melayani penjualan produk-produk jaringan komputer kabel/ wire maupun wireless wifi. Selain itu, Makassar-Net.Com juga menawarkan jasa instalasi jaringan wire dan wireless wifi seperti cafe hotspot, warkop hotspot, rumah, kantor, sekoklah, rt/rw-net, warnet, game centre, point to point, antar gedung, dll dengan tenaga yang terampil dan profesional di bidang network computer.

    BalasHapus
  80. thanx infonya, buat makalah nih hehehe
    makasih

    BalasHapus
  81. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  82. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  83. Thanks Very much,Mister Yudhi, Atas tuisannya,anak didik saya sangat terbantu.

    Saya terusterang aja,bukan dari golongan IT,saya diperbantukan disekolah,karena Hobby Saya di Bidang IT.

    Saya sekarang ingin mendalami Bidang Jaringan LAN ini.....semoga tulisan anda dapat membantu Saya juga membantu anak didik saya.....kedepannya.......

    Thanks sekali lagi.............

    BalasHapus
  84. @iwa

    Sama2 pak, senang rasanya jika tulisan ini bisa bermanfaat buat Anda

    BalasHapus
  85. thX y pak ats tulisannya, sangat membantu saya dlm belajar jaringan, soalnya saya sring ksulitan untuk memecahkan masalah tbs, kan sya scul d SMK n ngambil jurusan TKJ, jadi tulisan bpk sangat membantu saya dalam belajar. makasi bapak,,,,,

    BalasHapus
  86. kabel dan arsitektur jaringan komputer « tekhnik komputer dan informatika6 Februari 2010 pukul 02.40

    [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  87. KomunitasCikarang7 Maret 2010 pukul 14.48

    ini bagus bro...padat, jelas dan singkat

    BalasHapus
  88. mantap tulisanX..trus wawasan saya bertambah.dan prnetahuan saya?

    BalasHapus
  89. [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/ [...]

    BalasHapus
  90. Jaringan Komputer15 April 2010 pukul 15.35

    wah, makasih ilmunya...
    sangat membantu saya dalam belajar jaringan. terima kasih....

    BalasHapus
  91. [...] HTML, JAringan, JArKOM, Knowledge, LAN, programming, sejarah linux, setting, windows Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer [...]

    BalasHapus
  92. Ada dua buah jenis server, yaitu :

    * Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.
    * Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya : Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2.
    Berarti server menjadi workstation hanya pada sistem operasi tertentu......

    BalasHapus
  93. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  94. Dear Pah Yudhi

    Tulisan bapak mengenai JarKom membantu saya dalam belajar jaringan, soalnya saya awam akan hal ini dan baru mulai belajar.

    Salam, Mia

    BalasHapus
  95. Dear Pak Yudhi

    Tulisan bapak mengenai JarKom membantu saya dalam belajar jaringan, soalnya saya awam akan hal ini dan baru mulai belajar.

    Salam, Mia

    BalasHapus
  96. saya benri albertus mengucapkan terima kasaih atas paparan saudara tentang pengantar jaringan komputer. saya berharap kedepannya dibahas lagi mengenai internet protokol versus 4 (IPv4) yang akan diganti denganinternet protokol versus 6 IPv6. semoga saran saya bisa diterima dan bisa dipaparka secara mendetail.terimakasih atas perhatiaannya.

    BalasHapus
  97. Terima kasih mas Yudhi, blognya sangat bermanfaat sekali karena disertai dengan contoh gambar,, terutama bagi saya yang masih awam tentang konsep jaringan.

    BalasHapus
  98. terima kasih pak,,,,,ilmunya sangat bermanfaat terutama bagi saya yang masih belajar tentang jaringan.

    BalasHapus
  99. Materinya bagus... ada gambarnya. Terima kasih


    Silahkan kunjungi web kami tentang pendidikan :
    http://www.unand.ac.id/arsipua

    BalasHapus
  100. Mengenal Kabel LAN - Penegak Islam29 Juni 2010 pukul 00.17

    [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  101. ckep.....................ckep..........informasinya lengkap....

    BalasHapus
  102. ijin menyimak dan meng "KOPAS".....

    BalasHapus
  103. artikelnya bagus. kata"nya mudah dimengerti. tapi tambahin donk artikel jaringannya yua.....

    BalasHapus
  104. tambah wawasan tentang jaringan komputer bg saya nih, liat jg artikel jaringan komputer di blog saya...

    BalasHapus
  105. Kerja Dari Rumah7 April 2011 pukul 21.30

    ini bagus bro…padat, jelas dan singkat
    Terima kasih

    BalasHapus
  106. Kerja Dari Rumah7 April 2011 pukul 21.32

    ini bagus bro…wawasan saya semakin banyak
    Terima kasih sekali

    BalasHapus
  107. Makasih mas infonya, cukup jelas dan lengkap sangat bermanfaat buat referensi...

    BalasHapus
  108. Sumardi » Kabel dan Arsitektur Jaringan Komputer7 Juli 2011 pukul 01.54

    [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  109. nyari ciri2 jaringan komputer dimana ???

    BalasHapus
  110. [...] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#axzz1afSCgQvf [...]

    BalasHapus
  111. Lumayan nih nambah-nambah pengetahuan jaringan komputer LAN

    BalasHapus
  112. [...] Mari kita lanjutkan tulisan mengenai jaringan komputer khusus LAN. Jika kamu baru menemukan tulisan ini silakan melihat tersebih dahulu materi sebelumnya mengenai Pengantar Jaringan Komputer. [...]

    BalasHapus
  113. Wah tugas bisa buat bahan kuliah jarinagan ini. trims

    BalasHapus
  114. [...] Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. Anda juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguan dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1pQmFexzP [...]

    BalasHapus
  115. A complete guideline tentang komputer jaringan. Sebagai acuan lain anda bisa lihat juga disni Tutorial jaringan komputer lengkap

    BalasHapus
  116. info menarik..blog nya rame nih bagus..bagus..gue punya ebook bagus mengenai jaringan

    BalasHapus
  117. info menarik..blog nya rame nih bagus..bagus..gue punya ebook bagus mengenai jaringan tentang dasar-dasar clear os

    BalasHapus
  118. [...] Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1thlOW46F Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this [...]

    BalasHapus
  119. Jaringan Komputer | deniindah78217 Oktober 2012 pukul 15.14

    [...] yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat. Sumber Konten: http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz2ivZKgepJ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. This entry was posted in [...]

    BalasHapus
  120. Wow informasinya menarik sekali, terimakasih udah berbagi. Saya suka jaringan tapi masih belum mahir

    BalasHapus
  121. wah bermanfaat banget infonya , tp saya masih belajar2 tentang jaringan heheh

    BalasHapus
  122. […] http://www.sejutablog.com/pengantar-jaringan-komputer-lan/#ixzz1fv6aQI4y […]

    BalasHapus